Risalah Janaiz 2


10.  Sifat/cara memandikan mayyit
عَنْ اُمّ عَطِيَّةَ قَالَتْ : تُوُفّيَتْ اِحْدَى بَنَاتِ النَّبِيّ ص فَخَرَجَ فَقَالَ: اِغْسِلْنَهَا ثَلاَ ثًا اَوْخَمْسًا اَوْ اَكْثَرَ مِنْ ذلِكِ اِنْ رَأَيْتُنَّ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ، وَاجْعَلْنَ فِى اْلآخِرَةِ كَافُوْرًا، اَوْشَيْئًا مِنْ كَافُوْرٍ. فَاِذَا فَرَغْتُنَّ فَآذِنَّنِى قَالَتْ: فَلَمَّا فَرَغْنَا آذَنَّاهُ، فَاَلْقَى اِلَيْنَا حَقْوَهُ فَقَالَ: اَشْعِرْنَهَا اِيَّاهُ. البخارى 2: 73
Dari Ummu Athiyah, ia berkata: Ketika salah seorang putri Nabi SAW meninggal dunia, beliau keluar lalu bersabda, Mandikanlah dia tiga kali, lima kali atau lebih dari itu jika kamu pandang perlu, dengan air dan bidara, dan yang terakhir campurilah dengan kapur barus atau sedikit kapur barus. Kemudian apabila kalian sudah selesai, beritahukanlah kepadaku". (Ummu Athiyah) berkata : Kemudian setelah kami selesai maka kami, beritahukan kepada beliau, lalu beliau memberikan kain kepada kami, dan bersabda, Pakaikanlah dia dengan ini". [HR. Bukhari juz 2 hal. 73]
عَنْ اُمّ عَطِيَّةَ قَالَتْ : لَمَّا مَاتَتْ زَيْنَبُ بِنْتُ رَسُوْلِ اللهِ ص قَالَ لَنَا رَسُوْلُ اللهِ ص: اِغْسِلْنَهَا وِتْرًا، ثَلاَثًا اَوْخَمْسًا وَ اجْعَلْنَ فِى اْلخَامِسَةِ كَافُوْرًا اَوْشَيْئًا مِنْ كَافُوْرٍ. فَاِذَا غَسَلْتُنَّهَا فَاَعْلِمْنَنِى. قَالَتْ: فَاَعْلَمْنَاهُ. فَاَعْطَانَا حَقْوَهُ وَ قَالَ: اَشْعِرْنَهَا اِيَّاهُ. مسلم 2: 648
Dari Ummu Athiyah, ia berkata : Ketika Zainab putri Rasulullah SAW meninggal dunia, Rasulullah SAW bersabda kepada kami, Mandikanlah dia dengan hitungan ganjil, tiga kali atau lima kali, dan yang kelima itu campurilah dengan kapur barus atau sedikit kapur barus. Apabila kalian sudah selesai memandikannya, beritahukanlah kepadaku". (Ummu Athiyah) berkata : Maka (setelah selesai), kami memberitahukan kepada beliau, lalu beliau memberikan kain kepada kami dan bersabda, Pakaikanlah dia dengan ini". [HR. Muslim juz 2 hal. 648]
عَنْ اُمّ عَطِيَّةَ رض قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص فِى غَسْلِ ابْنَتِهِ: اِبْدَأْنَ بِمَيَامِنِهَا وَمَوَاضِعِ الْوُضُوْءِ مِنْهَا. البخارى 2: 73
Dari Ummu Athiyah RA, ia berkata : Rasulullah  SAW bersabda ketika kami memandikan jenazah putri beliau, Mulailah dari anggota-anggota sebelah kanan dan anggota-anggota wudlunya". [HR. Bukhari juz 2, hal. 73]
وَ فِى رِوَايَةٍ قَالَتْ: اِنَّهُ قَالَ: اِغْسِلْنَهَا ثَلاَثًا اَوْخَمْسًا اَوْ سَبْعًا اَوْ اَكْثَرَ مِنْ ذلِكِ اِنْ رَأَيْتُنَّ. قَالَتْ حَفْصَةُ، قَالَتْ اُمُّ عَطِيَّةَ: وَ جَعَلْنَا رَأْسَهَـا ثَلاَ ثَةَ قُرُوْنٍ. البخارى 2: 74
Dan dalam satu riwayat (Ummu Athiyah) berkata : Sesungguhnya beliau SAW bersabda, Mandikanlah dia tiga kali, lima kali, tujuh kali atau lebih dari itu jika kamu pandang perlu. Hafshah berkata : Umu Athiyah berkata, Kemudian kami klabang rambutnya menjadi tiga ikatan. [HR. Bukhari juz 2, hal. 74]
عَنْ عَبَّادِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ الزُّبَيْرِ قَالَ: سَمِعْتُ عَائِشَةَ تَقُوْلُ: لَمَّا اَرَادُوْا غَسْلَ النَّبِيّ ص قَالُوْا: وَ اللهِ مَا نَدْرِيْ اَ نُجَرّدُ رَسُوْلَ اللهِ ص ثِيَابَهُ كَمَا نُجَرّدُ مَوْتَانَا اَمْ نُغَسّلُهُ وَعَلَيْهِ ثِيَابُهُ؟ فَلَمَّا اخْتَلَفُوْا اَلْقَى اللهُ عَلَيْهِمُ النَّوْمَ حَتَّى مَا مِنْهُمْ رَجُلٌ اِلاَّ وَ ذَقْنُهُ فِي صَدْرِهِ.  ثُمَّ كَلَّمَهُمْ مُكَلّمٌ مِنْ نَاحِيَةِ الْبَيْتِ لاَ يَدْرُوْنَ مَنْ هُوَ، اَنِ اغْسِلُوا النَّبِيَّ ص وَ عَلَيْهِ ثِيَابُهُ. فَقَامُوْا اِلَى رَسُوْلِ اللهِ ص فَغَسَلُوْهُ وَ عَلَيْهِ قَمِيْصُهُ، يَصُبُّوْنَ اْلمَاءَ فَوْقَ اْلقَمِيْصِ وَ يَدْلُكُوْنَهُ بِاْلقَمِيْصِ دُوْنَ اَيْدِيْهِمْ وَ كَانَتْ عَائِشَةُ تَقُوْلُ: لَوِ اسْتَقْبَلْتُ مِنْ اَمْرِى مَا اسْتَدْبَرْتُ مَا غَسَلَهُ اِلاَّ نِسَاؤُهُ.ابوداود 3: 196
Dari Abbad bin Abdullah bin Zubair, ia berkata : Saya mendengar Aisyah berkata : Ketika sahabat-sahabat akan memandikan Nabi SAW, mereka berkata, Demi Allah, kami tidak tahu apa yang harus kami lakukan, apakah kami harus menelanjangi Rasulullah SAW sebagaimana kami menelanjangi mayyit-mayyit kami, ataukah kami memandikannya dalam keadaan berpakaian ?. Setelah mereka berselisih, lalu Allah menjadikan mereka mengantuk, sehingga demi Allah sampai tidak ada seorang pun dari mereka itu melainkan janggutnya terkulai ke dadanya. Kemudian ada seseorang yang memberitahu mereka dari arah rumah yang mereka tidak mengetahui siapa dia itu, orang tersebut berkata, Mandikanlah Nabi SAW dalam keadaan berpakaian !". Kemudian mereka menuju kepada Rasulullah SAW, lalu mereka memandikan beliau dalam keadaan tetap memakai baju gamis beliau, mereka menuangkan air di atas pakaian beliau dan menggosoknya dengan pakaian beliau. Dan Aisyah berkata, Seandainya aku menghendaki untuk maju dalam urusanku, maka aku tidak akan mundur sehingga tidak ada yang memandikan beliau kecuali istri-istri beliau. [HR Abu Dawud juz 3 hal. 196]
Keterangan:
Dari hadits-hadits tersebut bisa diambil pengertian bahwa cara memandikan mayyit itu sebagai berikut:
a.  Menyiramkan air ke seluruh tubuh, di mulai dari anggota sebelah kanan dan anggota wudlu, (bila perlu dengan meremas-remas/memijit perut mayat secara perlahan-lahan untuk mengeluarkan kotoran yang mungkin masih tersisa dalam perutnya).
b.  Membersihkan tubuh mayyit itu dari najis dan kotoran.
c.  Menggosok badannya dengan sepotong kain
d.  Memandikannya dengan bilangan ganjil (tiga kali, lima kali, tujuh kali dan seterusnya bila dipandang perlu) dengan air yang dicampuri daun bidara dan pada siraman yang terakhir dengan air yang dicampur kapur barus.
e. Mengeringkannya dengan handuk dan sebagainya untuk menjaga agar tidak membasahi kafan.

11.  Orang yang memandikan mayyit harus bersikap lemah lembut, dan menutupi aib/cacatnya.
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَنْ غَسَلَ مَيّتًا فَاَدَّى فِيْهِ اْلاَمَانَةَ وَ لَمْ يُفْشِ عَلَيْهِ مَا يَكُوْنُ مِنْهُ عِنْدَ ذلِكَ، خَرَجَ مِنْ ذُنُوْبِهِ كَيَوْمَ وَلَدَتْهُ اُمُّهُ. قَالَ: لِيَلِهِ اَقْرَبُكُمْ مِنْهُ اِنْ كَانَ يَعْلَمُ، فَاِنْ كَانَ لاَ يَعْلَمُ فَمَنْ تَرَوْنَ اِنَّ عِنْدَهُ حَظًّا مِنْ وَرَعٍ وَ اَمَانَةٍ. احمد 9: 432، رقم 24935، ضعيف لانه فى اسناده جابر بن يزيد الجعفي
Dari Aisyah ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, Barangsiapa memandikan mayyit kemudian ia menunaikan amanat padanya, dan tidak menyiar-nyiarkan (cacat) yang ada padanya pada waktu itu, maka keluarlah ia dari dosa-dosanya sebagaimana pada hari ia baru dilahirkan ibunya". Dan beliau bersabda, Hendaklah yang mendampinginya itu keluarga yang lebih dekat jika dia mengerti, tetapi jika dia tidak mengerti, maka orang yang kamu pandang wira'i dan dapat dipercaya". [HR Ahmad juz 9 hal. 432, no. 24935, dlaif karena dalam sanadnya ada perawi yang bernama Jabir bin Yazid Al-Jufiy]
عَنْ عَائِشَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: كَسْرُ عَظْمِ اْلمَيّتِ كَكَسْرِهِ حَيًّا. ابو داود 3: 212
Dari 'Aisyah bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, Mematahkan tulang mayyit itu (dosanya) seperti halnya mematahkannya diwaktu hidupnya". [HR. Abu Dawud juz 3, hal. 212]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: … وَ مَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللهُ فِى الدُّنْيَا وَ اْلآخِرَةِ. مسلم 4: 2074
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “…… Dan barangsiapa menutupi (aib) seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat". [HR Muslim juz 4, hal. 2074]
Keterangan :
Hadits-hadits diatas menunjukkan bahwa yang lebih berhak memandikan mayyit adalah keluarga yang lebih dekat dengannya, dengan syarat ia mengerti apa yang diperlukan. Dan juga menunjukkan wajibnya berlaku lemah lembut terhadap mayyit ketika memandikan, mengkafani, membawa dan sebagainya, serta menganjurkan untuk menutup cacat/aibnya si mayyit.

12.  Suami boleh memandikan isteri dan sebaliknya.
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: رَجَعَ رَسُوْلُ اللهِ ص مِنَ اْلبَقِيْعِ فَوَجَدَنِى وَ اَنَا اَجِدُ صُدَاعًا فِى رَأْسِى، وَ اَنَا اَقُوْلُ وَا رَأْسَاهُ. فَقَالَ: بَلْ اَنَا وَارَأْسَاهُ، ثُمَّ قَالَ: مَا ضَرَّكِ لَوْ مُتّ قَبْلِى  فَقُمْتُ عَلَيْكِ، فَغَسَلْتُكِ وَ كَفَّنْتُكِ وَ صَلَّيْتُ عَلَيْكِ وَ دَفَنْتُكِ. ابن ماجه 1: 470
Dari Aisyah, ia berkata : Rasulullah SAW pulang dari (mengantarkan janazah di) pekuburan Baqi', lalu beliau mendapati aku sedang sakit kepala, lalu aku berkata, Aduuh sakitnya kepalaku", lalu beliau bersabda, Bahkan aku juga hai Aisyah, aduuh sakitnya kepalaku. Kemudian beliau bersabda,Tidak ada salahnya kalau engkau mati lebih dahulu lalu aku yang mengurusmu. Aku akan memandikanmu, mengkafanimu, menshalatkanmu dan menguburmu". [HR Ibnu Majah juz 1, hal. 470]
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: لَوْ كُنْتُ اِسْتَقْبَلْتُ مِنْ اَمْرِى مَا اسْتَدْبَرْتُ مَا غَسَلَ النَّبِيَّ ص غَيْرُ نِسَائِهِ. ابن ماجه 1: 470
Dari Aisyah, ia berkata, Seandainya aku menghendaki untuk maju dalam urusanku, maka aku tidak akan mundur sehingga tidak ada yang memandikan Nabi SAW selain istri-istri beliau. [HR Ibnu Majah juz 1, hal. 470]
Keterangan :
Dari hadits di atas bisa diambil pengertian bahwa suami boleh memandikan isterinya, begitu pula isteri boleh memandikan suaminya. Dan juga diriwayatkan bahwa Asma' memandikan Abu Bakar, dan 'Ali memandikan Fathimah. [lihat Nailul Author juz 4 halaman 31]

13.  Orang yang mati syahid di medan pertempuran tidak usah dimandikan
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص يَجْمَعُ بَيْنَ الرَّجُلَيْنِ مِنْ قَتْلَى اُحُدٍ فِى ثَوْبٍ وَاحِدٍ، ثُمَّ يَقُوْلُ: اَيُّهُمْ اَكْثَرُ اَخْذًا لِلْقُرْآنِ؟ فَاِذَا اُشِيْرَ لَهُ اِلَى اَحَدِهِمَا قَدَّمَهُ فِى اللَّحْدِ وَ قَالَ: اَنَا شَهِيْدٌ عَلَى هؤُلاَءِ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ، وَ اَمَرَ بِدَفْنِهِمْ فِى دِمَائِهِمْ، وَ لَمْ يُغَسَّلُوْا، وَ لَمْ يُصَلَّ عَلَيْهِمْ. البخارى 2: 93
Dari Jabir bin Abdullah, ia berkata : Nabi SAW mengumpulkan dua orang laki-laki yang gugur dalam perang Uhud dalam satu kafan, kemudian beliau bertanya, Siapa diantara mereka yang lebih banyak hafal Al-Qur'an ?" Kemudian setelah beliau diberitahu (yang lebih banyak hafal Quran) salah satu diantara keduanya, maka beliau mendahulukannya memasukkan ke dalam liang lahad. Dan beliau bersabda, Aku menjadi saksi atas mereka ini pada hari qiyamat. Dan beliau memerintahkan supaya mereka diquburkan dengan darah mereka, dan mereka tidak dimandikan serta tidak dishalatkan. [HR Bukhari juz 2 hal. 93]
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ عَنِ النَّبِيّ ص اَنَّهُ قَالَ فِى قَتْلَى اُحُدٍ: لاَ تُغَسّلُوْهُمْ فَاِنَّ كُلَّ جُرْحٍ اَوْ كُلَّ دَمٍ يَفُوْحُ مِسْكًا يَوْمَ اْلقِيَامَةِ وَ لَمْ يُصَلّ عَلَيْهِمْ. احمد 5: 19، رقم 14193
Dari Jabir bin Abdullah, dari Nabi SAW, bahwasanya beliau bersabda tentang orang-orang yang gugur dalam perang Uhud, Mereka jangan kalian mandikan, karena setiap luka atau setiap tetes darah akan berbau kasturi pada hari qiyamat nanti. Dan beliau tidak menshalatkan mereka". [HR. Ahmad juz 5, hal. 19, no. 14193]
وَ رَوَى مُحَمَّدٌ بْنُ اِسْحَاقَ فِى اْلمَغَازِى بِاِسْنَادِهِ عَنْ عَاصِمِ بْنِ عُمَرَ ابْنِ قَتَادَةَ عَنْ مَحْمُوْدِ بْنِ لَبِيْدٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اِنَّ صَاحِبَكُمْ لَتُغَسّلُهُ اْلمَلاَئِكَةُ يَعْنِى حَنْظَلَةَ: فَسَأَلُوْا اَهْلَهُ مَا شَأْنُهُ فَسُئِلَتْ صَاحِبَتُهُ فَقَالَتْ: خَرَجَ وَ هُوَ جُنُبٌ حِيْنَ سَمِعَ اْلهَائِعَةَ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص لِذلِكَ غَسَّلَتْهُ اْلمَلاَئِكَةُ. فى نيل الاوطار4: 33
Dan Muhammad bin Ishaq meriwayatkan di dalam Al-Maghazi (tentang Handhalah yang gugur dalam perang Uhud), dengan sanadnya dari Ashim bin Umar bin Qatadah dari Mahmud bin Labid, bahwasanya Nabi SAW bersabda, Sesungguhnya temanmu yakni Handhalah dimandikan oleh para malaikat". Kemudian para sahabat bertanya kepada keluarganya tentang bagaimana keadaan dia. Kemudian isterinya ditanya, lalu ia menjawab, Ia keluar dalam keadaan junub ketika mendengar suara ramai-ramai". Kemudian Rasulullah SAW bersabda, Itulah sebabnya maka ia dimandikan oleh para malaikat". [Dalam Nailul Authar juz 4 hal. 33]
عَنْ اَبِى سَلاَمٍ عَنْ رَجُلٍ مِنْ اَصْحَابِ النَّبِيّ ص قَالَ: اَغَرْنَا عَلَى حَيّ مِنْ جُهَيْنَةَ، فَطَلَبَ رَجُلٌ مِنَ اْلمُسْلِمِيْنَ رَجُلاً مِنْهُمْ، فَضَرَبَهُ فَأَخْطَأَهُ وَ اَصَابَ نَفْسَهُ بِالسَّيْفِ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اَخُوْكُمْ يَا مَعْشَرَ اْلمُسْلِمِيْنَ، فَابْتَدَرَهُ النَّاسُ فَوَجَدُوْهُ قَدْ مَاتَ. فَلَفَّهُ رَسُوْلُ اللهِ ص بِثِيَابِهِ وَ دِمَائِهِ وَ صَلَّى عَلَيْهِ وَ دَفَنَهُ فَقَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ اَ شَاهِدٌ هُوَ؟ قَالَ: نَعَمْ وَ اَنَا لَهُ شَهِيْدٌ. ابو داود 3: 21، ضعيف لانه فى اسناده سلام بن ابى سلام و هو مجهول
Dari Abu Salam dari seorang laki-laki shahabat Nabi SAW, ia berkata, Kami pernah menyerang sebuah kampung dari suku Juhainah, kemudian seorang laki-laki muslim mencari seorang laki-laki dari mereka, lalu ia (laki-laki muslim itu) memukulnya dengan pedang, tetapi meleset dan mengenai dirinya sendiri. Lalu Rasulullah SAW bersabda, Itu saudaramu, hai kaum muslimin, maka orang-orang segera menuju kepadanya, tetapi mereka mendapatinya telah meninggal dunia. Kemudian Rasulullah SAW mengkafaninya dengan pakaian dan darahnya, menshalatkannya dan menguburnya. Lalu shahabat-shahabat bertanya, Ya Rasulullah, syahidkah dia ? Beliau menjawab, Ya, dan akulah sebagai saksinya. [HR Abu Dawud juz 3, hal. 21, dlaif karena di dalam sanadnya ada perawi bernama Salam bin Abi Salam, dia majhul].

14. Mengkafani Mayyit
Cara mengkafani mayyit adalah sebagai berikut :
a). Dalam keadaan normal, sebaiknya untuk mengkafani mayyit adalah : kain yang berwarna putih serta dari bahan yang sederhana (tidak mahal). Sedang bila terpaksa karena tidak ada kain, maka boleh memakai penutup lain (tikar, kertas, rumput alang-alang dan sebagainya), yang penting dapat menutup tubuh dan 'auratnya.
b). Bagi laki-laki dengan tiga lembar kain. Ketiga lembar kain tersebut dihamparkan dan disela-selanya ditaburi kapur barus dan wangi-wangian, lalu mayyat diletakkan di atas kain tersebut, dilobang mata, hidung dan telinga diberi kapas untuk menjaga agar tidak mengeluarkan sesuatu dari padanya. Boleh pula diberi minyak wangi pada beberapa bagian tubuh mayat tersebut, kemudian dibungkus.
c). Bagi mayyit perempuan, sebaiknya dikafani dengan lima lembar, yaitu basahan (kain bawah), baju kurung (mori yang dibentuk seperti baju), tutup kepala, selimut dan kain yang menutupi seluruh badannya.
d). Bagi orang yang sedang ber-ihrom dalam pelaksanaan ibadah hajji, bila ia meninggal, kain kafannya adalah pakaian ihromnya itu sendiri, dan tidak usah diberi kapur barus atau wewangian.
e). Adapun orang yang mati syahid di medan pertempuran, maka mereka ini langsung diquburkan beserta baju yang dipakai tanpa dimandikan sebelumnya, sedang baju besi serta alat-alat perangnya dilepas.
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ. قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِلْبَسُوْا مِنْ ثِيَابِكُمُ اْلبَيَاضَ فَاِنَّهَا مِنْ خَيْرِ ثِيَابِكُمْ، وَ كَفّنُوْافِيْهَا مَوْتَاكُمْ. الترمذى 2: 232، و قال حديث حسن صحيح
Dari Ibnu Abbas, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Pakailah pakaian pakaian kalian yang putih-putih, karena ia sebaik-baik pakaian kalian; dan kafanilah mayit-mayit kalian dengannya". [HR. Tirmidzi juz 2, hal. 232, ia berkata : Hadits hasan shahih]
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: اِنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كُفّنَ فِى ثَلاَثَةِ اَثْوَابٍ يَمَانِيَةٍ بِيْضٍ سَحُوْلِيَّةٍ مِنْ كُرْسُفٍ لَيْسَ فِيْهَا قَمِيْصٌ وَ لاَ عِمَامَةٌ. البخارى 2: 75
Dari Aisyah RA, ia berkata, Sesungguhnya Rasulullah SAW dikafani dengan tiga lapis kain putih buatan negeri Yaman dari Sahul (sebuah desa di Yaman), terbuat dari kapas, tanpa baju gamis maupun sorban". [HR Bukhari juz 2,  hal. 75]
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: كُفّنَ النَّبِيُّ ص فِى ثَلاَثَةِ اَثْوابٍ سَحُوْلٍ كُرْسُفٍ لَيْسَ فِيْهَا قَمِيْصٌ وَ لاَ عِمَامَةٌ. البخارى 2: 77
Dari Aisyah RA, ia berkata : Nabi SAW dikafani dengan tiga lapis kain buatan dari Sahul yang terbuat dari kapas, tanpa baju gamis maupun sorban, [HR. Bukhari juz 2, hal. 77]
عَنْ عِائِشَةَ قَالَتْ: اُدْرِجَ رَسُوْلُ اللهِ ص فِى حُلَّةٍ يَمَنِيَّةٍ كَانَتْ لِعَبْدِ اللهِ بْنِ اَبِى بَكْرٍ، ثُمَّ نُزِعَتْ عَنْهُ، وَ كُفّنَ فِى ثَلاَثَةِ اَثْوَابٍ سَحُوْلٍ يَمَانِيَةٍ، لَيْسَ فِيْهَا عِمَامَةٌ وَ لاَ قَمِيْصٌ. مسلم 2: 65
Dari Aisyah, ia berkata, Rasulullah SAW (semula) dikafani dengan pakaian buatan Yaman milik Abdullah bin Abu Bakar, tetapi tidak jadi, kemudian dilepas, lalu dikafani dengan tiga kain dari Sahul Yaman, tanpa sorban dan tidak pula baju gamis". [HR. Muslim juz 2, hal. 65]
عَنْ لَيْلَى بِنْتِ قَانِفٍ الثَّقَفِيَّةِ قَالَتْ: كُنْتُ فِيْمَنْ غَسَّلَ اُمَّ كُلْثُوْمٍ بِنْتَ رَسُوْلِ اللهِ ص عِنْدَ وَفَاتِهَا، وَ كَانَ اَوَّلُ مَا اَعْطَانَا رَسُوْلُ اللهِ ص اَلْحِقَا ثُمَّ الدّرْعَ ثُمَّ اْلخِمَارَ ثُمَّ اْلمِلْحَفَةَ ثُمَّ اُدْرِجَتْ بَعْدُ فِى الثَّوْبِ اْلآخِرِ، قَالَتْ: وَ رَسُوْلُ اللهِ ص جَالِسٌ عِنْدَالْبَابِ، مَعَهُ كَفَنُهَا يُنَاوِلُنَاهَا ثَوْبًا ثَوْبًا. ابو داود 3: 200، رقم: 3157
Dari Laila binti Qanif Ats-Tsaqafiyah ia berkata, Aku adalah termasuk diantara perempuan yang memandikan Ummu Kultsum puteri Rasulullah SAW ketika wafatnya. Dan pertama-tama yang diberikan Rasulullah SAW kepada kami adalah kain bawah, kemudian baju kurung, lalu kudung, kemudian selimut, kemudian sesudah itu dimasukkan di dalam kain kafan yang terakhir". Laila berkata, Pada waktu itu Rasulullah SAW duduk di pintu dengan membawa kafannya, beliau memberikan kepada kami selembar demi selembar". [HR Abu Dawud juz 3, hal. 200, no. 3157]
Keterangan :
Dari hadits ini bisa diambil pengertian bahwa mayyit wanita sebaiknya dikafani dengan lima lembar kain, yaitu; kain bawah (yang bisa menutup pinggul dan paha), baju kurung (kain yang dibentuk baju kurung), penutup kepala, selimut dan kain yang bisa membungkus seluruhnya.
عَنْ خَبَّابِ بْنِ اْلاَرَتّ قَالَ: هَاجَرْنَا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص فِى سَبِيْلِ اللهِ، نَبْتَغِى وَجْهَ اللهِ. فَوَجَبَ اَجْرُنَا عَلَى اللهِ. فَمِنَّا مَنْ مَضَى لَمْ يَأْكُلْ مِنْ اَجْرِهِ شَيْئًا. مِنْهُمْ مُصْعَبُ بْنُ عُمَيْرٍ. قُتِلَ يَوْمَ اُحُدٍ. فَلَمْ يُوْجَدْ لَهُ شَيْءٌ يُكَفَّنُ فِيْهِ اِلاَّ نَمِرَةٌ. فَكُنَّا اِذَا وَضَعْنَاهَا عَلَى رَأْسِهِ خَرَجَتْ رِجْلاَهُ، وَ اِذَا وَضَعْنَاهَا عَلَى رِجْلَيْهِ خَرَجَ رَأْسُهُ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: ضَعُوْهَا مِمَّا يَلِى رَأْسَهُ وَ اجْعَلُوْا عَلَى رِجْلَيْهِ اْلاِذْخِرَ. وَمِنَّا مَنْ اَيْنَعَتْ لَهُ ثَمَرَتُهُ، فَهُوَ يَهْدُبُهَا. مسلم 2: 649.
Dari Khabbab bin Aratt, ia berkata : Kami berhijrah bersama Rasulullah SAW fii sabiilillaah dengan mengharap ridla Allah, maka Allah yang akan memberi pahala kepada kami. Lalu diantara kami ada yang meninggal belum merasakan hasil kemenangan sedikitpun. Diantara mereka itu ialah Musab bin Umair, ia gugur pada perang Uhud. Tidak ada sesuatu yang dipakai untuk mengkafaninya kecuali kain yang bergaris yang melekat di tubuhnya. Apabila kain itu kami tarik untuk menutup kepalanya, maka tampaklah kedua kakinya. Dan apabila kami tarik untuk menutup kedua kakinya, maka tampaklah kepalanya. Lalu Rasulullah SAW bersabda, Tutupkankanlah dari kepalanya, dan jadikanlah (tutuplah) pada kedua kakinya dengan rumput Idzkhir. Dan diantara kami ada pula yang tanamannya  sudah berbuah  (sudah mamur) maka ia  memanen hasilnya. [HR Muslim juz 2, hal. 649]
وَ عَنْ خَبَّابٍ اَيْضًا اَنَّ حَمْزَةَ لَمْ يُوْجَدْ لَهُ كَفَنٌ اِلاَّ بُرْدَةٌ مِلْحَاءُ، اِذَا جُعِلَتْ عَلَى قَدَمَيْهِ قَلَصَتْ عَنْ رَأْسِهِ، حَتَّى مُدَّتْ عَلَى رَأْسِهِ، وَ جُعِلَ عَلَى قَدَمَيْهِ اْلاِذْخِرُ. احمد، فى نيل الاوطار 4: 38
Dan dari Khabbab juga, bahwa Hamzah tidak didapatkan kafan untuknya melainkan sebuah selimut bergaris, yang apabila ditutupkan pada kedua kakinya maka kepalanya terlihat, sehingga ditarik ke kepalanya dan kedua kakinya ditutupi dengan rumput idzkhir. [HR Ahmad, Nailul Authar juz 4, hal. 38]
Keterangan :
Dari dua hadits di atas bisa diambil pengertian bahwa apabila kafan itu tidak mencukupi, maka bagian kepala itu yang lebih diutamakan daripada bagian kaki, kemudian bagian kaki bisa ditutup dengan penutup lain.
عَنْ اَبِى قَتَادَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا وَلِيَ اَحَدُكُمْ اَخَاهُ فَلْيُحْسِنْ كَفَنَهُ. الترمذى 2: 232
Dari Abu Qatadah ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, Apabila salah seorang diantara kalian mengurusi saudaranya, maka baguskanlah kafannya". [HR Tirmidzi juz 2, hal. 232]
عَنْ جَابِرٍ بْنِ عَبْدِ اللهِ يُحَدّثُ اَنَّ النَّبِيَّ ص خَطَبَ يَوْمًا، فَذَكَرَ رَجُلاً مِنْ اَصْحَابِهِ قُبِضَ، فَكُفّنَ فِى كَفَنٍ غَيْرِ طَائِلٍ، وَ قُبِرَ لَيْلاً، فَزَجَرَ النَّبِيُّ ص اَنْ يُقْبَرَ الرَّجُلُ باللَّيْلِ، حَتَّى يُصَلَّى عَلَيْهِ، اِلاَّ اَنْ يُضْطَرَّ اِنْسَانٌ اِلَى ذلِكَ. وَ قَالَ النَّبِيُّ ص: اِذَا كَفَّنَ اَحَدُكُمْ اَخَاهُ فَلْيُحَسّنْ كَفَنَهُ. مسلم 2: 651
Dari Jabir bin Abdullah, ia berkata : Bahwa Nabi SAW pernah berkhutbah pada suatu hari, lalu beliau menyebut tentang seorang laki-laki dari shahabatnya yang telah meninggal dunia, yang dikafani dengan kafan yang pendek dan dikubur pada malam hari, maka Nabi SAW melarang mayyit dikubur pada malam hari sehingga ia dishalati (oleh orang banyak), kecuali kalau ada seseorang yang terpaksa harus begitu. Dan Nabi SAW bersabda, Apabila salah seorang diantara kalian mengkafani saudaranya maka baguskanlah kafannya". [HR Muslim juz 2, hal. 651]
عَنْ عَائِشَةَ اَنَّ اَبَا بَكْرٍ نَظَرَ اِلَى ثَوْبٍ عَلَيْهِ كَانَ يَمْرَضُ فِيْهِ، بِهِ رَدْعٌ مِنْ زَعْفَرَانٍ، فَقَالَ: اِغْسِلُوْا ثَوْبِى هذَا، وَ زِيْدُوْا عَلَيْهِ ثَوْبَيْنِ، فَكَفّنُوْنِى فِيْهَا. قُلْتُ: اِنَّ هذَا خَلَقٌ. قَالَ: اِنَّ اْلحَيَّ اَحَقُّ بِاْلجَدِيْدِ مِنَ اْلمَيّتِ، اِنَّمَا هُوَ لِلْمُهْلَةِ. مختصر من البخارى 4: 40
Dari 'Aisyah bahwasanya Abu Bakar pernah melihat kepada pakaiannya yang ia pakai di waktu sakit, yang di situ ada bekas-bekas za'faran, lalu ia berkata : Cucilah pakaianku ini dan tambahlah lagi dua lembar, kemudian kafanilah aku dengan pakaian itu. Aku (Aisyah) berkata, Sesungguhnya pakaian ini sudah bekas". Abu Bakar menjawab, Sesungguhnya orang yang hidup lebih berhak memakai yang baru daripada orang yang mati, karena kafan itu hanya untuk nanah". [Diringkas dari riwayat Bukhari, Nailul Authar juz 4 halaman 40]
عَنْ عَلِيّ بْنِ اَبِى طَالِبٍ قَالَ: لاَ تَغَالَ لِى فِى كَفَنٍ فَاِنّى سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: لاَ تَغَالَوْا فِى اْلكَفَنِ، فَاِنَّهُ يُسْلَبُهُ سَلْبًا سَرِيْعًا. ابو داود 8: 199، رقم: 3154
Dari Ali bin Abu Thalib, ia berkata : Janganlah kamu  mengkafaniku dengan kain kafan yang mahal-mahal, karena saya pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, Janganlah kalian menggunakan kain kafan yang mahal-mahal, karena sesungguhnya ia hanyalah barang yang segera rusak". [HR. Abu Dawud, juz 8, hal. 199, no. 3154]
Keterangan :
Sabda Nabi SAW, "Apabila salah seorang diantara kamu mengkafani saudaranya maka baguskanlah kafannya" maksudnya dengan kain kafan yang bersih, suci, dapat menutupi dan sederhana (tidak berlebih-lebihan).
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: بَيْنَمَا رَجُلٌ وَاقِفٌ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص بِعَرَفَةَ اِذْ وَقَعَ عَنْ رَاحِلَتِهِ فَوَقَصَتْهُ فَذُكِرَ ذلِكَ لِلنَّبِيّ ص فَقَالَ: اِغْسِلُوْهُ بِمَاءٍ وَ سِدْرٍ وَ كَفّنُوْهُ فِى ثَوْبَيْهِ وَ لاَ تُحَنّطُوْهُ وَ لاَ تُخَمّرُوْا رَأْسَهُ فَاِنَّ اللهَ تَعَالَى يَبْعَثُهُ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ مُلَبّيًا. الجماعة، فى نيل الاوطار 4: 46
Dari Ibnu 'Abbas ia berkata : Tatkala seorang laki-laki wuquf bersama Rasulullah SAW di 'Arafah, tiba-tiba ia jatuh dari kendaraannya, kemudian patah tulang lehernya, lalu peristiwa itu disampaikan kepada Nabi SAW, maka beliau bersabda, Mandikanlah ia dengan air dan bidara, dan kafanilah dengan kedua pakaian ihramnya, janganlah kamu beri wangi-wangian dan jangan kamu tutup kepalanya, karena Allah Ta'ala akan membangkitkannya pada hari qiyamat nanti dalam keadaan berihram. [HR. Jama'ah, Nailul Authar juz 4, hal. 46]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِغْسِلُوا اْلمُحْرِمَ فِى ثَوْبَيْهِ اللَّذَيْنِ اَحْرَمَ فـِيْهِمَا وَ اغْسِلُوْهُ بِمَاءٍ وَ سِدْرٍ وَ كَفّنُوْهُ بِثَوْبَيْهِ وَ لاَ تُمِسُّوْهُ بِطِيْبٍ وَ لاَ تُخَمّرُوْا رَأْسَهُ فَاِنَّهُ يُبْعَثُ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ مُحْرِمًا. النسائى 4: 39
Dari Ibnu 'Abbas, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, Mandikanlah orang yang mati dalam keadaan ihram dengan kedua pakaian yang mereka pakai itu, dan mandikanlah dia dengan air dan bidara, lalu kafanilah dengan kedua pakaiannya itu, dan janganlah diberi wangi-wangian, serta jangan ditutup kepalanya, karena Allah akan membangkitkannya pada hari qiyamat nanti dalam keadaan berihram". [HR. Nasai juz 4, hal. 39]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: اَمَرَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَوْمَ اُحُدٍ بِالشُّهَدَاءِ اَنْ نَنْزِعَ عَنْهُمُ اْلحَدِيْدَ وَ اْلجُلُوْدَ وَ قَالَ: اِدْفِنُوْهُمْ بِدِمَائِهِمْ وَ ثِيَابِهِمْ. احمد و ابو داود و ابن ماجه، فى نيل الاوطار 4: 45
Dari Ibnu 'Abbas, ia berkata, Rasulullah SAW pada hari perang Uhud memerintahkan kepada kami (ketika akan menguburkan) para shuhada agar baju besi dan jaket kulit mereka dilepaskan, dan beliau bersabda, Kuburlah mereka dengan darah dan pakaian mereka". [HR. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majah, Nailul Authar juz 4, hal. 45]
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ ثَعْلَبَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ يَوْمَ اُحُدٍ: زَمّلُوْهُمْ فِى ثِيَابِهِمْ  وَ جَعَلَ يَدْفِنُ فِى اْلقَبْرِ الرَّهْطَ وَ يَقُوْلُ: قَدّمُوْا اَكْثَرَهُمْ قُرْآنًا. احمد، فى نيل الاوطار 4: 45
Dari Abdullah bin Tsalabah bahwasanya Rasulullah SAW bersabda pada hari perang Uhud, Selimutilah mereka dengan pakaian mereka", dan Rasulullah SAW mengubur mereka secara massal di dalam satu liang lahat, dan bersabda, Dahulukan diantara mereka yang lebih banyak (hafalan) Al-Qur'annya". [HR. Ahmad, Nailul Authar juz 4, hal. 45]
Keterangan :
Dua hadits terakhir ini menunjukkan bahwa kita diperintahkan mengubur orang yang mati syahid itu dengan pakaian yang dipakai sewaktu terbunuh, dengan melepaskan baju besi dan jaket kulit dan seluruh peralatan perang lainnya yang dibawa.

15. Menshalatkan mayyit
a.  Setelah mayat dimandikan dan dikafani, agama mensyariatkan untuk menshalatkannya. Hukumnya adalah fardlu kifayah, yaitu telah mencukupi bila dilakukan oleh sebagian kaum muslimin, sedang bila tidak ada yang melakukannya, berdosalah semuanya.
     Hal ini boleh dilakukan dimana saja tempat-tempat yang suci, baik di rumah atau di masjid (misalnya : karena rumahnya kecil, sedang yang akan menshalatkan amat banyak dan lain-lain sebab yang dibenarkan oleh agama). Jadi bukan dengan kepercayaan, bahwa shalat jenazah di masjid itu merupakan suatu ketetapan agama yang bila tidak dilaksanakan di masjid diangap kurang sah dlsb.
b.  Menshalatkan mayyit ini dapat dilakukan secara munfarid (sendirian) maupun berjama’ah (dengan seorang imam dan yang lain menjadi ma’mum), kedua-duanya dibenarkan oleh syara’ (hukum agama).
c.  Apabila mayyit itu laki-laki, mayyit tersebut diletakan di hadapan orang-orang yang akan menshalatkannya, dan orang yang menshalatkannya (imam, bila shalat itu berjama’ah) berdiri menghadap qiblat dan searah kepala mayyit. Sedang jika mayyit itu wanita, mayyit tersebut diletakkan di hadapan orang-orang yang akan menshalatkannya, tetapi orang yang menshalatkannya (imamnya) berdiri searah pinggang (perut) mayyit.
d.  Shalat jenazah ini dilakukan dengan berdiri (setelah takbiratul ihram lalu bersedekap) tanpa memakai ruku’, sujud dan sebagainya.
Adapun pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
1.  Takbiratul ihram (takbir untuk memulai shalat)
2.  Membaca Al-Fatihah
3.  Bertakbir yang kedua kalinya
4.  Membaca shalawat atas Nabi
5.  Bertakbir yang ketiga kalinya
6.  Mendo’akan mayyit
7.  Bertakbir yang keempat kalinya
8.  Salam
Untuk lebih mudahnya, maka di sini kami sajikan satu contoh shalat jenazah.

Contoh shalat jenazah (dengan 4 kali takbir)
1. Takbir pertama : Takbiratul ihram,
    Allah Maha Besar        اَللهُ اَكْبَرُ
Membaca ta’awwudz          اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ
    Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaithan yang terkutuk.
Membaca Al-Fatihah :
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبّ اْلعلَمِيْنَ. اَلرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. ملِكِ يَوْمِ الدّيْنِ. اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَ اِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ. اِهْدِنَا الصّرَاطَ اْلمُسْتَقِيْمَ. صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ، غَيْرِ اْلمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَ لاَ الضَّالّيْنَ. آمِيْنَ
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai hari Pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukkanlah kami ke jalan yang lurus. (Yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan ni’mat kepada mereka, bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat. [QS. Al-Fatihah : 1-7] Ya Allah, kabulkanlah permohonan kami.
2. Takbir ke dua.
    Allah Maha Besar        اَللهُ اَكْبَرُ
Membaca shalawat :
اَللّهُمَّ صَلّ عَلى مُحَمَّدٍ وَ عَلى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلى آلِ اِبْرَاهِيْمَ. وَ بَارِكْ عَلى مُحَمَّدٍ وَ عَلى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلى آلِ اِبْرَاهِيْمَ، فِى اْلعَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. مسلم 1: 305
Ya Allah, berilah shalawat atas Nabi Muhammad dan atas keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi shalawat atas keluarga Nabi Ibrahim. Dan berilah berkah atas Nabi Muhammad dan atas keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi berkah atas keluarga Nabi Ibrahim. Dalam semesta alam ini, sesungguhnya Engkau adalah Tuhan Yang Maha Terpuji lagi Maha Mulia. [HR. Muslim juz 1, hal. 305]
3. Takbir ke tiga.
    Allah Maha Besar        اَللهُ اَكْبَرُ
Membaca do’a untuk si mayyit :
اَللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَ ارْحَمْهُ وَ اعْفُ عَنْهُ وَ عَافِهِ وَ اَكْرِمْ نُزُلَهُ وَ وَسّعْ مَدْخَلَهُ وَ اغْسِلْهُ بِمَاءٍ وَ ثَلْجٍ وَ بَرَدٍ وَ نَقّهِ مِنَ اْلخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ. وَ اَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَ اَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَ زَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَ قِهِ فِتْنَةَ اْلقَبْرِ وَ عَذَابَ النَّارِ. مسلم 2: 663
Ya Allah, ampunilah dia, kasihanilah dia, maafkanlah dia, berilah ‘afiat padanya dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah tempat masuknya, cucilah dia dengan air, salju dan air embun. Bersihkanlah dia dari dosa-dosa sebagaimana kain putih dibersihkan dari kotoran. Gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada rumahnya (di dunia), gantilah keluarganya dengan keluarga yang lebih baik dari pada keluarganya, gantilah jodohnya dengan jodoh yang lebih baik daripada jodohnya (di dunia). Dan peliharalah dia dari fitnah qubur dan siksa neraka. [HR. Muslim juz 2, hal. 663]
4. Takbir ke empat.
    Allah Maha Besar        اَللهُ اَكْبَرُ
Membaca salam : (sambil menoleh ke kanan, ke kiri)

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللهِ

Semoga keselamatan dicurahkan atas kamu sekalian,
begitu pula rahmat Allah
Demikianlah salah satu contoh shalat jenazah.
Keterangan :
Adapun tentang takbir dalam shalat jenazah itu disertai dengan mengangkat tangan atau tidak, di sini ada dua pendapat :
1.  Pendapat pertama, bahwa mengangkat tangan itu hanya pada Takbiratul Ihram saja, sedang takbir-takbir selanjutnya tidak mengangkat tangan. Mereka beralasan dengan hadits sebagai berikut:
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ يَرْفَعُ يَدَيْهِ عَلَى اْلجَنَازَةِ فِى اَوَّلِ تَكْبِيْرَةٍ ثُمَّ لاَ يَعُوْدُ. الدارقطنى 2: 75، ضعيف لان فى اسناده الفضل بن سكن و هو مجهول
Dari Ibnu ‘Abbas bahwasanya Rasulullah SAW mengangkat kedua tangan beliau pada takbir yang pertama pada shalat jenazah, kemudian beliau tidak mengulanginya (mengangkat tangan). [HR. Daruquthni juz 2, hal. 75, dlaif karena di dalam sanadnya ada perawi bernama Al-Fadl bin Sakan, dia majhul]
     Dan karena tidak ada hadits yang sah yang menerangkan bahwa Nabi SAW mengangkat tangan pada semua takbir dalam shalat jenazah.
2.  Pendapat kedua, bahwa mengangkat tangan itu ada pada semua takbir shalat jenazah. Mereka beralasan dengan riwayat shahih yang diriwayatkan oleh Sa’id bin Manshur, sebagaimana kata Al-Hafidh Ibnul Hajar :
وَ قَدْ صَحَّ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ اَنَّهُ كَانَ يَرْفَعُ يَدَيْهِ فِى تَكْبِيْرَاتِ اْلجَنَازَةِ. سعيد بن منصور، فى نيل الاوطار 4: 71
Dan telah sah dari Ibnu ‘Abbas, bahwasanya beliau mengangkat kedua tangannya pada takbir-takbir shalat jenazah. [HR. Sa’id bin Manshur, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 71]
عَنِ ابْنِ عُمَرَ اَنَّهُ كَانَ يَرْفَعُ يَدَيْهِ كُلَّمَا كَبَّرَ عَلَى اْلجَنَازَةِ. الشافعى عن محمد بن عمر فى الام 1: 454
Dari Ibnu ‘Umar, bahwasanya ia mengangkat kedua tangannya pada tiap-tiap takbir shalat jenazah. [HR. Syafi’i, dari Muhammad bin ‘Umar, dalam Al-Umm juz 1, hal. 454]
Dan juga hadits sebagai berikut :
عَنِ ابْنِ عُمَرَ اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ اِذَا صَلَّى عَلَى اْلجَنَازَةِ رَفَعَ يَدَيْهِ فِى كُلّ تَكْبِيْرَةٍ، وَ اِذَا انْصَرَفَ سَلَّمَ. الدارقطنى في علله
Dari Ibnu ‘Umar bahwasanya Nabi SAW apabila menshalatkan jenazah beliau mengangkat kedua tangannya pada setiap takbir. Dan apabila selesai, beliau mengucap salam. [HR. Daruquthni, dalam ‘Ilalnya]
Contoh shalat jenazah yang kami ketengahkan di atas adalah salah satu cara shalat jenazah dengan empat takbir. Dan masih ada lagi beberapa kaifiyat (cara) shalat jenazah yang lain, diantaranya :
a. Dengan lima kali takbir
b. Dengan enam kali takbir
c. Dengan tujuh kali takbir
d. Dengan membaca Al-Fatihah dan surat dengan nyaring.
Kesemuanya itu berdasar atas dalil yang kuat.
Dan begitu pula ada bermacam-macam lafadh doa untuk mayyit, yang diantaranya akan kami sebutkan di belakang nanti.

16. Dalil tentang takbir shalat jenazah
عَنْ جَابِرٍ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص صَلَّى عَلَى اَصْحَمَةَ النَّجَاشِيّ فَكَبَّرَ عَلَيْهِ اَرْبَعًا. البخارى 2: 91
Dari Jabir RA, bahwa Nabi SAW pernah menshalatkan Ashhamah raja Najasyi, dan beliau takbir empat kali. [HR. Bukhari juz 2, hal. 91]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص نَعَى النَّجَاشِيَّ فِى اْليَوْمِ الَّذِى مَاتَ فِيْهِ، وَ خَرَجَ بِهِمْ اِلَى اْلمُصَلَّى، فَصَفَّ بِهِمْ وَ كَبَّرَ عَلَيْهِ اَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتٍ. البخارى 2: 91
Dari Abu Hurairah RA, bahwasanya Rasulullah SAW mengkhabarkan kematian raja Najasyi pada hari meninggalnya, lalu beliau keluar ke mushalla bersama orang banyak, kemudian mengatur shaff mereka dan beliau takbir 4 kali. [HR. Bukhari jus 2, hal. 91]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: اِنْتَهَى رَسُوْلُ اللهِ ص اِلَى قَبْرٍ رَطْبٍ، فَصَلَّى عَلَيْهِ، وَ صَفُّوْا خَلْفَهُ، وَ كَبَّرَ اَرْبَعًا. مسلم 2: 658
Dari Ibnu ‘Abbas ia berkata, “Sampailah Rasulullah SAW ke sebuah quburan yang masih basah (baru) lalu beliau menshalatkannya, sedang para shahabat membuat shaff di belakangnya, dan beliau bertakbir empat kali”. [HR. Muslim juz 2, hal. 658]
عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ اَبِى لَيْلَى قَالَ: كَانَ زَيْدُ بْنُ اَرْقَمَ يُكَبّرُ عَلَى جَنَائِزِنَا اَرْبَعًا وَ اِنَّهُ كَبّرَ عَلَى جَنَازَةٍ خَمْسًا، فَسَأَلْنَاهُ عَنْ ذلِكَ. فَقَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُكَبّرُهَا. الترمذى 2: 244، و قال حديث حسن صحيح
Dari ‘Abdur Rahman bin Abi Laila, ia berkata : Biasanya Zaid bin Arqam bertakbir pada shalat jenazah dengan empat kali takbir, suatu ketika ia menshalatkan jenazah dengan bertakbir lima kali, lalu kami bertanya kepadanya tentang hal itu. Dia menjawab, “Dahulu Rasulullah SAW juga bertakbir seperti itu”. [HR. Tirmidzi juz 2, hal. 244, dan ia berkata : Hadits hasan, shahih]
عَنْ حُذَيْفَةَ اَنَّهُ صَلَّى عَلَى جَنَازَةٍ، فَكَبَّرَ خَمْسًا، ثُمَّ الْتَفَتَ فَقَالَ: مَا نَسِيْتُ وَ لاَ وَهِمْتُ وَ لكِنْ كَبَّرْتُ كَمَا كَبَّرَ النَّبِيُّ ص صَلَّى عَلَى جَنَازَةٍ، فَكَبَّرَ خَمْسًا. احمد فى نيل الاوطار 4: 68
Dari Hudzaifah bahwa ia pernah menshalatkan jenazah, lalu ia takbir lima kali. (Setelah selesai shalat) kemudian ia menoleh, lalu berkata, “Bukannya aku lupa atau aku ragu-ragu, tetapi aku takbir sebagaimana Nabi SAW takbir, yaitu Nabi SAW pernah menshalatkan jenazah, dan beliau takbir lima kali”. [HR. Ahmad, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 68]
عَنْ عَلِيّ اَنَّهُ كَبَّرَ عَلَى سَهْلِ بْنِ حُنَيْفٍ سِتًّا، وَ قَالَ: اِنَّهُ شَهِدَ بَدْرًا. البخارى، فى نيل الاوطار 4: 68
Dari ‘Ali bahwa ia takbir enam kali atas (jenazahnya) Sahal bin Hunaif, dan ia berkata, “Sesungguhnya Sahal ikut dalam perang Badar”. [HR. Bukhari, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 68]
عَنِ اْلحَكَمِ بْنِ عُتَيْبَةَ اَنَّهُ قَالَ: كَانُوْا يُكَبّرُوْنَ عَلَى اَهْلِ بَدْرٍ خَمْسًا، وَ سِتًّا وَ سَبْعًا. سعيد فى سننه، فى نيل الاوطار 4: 68
Dari Al-Hakam bin ‘Utaibah, bahwa ia berkata, “Para shahabat takbir untuk orang-orang yang ikut perang Badar 5 kali, 6 kali, dan 7 kali”. [HR. Sa’id di dalam sunannya, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 68]

MTA 2006/08/20, 2007/01/14, 2007/02/04

Tidak ada komentar:

Posting Komentar