Shalat
Bacaan ruku'
Bacaan ruku' yang dituntunkan oleh Nabi SAW itu banyak macamnya, diantaranya sebagai berikut :
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُكْثِرُ اَنْ يَقُوْلَ فِى رُكُوْعِهِ وَ سُجُوْدِهِ: سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ رَبَّنَا وَ بِحَمْدِكَ اللّهُمَّ اغْفِرْلِى، يَتَأَوَّلُ اْلقُرْآنَ. الجماعة الا الترمذى، فى نيل الاوطار
Dari 'Aisyah, ia berkata, “Adalah Rasulullah SAW memperbanyak membaca di dalam ruku' dan sujudnya Subhaanakalloohumma robbanaa wa bihamdikalloohummaghfirlii (Maha Suci Engkau ya Allah, Tuhan kami dan dengan memuji-Mu, ya Allah ampunilah aku), yaitu beliau mengamalkan perintah Al-Qur'an : فَسَبّحْ بِحَمْدِ رَبّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ
[HR. Jama'ah, kecuali Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 275]
عَنْ حُذَيْفَةَ قَالَ: صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيّ ص فَكَانَ يَقُوْلُ فِى رُكُوْعِهِ: سُبْحَانَ رَبّيَ اْلعَظِيْمِ وَ فِى سُجُوْدِهِ: سُبْحَانَ رَبّيَ اْلاَعْلَى. مسلم و الترمذى، و اللفظ للترمذى، فى نيل الاوطار
Telah berkata Hudzaifah : Saya pernah shalat bersama Nabi SAW. Dan adalah beliau membaca pada ruku'nya Subhaana robbiyal-'adhiim. (Maha suci Tuhanku yang Maha Besar), dan pada sujudnya beliau membaca Subhaana robbiyal a'laa (Maha sucu Tuhanku yang Maha Tinggi). [HR. Muslim dan Tirmidzi, dan lafadh ini bagi Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 273]
عَنِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اِذَا رَكَعَ اَحَدُكُمْ فَقَالَ فِى رُكُوْعِهِ سُبْحَانَ رَبّيَ اْلعَظِيْمِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ فَقَدْ تَمَّ رُكُوْعُهُ وَ ذلِكَ اَدْنَاهُ وَ اِذَا سَجَدَ فَقَالَ فِى سُجُوْدِهِ سُبْحَانَ رَبّيَ اْلاَعْلَى ثَلاَثَ مَرَّاتٍ فَقَدْ تَمَّ سُجُوْدُهُ وَ ذلِكَ اَدْنَاهُ. الترمذى
Dari Ibnu Mas’ud bahwasanya Nabi SAW bersabda, “Apabila seseorang diantara kalian dalam ruku’nya membaca Subhaana Robbiyal ‘Adhiimpaling sedikit 3 kali, maka sungguh dia telah menyempurnakan ruku’nya, dan apabila sujud membaca Subhaana Robbiyal A’laa paling sedikit 3 kali, maka sungguh ia telah menyempurnakan sujudnya”. [HR. Tirmidzi juz I, hal. 164, dlaif]
Keterangan :
Hadits tersebut munqathi’ (sanadnya terputus), karena ‘Aun bin ‘Abdullah (perawi) tidak bertemu dengan Ibnu Mas’ud.
عَنْ عَائِشَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ يَقُوْلُ فِى رُكُوْعِهِ وَسُجُوْدِهِ: سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّ اْلمَلاَئِكَةِ وَالرُّوْحِ. احمد و مسلم و ابو داود و النسائى، فى نيل الاوطارح
Dari 'Aisyah, ia berkata, “Sesungguhnya Rasulullah SAW membaca di dalam ruku'nya dan sujudnya Subbuuhun Qudduusun Robbul malaaikati war-ruuh (Tuhan yang Maha Suci lagi Maha Qudus, Tuhan pemelihara Malaikat dan ruh). [HR. Ahmad, Muslim, Abu Dawud dan Nasa'I, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 275]
عَنْ عَوْفِ بْنِ مَالِكٍ اْلاَشْجَعِيّ قَالَ: قُمْتُ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص لَيْلَةً فَقَامَ فَقَرَأَ سُوْرَةَ اْلبَقَرَةِ لاَ يَمُرُّ بِايةِ رَحْمَةٍ اِلاَّ وَقَفَ، فَسَاَلَ وَ لاَ يَمُرُّ بِايةِ عَذَابٍ اِلاَّ وَقَفَ فَتَعَوَّذَ. قَالَ: ثُمَّ رَكَعَ بِقَدْرِ قِيَامِهِ يَقُوْلُ فِى رُكُوْعِهِ سُبْحَانَ ذِى اْلجَبَرُوْتِ وَ اْلمَلَكُوْتِ وَ اْلكِبْرِيَاءِ وَ اْلعَظَمَةِ. ثُمَّ سَجَدَ بِقَدْرِ قِيَامِهِ ثُمَّ قَالَ فِى سُجُوْدِهِ مِثْلَ ذلِكَ. ابو داود
Dari 'Auf bin Malik Al-Asyja'iy , ia berkata, “Saya pernah shalat malam bersama Rasulullah SAW. Ketika berdiri beliau membaca surat Al-Baqarah, tidaklah beliau melewati ayat rahmat kecuali beliau berhenti membaca, lalu memohon, dan tidaklah beliau melewati ayat ‘adzab kecuali beliau berhenti membaca, lalu memohon perlindungan”. ‘Auf berkata, “Kemudian beliau ruku’ sekadar lama beliau berdiri. Beliau membaca di dalam ruku'nyaSubhaana dzil Jabaruuti wal Malakuuti wal Kibriyaai wal 'Adhomah (Maha suci Tuhan yang mempunyai keperkasaan, kekuasaan, kesombongan dan keagungan), kemudian beliau sujud sekadar lama berdirinya, kemudian beliau membaca di dalam sujudnya seperti itu juga”. [HR. Abu Dawud juz 1, hal. 231]
عَنْ اَنَسٍ قَالَ: مَا صَلَّيْتُ وَرَاءَ اَحَدٍ بَعْدَ رَسُوْلِ اللهِ ص اَشْبَهَ صَلاَةً بِرَسُوْلِ اللهِ ص مِنْ هذَا اْلفَتَى: يَعْنِى عُمَرَ بْنَ عَبْدِ اْلعَزِيْزِ، قَالَ: فَحَزَرْنَا فِى رُكُوْعِهِ عَشْرَ تَسْبِيْحَاتٍ وَ فِى سُجُوْدِهِ عَشْرَ تَسْبِيْحَاتٍ. احمد و ابو داود و النسائى، فى نيل الاوطار
Dari Anas, ia berkata, “Sesudah Rasulullah SAW saya tidak pernah shalat di belakang siapapun yang shalatnya lebih menyerupai shalatnya Rasulullah SAW selain dari anak muda ini (yakni ‘Umar bin ‘Abdul ‘Aziz). Lalu Anas berkata, “Karena kami kira-kirakan di dalam ruku'nya dia membaca sepuluh tasbih dan dalam sujudnya juga sepuluh tasbih”. [HR. Ahmad, Abu Dawud dan Nasai, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 277]
Bangkit dari ruku' dan i'tidal
Apabila telah selesai ruku', maka hendaklah kita bangkit dari ruku' dengan mengangkat dua tangan hingga sejajar dengan dua bahu/telinga sambil mengucapkan Sami'alloohu liman hamidah. Kemudian disusul dengan membaca Robbanaa wa lakal-hamdu, atau bacaan i'tidal yang lain.
عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص اِذَا قَامَ اِلَى الصَّلاَةِ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يَكُوْنَا بِحَذْوِ مَنْكِبَيْهِ ثُمَّ يُكَبّرُ. فَاِذَا اَرَادَ اَنْ يَرْكَعَ رَفَعَهُمَا مِثْلَ ذلِكَ وَاِذَا رَفَعَ رَاْسَهُ مِنَ الرُّكُوْعِ رَفَعَهُمَا كَذلِكَ اَيْضًا. وَ قَالَ: سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ رَبَّنَا وَ لَكَ اْلحَمْدُ. احمد و البخارى و مسلم، فى نيل الاوطار
Dari Ibnu Umar, ia berkata, “Adalah Nabi SAW apabila berdiri shalat, beliau mengangkat dua tangannya hingga sejajar dua bahunya kemudian bertakbir. Dan apabila hendak ruku', beliau mengangkat dua tangannya seperti itu. Dan apabila mengangkat kepalanya dari ruku', beliau mengangkat dua tangannya seperti itu pula, dan membaca Sami'alloohu liman hamidah, robbanaa wa lakal-hamdu (Semoga Allah mendengar bagi orang yang memuji-Nya. Ya Tuhan kami, dan bagi-Mulah segala puji). [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 200]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا قَامَ اِلَى الصَّلاَةِ يُكَبّرُ حِيْنَ يَقُوْمُ، ثُمَّ يُكَبّرُ حِيْنَ يَرْكَعُ، ثُمَّ يَقُوْلُ. سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ حِيْنَ يَرْفَعُ صُلْبَهُ مِنَ الرَّكْعَةِ، ثُمَّ يَقُوْلُ وَ هُوَ قَائِمٌ رَبَّنَا وَ لَكَ اْلحَمْدُ. ثُمَّ يُكَبّرُ حِيْنَ يَهْوِى سَاجِدًا، ثُمَّ يُكَبّرُ حِيْنَ يَرْفَعُ رَأْسَهُ، ثُمَّ يُكَبّرُ حِيْنَ يَهْوِى سَاجِدًا، ثُمَّ يُكَبّرُ حِيْنَ يَرْفَعُ رَأْسَهُ، ثُمَّ يَفْعَلُ ذلِكَ فِى الصَّلاَةِ كُلّهَا، وَ يُكَبّرُ حِيْنَ يَقُوْمُ مِنَ الثّنْتَيْنِ بَعْدَ اْلجُلُوْسِ. احمد و البخارى و مسلم. و فى رواية لهم: رَبَّنَا لَكَ اْلحَمْدُ. فى نيل الاوطار
Dari Abu Hurairah, ia berkata, “Adalah Rasulullah SAW apabila berdiri shalat, beliau bertakbir ketika berdiri, kemudian bertakbir ketika ruku', kemudian membaca Sami'alloohu liman hamidah ketika mengangkat tulang belakangnya (ketika bangkit) dari ruku', kemudian membacaRobbanaa wa lakal-hamdu dalam keadaan berdiri. Kemudian beliau bertakbir ketika menunduk sujud, kemudian beliau bertakbir ketika mengangkat kepalanya, kemudian beliau takbir ketika menunduk sujud, kemudian beliau bertakbir ketika mengangkat kepalanya, kemudian beliau berbuat demikian dalam setiap (rekaat) shalat, dan beliau bertakbir ketika bangun dari rekaat kedua setelah duduk (attahiyat). [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim] dan di dalam riwayat lain Robbanaa lakal-hamdu. [Dalam Nailul Authar juz 2, hal. 278]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: اِذَا قَالَ اْلاِمَامُ سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ فَقُوْلُوْا: اَللّهُمَّ رَبَّنَا لَكَ اْلحَمْدُ. فَاِنَّهُ مَنْ وَافَقَ قَوْلُهُ قَوْلَ اْلمَلاَئِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ. البخارى
Dari Abu Hurairah RA, ia berkata : Sesungguhnya Rasulullah SAW pernah bersabda, “Apabila Imam mengucapkan Sami'alloohu liman hamidah, maka ucapkan-lah Alloohumma, robbanaa lakal-hamdu, karena barang-siapa yang ucapannya itu bertepatan dengan ucapannya para malaikat, niscaya akan diampuni dari dosa-dosanya yang telah lalu”. [HR. Bukhari juz 1, hal. 193]
عَنْ رِفَاعَةَ بْنِ رَافِعٍ اَلزُّرَقِيّ قَالَ: كُنَّا يَوْمًا نُصَلّى وَرَاءَ النَّبِيّ ص فَلَمَّا رَفَعَ رَاْسَهُ مِنَ الرَّكْعَةِ قَالَ: سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ قَالَ رَجُلٌ: رَبَّنَا وَ لَكَ اْلحَمْدُ حَمْدًا كَثِيْرًا طَيّبًا مُبَارَكًا فِيْهِ. فَلَمَّا انْصَرَفَ قَالَ: مَنِ اْلمُتَكَلّمُ؟ قَالَ: اَنَا. قَالَ: رَاَيْتُ بِضْعَةً وَ ثَلاَثِيْنَ مَلَكًا يَبْتَدِرُوْنَهَا اَيُّهُمْ يَكْتُبُهَا اَوَّلُ. البخارى
Dari Rifa'ah bin Rafi' Az-Zuraqiy, ia berkata, “Dahulu pada suatu hari kami pernah shalat dibelakang Nabi SAW. Maka setelah beliau mengangkat kepalanya dari ruku' dan membaca Sami'alloohu liman hamidah, lalu ada seorang laki-laki yang membaca : Robbanaa wa lakal-hamdu, hamdan katsiiron thoyyiban mubaarokan fiih (Ya Tuhan kami dan bagi-Mu lah segala puji, pujian yang banyak dan baik lagi berkah di dalamnya). Maka setelah selesai shalat, beliau SAW bertanya, "Siapa yang mengucapkan kalimat tadi ?". Maka orang laki-laki itu menjawab, "Saya". Nabi SAW bersabda, "Saya melihat malaikat tiga puluh lebih berebut untuk mendapatkan ucapan itu, siapa diantara malaikat itu yang lebih dulu mencatatnya". [HR. Bukhari juz 1, hal. 193]
عَنِ ابْنِ اَبِى اَوْفَى قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا رَفَعَ ظَهْرَهُ مِنَ الرُّكُوْعِ قَالَ: سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ. اَللّهُمَّ رَبَّنَا لَكَ اْلحَمْدُ مِلْءُ السَّمَاوَاتِ وَ مِلْءُ اْلاَرْضِ وَ مِلْءُ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْئٍ بَعْدُ. مسلم
Dari Ibnu Abu Aufa, ia berkata, “Adalah Rasulullah SAW apabila mengangkat punggungnya dari ruku' beliau membaca Sami'alloohu liman hamidah (Semoga Allah mendengar bagi orang yang memuji-Nya), Alloohumma robbanaa lakal-hamdu mil'us-samaawaati wa mil-ul ardli wa mil-u maa syi'ta min syai-in ba'du. (Ya Allah, Tuhan kami, bagi-Mu lah segala puji, sepenuh langit dan sepenuh bumi dan sepenuh apa yang Engkau kehendaki dari sesuatu sesudah itu). [HR. Muslim Juz 1, hal. 346]
عَنْ اَبِى سَعِيْدِ اْلخُدْرِيّ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ الرُّكُوْعِ قَالَ: رَبَّنَا لَكَ اْلحَمْدُ، مِلْءُ السَّمَاوَاتِ وَ اْلاَرْضِ وَ مِلْءُ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ. اَهْلَ الثَّنَاءِ وَ اْلمَجْدِ، اَحَقُّ مَا قَالَ اْلعَبْدُ، وَ كُلُّنَا لَكَ عَبْدٌ. اَللّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا اَعْطَيْتَ وَ لاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَ لاَ يَنْفَعُ ذَا اْلجَدّ مِنْكَ اْلجَدُّ. مسلم
Dari Abu Sa’id Al-Khudriy, ia berkata : Adalah Rasulullah SAW setelah mengangkat kepalanya dari ruku’, beliau membaca Robbanaa lakal hamdu mil-us samaawaati wal ardli wa mil-u maa syi’ta min syai-in ba’du. Ahlats-tsanaa-i wal majdi, ahaqqu maa qoolal ‘abdu wa kullunaa laka‘abdun. Alloohumma laa maani’a limaa a’thoita wa laa mu’thiya limaa mana’ta, wa laa yanfa’u dzal jaddi minkal jaddu. (Ya Tuhan kami, bagi-Mula segala puji sepenuh langit dan bumi dan sepenuh apa yang Engkau kehendaki sesudah itu. Wahai Tuhan yang mempunyai Sanjungan dan Keagungan, yang lebih haq dari apa yang diucapkan hamba, dan kami semua adalah hamba-Mu. Ya Allah, tidak ada yang bisa menghalangi terhadap apa yang Engkau berikan, dan tidak ada yang bisa memberi terhadap apa yang Engkau halangi. Dan kekayaan dari-Mu tidaklah bermanfaat kepada orang yang mempunyai kekayaan. [HR. Muslim juz 1, hal. 347]
عَنْ مَجْزَأَةَ بْنِ زَاهِرٍ قَالَ: سَمِعْتُ عَبْدَ اللهِ بْنَ اَبِى اَوْ فَى يُحَدّثُ عَنِ النَّبِيّ ص. اَنَّهُ كَانَ يَقُوْلُ: اللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ مِلْءُ السَّمَاءِ وَ مِلْءُ اْلاَرْضِ وَ مِلْءُ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْئٍ بَعْدُ، اللّهُمَّ طَهّرْنِى بِا لثَّلْجِ وَ الْبَرَدِ وَ الْمَاءِ الْبَارِدِ. اللّهُمَّ طَهّرْنِى مِنَ الذُّنُوْبِ وَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الْوَسَخِ. مسلم
Dari Majza-ah bin Zaahir, ia berkata, “Saya mendengar ‘Abdullah bin Abu 'Aufa menceritakan hadits dari Nabi SAW, bahwasanya beliau SAW membaca (setelah bangkit dari ruku') Alloohumma lakal hamdu, mil-us samaai wa mil-ul ardli wa mil-u maa syi'ta min syai-in ba'du. Alloohumma thohhirnii bits-tsalji wal barodi wal maail baarid. Alloohumma thohhirnii minadz-dzunuubi wal khothooyaa kamaa yunaqqots-tsaubul abyadlu minal wasakhi. (Ya Allah bagimu segala puji sepenuh langit dan sepenuh bumi dan sepenuh apa yang Engkau kehendaki dari sesuatu sesudah itu. Ya Allah, sucikanlah diriku dengan salju, embun dan air yang dingin. Ya Allah sucikanlah diriku dari dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan sebagaimana dibersihkannya kain yang putih dari kotoran)”. [HR. Muslim juz 1, hal. 346]
Disamping bacaan i'tidal diatas, masih ada bacaan i'tidal yang lain yang tidak disebutkan disini.
Sujud
Setelah kita melakukan i'tidal dengan thuma'ninah, lalu kita melakukan sujud, yaitu dengan mengucap takbir (Alloohu-akbar) tanpa mengangkat tangan. Kita letakkan dua lutut terlebih dahulu, lantas disusul dengan meletakkan dua tapak tangan, kemudian dahi dan hidung. Jari-jari tangan dirapatkan dan siku direnggangkan (dijauhkan) dari rusuk serta jari-jari kaki dipancatkan ke bumi. Jadi sujud ini dilakukan oleh dahi dan hidung, kedua tapak tangan, kedua lutut dan kedua ujung jari-jari kaki.
عَنْ اَبِى بَكْرٍ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ اَنَّهُ سَمِعَ اَبَا هُرَيْرَةَ يَقُوْلُ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا قَامَ اِلَى الصَّلاَةِ يُكَبّرُ حِيْنَ يَقُوْمُ. ثُمَّ يُكَبّرُ حِيْنَ يَرْكَعُ. ثُمَّ يَقُوْلُ سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ حِيْنَ يَرْفَعُ صُلْبَهُ مِنَ الرُّكُوْعِ. ثُمَّ يَقُوْلُ وَ هُوَ قَائِمٌ: رَبَّنَا وَ لَكَ اْلحَمْدُ، ثُمَّ يُكَبّرُ حِيْنَ يَهْوِى سَاجِدًا. ثُمَّ يُكَبّرُ حِيْنَ يَرْفَعُ رَأْسَهُ. ثُمَّ يُكَبّرُ حِيْنَ يَسْجُدُ. ثُمَّ يُكَبّرُ حِيْنَ يَرْفَعُ رَأْسَهُ. ثُمَّ يَفْعَلُ مِثْلَ ذلِكَ فِى الصَّلاَةِ كُلّهَا حَتَّى يَقْضِيَهَا. وَ يُكَبّرُ حِيْنَ يَقُوْمُ مِنَ الْمَثْنَى بَعْدَ الْجُلُوْسِ. ثُمَّ يَقُوْلُ اَبُوْ هُرَيْرَةَ: اِنّى لاَشْبَهُكُمْ صَلاَةً بِرَسُوْلِ اللهِ ص. مسلم
Dari Abu Bakar bin Abdur Rahman, bahwasanya ia mendengar Abu Hurairah berkata, “Adalah Rasulullah SAW apabila berdiri shalat, beliau bertakbir ketika berdiri, kemudian bertakbir ketika (hendak) ruku', kemudian membaca Sami'alloohu liman hamidah ketika mengangkat tulang belakangnya dari ruku', kemudian membaca robbanaa wa lakal-hamdu dalam keadaan berdiri, kemudian bertakbir ketika tunduk untuk bersujud, kemudian bertakbir ketika mengangkat kepalanya (dari sujud), kemudian bertakbir ketika bersujud (yang kedua), kemudian bertakbir ketika mengangkat kepalanya dari sujud. Kemudian beliau melakukan yang demikian itu pada semua shalatnya hingga beliau menyelesaikan shalat itu. Dan beliau bertakbir ketika berdiri dari reka'at kedua setelah duduk (At-tahiyat awwal)”. Kemudian Abu Hurairah berkata, “Sesungguhnya shalatku lebih menyerupai dengan shalat Rasulullah SAW daripada kalian”. [HR. Muslim juz 1, hal. 293]
عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ قَالَ رَاَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص اِذَا سَجَدَ يَضَعُ رُكْبَتَيْهِ قَبْلَ يَدَيْهِ وَ اِذَا نَهَضَ رَفَعَ يَدَيْهِ قَبْلَ رُكْبَتَيْهِ. الترمذى
Dari Waail bin Hujr, ia berkata, "Saya melihat Rasulullah SAW apabila bersujud, beliau meletakkan dua lututnya sebelum dua tangannya. Dan apabila bangkit (dari sujud), beliau mengangkat dua tangannya sebelum dua lututnya". [HR. Tirmidzi juz 1, hal. 168, no. 267].
عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ قَالَ: رَأَيْتُ النَّبِيَّ ص اِذَا سَجَدَ وَضَعَ رُكْبَتَيْهِ قَبْلَ يَدَيْهِ، وَ اِذَا نَهَضَ رَفَعَ يَدَيْهِ قَبْلَ رُكْبَتَيْهِ. ابو داود
Dari Waail bin Hujr, ia berkata, “Saya melihat Nabi SAW apabila bersujud, beliau meletakkan dua lututnya sebelum dua tangannya. Dan apabila beliau bangkit (dari sujud), beliau mengangkat dua tangannya sebelum dua lututnya”. [HR. Abu Dawud juz 1, hal. 222, no. 838]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا سَجَدَ اَحَدُكُمْ فَلاَ يَبْرُكْ كَمَا يَبْرُكُ الْبَعِيْرُ، وَ لْيَضَعْ يَدَيْهِ قَبْلَ رُكْبَتَيْهِ. ابو داود
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW pernah bersabda, "Apabila seseorang diantara kalian sujud, maka janganlah mendekam sebagaimana mendekamnya unta, dan hendaklah meletakkan kedua tangannya sebelum dua lututnya". [HR. Abu Dawud juz 1, hal. 222, no. 840]
Keterangan :
Dengan hadits ini ada ulama' yang berpendapat bahwa cara sujud itu meletakkan dua tangan lebih dahulu baru meletakkan dua lututnya. Tetapi apabila kita perhatikan larangan Nabi SAW tersebut yaitu "Janganlah mendekam sebagaimana mendekamnya unta", sedang onta itu jika mendekam mendahulukan kaki depannya, baru kemudian kaki yang belakang, maka kami berpendapat bahwa yang benar adalah meletakkan dua lututnya terlebih dahulu, kemudian dua tangannya sebagaimana hadits Waail bin Hujr di atas.
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رض قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ ص: اُمِرْتُ اَنْ اَسْجُدَ عَلَى سَبْعَةِ اَعْظُمٍ. عَلَى اْلجَبْهَةِ وَ اَشَارَ بِيَدِهِ عَلَى اَنْفِهِ وَ اْليَدَيْنِ وَ الرُّكْبَتَيْنِ وَ اَطْرَافِ اْلقَدَمَيْنِ وَ لاَ نَكْفِتَ الثّيَابَ وَ الشَّعَرَ. البخارى
Dari Ibnu ‘Abbas RA, ia berkata : Nabi SAW bersabda, “Saya diperintah supaya bersujud atas tujuh tulang (anggota badan). Yaitu dahi, dan beliau mengisyaratkan dengan tangannya pada hidungnya, dan dua tangan, dua lutut, dan dua ujung telapak kaki. Dan kita tidak boleh menyingkirkan pakaian dan rambut”. [HR. Bukhari juz 1, hal. 198]
عَنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَالِكٍ اِبْنِ بُحَيْنَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ اِذَا صَلَّى فَرَّجَ بَيْنَ يَدَيْهِ حَتَّى يَبْدُوَ بَيَاضُ اِبْطَيْهِ. البخارى
Dari ‘Abdulalh bin Malik yaitu Ibnu Buhainah , ia berkata, "Sesungguhnya Nabi SAW apabila shalat (ketika sujud), beliau merenggangkan dua tangannya (dari rusuknya) sehingga kelihatan putih kedua ketiaknya". [HR. Bukhari juz 1, hal. 197]
عَنِ الْبَرَاءِ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا سَجَدْتَ فَضَعْ كَفَّيْكَ وَارْفَعْ مِرْفَقَيْكَ. مسلم
Dari Baraa', ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Apabila kamu bersujud, maka letakkanlah dua tapak tanganmu dan angkatlah dua sikumu". [HR. Muslim juz 1, hal. 356]
عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ عَنْ اَبِيْهِ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص اِذَا رَكَعَ فَرَّجَ اَصَابِعَهُ وَ اِذَا سَجَدَ ضَمَّ اَصَابِعَهُ. البيهقى
Dari ‘Alqamah bin Waail bin Hujr dari bapaknya, ia berkata, “Adalah Nabi SAW apabila ruku', beliau merenggangkan jari-jari tangannya, dan apabila sujud, beliau merapatkan jari-jari tangannya”. [HR. Baihaqi juz 2, hal. 112]
عَنْ اَنَسٍ عَنِ النَّبِىّ ص قَالَ: اِعْتَدِلُوْا فِى السُّجُوْدِ وَ لاَ يَبْسُطْ اَحَدُكُمْ ذِرَاعَيْهِ انْبِسَاطَ الْكَلْبِ. الجماعة، فى نيل الاوطار
Dari Anas dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Luruslah kamu sekalian dalam sujud, dan janganlah seseorang diantara kalian menghamparkan kedua tangannya seperti anjing menghamparkan dua tangannya". [HR. Jama'ah, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 286]
عَنْ اَبِى حُمَيـْدٍ اَنَّ النَّبِىَّ ص كَانَ اِذَا سَجَدَ اَمْكَنَ اَنْفَهُ وَ جَبْهَتَهُ مِنَ اْلاَرْضِ، وَ نَحَّى يَدَيْهِ عَنْ جَنْبَيْهِ وَ وَضَعَ كَفَّيْهِ حَذْوَ مَنْكِبَيْهِ. ابو داد و الترمذى و صححه، فى نيل الاوطار
Dari Abu Humaid, ia berkata, "Adalah Nabi SAW apabila sujud, beliau menekankan hidung dan dahinya ke bumi, dan menjauhkan dua tangannya dari dua lambungnya serta meletakkan dua tapak tangannya sejajar dengan dua bahunya". [HR. Abu Dawud dan Tirmidzi, Tirmidzi menshahihkannya, dalam Nailul Authar, juz 2, hal. 287]
Bacaan Sujud
Bacaan sujud yang dituntunkan oleh Nabi SAW itu banyak macamnya, diantaranya sebagai berikut :
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُكْثِرُ اَنْ يَقُوْلَ فِى رُكُوْعِهِ وَ سُجُوْدِهِ: سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ رَبَّنَا وَ بِحَمْدِكَ اللّهُمَّ اغْفِرْلِى، يَتَأَوَّلُ اْلقُرْآنَ. الجماعة الا الترمذى، فى نيل الاوطار
Dari 'Aisyah, ia berkata, “Adalah Rasulullah SAW memperbanyak membaca di dalam ruku' dan sujudnya Subhaanakalloohumma robbanaa wa bihamdikalloohummaghfirlii (Maha Suci Engkau ya Allah, Tuhan kami dan dengan memuji-Mu, ya Allah ampunilah aku), yaitu beliau mengamalkan perintah Al-Qur'an :
فَسَبّحْ بِحَمْدِ رَبّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ
[HR. Jama'ah, kecuali Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 275]
عَنْ حُذَيْفَةَ قَالَ: صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيّ ص ذَاتَ لَيْلَةٍ. فَافْتَتَحَ اْلبَقَرَةَ … ثُمَّ رَكَعَ فَجَعَلَ يَقُوْلُ: سُبْحَانَ رَبّيَ اْلعَظِيْمِ. فَكَانَ رُكُوْعُهُ نَحْوًا مِنْ قِيَامِهِ. ثُمَّ قَالَ سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ، ثُمَّ قَامَ طَوِيْلاً قَرِيْبًا مِمَّا رَكَعَ. ثُمَّ سَجَدَ فَقَالَ: سُبْحَانَ رَبّيَ اْلاَعْلَى. فَكَانَ سُجُوْدُهُ قَرِيْبًا مِنْ قِيَامِهِ. مسلم
عَنْ حُذَيْفَةَ قَالَ: صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيّ ص فَكَانَ يَقُوْلُ فِى رُكُوْعِهِ: سُبْحَانَ رَبّيَ اْلعَظِيْمِ وَ فِى سُجُوْدِهِ: سُبْحَانَ رَبّيَ اْلاَعْلَى. وَ مَا مَرَّتْ بِهِ ايَةُ رَحْمَةٍ اِلاَّ وَقَفَ عِنْدَهَا يَسْأَلُ، وَ لاَ ايَةُ عَذَابٍ اِلاَّ تَعَوَّذَ مِنْهَا. الخمسة و صححه الترمذى، فى نيل الاوطار
Telah berkata Hudzaifah, Saya pernah shalat bersama Nabi SAW. Dan adalah beliau membaca pada ruku'nya Subhaana robbiyal-'adhiim. (Maha suci Tuhanku yang Maha Besar), dan pada sujudnya beliau membaca Subhaana robbiyal a'laa (Maha sucu Tuhanku yang Maha Tinggi). Dan tidaklah beliau melewati ayat rahmat melainkan beliau berhenti, lalu memohon (rahmat), dan tidaklah beliau melewati ayat ‘adzab melainkan beliau memohon perlindungan (darinya). [HR. Khamsah dan dishahihkan oleh Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 273]
عَنْ عَائِشَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ يَقُوْلُ فِى رُكُوْعِهِ وَسُجُوْدِهِ: سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّ اْلمَلاَئِكَةِ وَالرُّوْحِ. احمد و مسلم و ابو داود و النسائى، فى نيل الاوطار
Dari 'Aisyah, ia berkata, “Sesungguhnya Rasulullah SAW membaca di dalam ruku'nya dan sujudnya Subbuuhun Qudduusun Robbul malaaikati war-ruuh (Tuhan yang Maha Suci lagi Maha Qudus, Tuhan pemelihara Malaikat dan ruh). [HR. Ahmad, Muslim, Abu Dawud dan Nasai, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 275]
عَنْ عَوْفِ بْنِ مَالِكٍ اْلاَشْجَعِيّ قَالَ: قُمْتُ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص لَيْلَةً فَقَامَ فَقَرَأَ سُوْرَةَ اْلبَقَرَةِ لاَ يَمُرُّ بِايةِ رَحْمَةٍ اِلاَّ وَقَفَ فَسَاَلَ وَ لاَ يَمُرُّ بِايةِ عَذَابٍ اِلاَّ وَقَفَ فَتَعَوَّذَ. قَالَ: ثُمَّ رَكَعَ بِقَدْرِ قِيَامِهِ يَقُوْلُ فِى رُكُوْعِهِ سُبْحَانَ ذِى اْلجَبَرُوْتِ وَ اْلمَلَكُوْتِ وَ اْلكِبْرِيَاءِ وَ اْلعَظَمَةِ. ثُمَّ سَجَدَ بِقَدْرِ قِيَامِهِ ثُمَّ قَالَ فِى سُجُوْدِهِ مِثْلَ ذلِكَ. ابو داود
Dari 'Auf bin Malik Al-Asyja'iy , ia berkata, “Saya pernah shalat malam bersama Rasulullah SAW. Ketika berdiri beliau membaca surat Al-Baqarah, tidaklah beliau melewati ayat rahmat kecuali beliau berhenti membaca, lalu memohon, dan tidaklah beliau melewati ayat ‘adzab kecuali beliau berhenti membaca, lalu memohon perlindungan”. ‘Auf berkata, “Kemudian beliau ruku’ sekadar lama beliau berdiri. Beliau membaca di dalam ruku'nyaSubhaana dzil Jabaruuti wal Malakuuti wal Kibriyaai wal 'Adhomah (Maha suci Tuhan yang mempunyai keperkasaan, kekuasaan, kesombongan dan keagungan), kemudian beliau sujud sekadar lama berdirinya, kemudian beliau membaca di dalam sujudnya seperti itu juga”. [HR. Abu Dawud juz 1, hal. 231, no. 873]
Duduk antara dua sujud
Setelah kita melaksanakan sujud dengan thuma'ninah, kemudian kita duduk di antara dua sujud. Yaitu mengangkat kepala dari sujud sambil mengucap "Alloohu Akbar" hingga duduk di atas tapak kaki yang kiri, sedangkan tapak kaki yang kanan ditegakkan pada ujung jari-jarinya, serta meletakkan dua tapak tangan di atas kedua paha dengan meratakan ujung jari dengan lutut.
عَنْ اَبِى حُمَيْدٍ السَّاعِدِيّ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا قَامَ اِلَى الصَّلاَةِ … ثُمَّ هَوَى اِلَى اْلاَرْضِ سَاجِدًا ثُمَّ قَالَ: اللهُ اَكْبَرُ ثُمَّ جَافَى عَضُدَيْهِ عَنْ اِبْطَيْهِ وَ فَتَخَ اَصَابِعَ رِجْلَيْهِ، ثُمَّ ثَنَى رِجْلَهُ اْليُسْرَى وَ قَعَدَ عَلَيْهَا. ثُمَّ اعْتَدَلَ حَتَّى يَرْجِعَ كُلُّ عَظْمٍ فِى مَوْضِعِهِ مُعْتَدِلاً، ثُمَّ هَوَى سَاجِدًا، ثُمَّ قَالَ: اللهُ اَكْبَرُ. ثُمَّ ثَنَى رِجْلَهُ وَ قَعَدَ وَ اعْتَدَلَ حَتَّى يَرْجِعَ كُلُّ عَظْمٍ فِى مَوْضِعِهِ. ثُمَّ نَهَضَ، ثُمَّ صَنَعَ فِى الرَّكْعَةِ الثَّانِيَةِ مِثْلَ ذلِكَ. الترمذى
Dari Abu Humaid As-Saa’idiy, ia berkata, “Adalah Rasulullah SAW apabila berdiri untuk shalat …. kemudian beliau turun bersujud, kemudian membaca Alloohu Akbar. Kemudian merenggangkan kedua lengannya dari ketiaknya dan menancapkan jari-jari kakinya, kemudian beliau melipat kaki kirinya dan duduk diatasnya sehingga semua tulang kembali pada tempatnya. Kemudian beliau turun bersujud (kedua), kemudian membacaAlloohu Akbar. Kemudian melipat kaki kirinya dan duduk tegak diatasnya sehingga semua tulang kembali pada tempatnya. Kemudian beliau bangkit dan melakukan untuk rekaat kedua seperti itu pula". [HR. Tirmidzi, juz 1, hal. 188]
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ الرُّكُوْعِ لَمْ يَسْجُدْ حَتَّى يَسْتَوِيَ قَائِمًا. فَاِذَا سَجَدَ فَرَفَعَ رَأْسَهُ لَمْ يَسْجُدْ حَتَّى يَسْتَوِيَ جَالِسًا. وَ كَانَ يَفْتَرِشُ رِجْلَهُ الْيُسْرَى. ابن ماجه
Dari 'Aisyah, ia berkata, "Adalah Rasulullah SAW apabila mengangkat kepalanya dari ruku’ beliau tidak sujud sehingga berdiri dengan sempurna. Dan apabila beliau telah sujud, lalu mengangkat kepalanya, beliau tidak sujud lagi sehingga duduk dengan sempurna. Dan beliau duduk pada kaki kirinya". [HR. Ibnu Majah juz 1, hal. 288 no. 893]
Bacaan ketika duduk antara dua sujud.
Ketika duduk antara dua sujud kita membaca salah satu do'a sebagai berikut :
عَنْ حُذَ يْفَةَ اَنَّ النَّبِىَّ ص كَانَ يَقُوْلُ بَيْنَ السَّجْدَتَيْنِ رَبّ اغْفِرْلِى رَبّ اغْفِرْلِى. ابن ماجه
Dari Hudzaifah, ia bekata, "Bahwasanya Nabi SAW membaca diantara dua sujudnya Robbigh firlii - Robbigh firlii (Ya Tuhanku ampunilah daku, Ya Tuhanku ampunilah daku)". [HR. Ibnu Majah juz 1, hal. 289 no. 897].
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ اَنَّ النَّبِىَّ ص كَانَ يَقُوْلُ بَيْنَ السَّجْدَتَيْنِ اَللّهُمَّ اغْفِرْلِى وَارْحَمْنِى وَاجْبُرْنِى وَاهْدِنِى وَارْزُقْنِى. الترمذى
Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata, Sesungguhnya Nabi SAW membaca diantara dua sujud Alloohummaghfirlii warhamnii wajburnii wahdinii war zuqnii (Ya Allah ampunilah daku, kasihanilah daku, cukupilah daku, tunjukilah daku dan berilah rezqi kepadaku)". [HR. Tirmidzi juz 1, hal. 175]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ اَنَّ النَّبِىَّ ص كَانَ يَقُوْلُ بَيْنَ السَّجْدَتَيْنِ اَللّهُمَّ اغْفِرْلِى وَارْحَمْنِى وَعَافِنِى وَاهْدِنِى وَارْزُقْنِى. ابو داود
Dari Ibnu 'Abbas, ia berkata, "Sesungguhnya Nabi SAW membaca (pada duduk) diantara dua sujud Alloohummaghfirlii warhamnii wa'aafinii wahdinii warzuqnii (Ya Allah, ampunilah daku, kasihanilah daku, berilah 'afiat kepadaku, tunjukilah daku dan berilah rizqi kepadaku". [HR. Abu Dawud juz 1, hal. 224]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قاَلَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَقُوْلُ بَيْنَ السَّجْدَتَيْنِ فِى صَلاَةِ اللَّيْلِ رَبّ اغْفِرْ لِى وَارْحَمْنِى وَ اجْبُرْنِى وَارْزُقْنِى وَ ارْفَعْنِى. ابن حاجه
Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata : Adalah Rasulullah SAW membaca diantara dua sujud dalam shalat malam Robbighfirlii warhamnii wajburnii warzuqnii warfa’nii (Ya Tuhanku ampunilah daku, kasihanilah daku, cukupilah daku, berilah rezqi kepadaku dan angkatlah derajatku)". [HR. Ibnu Majah juz 1, hal. 290, no. 898]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ بَيْنَ السَّجْدَتَيْنِ فِى صَلاَةِ اللَّيْلِ رَبّ اغْفِرْ لِى وَارْحَمْنِى وَ ارْفَعْنِى وَارْزُقْنِى وَاهْدِنِى ثُمَّ سَجَدَ. احمد
Dari Ibnu ‘Abbas bahwasanya Rasulullah SAW membaca diantara dua sujud dalam shalat malam Robbighfirlii warhamnii warfa’nii warzuqnii wahdinii (Ya Tuhanku ampunilah daku, kasihanilah daku, angkatlah derajatku, berilah rezqi kepadaku dan tunjukilah daku)", kemudian beliau bersujud. [HR. Ahmad juz 1, hal. 315]
Sujud yang kedua dan wajib thuma’ninah pada setiap sujud, rukuk dan bangkit dari keduanya
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص دَخَلَ الْمَسْجِدَ، فَدَخَلَ رَجُلٌ فَصَلَّى، ثُمَّ جَاءَ فَسَلَّمَ عَلَى النَّبِىّ ص، فَقَالَ: اِرْجِعْ فَصَلّ فَاِنَّكَ لَمْ تُصَلّ، فَرَجَعَ فَصَلَّى كَمَا صَلَّى، ثُمَّ جَاءَ فَسَلَّمَ عَلَى النَّبِىّ ص، فَقَالَ: اِرْجِعْ فَصَلّ فَاِنَّكَ لمَْ تُصَلّ، فَرَجَعَ فَصَلَّى كَمَا صَلَّى، ثُمَّ جَاءَ فَسَلَّمَ عَلَى النَّبِىّ ص فَقَالَ : اِرْجِعْ فَصَلّ فَاِنَّكَ لَمْ تُصَلّ ثَلاَثًا، فَقَالَ: وَ الَّذِى بَعَثَكَ بِالْحَقّ مَا اُحْسِنُ غَيْرَهُ فَعَلّمْنِى، فَقَالَ: اِذَا قُمْتَ اِلَى الصَّلاَةِ فَكَبّرْ، ثُمَّ اقْرَأْ مَا تَيَسَّرَ مَعَكَ مِنَ الْقُرْآنِ، ثُمَّ ارْكَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ رَاكِعًا، ثُمَّ ارْفَعْ حَتَّى تَعْتَدِلَ قَائِمًا، ثُمَّ اسْجُدْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ سَاجِدًا، ثُمَّ ارْفَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ جَالِسًا، ثُمَّ اسْجُدْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ سَاجِدًا ثُمَّ افْعَلْ ذلِكَ فِى الصَّلاَةِ كُلّهَا. احمد و البخارى و مسلم، فى نيل الاوطار، لكن ليس لمسلم فيه ذكر السجدة الثانية
Dari Abu Hurairah, ia berkata, “Sesungguhnya Rasulullah SAW masuk masjid. Kemudian ada seorang laki-laki masuk masjid lalu shalat. Setelah shalat, orang laki-laki itu datang kepada Nabi SAW dan memberi salam”. Lalu Nabi SAW bersabda, "Kembalilah dan shalatlah karena kamu belum shalat". Lalu orang laki-laki itu kembali dan shalat sebagaimana dia shalat tadi. Kemudian orang itu datang kepada Nabi SAW dan memberi salam. Lalu Nabi SAW bersabda, "Kembalilah dan shalatlah, karena kamu belum shalat". Lalu orang laki-laki itu kembali dan shalat sebagaimana dia shalat tadi. Kemudian orang itu datang kepada Nabi SAW dan memberi salam. Lalu Nabi SAW bersabda, "Kembalilah dan shalatlah, karena kamu belum shalat". Demikianlah sampai tiga kali, lalu orang laki-laki itu berkata, "Demi Allah yang mengutusmu dengan membawa kebenaran, saya tidak bisa shalat yang lebih baik selain itu. Maka ajarilah saya (wahai Rasulullah) !". Maka Nabi SAW bersabda, "Apabila kamu berdiri shalat, bertakbirlah, kemudian bacalah apa yang mudah yang ada padamu dari Al-Qur'an, kemudian ruku'lah hingga thuma'ninah di dalam ruku' itu, kemudian bangkitlah dari ruku' hingga berdiri tegak, kemudian sujudlah hingga thuma'ninah di dalam sujud itu, kemudian angkatlah kepala dari sujud hingga thuma'ninah dalam duduk (antara dua sujud), kemudian sujudlah (yang kedua) hingga thuma'ninah dalam sujud itu. Kemudian kerjakanlah yang demikian itu dalam shalat semuanya". [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim dalam Nailul Authar juz 2, hal. 294, tetapi di dalam riwayat Muslim tidak disebutkan tentang sujud yang kedua].
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ اَبِى قَتَادَةَ عَنْ اَبِيْهِ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص اَسْوَأُ النَّاسِ سَرِقَةً الَّذِى يَسْرِقُ مِنْ صَلاَتِهِ، قَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ وَ كَيْفَ يَسْرِقُ مِنْ صَلاَتِهِ؟ قَالَ: لاَ يُتِمُّ رُكُوْعَهَا وَ لاَ سُجُوْدَهَا، اَوْ قَالَ: لاَ يُقِيْمُ صُلْبَهُ فِى الرُّكُوْعِ وَ السُّجُوْدِ. احمد
Dari ‘Abdullah bin Abu Qatadah, dari bapaknya, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Sejahat-jahat manusia dalam mencuri itu ialah orang yang mencuri dari shalatnya". Lalu para shahabat bertanya, "Ya Rasulullah, bagaimana orang mencuri dari shalatnya itu ?". Rasulullah SAW bersabda, "Yaitu orang yang tidak menyempurnakan ruku'nya dan tidak pula sujudnya". Atau beliau bersabda, "Orang yang tidak meluruskan tulang belakangnya di dalam ruku' dan sujud". [HR. Ahmad juz 5, hal. 310]
Bangun ke raka'at kedua
Setelah kita mengerjakan sujud yang kedua, berarti kita telah mendapatkan satu raka'at. Kemudian bangun dengan bertakbir untuk mengerjakan reka'at berikutnya.
عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ اَنَّ النَّبِىَّ ص لَمَّا سَجَدَ وَقَعَتْ رُكْبَتَاهُ اِلَى اْلاَرْضِ قَبْلَ اَنْ يَقَعَ كَفَّاهُ، فَلَمَّا سَجَدَ وَضَعَ جَبْهَتَهُ بَيْنَ كَفَّيْهِ وَ جَافَى عَنْ اِبْطَيْهِ، وَ اِذَا نَهَضَ نَهَضَ عَلَى رُكْبَتَيْهِ وَ اعْتَمَدَ عَلَى فَخِذَيْهِ. ابو داود، فى نيل الاوطار
Dari Waail bin Hujr, ia berkata, "Sesungguhnya Nabi SAW ketika akan sujud, dua lututnya lebih dulu mengenai bumi sebelum dua tangannya. Dan ketika sujud beliau meletakkan dahinya di antara dua tapak tangannya dan menjauhkan (tangannya) dari ketiaknya. Dan apabila bangkit, beliau bangkit atas dua lututnya dan menekan pada dua pahanya". [HR. Abu Dawud, Nailul Authar juz 2, hal. 300]
عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ قَالَ:رَأَيْتُ النَّبِيَّ ص اِذَا سَجَدَ وَضَعَ رُكْبَتَيْهِ قَبْلَ يَدَيْهِ، وَ اِذَا نَهَضَ رَفَعَ يَدَيْهِ قَبْلَ رُكْبَتَيْهِ. ابو داود
Dari Waail bin Hujr, ia berkata, “Aku melihat Nabi SAW apabila sujud beliau meletakkan kedua lututnya sebelum kedua tangannya, dan apabila bangkit, beliau mengangkat kedua tangannya sebelum kedua lututnya”. [HR. Abu Dawud juz 1, hal. 222, no. 838]
عَنْ مَالِكِ بْنِ الْحُوَيْرِثِ اَنَّهُ رَأَى النَّبِىَّ ص يُصَلّى، فَاِذَا كَانَ فِى وِتْرٍ مِنْ صَلاَتِهِ لَمْ يَنْهَضْ حَتَّى يَسْتَوِيَ قَاعِدًا. الجماعة الاّ مسلما و ابن ماجه، فى نيل الاوطار
Dari Malik bin Al-Huwairits, sesungguhnya ia melihat Nabi SAW melakukan shalat. Maka apabila bangkit dari raka'at yang ganjil dari shalatnya, beliau tidak bangkit sehingga duduk dengan sempurna. [HR. Jama'ah, kecuali Muslim dan Ibnu Majah, Nailul Authar juz 2, hal. 300]
Memulai raka'at kedua dengan Al-Fatihah
Reka'at kedua dan reka'at selanjutnya, dimulai dengan membaca Al-Fatihah, tanpa membaca doa iftitah :
عَنْ اَبِى هُرَبْرَةَ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا نَهَضَ فِى الرَّكْعَةِ الثَّانِيَةِ افْتَتَحَ اْلقِرَاءَةَ بِالْحَمْدُ للهِ رَبّ الْعلَمِيْنَ وَ لَمْ يَسْكُتْ. مسلم
Dari Abu Hurairah, ia berkata, "Adalah Rasulullah SAW apabila bangkit pada raka'at kedua, beliau memulai membaca dengan Alhamdulillaahi robbil 'aalamiin, dan beliau tidak diam (untuk membaca do'a iftitah)". [HR. Muslim juz 1, hal. 419]
Duduk at-tahiyyat awwal dan dalil isyarah dengan telunjuk
عَنْ اَبِى حُمَيْدٍ اَنَّهُ قَالَ … فَاِذَا جَلَسَ فِى الرَّكْعَتَيْنِ جَلَسَ عَلَى رِجْلِهِ اْليُسْرَى وَ نَصَبَ اْليُمْنَى، فَاِذَا جَلَسَ فِى الرَّكْعَةِ اْلأَخِيْرَةِ قَدَّمَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَ نَصَبَ اْلاُخْرَى وَ قَعَدَ عَلَى مَقْعَدَتِهِ. البخارى، فى نيل الاوطار
Dari Abu Humaid, ia berkata, "….. Maka apabila beliau SAW duduk pada dua reka’at, (at-tahiyyat awwal), beliau duduk pada kaki kirinya dan menegakkan kaki kanannya. Dan apabila duduk pada rekaat yang akhir (duduk at-tahiyyat akhir) beliau menjulurkan kakinya yang kiri dan menegakkan yang lain (kakinya yang kanan) dan beliau duduk pada tempat duduk beliau". [HR. Bukhari, Nailul Authar juz 2, hal. 306]
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: ... وَ كَانَ يَقُوْلُ فِى كُلّ رَكْعَتَيْنِ التَّحِيَّةَ. وَ كَانَ يَفْرِشُ رِجْلَهُ اْليُسْرَى وَيَنْصِبُ رِجْلَهُ اْليُمْنَى. مسلم
Dari 'Aisyah, ia berkata, "..... Dan adalah beliau SAW membaca at-tahiyyat pada setiap dua reka’at. Dan beliau duduk pada kakinya yang kiri dan menegakkan kakinya yang kanan". [HR. Muslim juz 1, hal. 357].
عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا جَلَسَ فِى الصَّلاَةِ وَضَعَ يَدَيْهِ عَلَى رُكْبَتَيْهِ وَ رَفَعَ اُصْبُعَهُ الْيُمْنَى الَّتِى تَلِى اْلاِبْهَامَ فَدَعَا بِهَا، وَ يَدَهُ الْيُسْرَى عَلَى رُكْبَتِهِ بَاسِطُهَا عَلَيْهَا، وَ فِى لَفْظٍ كَانَ اِذَا جَلَسَ فِى الصَّلاَةِ وَضَعَ كَفَّهُ الْيُمْنَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى وَ قَبَضَ اَصَابِعَهُ كُلَّهَا وَ اَشَارَ بِاُصْبُعِهِ الَّتِى تَلِى اْلاِبْهَامَ وَ وَضَعَ كَفَّهُ الْيُسْرَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُسْرَى. احمد و مسلم و النسائى فى نيل الاوطار
Dari Ibnu 'Umar, ia berkata, "Adalah Rasulullah SAW apabila duduk dalam shalat (duduk at-tahiyyat) beliau meletakkan dua tangannya pada dua lututnya dan mengangkat jarinya yang kanan yaitu jari yang disebelahnya ibu jari (jari telunjuk), lalu beliau berdo'a dengannya. Sedangkan tangannya yang kiri pada lututnya yang kiri dengan menghamparkan padanya". Dan dalam satu lafadh, "Adalah beliau SAW apabila duduk di dalam shalat (duduk at-tahiyyat), meletakkan tapak tangannya yang kanan pada pahanya yang kanan dan menggenggam jari-jarinya semuanya, dan beliau berisyarat dengan jarinya, yaitu jari yang sebelahnya ibu jari (jari telunjuk). Dan beliau meletakkan tapak tangannya yang kiri pada pahanya yang kiri". [HR. Ahmad, Muslim dan Nasai, Nailul Authar juz 2, hal. 316]
عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ اَنَّهُ قَالَ فِى صِفَةِ صَلاَةِ رَسُوْلِ اللهِ ص: ثُمَّ قَعَدَ فَافْتَرَشَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى، وَوَضَعَ كَفَّهُ الْيُسْرَى عَلَى فَخِذِهِ وَ رُكْبَتِهِ الْيُسْرَى، وَ جَعَلَ حَدَّ مِرْفَقِهِ اْلاَيْمَنِ عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى، ثُمَّ قَبَضَ ثِنْتَيْنِ مِنْ اَصَابِعِهِ وَحَلَّقَ حَلْقَةً، ثُمَّ رَفَعَ اُصْبُعَهُ فَرَاَيْتُهُ يُحَرّكهُاَ يَدْعُوْبِهَا. احمد و النسائى و ابو داود، فى نيل الاوطار
Dari Waail bin Hujr, bahwasanya ia berkata dalam menerangkan shalatnya Rasulullah SAW, "Kemudian beliau SAW duduk dengan duduk pada kakinya yang kiri, dan meletakkan tapak tangannya yang kiri pada pahanya dan lututnya yang kiri dan menjadikan ujung sikunya yang kanan pada pahanya yang kanan. Kemudian menggenggam dua jarinya (jari manis dan jari kelingking) dan membentuk lingkaran (dengan menghubungkan jari tengah dengan ibu jari) kemudian beliau mengangkat (berisyarat) dengan jarinya (jari telunjuk), maka saya melihat beliau menggerak-gerakkannya dan berdo'a dengannya”. [HR. Ahmad, Nasai dan Abu Dawud. Nailul Authar juz 2, hal. 315]
Keterangan :
Dalam sanad hadits Waail ini ada seorang rawi yang dicela, yaitu ‘Ashim bin Kulaib, namun celanya tersebut tidak sampai menjadikan hadits tersebut dlaif.
Dengan adanya riwayat yang berbeda tersebut, yang satu menyebutkan bahwa Rasulullah SAW menggerak-gerakkan jari telunjuknya ketika tasyahhud, dan yang lain tidak menyebutkan “menggerak-gerakkan telunjuknya”, di sini bisa dipahami bahwa terkadang beliau menggerak-gerakkan telunjuknya, dan kadang-kadang tidak.
Mta tgl 03/04, 01/05, 22/05/2005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar