Shalat
Menjauhkan diri dari najis
عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ: سَمِعْتُ رَجُلاً سَاَلَ النَّبِيَّ ص: اُصَلّى فِى الثَّوْبِ الَّذِى آتِى فِيْهِ اَهْلِى؟ قَالَ: نَعَمْ، اِلاَّ اَنْ تَرَى فِيْهِ شَيْئًا فَتَغْسِلُهُ. احمد و ابن ماجه، فى نيل الاوطار 2: 132
Dari Jabir bin Samurah, ia berkata : Saya mendengar seorang laki-laki bertanya kepada Nabi SAW, “Apakah boleh saya shalat memakai pakaian yang sudah saya pakai mengumpuli istri saya ?”. Nabi SAW menjawab, “Ya boleh, kecuali kalau kamu melihat padanya ada sesuatu (kotoran), maka cucilah ia. [HR. Ahmad dan Ibnu Majah, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 132]
عَنْ مُعَاوِيَةَ قَالَ: قُلْتُ ِلاُمّ حَبِيْبَةَ، هَلْ كَانَ يُصَلّى النَّبِيُّ ص فِى الثَّوْبِ الَّذِى يُجَامِعُ فِيْهِ؟ قَالَتْ: نَعَمْ، اِذَا لَمْ يَكُنْ فِيْهِ اَذًى. الخمسة الا الترمذى، فى نيل الاوطار 2: 132
Dari Mu’awiyah, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada Ummu Habibah, “Apakah Nabi SAW pernah shalat memakai pakaian yang beliau pakai untuk bersetubuh ?". Ummu Habibah menjawab, “Ya, apabila tidak ada sesuatu kotoran padanya”. [HR Khomsah, kecuali Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 132].
Menggendong anak kecil ketika shalat.
عَنْ اَبِى قَتَادَةَ اْلاَنْصَارِيّ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ يُصَلّى وَ هُوَ حَامِلٌ اُمَامَةَ بِنْتَ زَيْنَبَ بِنْتِ رَسُوْلِ اللهِ ص وَ ِلاَبِى اْلعَاصّ ابْنِ رَبِيْعَةَ ابْنِ عَبْدِ شَمْسٍ فَاِذَا سَجَدَ وَضَعَهَا، وَ اِذَا قَامَ حَمَلَهَا. البخارى 1: 131
Dari Abu Qatadah Al-Anshariy, bahwasanya Rasulullah SAW pernah shalat dengan menggendong Umamah binti Zainab binti Rasulullah SAW yaitu anak perempuan Abul 'Ash bin Rabi'ah bin 'Abdi Syamsin, "Lalu apabila sujud, beliau meletakkannya. Dan apabila berdiri, beliau menggendongnya lagi. [HR Bukhari juz 1, hal. 131]
Keterangan : Zainab adalah puteri Rasulullah SAW dan istri Abul 'Ash, jadi Umamah tersebut adalah cucu Rasulullah SAW.
عَنْ اَبِى قَتَادَةَ اْلاَنْصَارِيّ قَالَ: رَأَيْتُ النَّبِيَّ ص يَؤُمُّ النَّاسَ وَ اُمَامَةُ بِنْتُ اَبِى اْلعَاصِ وَ هِيَ ابْنَةُ زَيْنَبَ بِنْتِ النَّبِيّ ص عَلَى عَاتِقِهِ، فَاِذَا رَكَعَ وَضَعَهَا وَ اِذَا رَفَعَ مِنَ السُّجُوْدِ اَعَادَهَا. مسلم 1: 385
Dari Abu Qatadah Al-Anshariy, ia berkata, "Saya melihat Nabi SAW sedang mengimami orang banyak, sedangkan Umamah binti Abil 'Ash yaitu anak perempuan Zainab binti Nabi SAW berada di pundak beliau. Lalu apabila ruku', beliau meletakkannya, dan apabila bangkit dari sujud, beliau menggendongnya lagi". [HR. Muslim juz 1, hal. 385]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: كُنَّا نُصَلّى مَعَ النَّبِيّ ص اْلعِشَاءَ، فَاِذَا سَجَدَ وَثَبَ اْلحَسَنُ وَ اْلحُسَيْنُ عَلَى ظَهْرِهِ، فَاِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ اَخَذَهُمَا مِنْ خَلْفِهِ اَخْذًا رَفِيْقًا وَ يَضَعُهُمَا عَلَى اْلاَرْضِ، فَاِذَا عَادَ عَادَا حَتَّى قَضَى صَلاَتَهُ، ثُمَّ اَقْعَدَ اَحَدَهُمَا عَلَى فَخِذَيْهِ، قَالَ: فَقُمْتُ اِلَيْهِ فَقُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ اَرُدُّهُمَا؟ فَبَرَقَتْ بَرْقَةٌ، فَقَالَ لَهُمَا: اَلْحِقَا بِاُمّكُمَا. فَمَكَثَ ضَوْؤُهَا حَتَّى دَخَلاَ. احمد، فى نيل الاوطار 2: 137
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Dahulu kami pernah shalat 'isyak bersama Nabi SAW, apabila beliau sujud Hasan dan Husain melompat pada punggung beliau. Maka apabila beliau mengangkat kepalanya (dari sujud), beliau ambil keduanya itu dari belakangnya dengan pelan-pelan, lalu beliau letakkan keduanya di tanah. Dan apabila beliau kembali (seperti semula), kedua anak itupun kembali lagi. Begitulah seterusnya hingga beliau menyelesaikan shalatnya. Kemudian salah satu dari keduanya itu beliau dudukkan di atas kedua paha beliau". Abu Hurairah berkata, "Kemudian aku berdiri menghadap beliau dan berkata, "Ya Rasulullah, apakah perlu kuantar kedua anak ini ?". Maka wajah beliau bercahaya sambil menyuruh kedua anak itu, "Ikutlah kepada ibumu !". Maka cahaya itu masih ada sehingga kedua anak itu masuk". [HR. Ahmad, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 137]
Keterangan : Hasan dan Husain adalah anak Fathimah, sedangkan Fathimah adalah putri beliau. Jadi keduanya adalah cucu beliau.
Shalat di atas kendaraan.
عَنْ يَعْلَى بْنِ مُرَّةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص انْتَهَى اِلىَ مَضِيْقٍ هُوَ وَ اَصْحَابُهُ وَ هُوَ عَلَى رَاحِلَتِهِ وَ السَّمَاءُ مِنْ فَوْقِهِمْ وَ اْلبِلَّةُ مِنْ اَسْفَلَ مِنْهُمْ فَحَضَرَتِ الصَّلاَةُ فَاَمَرَ اْلمُؤَذّنَ فَاَذَّنَ وَ اَقَامَ ثُمَّ تَقَدَّمَ رَسُوْلُ اللهِ ص عَلَى رَاحِلَتِهِ فَصَلَّى بِهِمْ يُوْمِئُ اِيْمَاءً يَجْعَلُ السُّجُوْدَ اَخْفَضَ مِنَ الرُّكُوْعِ. احمد و الترمذى، فى نيل الاوطار 2: 159
Dari Ya'la bin Murrah bahwasanya Nabi SAW bersama para shahabat sampai di suatu lembah. Beliau berada di atas kendaraannya, padahal langit di atasnya tertutup mendung dan di bawah sangat basah. Kemudian tibalah waktu shalat, maka beliau menyuruh mu'adzdzin supaya beradzan, lalu ia adzan dan iqamah. Kemudian Rasulullah SAW maju dengan tetap diatas kendaraannya, lalu shalat bersama mereka di atas kendaraan dengan berisyarat, beliau menjadikan sujudnya lebih rendah daripada ruku'. [HR. Ahmad dan Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 159]
عَنِ ابْنِ عُمَرَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ يُصَلّى سُبْحَتَهُ حَيْثُمَا تَوَجَّهَتْ بِهِ نَاقَتُهُ. مسلم 1: 486
Dari Ibu 'Umar, bahwasanya Rasulullah SAW dahulu shalat sunnah (di atas unta beliau dengan menghadap) menurut unta itu berjalan. [HR. Muslim juz 1, hal. 486]
عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُصَلّى وَ هُوَ مُقْبِلٌ مِنْ مَكَّةَ اِلىَ اْلمَدِيْنَةِ عَلَى رَاحِلَتِهِ حَيْثُ كَانَ وَجْهُهُ. قَالَ: وَ فِيْهِ نَزَلَتْ فَاَيْنَمَا تُوَلُّوْا فَثَمَّ وَجْهُ اللهِ. مسلم 1: 486
Dari Ibnu 'Umar, ia berkata : Dahulu ketika Rasulullah SAW tiba di Madinah dari Makkah, beliau shalat di atas kendaraannya (dengan menghadap) kemana saja kendaraan itu menghadap. Dan berkenaan dengan itu turun ayat (yang artinya), "Kemana saja kalian menghadap, maka di situlah wajah Allah". ~Al-baqarah : 115~. [HR. Muslim juz 1, hal. 486]
عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا اَرَادَ اَنْ يُصَلّيَ عَلَى رَاحِلَتِهِ تَطَوُّعًا اسْتَقْبَلَ اْلقِبْلَةَ، فَكَبَّرَ لِلصَّلاَةِ ثُمَّ خَلَّى عَنْ رَاحِلَتِهِ فَصَلَّى حَيْثُمَا تَوَجَّهَتْ بِهِ. احمد و ابو داود، فى نيل الاوطار 2: 192
Dari Anas bin Malik, ia berkata, "Adalah Rasulullah SAW apabila akan shalat sunnah di atas kendaraannya, beliau menghadap qiblat, lalu bertakbir untuk shalat, kemudian membiarkan kendaraannya, maka beliau shalat (dengan menghadap) kemana saja kendaraan itu menuju". [HR. Ahmad, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 192]
عَنْ جَابِرٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُصَلّى عَلَى رَاحِلَتِهِ حَيْثُ تَوَجَّهَتْ. فَاِذَا اَرَادَ اْلفَرِيْضَةَ نَزَلَ فَاسْتَقْبَلَ اْلقِبْلَةَ. البخارى 1: 104
Dari Jabir, ia berkata, "Adalah Rasulullah SAW shalat (sunnah) diatas kendaraannya kemana saja kendaraan itu menghadap. Maka apabila akan shalat fardlu, beliau turun, lalu menghadap qiblat". [HR. Bukhari juz 1, hal. 104]
Tempat-tempat yang dilarang untuk shalat dan yang diperbolehkan
عَنْ جَابِرٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: جُعِلَتْ لِيَ اْلاَرْضُ طَهُوْرًا وَ مَسْجِدًا. فَاَيُّمَا رَجُلٍ اَدْرَكَتْهُ الصَّلاَةُ فَلْيُصَلّ حَيْثُ اَدْرَكَتْهُ. احمد و البخارى و مسلم، فى نيل الاوطار 2: 146
Dari Jabir, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Bumi ini dijadikan untukku sebagai pensuci dan untuk tempat sujud. Maka dari itu siapasaja yang menjumpai waktu shalat, maka shalatlah di tempat ia menjumpainya". [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 146]
عَنْ اَبِى سَعِيْدٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: َاْلاَرْضُ كُلُّهَا مَسْجِدٌ اِلاَّ اْلمَقْبَرَةَ وَ اْلحَمَّامَ. الخمسة الا النسائى، فى نيل الاوطار 2: 148
Dari Abu Sa'id, bahwasanya Nabi SAW bersabda, "Bumi ini semuanya tempat bersujud, kecuali quburan dan kamar mandi". [HR. Khomsah, kecuali Nasaiy, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 148]
عَنْ اَبِى مَرْثَدِ اْلغَنَوِيّ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لاَ تُصَلُّوْا اِلىَ اْلقُبُوْرِ، وَ لاَ تَجْلِسُوْا عَلَيْهَا. الجماعة الا البخارى و ابن ماجه، فى نيل الاوطار 2: 150
Dari Abu Martsad Al-Ghanawiy, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah kalian shalat menghadap quburan, dan janganlah kalian duduk di atasnya". [HR. Jama'ah, kecuali Bukhari dan Ibnu Majah, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 150]
عَنْ جُنْدَبٍ قَالَ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ ص قَبْلَ اَنْ يَمُوْتَ بِخَمْسٍ وَ هُوَ يَقُوْلُ: اِنّى اَبْرَأُ اِلىَ اللهِ اَنْ يَكُوْنَ لِى مِنْكُمْ خَلِيْلٌ فَاِنَّ اللهَ تَعَالَى قَدِ اتَّخَذَنِى خَلِيْلاً كَمَا اتَّخَذَ اِبْرَاهِيْمَ خَلِيْلاً. وَ لَوْ كُنْتُ مُتَخّذًا مِنْ اُمَّتِى خَلِيْلاً لاَتَّخَذْتُ اَبَا بَكْرٍ خَلِيْلاً، اَلاَ وَ اِنَّ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ كَانُوْا يَتَّخِذُوْنَ قُبُوْرَ اَنْبِيَائِهِمْ وَ صَالِحِيْهِمْ مَسَاجِدَ. اَلاَ فَلاَ تَتَّخِذُوا اْلقُبُوْرَ مَسَاجِدَ، اِنّى اَنْهَاكُمْ عَنْ ذٰلِكَ. مسلم 1: 377
Dari Jundab, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW sebelum beliau wafat kurang lima hari, beliau bersabda, "Sesungguhnya aku serahkan kepada Allah orang yang menjadi kekasihku, karena Allah Ta'ala telah menjadikanku kekasih sebagaimana Dia menjadikan Ibrahim sebagai kekasih. Dan seandainya aku menjadikan seseorang kekasih diantara ummatku, tentu aku menjadikan Abu Bakar sebagai kekasihku. Ketahuilah, sesungguhnya orang-orang dahulu sebelum kalian biasa menjadikan qubur Nabi-nabi mereka dan qubur orang-orang shalih mereka itu sebagai tempat ibadah. Maka dari itu, ingatlah ! janganlah sekali-kali kalian menjadikan qubur-qubur sebagai masjid-masjid. Sesungguhnya aku melarang kalian dari berbuat demikian". [HR. Muslim juz 1, hal. 377]
Mendirikan masjid di bekas quburan orang kafir
عَنْ اَنَسٍ اَنَّ النَّبِيّ ص كَانَ يُحِبُّ اَنْ يُصَلّي حَيْثُ اَدْرَكَتْهُ الصَّلاَةُ. وَ يُصَلّى فِى مَرَابِضِ اْلغَنَمِ. وَ اَنَّهُ اَمَرَ بِبِنَاءِ اْلمَسْجِدِ، فَاَرْسَلَ اِلَى مَـَلإِ مِنْ بَنِى النَّجَّارِ فَقَالَ: يَا بَنِى النَّجَّارِ، ثَامِنُوْنِى بِحَائِطِكُمْ هٰذَا. قَالُوْا: لاَ، وَ اللهِ مَا نَطْلُبُ ثَمَنَهُ اِلاَّ اِلىَ اللهِ. فَقَالَ اَنَسٌ: وَ كَانَ فِيْهِ مَا اَقُوْلُ لَكُمْ. قُبُوْرُ اْلمُشْرِكِيْنَ. وَ فِيْهِ خَرِبٌ وَ فِيْهِ نَخْلٌ. فَاَمَرَ النَّبِيُّ ص بِقُوُرِ اْلمُشْرِكِيْنَ فَنُبِشَتْ ثُمَّ بِالْخَرِبِ فَسُوّيَتْ، ثُمَّ بِالنَّخْلِ فَقُطِعَ. فَصَفُّوا النَّخْلَ قِبْلَةَ اْلمَسْجِدِ وَ جَعَلُوْا عِضَادَتَيْهِ اْلحِجَارَةَ. وَ جَعَلُوْا يَنْقُلُوْنَ الصَّخْرَ وَ هُمْ يَرْتَجِزُوْنَ وَ النَّبِيُّ ص مَعَهُمْ. وَ هُوَ يَقُوْلُ: اَللّهُمَّ لاَ خَيْرَ اِلاَّ خَيْرُ اْلآخِرَه، فَاغْفِرْ ِلـْلاَنْصَارِ وَ اْلمُهَاجِرَه. احمد و البخارى و مسلم (مختصر)، فى نيل الاوطار 2: 163
Dari Anas, ia berkata : Sesungguhnya Nabi SAW senang sekali shalat dimana beliau mendapatkan (waktu) untuk shalat itu. Dan beliau pernah shalat di kandang kambing. Dan sesungguhnya beliau menyuruh mendirikan masjid, lalu beliau menyuruh kepada para ketua bani Najjar, dan bersabda, "Hai banu Najjar, juallah kebunmu ini kepadaku !". Mereka menjawab, "Demi Allah, kami tidak akan meminta harganya melainkan (kami berikan) kepada Allah". Lalu Anas berkata, "Di dalam kebun itu ada apa yang kami katakan kepada kalian, yaitu qubur orang-orang musyrik, ada lubang-lubang dan ada pohon kurmanya". Nabi SAW menyuruh membongkar qubur orang-orang musyrik itu, lalu qubur itu dibongkar, lubang-lubang itu diratakan, dan pohon-pohon kurmanya dipotong. Kemudian shahabat-shahabat mengatur pohon kurma itu di bagian qiblat masjid, dan mereka membuat dua tiang pintunya dari batu. Mereka sama memindahkan batu-batu sambil bersya'ir, sedang Nabi SAW bersama mereka, dan beliau pun mengucapkan (yang artinya), "Ya Allah, tiada kebaikan selain kebaikan akhirat, maka ampunilah shahabat-shahabat Anshar dan Muhajirin". [Diringkas dari hadits Ahmad, Bukhari dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 163]
Dilarang berbicara di dalam shalat
عَنْ زَيْدِ بْنِ اَرْقَمَ قَالَ: كُنَّا نَتَكَلَّمُ فِى الصَّلاَةِ. يُكَلّمُ الرَّجُلُ صَاحِبَهُ وَ هُوَ اِلىَ جَنْبِهِ فِى الصَّلاَةِ حَتَّى نَزَلَتْ: وَ قُوْمُوْا ِللهِ قَانِتِيْنَ. فَاُمِرْنَا بِالسُّكُوْتِ وَ نُهِيْنَا عَنِ اْلكَلاَمِ. مسلم 1: 383
Dari Zaid bin Arqam, ia berkata : Kami dahulu biasa berbicara di dalam shalat, yaitu orang berbicara dengan temannya yang disebelahnya di dalam shalat, hingga turun ayat (yang artinya) : "Kerjakanlah shalat karena Allah dengan tunduk (diam)". [QS. Al-Baqarah : 238]. Setelah itu, kami diperintahkan supaya diam, dan kami dilarang berbicara". [HR. Muslim juz 1, hal. 383]
عَنْ عَبْدِ اللهِ قَالَ: كُنَّا نُسَلّمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ ص وَ هُوَ فِى الصَّلاَةِ فَيَرُدُّ عَلَيْنَا. فَلَمَّا رَجَعْنَا مِنْ عِنْدِ النَّجَاشِى سَلَّمْنَا عَلَيْهِ فَلَمْ يَرُدَّ عَلَيْنَا. فَقُلْنَا: يَا رَسُوْلَ اللهِ، كُنَّا نُسَلّمُ عَلَيْكَ فِى الصَّلاَةِ فَتَرُدُّ عَلَيْنَا. فَقَالَ: اِنَّ فِى الصَّلاَةِ شُغْلاً. مسلم 1: 382
Dari 'Abdullah (Ibnu Mas'ud), ia berkata : Kami dahulu biasa memberi salam kepada Rasulullah SAW, ketika beliau sedang shalat, dan beliau membalas salam itu kepada kami. Tetapi setelah kami kembali dari Najasyi (Ethiopia ), kami memberi salam kepada beliau, maka beliau SAW tidak menjawab salam kami itu. Lalu kami bertanya, "Ya Rasulullah ! Dahulu kami memberi salam kepadamu ketika engkau sedang shalat dan engkau mau membalas kepada kami". Maka jawab Rasulullah SAW, "Sesungguhnya di dalam shalat itu ada pekerjaan (yang khusus)". [HR Muslim juz 1, hal. 382]
عَنْ جَابِرٍ قَالَ: كُنَّا مَعَ النَّبِيّ ص فَبَعَثَنِى فِى حَاجَةٍ فَرَجَعْتُ وَ هُوَ يُصَلّى عَلَى رَاحِلَتِهِ وَ وَجْهُهُ عَلَى غَيْرِ اْلقِبْلَةِ فَسَلَّمْتُ عَلَيْهِ فَلَمْ يَرُدَّ عَلَيَّ. فَلَمَّا انْصَرَفَ قَالَ: اِنَّهُ لَمْ يَمْنَعْنِى اَنْ اَرُدَّ عَلَيْكَ اِلاَّ اَنّى كُنْتُ اُصَلّى. مسلم 1: 384
Dari Jabir, ia berkata : Dahulu kami bersama Nabi SAW, lalu beliau mengutusku untuk suatu keperluan. Kemudian ketika aku kembali, beliau sedang shalat di atas kendaraannya dengan tidak menghadap ke qiblat, lalu aku memberi salam kepada beliau, tetapi beliau tidak menjawab salamku. Setelah selesai shalat, beliau bersabda, "Sesungguhnya tidak ada yang menghalangiku untuk menjawab salammu, kecuali karena aku sedang shalat". [HR. Muslim juz 1, hal. 384]
Dilarang menoleh
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: سَأَلْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص عَنِ اْلاِلْتِفَاتِ فِى الصَّلاَةِ، فَقَالَ: اِخْتِلاَسٌ يَخْتَلِسُهُ الشَّيْطَانُ مِنْ صَلاَةِ اْلعَبْدِ. البخارى 1: 183
Dari 'Aisyah, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada Rasulullah SAW tentang menoleh di dalam shalat, maka jawab beliau, "(Menoleh itu) satu copetan yang syaithan mencopetnya dari shalatnya seorang hamba". [HR Bukhari juz 1, hal. 183]
عَنْ اَبِى ذَرّ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص لاَ يَزَالُ اللهُ مُقْبِلاً عَلَى اْلعَبْدِ فِى صَلاَتِهِ مَا لَمْ يَلْتَفِتْ، فَاِذَا صَرَفَ وَجْهَهُ انْصَرَفَ عَنْهُ. احمد و النسائى وابو داود، فى نيل الاوطار 2: 371
Dari Abu Dzarr, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Allah senantiasa menghadap kepada hamba-Nya di dalam shalatnya, selama hamba itu tidak menoleh. Maka apabila hamba itu memalingkan wajahnya, Allah pun berpaling darinya". [HR Ahmad, Nasai dan Abu Dawud, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 371]
عَنْ اَنَسٍ قَالَ: قَالَ لِى رَسُوْلُ اللهِ ص: اِيَّاكَ وَاْلاِلْتِفَاتَ فِى الصَّلاَةِ فَاِنَّ اْلاِلْتِفَاتَ فِى الصَّلاَةِ هَلَكَةٌ فَاِنْ كَانَ لاَ بُدَّ فَفِى التَّطَوُّعِ لاَ فِى اْلفَرِيْضَةِ. الترمذى و صححه، فى نيل الاوطار 2: 371
Dari Anas, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda kepadaku, "Jauhkanlah dirimu dari menoleh di dalam shalat, karena sesungguhnya menoleh didalam shalat itu suatu kebinasaan. Adapun kalau terpaksa menoleh, maka boleh di dalam shalat sunnah, tidak di dalam shalat wajib". [HR Tirmidzi, dan ia menshahihkannya, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 371]
Dilarang melihat ke atas
عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص لَيَنْتَهِيَنَّ اَقْوَامٌ يَرْفَعُوْنَ اَبْصَارَهُمْ اِلىَ السَّمَاءِ فِى الصَّلاَةِ اَوْ لاَ تَرْجِعُ اِلَيْهِمْ.
Dari Jabir bin Samurah, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Hendaklah orang-orang itu menghentikan perbuatannya memandang ke langit di dalam shalat, atau (kalau tidak mau), pandangannya tidak akan kembali lagi kepada mereka (mereka akan buta)". [HR Muslim juz 1, hal. 321]
عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَا بَالُ اَقْوَامٍ يَرْفَعُوْنَ اَبْصَارَهُمْ اِلىَ السَّمَاءِ فِى صَلاَتِهِمْ، فَاشْتَدَّ قَوْلُهُ فِى ذٰلِكَ حَتَّى قَالَ: لَيَنْتَهُنَّ عَنْ ذٰلِكَ اَوْ لَتُخْطَفَنَّ اَبْصَارُهُمْ. البخارى 1: 182
Dari Anas bin Malik, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Bagaimana orang-orang itu mengangkat pandangannya ke langit di dalam shalat mereka". Dan Rasulullah SAW mengingatkan mereka dengan keras, hingga beliau bersabda, "Sungguh, mereka mau berhenti dari perbuatan itu, atau akan dihilangkan penglihatan mereka". [HR Bukhari juz 1, hal. 182]
Dilarang meludah ke depan
عَنْ اَنَسٍ رض عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: اِذَا كَانَ فِى الصَّلاَةِ فَاِنَّهُ يُنَاجِى رَبَّهُ فَلاَ يَبْزُقَنَّ بَيْنَ يَدَيْهِ وَ لاَ عَنْ يَمِيْنِهِ. وَ لٰكِنْ عَنْ شِمَالِهِ تَحْتَ قَدَمِهِ اْليُسْرَى. البخارى 2: 62
Dari Anas RA, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Apabila seseorang sedang shalat, sesungguhnya ia sedang bercakap-cakap dengan Tuhannya. Maka janganlah ia meludah di depannya dan jangan pula di kanannya, tetapi (boleh) di kirinya di bawah tapak kaki kirinya". [HR. Bukhari juz 2, hal. 62].
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ وَ اَبِى سَعِيْدٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص رَأَى نُخَامَةً فِى حَائِطِ اْلمَسْجِدِ فَتَنَاوَلَ رَسُوْلُ اللهِ ص حَصَاةً فَحَتَّهَا ثُمَّ قَالَ: اِذَا تَنَخَّمَ اَحَدُكُمْ فَلاَ يَتَنَخَّمْ قِبَلَ وَجْهِهِ وَ لاَ عَنْ يَمِيْنِهِ وَ لْيَبْصُقْ عَنْ يَسَارِهِ اَوْ تَحْتَ قَدَمِهِ اْليُسْرَى. البخارى 1: 106
Dari Abu urairah dan Abu Sa'id bahwasanya Rasulullah SAW melihat dahak di tembok masjid, maka beliau mengambil kerikil lalu menghilangkan dahak tersebut. Kemudian beliau bersabda, "Apabila seseorang diantara kalian berdahak maka janganlah ia berdahak di depannya atau di kanannya, tetapi hendaklah ia ludahkan ke kirinya, atau di bawah kakinya yang kiri". [HR. Bukhari juz 1, hal. 106]
قَالَ اَنَسٌ اَنَّ النَّبِيَّ ص رَأَى نُخَامَةً فِى اْلقِبْلَةِ، فَشَقَّ ذٰلِكَ عَلَيْهِ حَتَّى رُؤِيَ فِى وَجْهِهِ فَقَامَ فَحَكَّهُ بِيَدِهِ. فَقَالَ: اِنَّ اَحَدَكُمْ اِذَا قَامَ فِى صَلاَتِهِ فَاِنَّهُ يُنَاجِى رَبَّهُ اَوْ اِنَّ رَبَّهُ بَيْنَهُ وَ بَيْنَ اْلقِبْلَةِ فَلاَ يَبْزُقَنَّ اَحَدُكُمْ قِبَلَ قِبْلَتِهِ وَ لٰكِنْ عَنْ يَسَارِهِ اَوْ تَحْتَ قَدَمَيْهِ. ثُمَّ اَخَذَ طَرَفَ رِدَائِهِ فَبَصَقَ فِيْهِ ثُمَّ رَدَّ بَعْضَهُ عَلَى بَعْضٍ فَقَالَ: اَوْ يَفْعَلُ هٰكَذَا. البخارى 1: 105
Dari Anas, bahwasanya Nabi SAW melihat dahak di bagian qiblat masjid, maka hal itu menyusahkan beliau, sehingga tampak pada wajahnya, lalu berdiri dan menghilangkannya dengan tangan beliau. Kemudian bersabda, "Sesungguhnya seseorang diantara kalian apabila sedang shalat, ia sedang bercakap-cakap dengan Tuhannya, atau sesungguhnya Tuhannya berada diantara dia dan qiblat, maka janganlah seseorang diantara kalian meludah ke arah qiblat, tetapi (boleh) ke kirinya atau ke bawah dua tapak kakinya". Kemudian Nabi mengambil ujung selendangnya, lalu ia meludah padanya, kemudian menggosoknya sambil bersabda, "Atau ia berbuat begini". [HR. Bukhari juz 1, hal. 105]
Dilarang menahan kencing dan berak ketika akan shalat
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: لاَ صَلاَةَ بِحَضْرَةِ الطَّعَامِ، وَ لاَ وَ هُوَ يُدَافِعُهُ اْلأَخْبَثَانِ. مسلم 1: 393
Dari 'Aisyah, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Tidak (sempurna) shalat ketika makanan sudah disiapkan, dan tidak (sempurna pula) ketika menahan kencing dan berak". [HR Muslim juz 1, hal. 393].
Boleh membunuh ular dan sebagainya
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص اَمَرَ بِقَتْلِ اْلاَسْوَدَيْنِ فِى الصَّلاَةِ، اَلْعَقْرَبِ وَاْلحَيَّةِ. الخمسة وصححه الترمذى، فى نيل الاوطار 2: 381
Dari Abu Hurairah, bahwasanya Nabi SAW menyuruh supaya membunuh dua binatang hitam di dalam shalat, yaitu kala jengking dan ular". [HR. Khomsah, dishahihkan oleh Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 381]
Membukakan pintu di dalam shalat
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُصَلّى فِى اْلبَيْتِ وَ اْلبَابُ عَلَيْهِ مُغْلَقٌ، فَجِئْتُ فَمَشَى حَتَّى فَتَحَ لِى ثُمَّ رَجَعَ اِلَى مَقَامِهِ، وَ وَصَفَتْ اَنَّ اْلبَابَ فِى اْلقِبْلَةِ. الخمسة الا ابن ماجه، فى نيل الاوطار 2: 382
Dari 'Aisyah, ia berkata, "Rasulullah SAW pernah shalat di dalam rumah sedang pintunya tertutup, lalu saya datang, maka Rasulullah SAW berjalan hingga ia membukakan pintu untuk saya, kemudian beliau kembali ke tempat shalatnya". Dan Aisyah menerangkan, bahwa pintu tersebut berada di arah qiblat. [HR. Khomsah kecuali Ibnu Majah, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 382]
Menguap ketika shalat
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اَلتَّثَاؤُبُ فِى الصَّلاَةِ مِنَ الشَّيْطَانِ، فَاِذَا تَثَاءَبَ اَحَدُكُمْ فَلْيَكْظِمْ مَا اسْتَطَاعَ. الترمذى 1: 230
Dari Abu Hurairah bahwasanya Nabi SAW bersabda, "Menguap ketika shalat itu dari gangguan syetan, maka apabila salah seorang diantara kamu menguap hendaklah ia menahan semampunya". [HR. Tirmidzi juz 1, hal. 230]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ ص يَقُوْلُ: اِنَّ اَلتَّثَاؤُبَ فِى الصَّلاَةِ مِنَ الشَّيْطَانِ، فَاِذَا وَجَدَ اَحَدُكُمْ ذٰلِكَ فَلْيَكْظِمْ. ابن حبان 3: 292
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Aku mendengar Nabi Nabi SAW bersabda, "Sesungguhnya menguap ketika shalat itu dari gangguan syetan, maka apabila salah seorang diantara kamu menguap hendaklah ia menahannya". [HR. Ibnu Hibban juz 3, hal. 292]
عَنْ اَبِى سَعِيْدِ اْلخُدْرِيّ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا تَثَاوَبَ اَحَدُكُمْ فَلْيُمْسِكْ بِيَدِهِ عَلَى فِيْهِ فَاِنَّ الشَّيْطَانَ يَدْخُلُ. مسلم 4: 2293
Dari Abu Sa'id Al-Khudriy, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Apabila seseorang diantara kalian menguap, hendaklah ia menahan dengan tangannya pada mulutnya, karena syaithan akan masuk". [HR. Muslim juz 4, hal. 2293]
Jika shalat terasa ngantuk, hendaklah tidur dulu
عَنْ اَنَسٍ قَالَ: دَخَلَ رَسُوْلُ اللهِ ص اْلمَسْجِدَ وَ حَبْلٌ مَمْدُوْدٌ بَيْنَ سَارِيَتَيْنِ، فَقَالَ: مَا هٰذَا؟ قَالُوْا: لِزَيْنَبَ تُصَلّى. فَاِذَا كَسِلَتْ اَوْ فَتَرَتْ اَمْسَكَتْ بِهِ. فَقَالَ: حُلُّوْهُ لِيُصَلّ اَحَدُكُمْ نَشَاطَهُ. فَاِذَا كَسِلَ اَوْ فَتَرَ قَعَدَ. مسلم 1: 542
Dari Anas, ia berkata : Rasulullah SAW masuk ke dalam masjid, sedangkan di situ ada tali yang membentang antara dua tiang, maka beliau bersabda, "Apa ini ?". Mereka (para shahabat) menjawab, "(Tali) itu dipakai Zainab untuk shalat, bila lelah atau loyo ia bersandar padanya". Maka beliau bersabda, "Lepaskanlah, hendaklah seseorang diantara kalian shalat dengan sigap. Maka apabila lelah atau loyo hendaklah duduk". [HR. Muslim juz 1, hal. 542]
عَنْ عَائِشَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اِذَا نَعِسَ اَحَدُكُمْ فِى الصَّلاَةِ فَلْيَرْقُدْ حَتَّى يَذْهَبَ عَنْهُ النَّوْمُ، فَاِنَّ اَحَدَكُمْ اِذَا صَلَّى وَ هُوَ نَاعِسٌ لَعَلَّهُ يَذْهَبُ يَسْتَغْفِرُ فَيَسُبَّ نَفْسَهُ. مسلم 1: 542
Dari 'Aisyah RA, dari Nabi SAW beliau bersabda, "Apabila seseorang diantara kamu mengantuk, maka tidurlah dulu hingga hilang rasa ngantuk darinya. Karena jika dia shalat dalam keadaan ngantuk, boleh jadi ia hendak memohon ampun, padahal ia mencaci dirinya sendiri". [HR. Muslim juz 1, hal. 542].
Wanita pergi ke masjid
عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللهِ عَنْ اَبِيْهِ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: اِذَا اسْتَأْذَنَتِ امْرَأَةُ اَحَدِكُمْ فَلاَ يَمْنَعْهَا. البخارى 1: 211
Dari Salim bin Abdullah dari ayahnya dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Apabila istri salah seorang diantara kalian minta idzin (untuk pergi ke masjid), janganlah suami mencegahnya". [HR. Bukhari juz 1, hal. 211]
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: اِذَا اسْتَأْذَنَكُمْ نِسَاؤُكُمْ بِاللَّيْلِ اِلَى اْلمَسْجِدِ فَأْذَنُوْا لَهُنَّ. البخارى 1: 210
Dari Ibnu Umar RA. dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Apabila istri-istri kalian minta idzin ke masjid di malam hari maka ijinkanlah mereka". [HR. Bukhari juz 1, hal. 210]
عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللهِ اَنَّ عَبْدَ اللهِ بْنَ عُمَرَ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: لاَ تَمْنَعُوْا نِسَاءَ كُمُ اْلمَسَاجِدَ اِذَا اسْتَأْذَنَكُمْ اِلَيْهَا. قَالَ: فَقَالَ بِلاَلُ بْنُ عَبْدِ اللهِ: وَ اللهِ لَنَمْنَعُهُنَّ. قَالَ: فَاَقْبَلَ عَلَيْهِ عَبْدُ اللهِ فَسَبَّهُ سَبًّا سَيّئًا. مَا سَمِعْتُهُ سَبَّهُ مِثْلَهُ قَطُّ. وَ قَالَ: اُخْبِرُكَ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ ص وَتَقُوْلُ: وَاللهِ لَنَمْنَعُهُنَّ. مسلم 1: 327
Dari Salim bin 'Abdullah, bahwasanya 'Abdullah bin 'Umar berkata : Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah kalian melarang wanita-wanita kalian untuk pergi ke masjid-masjid apabila mereka meminta ijin kepada kalian kesana. Perawi berkata : Lalu Bilal bin 'Abdullah berkata, "Demi Allah, sungguh kami akan melarangnya". Perawi berkata : Kemudian 'Abdullah (bin 'Umar) datang kepadanya, lalu mencaci-makinya dengan cacian yang belum pernah aku dengar dia mencaci seperti itu. Dan ia berkata, "Aku memberitahukan kepadamu bahwa hal itu dari Rasulullah SAW, kenapa kamu mengatakan : Demi Allah, sungguh kami akan melarangnya". [HR. Muslim juz 1, hal. 327]
عَنْ زَيْنَبَ امْرَأَةِ عَبْدِ اللهِ قَالَتْ: قَالَ لَنَا رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا شَهِدَتْ اِحْدَاكُنَّ اْلمَسْجِدَ فَلاَ تَمَسَّ طِيْبًا. مسلم 1: 328
Dari Zainab istri 'Abdullah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda kepada kami, "Apabila seseorang diantara kalian (para wanita) datang ke masjid maka janganlah memakai wangi-wangian". [HR. Muslim juz 1, hal. 328]
عَنْ هِنْدٍ بِنْتِ اْلحَارِثِ اَنَّ اُمَّ سَلَمَةَ زَوْجَ النَّبِيّ ص اَخْبَرَتْهَا اَنَّ النّسَاءَ فِى عَهْدِ رَسُوْلِ اللهِ ص كُنَّ اِذَا سَلَّمْنَ مِنَ اْلمَكْتُوْبَةِ قُمْنَ وَ ثَبَتَ رَسُوْلُ اللهِ ص وَ مَنْ صَلَّى مِنَ الرّجَالِ مَا شَآءَ اللهُ فَاِذَا قَامَ رَسُوْلُ اللهِ ص قَامَ الرّجَالُ. البخارى 1: 210
Dari Hindun binti Harits bahwasanya Ummu Salamah istri Nabi SAW memberitahukan kepadanya, bahwasanya para wanita di masa Rasulullah SAW, setelah selesai shalat fardlu mereka segera pulang. Sedangkan Rasulullah SAW masih tinggal bersama kaum laki-laki menurut kehendak Allah. Setelah Rasulullah SAW berdiri, barulah kaum laki-laki itu turut berdiri. [HR. Bukhari juz 1, hal. 210]
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: اِنْ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص لَيُصَلّى الصُّبْحَ فَيَنْصَرِفُ النّسَاءُ مُتَلَفّعَاتٍ بِمُرُوْطِهِنَّ مَا يُعْرَفْنَ مِنَ اْلغَلَسِ. البخارى 1: 210
Dari Aisyah, ia berkata, "Dahulu setelah Rasulullah SAW selesai shalat Shubuh, para wanita sama pulang sambil berselimut dengan selimut mereka, dan mereka tidak dikenal karena masih gelap". [HR. Bukhari juz 1, hal. 210]
Wajib menutup aurat dalam shalat
a. Bagi Pria :
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: نَادَى رَجُلٌ النَّبِيَّ ص فَقَالَ: اَيُصَلّى اَحَدُنَا فِى ثَوْبٍ وَاحِدٍ؟ فَقَالَ: اَوَ كُلُّكُمْ يَجِدُ ثَوْبَيْنِ؟ مسلم 1: 368
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Ada seorang laki-laki memanggil Rasulullah SAW, lalu ia bertanya, "Apakah seseorang dari kami boleh shalat dengan memakai satu kain ?". Maka Rasulullah SAW bersabda, "Apakah masing-masing kalian mesti mempunyai dua kain ?". [HR. Muslim juz 1, hal. 368]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: لاَ يُصَلّى اَحَدُكُمْ فِى الثَّوْبِ اْلوَاحِدِ لَيْسَ عَلَى عَاتِقَيْهِ مِنْهُ شَيْءٌ. مسلم 1: 368
Dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah sekali-kali seseorang diantara kalian shalat dengan memakai satu kain yang diatas pundaknya tidak ada sesuatu". [HR. Muslim juz 1, hal. 368].
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اِذَا صَلَّيْتَ فِى ثَوْبٍ وَاحِدٍ فَإِنْ كَانَ وَاسِعًا فَاْلتَحِفْ بِهِ وَ اِنْ كَانَ ضَيّقًا فَاتَّـزِرْ بِهِ. احمد و البخارى و مسلم و اللفظ لاحمد، فى نيل الاوطار 2: 80
Dari Jabir bin Abdullah bahwasanya Nabi SAW bersabda, "Apabila kamu shalat dengan memakai satu kain, jika kain itu lebar hendaklah engkau selempangkan dia, tetapi jika kain itu sempit hendaklah engkau bersarung dengannya". [HR. Ahmad Bukhari Muslim, dan lafadl itu bagi Ahmad, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 80]
b. Bagi Wanita :
عَنْ عَائِشَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: لاَ يَقْبَلُ اللهُ صَلاَةَ حَائِضٍ اِلاَّ بِخِمَارٍ. الخمسة الا النسائى، فى نيل الاوطار 2: 75
Dari Aisyah bahwasanya Nabi SAW bersabda, "Allah tidak menerima shalatnya seorang wanita yang sudah baligh, kecuali dengan memakai kerudung". [HR. Khamsah kecuali Nasai, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 75]
عَنْ اُمّ سَلَمَةَ اَنَّهَا سَأَلـَتِ النَّبِيَّ ص: اَ تُصَلّى اْلمَرْأَةُ فِى دِرْعٍ وَ خِمَارٍ وَ لَيْسَ عَلَيْهَا اِزَارٌ؟ قَالَ: اِذَا كَانَ الدّرْعُ سَابِغًا يُغَطّى ظُهُوْرَ قَدَمَيْهَا. ابو داود، فى نيل الاوطار 2: 77
Dari Ummi Salamah : Sesungguhnya ia pernah bertanya kepada Nabi SAW, "Bolehkah seorang wanita shalat dengan memakai baju kurung dan kerudung tanpa memakai kain bawah ?". Jawab Nabi SAW, "(Boleh saja), apabila baju kurung itu panjang sehingga menutup bagian luar kedua tapak kakinya". [HR. Abu Dawud, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 77].
عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَنْ جَرَّ ثَوْ بَهُ خُيَلاَءَ لَمْ يَنْظُرِ اللهُ اِلَيْهِ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ، فَقَالَتْ اُمُّ سَلَمَةَ. فَكَيْفَ يَصْنَعُ النّسَاءُ بِذُيُوْلِهِنَّ؟ قَالَ: يُرْخِيْنَ شِبْرًا. فَقَالَتْ: اِذًا تَنْكَشِفَ اَقْدَامُهُنَّ. قَالَ: فَيُرْخِيْنَهُ ذِرَاعًا لاَ يَزِدْنَ عَلَيْهِ. الترمذى 3: 137 رقم: 1785
Dari Ibnu Umar ia berkata Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang melabuhkan pakaiannya karena sombong, maka Allah tidak akan melihat kepadanya pada hari qiyamat". 'Lalu Ummu Salamah bertanya, "Lalu bagaimana para wanita itu harus berbuat terhadap ujung pakaiannya ?" Jawab Nabi SAW, "Turunkanlah sejengkal". Ummu Salamah berkata, "Jika demikian masih terbuka kaki-kaki mereka". Nabi SAW menjawab, "Hendaklah mereka menurunkannya sehasta, jangan lebih dari itu". [HR. Tirmidzi juz 3, hal. 137, no. 1785]
Tentang sutrah
عَنْ اَبِىْ سَعِيْدٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا صَلَّى اَحَدُكُمْ فَلْيُصَلّ اِلىَ سُتْرَةٍ وَلْيَدْنُ مِنْهَا. ابو داود وابن ماجه فى نيل الاوطار3: 3
Dari Abu Sa'id, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Apabila seseorang di antara kalian shalat, maka hendaklah shalat menghadap sutrah, dan hendaklah ia mendekat kepadanya". [HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah, dalam Nailul Authar juz 3, hal. 3]
عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ قَالَ: كَانَ بَيْنَ مُصَلَّى رَسُوْلِ اللهِ ص وَ بَيْنَ اْلجِدَارِ مَمَرُّ شَاةٍ. احمد و البخارى و مسلم، فى نيل الاوطار 3: 4
Dari Sahl bin Sa'ad, ia berkata, "Adalah jarak antara tempat shalat Rasulullah SAW dengan dinding kira-kira cukup untuk berlalunya domba". [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 3, hal. 4]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيّ ص ِانَّهُ قَالَ. اِذَا صَلَّى اَحَدُكُمْ فَلْيَجْعَلْ تِلْقَاءَ وَجْهِهِ شَيْئًا. فَإِنْ لَم ْ يَجِدْ فَلْيَنْصِبْ عَصًا. فَإِن لَمْ يَكُنْ مَعَهُ عَصًا فَلْيَخُطَّ خَطًّا وَ لاَ يَضُرُّهُ مَا مَرَّ بَيْنَ يَدَيْهِ. احمد وابو داود وابن ماجه، فى نيل الاوطار 3: 5
Dari Abu Hurairah dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Apabila seseorang di antara kalian shalat, hendaklah membuat sesuatu (sutrah) didepannya, jika ia tidak mendapatkan, hendaklah menancapkan tongkat, dan jika tidak ada tongkat, hendaklah membuat garis. Dan tidak mengapa apa saja yang lewat didepannya". [HR.Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majah, dalam Nailul Authar juz 3, hal. 5]
Lewat didepan orang yang shalat
عَنِ ابْنِ عُمَرَ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اِذَا كَانَ اَحَدُكُمْ يُصَلّى فَلاَ يَدَعْ اَحَدًا يَمُرُّ بَيْنَ يَدَيْهِ. فَإِنْ اَبَى فَلْيُقَاتِلْهُ. فَإِنَّ مَعَهُ اْلقَرِيْنَ. احمد ومسلم وابن ماجه، فى نيل الاوطار 3: 7
Dari Ibnu Umar, sesungguhnya Nabi SAW bersabda, "Apabila seseorang di antara kalian sedang shalat, maka janganlah membiarkan orang lewat di depannya, dan jika orang yang lewat itu nekad, maka perangilah dia, karena bersamanya itu ada syetan" [HR. Ahmad, Muslim dan Ibnu Majah, dalam Nailul Authar juz 3, hal. 7]
عَنْ اَبِى سَعِيْدٍ قَالَ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ ص يَقُوْلُ: اِذَا صَلَّى اَحَدُكُمْ اِلَى شَيْءٍ يَسْتُرُهُ مِنَ النَّاسِ فَأَرَادَ اَحَدٌ اَنْ يَجْتَازَ بَيْنَ يَدَيْهِ فَلْيَدْفَعْهُ. فَإِنْ اَبَى فَلْيُقَاتِلْهُ. فَإِنَّمَا هُوَ شَيْطَانٌ. الجماعة الا الترمذى و ابن ماجه، فى نيل الاوطار 3: 7
Dari Abu Sa'id, ia berkata : Saya mendengar Nabi SAW bersabda, "Apabila seseorang dari kalian shalat menghadap sesuatu yang membatasinya dari manusia, lalu ada seseorang yang hendak melintas didepannya, maka hendaklah ia mencegahnya. Dan jika orang yang lewat itu nekad, hendaklah ia perangi, karena dia itu adalah syaithan" [HR. Jama'ah, kecuali Tirmidzi dan Ibnu Majah, dalam Nailul Authar juz 3, hal. 7]
عَنِ عَبْدِ اللهِ ابْنِ عَبَّاسٍ اَنَّهُ قَالَ: اَقْبَلْتُ رَاكِبًا عَلَى حِمَارٍ اَتَانِ وَاَنَا يَوْمَئِذٍ قَدْ نَاهَزْتُ اْلاِحْتِلاَمَ وَرَسُوْلُ اللهِ ص يُصَلّى بِالنَّاسِ بِمِنًى اِلى غَيْرِ جِدَارٍ فَمَرَرْتُ بَيْنَ يَدَيْ بَعْضِ الصَّفّ فَنَزَلْتُ وَ اَرْسَلْتُ اْلاَتَانَ تَرْتَعُ وَدَخَلْتُ فِى الصَّفّ فَلَمْ يُنْكِرْ ذٰلِكَ عَلَيَّ اَحَدٌ. البخارى 1: 126
Dari Ibnu Abbas bahwasanya ia berkata, "Aku baru datang dengan mengendarai seekor keledai betina, dan pada waktu itu aku hampir mencapai usia baligh, pada waktu itu Rasulullah SAW, shalat dengan orang banyak di Mina tanpa menghadap sebuah dinding, lalu aku lewat di depan shaf, dan aku membiarkan keledai betina itu pergi mencari rumput. Lalu aku masuk ke dalam barisan shalat, dan tak seorangpun yang melarang perbuatanku itu".[HR. Bukhari juz 1, hal. 126]
عَنْ اَبِى النَّضْرِ مَوْلَى عُمَرَ بْنِ عُبَيْدِ اللهِ عَن بُسْرِ بْن سَعِيْدٍ عَنْ اَبِى جُهَيْمٍ عَبْدِ اللهِ بْنِ اْلحَارِثِ بْنِ الصّمَّةِ اْلاَنْصَارِىّ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص : لَوْ يَعْلَمُ اْلمَارُّ بَيْنَ يَدَىِ اْلمُصَلّى مَاذَا عَلَيْهِ لَكَانَ اَن يَقِفَ اَرْبَعِيْنَ خَيْرًا لَهُ مِنْ اَنْ يَمُرَّ بَيْن يَدَيْهِ. قَالَ اَبُو النَّضْرِ لاَ أَدْرِى قَالَ اَرْبَعِيْنَ يَوْمًا اَوْ شَهْرًا اَوْ سَنَةً. الجماعة، فى نيل الاوطار 3: 8
Dari Abu Nadlri bekas budaknya 'Umar bin Ubaidillah dari Busr bin Sa'id dari Abu Juhaim Abdullah bin Harits bin Shimmah Al-Anshariy, ia berkata : Rasulullah SAW pernah bersabda, "Seandainya orang yang lewat didepan orang yang shalat itu mengetahui apa yang ada padanya (dari dosa), sungguh ia berhenti selama empat puluh itu lebih baik baginya dari pada ia lewat di depan orang yang sedang shalat. Abu Nadlri berkata, "Saya tidak tahu beliau bersabda Empat puluh itu (yang dimaksud empat puluh) hari, atau bulan atau tahun". [HR. Jama'ah, dalam Nailul Authar juz 3, hal. 8]
عَنْ عَوْنِ بْنِ اَبِى جُحَيْفَةَ قَالَ: سَمِعْتُ اَبِى قَالَ: خَرَجَ عَلَيْنَا رَسُوْلُ اللهِ ص بِاْلهَاجِرَةِ فَاُتِيَ بِوَضُوْءٍ فَتَوَضَّأَ فَصَلَّى بِنَا الظُّهْرَ وَ اْلعَصْرَ وَ بَيْنَ يَدَيْهِ عَنَزَةٌ وَ اْلمَرْأَةُ وَاْلحِمَارُ يَمُرُّوْنَ مِنْ وَرَاءِهَا. البخارى 1: 127
Dari 'Aun bin Abu Juhaifah , ia berkata : Saya mendengar ayahku berkata, "Rasulullah SAW mendatangi kami di siang hari, kemudian beliau diberi air untuk wudlu, lalu beliau berwudlu dan mengimami kami shalat Dhuhur dan 'Ashar dengan sebuah tongkat ditancapkan di depannya (sebagai sutrah), sedangkan wanita dan keledai-keledai berlalu lalang disebaliknya". [HR. Bukhari juz 1, hal. 127]
Shalat dengan berdiri.
عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ رض قَالَ: كَانَتْ بِى بَوَاسِيْرُ فَسَأَلْتُ النَّبِيَّ ص عَنِ الصَّلاَةِ، فَقَالَ: صَلّ قَائِمًا فَاِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَقَاعِدًا فَاِنْ لَمْ َسْتَطِعْ فَعَلَى جَنْبٍ. البجارى 2: 41
Dari 'Imran bin Hushain RA, ia berkata : Saya menderita sakit wasir, maka saya bertanya kepada Nabi SAW tentang shalat, lalu beliau bersabda, "Shalatlah dengan berdiri, jika tidak dapat maka shalatlah dengan duduk dan jika tidak dapat, maka shalatlah dengan berbaring". [HR. Bukhari juz 2, hal. 41]
Menghadap Qiblat.
وَ مِنْ حَيْثُ خَرَجْتَ فَوَلّ وَجْهَكَ شَطْرَ اْلمَسْجِدِ اْلحَرَامِ، وَ حَيْثُ مَا كُنْتُمْ فَوَلُّوْا وُجُوْهَكُمْ شَطْرَه‘.البقرة:150
Dan dari mana saja kamu berangkat, maka palingkanlah wajahmu ke Masjidil Haram, dan dimana saja kamu sekalian berada, maka palingkanlah wajahmu (ketika shalat) ke arahnya. [QS Al-Baqarah : 150]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: اِذَا قُمْتَ اِلَى الصَّلاَةِ فَاَسْبِغِ اْلوُضُوْءَ ثُمَّ اسْتَقْبِلِ اْلقِبْلَةَ فَكَبّرْ. مسلم 1: 298
Dari Abu Hurairah, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Apabila kamu akan mengerjakan shalat, maka sempurnakanlah wudlu, kemudian menghadaplah ke qiblat, lalu bertakbirlah". [HR. Muslim, juz 1, hal. 298]
عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: بَيْنَمَا النَّاسُ بِقُبًا فِى صَلاَةِ الصُّبْحِ اِذْ جَاءَهُمْ آتٍ فَقَالَ: اِنَّ النَّبِيَّ ص قَدْ اُنْزِلَ عَلَيْهِ اللَّيْلَةَ قُرْآنٌ وَ قَدْ اُمِرَ اَنْ يَسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةَ، فَاسْتَقْبَلُوْهَا. وَ كَانَتْ وُجُوْهُهُمْ اِلَى الشَّامِ فَاسْتَدَارُوْا اِلَى اْلكَعْبَةِ.احمد والبخارى ومسلم، فى نيل الاوطار 2: 186
Dari Ibnu 'Umar, ia berkata : Pada suatu ketika orang-orang sedang shalat di (masjid) Quba', tiba-tiba datang seseorang kepada mereka dan berkata, "Sesungguhhnya tadi malam telah diturunkan (ayat) Qur'an kepada Nabi SAW yang menyatakan bahwa beliau diperintahkan supaya menghadap qiblat", maka mereka lalu menghadap qiblat (yang berada di Makkah). Dan pada waktu itu mereka shalat menghadap ke Syam lantas mereka sama berputar menghadap ke Ka'bah. [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 186]
عَنْ اَنَسٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ يُصَلّى نَحْوَ بَيْتِ اْلمَقْدِسِ فَنَزَلَتْ قَدْ نَرَى تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِى السَّمَآءِ فَلَنُوَلّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضَاهَا فَوَلّ وَجْهَكَ شَطْرَ اْلمَسْجِدِ اْلحَرَامِ. فَمَرَّ رَجُلٌ مِنْ بَنِى سَلَمَةَ وَ هُمْ رُكُوْعٌ فِى صَلاَةِ اْلفَجْرِ وَ قَدْ صَلَّوْا رَكْعَةً فَنَادَى: اَلاَ اِنَّ اْلقِبْلَةَ قَدْ حُوّلَتْ فَمَالُوْا كَمَا هُمْ نَحْوَ اْلقِبْلَةِ. احمد و مسلم و ابو داود، فى نليل الاوطار 2: 186
Dari Anas, ia berkata : Sesungguhnya Rasulullah SAW dahulu shalat menghadap ke arah Baitul Maqdis, lalu turun ayat (yang artinya) : Sungguh Kami (sering) melihat wajahmu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke qiblat yang kamu sukai. Maka palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram". [QS. Al-Baqarah : 144] Kemudian ada seorang dari banu Salamah lewat, sedang orang-orang tengah ruku' dalam shalat Shubuh dan mereka telah mendapat satu rekaat, lalu orang tersebut menyeru, "Ketahuilah, sesungguhnya qiblat telah dipindahkan". Lalu mereka sama berputar sebagaimana orang lain, yaitu menghadap qiblat (Ka'bah)". [HR. Ahmad, Muslim dan Abu Dawud, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 186]
Bila Qiblat tidak dapat diketahui.
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَامِرِ بْنِ رَبِيْعَةَ عَنِ اَبِيْهِ قَالَ: كُنَّا مَعَ النَّبِيّ ص فِى سَفَرٍ فِى لَيْلَةٍ مُظْلِمَةٍ فَلَمْ نَدْرِ اَيْنَ اْلقِبْلَةُ فَصَلَّى كُلُّ رَجُلٍ مِنَّا عَلَى حِيَالِهِ. فَلَمَّا اَصْبَحْنَا ذَكَرْنَا ذ?لِكَ لِرَسُوْلِ اللهِ ص فَنَزَلَتْ فَاَيْنَمَا تُوَلُّوْا فَثَمَّ وَجْهُ اللهِ.(البقرة: 115) الترمذى 4: 273
Dari 'Abdullah bin 'Amir bin Rabi'ah, dari bapaknya, ia berkata : Dulu kami pernah bersama Nabi SAW pada suatu malam yang gelap gulita, sehingga kami tidak mengetahui dimana arah qiblat. Maka setiap orang diantara kami shalat menghadap menurut pendapat masing-masing. Setelah waktu Shubuh, kami beritahukan hal itu kepada Nabi SAW, maka turunlah ayat (yang artinya) [Maka kemanapun kamu menghadap, di situlah wajah Allah]. QS Al-Baqarah :115. [HR Tirmidzi juz 3, hal. 273]
عَنْ مُعَاذٍ بْنِ جَبَلٍ قَالَ: صَلَّيْنَا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص فِى يَوْمٍ غَيْمٍ فِى سَفَرٍ اِلَى غَيْرِ اْلقِبْلَةِ. فَلَمَّا قَضَى الصَّلاَةَ وَ سَلَّمَ تَجَلَّتِ الشَّمْسُ، فَقُلْنَا: يَا رَسُوْلَ اللهِ، صَلَّيْنَا اِلَى غَيْرِ اْلقِبْلَةِ. فَقَالَ: قَدْ رُفِعَتْ صَلاَتُكُمْ بِحَقّهَا اِلَى اللهِ عَزَّ وَ جَلَّ. الطبرانى فى الاوسط، فى مجمع الزوائد 2: 92
Dari Mu'adz, ia berkata : Pada suatu hari dalam perjalanan (yang gelap karena) mendung, kami pernah shalat bersama Rasulullah SAW dengan tidak menghadap qiblat. Maka setelah selesai shalat dan sudah mengucap salam, matahari mulai tampak (dari balik mendung). Lalu kami berkata kepada Rasulullah, "Ya Rasulullah, kita tadi shalat dengan tidak menghadap qiblat". Rasulullah SAW bersabda, "Shalat kalian sudah dinaikkan ke hadlirat Allah 'Azza wa Jalla dengan haqnya". [HR. Thabrani dalam Al-Ausath, dalam Majma'uz Zawaaid juz 2, hal. 92]
عَنِ اْلبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص صَلَّى نَحْوَ بَيْتِ اْلمَقْدِسِ سِتَّةَ عَشَرَ شَهْرًا اَوْ سَبْعَةَ عَشَرَ شَهْرًا وَ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُحِبُّ اَنْ يُوَجَّهَ اِلىَ اْلكَعْبَةِ فَاَنْزَلَ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ (قَدْ نَرَى تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِى السَّمَاءِ) فَتَوَجَّهَ نَحْوَ اْلكَعْبَةِ وَ قَالَ السُّفَهَاءُ مِنَ النَّاسِ وَ هُمُ اْليَهُوْدُ (مَا وَلاَّهُمْ عَنْ قِبْلَتِهِمُ الَّتِيْ كَانُوْا عَلَيْهَا، قُلْ ِللهِ اْلمَشْرِقُ وَ اْلمَغْرِبُ، يَهْدِيْ مَنْ يَّشَآءُ اِلى? صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ) فَصَلَّى مَعَ النَّبِيّ ص رَجُلٌ ثُمَّ خَرَجَ بَعْدَ مَا صَلَّى فَمَرَّ عَلَى قَوْمٍ مِنَ اْلاَنْصَارِ فِى صَلاَةِ اْلعَصْرِ نَحْوَ بَيْتِ اْلمَقْدِسِ، فَقَالَ: هُوَ يَشْهَدُ اَنَّهُ صَلَّى مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص وَ اَنَّهُ تَوَجَّهَ نَحْوَ اْلكَعْبَةِ فَتَحَرَّفَ اْلقَوْمُ حَتَّى تَوَجَّهُوْا نَحْوَ اْلكَعْبَةِ. البخارى 1: 104
Dari Baraa' bin 'Aazib, ia berkata : Dahulu Rasulullah SAW pernah shalat menghadap ke Baitul Maqdis selama enam belas atau tujuh belas bulan, sedangkan Rasulullah SAW itu sebenarnya senang sekali jika diperintahkan menghadap ke arah Ka'bah. Kemudian Allah 'Azza wa Jalla menurunkan wahyu yang artinya : Sungguh Kami sering melihat mukamu menengadah ke langit .... . Kemudian Nabi SAW menghadap ke Ka'bah. Dan orang-orang bodoh diantara manusia, yaitu orang-orang Yahudi berkata, "Apakah yang memalingkan mereka (ummat Islam) dari qiblatnya (Baitul Maqdis) yang dahulu mereka telah berqiblat kepadanya ?". Allah menurunkan wahyu-Nya : Katakanlah, "Kepunyaan Allah lah timur dan barat. Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya ke jalan yang lurus. [QS. Al-Baqarah : 142]. Kemudian ada seorang laki-laki shalat bersama Nabi SAW, setelah selesai shalat, mereka bepergian, lalu melewati suatu kaum dari orang-orang Anshar yang sedang shalat 'Ashar menghadap ke Baitul Maqdis. Lalu orang laki-laki itu mengatakan bahwa ia bersaksi sungguh ia baru saja shalat bersama Rasulullah SAW, dan sesungguhnya beliau mengadap ke arah Ka'bah, lalu kaum tersebut merubah arah qiblat mereka dan menghadap ke Ka'bah". [HR. Bukhari juz 1, hal. 104]
MTA tgl 01/08, 22/08, 12/09, 03/10 2004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar