19. Berangkat ke Mina.
عَنْ اَبِى اِسْحَاق سَمِعْتُ عَمْرَو بْنَ مَيْمُوْنٍ يَقُوْلُ شَهِدْتُ عُمَرَ رض صَلَّى بِجَمْعٍ الصُّبْحَ ثُمَّ وَقَفَ فَقَالَ: اِنَّ الْمُشْرِكِيْنَ كَانُوْا لاَ يُفِيْضُوْنَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ وَ يَقُوْلُوْنَ اَشْرِقْ ثَبِيْرُ وَ اَنَّ النَّبِيَّ ص خَالَفَهُمْ ثُمَّ اَفَاضَ قَبْلَ اَنْ تَطْلُعَ الشَّمْسُ. البخارى 2: 179
Dari Abu Ishaq, ia berkata : Saya mendengar ‘Amr bin Maimun berkata : Saya menyaksikan ‘Umar RA shalat Shubuh di Muzdalifah, kemudian ia berdiri dan berkata, “Sesungguhnya dahulu orang-orang musyrik tidak berangkat (ke Mina) sehingga terbit matahari dan mereka mengucapkan“Bersinarlah wahai gunung Tsabir”. Sesungguhnya Nabi SAW menyelisihi mereka, kemudian beliau berangkat sebelum terbit matahari”. [HR. Bukhari juz 2, hal. 179]
عَنْ جَابِرٍ قَالَ: اَفَاضَ رَسُوْلُ اللهِ ص وَعَلَيْهِ السَّكِيْنَةُ وَ اَمَرَهُمْ بِالسَّكِيْنَةِ وَ اَوْضَعَ فِي وَادِي مُحَسّرٍ وَ اَمَرَهُمْ اَنْ يَرْمُوْا الْجَمْرَةَ بِمِثْلِ حَصَى الْخَذْفِ. النسائى 2: 258
Dari Jabir, ia berkata : Dahulu Rasulullah SAW berangkat (dari Muzdalifah) dengan tenang dan beliau menganjurkan orang-orang untuk tenang, dan ketika sampai di lembah Muhassir, beliau memerintahkan mencari kerikil untuk melempar Jumrah seperti kerikil yang biasa untuk melempar. [HR. Nasaiy juz 5, hal. 258]
عَنِ الْفَضْلِ بْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص لِلنَّاسِ حِيْنَ دَفَعُوْا عَشِيَّةَ عَرَفَةَ وَ غَدَاةَ جَمْعٍ: عَلَيْكُمْ بِالسَّكِيْنَةِ وَ هُوَ كَافٌّ نَاقَتَهُ حَتَّى اِذَا دَخَلَ مِنًى فَهَبَطَ حِيْنَ هَبَطَ مُحَسّرًا قَالَ: عَلَيْكُمْ بِحَصَى اْلخَذْفِ الَّذِي تُرْمَى بِهِ اْلجَمْرَةُ قَالَ وَ النَّبِيُّ ص يُشِيْرُ بِيَدِهِ كَمَا يَخْذِفُ اْلاِنْسَانُ. النسائى 5: 269
Dari Al-Fadhl bin ‘Abbas, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda kepada orang banyak ketika beliau berangkat meninggalkan ‘Arafah di sore hari, dan ketika di pagi hari berangkat (ke Mina) meninggalkan Muzdalifah, “Tenanglah kalian, pelan-pelanlah”. Dan beliau sambil mengekang untanya sehingga ketika masuk daerah Mina, beliau turun di Muhassir, beliau turun dan bersabda, “Carilah kerikil untuk melempar Jumrah”. (Al-Fadhl) berkata, “Dan Nabi SAW sambil berisyarat dengan tangannya sebagaimana orang melempar”. [HR. Nasaiy juz 5, hal. 269]
20. Membaca talbiyah hingga sampai di Jamrah.
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص اَرْدَفَ اْلفَضْلَ فَاَخْبَرَ اْلفَضْلُ اَنَّهُ لَمْ يَزَلْ يُلَبّى حَتَّى رَمَى اْلجَمْرَةَ. البخارى 2: 179
Dari Ibnu ‘Abbas RA, bahwasanya Nabi SAW memboncengkan Fadhl, lalu Fadhl memberitahukan (kepada Ibnu ‘Abbas) bahwasanya Nabi SAW terus-menerus megucapkan talbiyah sehingga beliau melempar jumrah (‘Aqabah). [HR. Bukhari juz 2, hal. 179]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رض اَنَّ اُسَامَةَ بْنَ زَيْدٍ رض كَانَ رِدْفَ النَّبِيّ ص مِنْ عَرَفَةَ اِلَى اْلمُزْدَلِفَةِ ثُمَّ اَرْدَفَ اْلفَضْلَ مِنْ اْلمُزْدَلِفَةِ اِلَى مِنًى قَالَ: فَكِلاَهُمَا قَالاَ: لَمْ يَزَلِ النَّبِيُّ ص يُلَبّى حَتَّى رَمَى جَمْرَةَ اْلعَقَبَةِ. البخارى 2: 179
Dari Ibnu ‘Abbas RA, bahwasanya dahulu Usamah bin Zaid RA membonceng Nabi SAW dari ‘Arafah ke Muzdalifah, kemudian beliau memboncengkan Fadhl dari Muzdalifah ke Mina. (Ibnu ‘Abbas) berkata, “Mereka (yakni Usamah dan Fadhl) mengatakan, “Tiada henti-hentinya Nabi SAW mengucapkan talbiyah sehingga beliau melempar jumrah ‘Aqabah”. [HR. Bukhari juz 2, hal. 179]
عَنِ عَطَاءٍ اَخْبَرَنِيْ اِبْنُ عَبَّاسٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص اَرْدَفَ اْلفَضْلَ مِنْ جَمْعٍ قَالَ فَاَخْبَرَنِى ابْنُ عَبَّاسٍ اَنَّ اْلفَضْلَ اَخْبَرَهُ اَنَّ النَّبِيَّ ص لَمْ يَزَلْ يُلَبّى حَتَّى رَمَى جَمْرَةَ اْلعَقَبَةِ. مسلم 2: 931
Dari ‘Atha’, ia berkata : Mengkhabarkan kepadaku Ibnu ‘Abbas, bahwasanya Nabi SAW memboncengkan Fadhl dari Muzdalifah. ‘Atha’ berkata : Mengkhabarkan kepadaku Ibnu ‘Abbas, bahwa Fadhl mengkhabarkannya, bahwa Nabi SAW tidak henti-hentinya membaca talbiyah sehingga beliau melempar jumrah ‘Aqabah. [HR. Muslim juz 2, hal. 931]
عَنِ الْفَضْلِ بْنِ عَبَّاسٍ وَ كَانَ رَدِيْفَ رَسُوْلِ اللهِ ص اَنَّهُ قَالَ فِى عَشِيَّةِ عَرَفَةَ وَ غَدَاةِ جَمْعٍ لِلنَّاسِ حِيْنَ دَفَعُوْا: عَلَيْكُمْ بِالسَّكِيْنَةِ. وَ هُوَ كَافٌّ نَاقَتَهُ حَتَّى دَخَلَ مُحَسّرًا وَ هُوَ مِنْ مِنًى قَالَ عَلَيْكُمْ بِحَصَى اْلخَذْفِ الَّذِى يُرْمَى بِهِ اْلجَمْرَةُ وَ قَالَ لَمْ يَزَلْ رَسُوْلُ اللهِ ص يُلَبّى حَتَّى رَمَى اْلجَمْرَةَ. مسلم 2: 899
Dari Al-Fadhl bin ‘Abbas yang dahulu membonceng Rasulullah SAW, bahwasanya beliau bersabda kepada orang banyak pada sore hari ‘Arafah dan pagi hari Muzdalifah, “Tenanglah kalian, pelan-pelanlah”. Ketika itu beliau mengekang kendali untanya sehingga sampai di Muhassir, daerah Mina, beliau bersabda, “Carilah kerikil untuk melempar jumrah nanti”. Dan Fadhl berkata, “Rasulullah SAW tidak henti-hentinya membaca talbiyah sampai beliau melempar jumrah. [HR. Muslim juz 2, hal. 899]
عَنِ الْفَضْلِ بْنِ عَبَّاسٍ وَ كَانَ رَدِيْفَ رَسُوْلِ اللهِ ص، اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ فِيْ عَشِيَّةِ عَرَفَةَ وَ غَدَاةِ جَمْعٍ لِلنَّاسِ حِيْنَ دَفَعُوْا: عَلَيْكُمُ السَّكِينَةَ. وَ هُوَ كَافٌّ نَاقَتَهُ حَتَّى اِذَا دَخَلَ مُحَسّرًا وَ هُوَ مِنْ مِنًى قَالَ: عَلَيْكُمْ بِحَصَى اْلخَذْفِ الَّذِيْ يُرْمَى بِهِ فَلَمْ يَزَلْ رَسُوْلُ اللهِ ص يُلَبّيْ حَتَّى رَمَى اْلجَمْرَةَ. السائى 5: 258
Dari Fadhl bin ‘Abbas, dan dahulu ia membonceng Rasulullah SAW, bahwasanya Rasulullah SAW pada sore hari ‘Arafah (ketika meninggalkan‘Arafah) maupun ketika pagi hari Jami’ (ketika meninggalkan Muzdalifah), ketika berangkat beliau bersabda, “’alaikumus sakiinah” (Tenanglah kalian, perlahanlah), dan beliau sambil mengekang kendali untanya, sehingga ketika sampai di Muhassir daerah Mina, beliau bersabda, “Carilah kerikil untuk melempar Jumrah”, dan terus menerus beliau bertalbiyah sehingga beliau melempar Jumrah. [HR. Nasaiy juz 5, hal. 258]
21. Melempar Jumrah pada hari Nahr
عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ يَزِيْدَ قَالَ: رَمَى عَبْدُ اللهِ بْنُ مَسْعُوْدٍ جَمْرَةَ اْلعَقَبَةِ مِنْ بَطْنِ اْلوَادِى بِسَبْعِ حَصَيَاتٍ يُكَبّرُ مَعَ كُلّ حَصَاةٍ قَالَ، فَقِيْلَ لَهُ: اِنَّ اُنَاسًا يَرْمُوْنَهَا مِنْ فَوْقِهَا. فَقَالَ عَبْدُ اللهِ بْنُ مَسْعُوْدٍ: هذَا وَ الَّذِى لاَ اِلهَ غَيْرُهُ مَقَامُ الَّذِيْ اُنْزِلَتْ عَلَيْهِ سُوْرَةُ اْلبَقَرَةِ. مسلم 2: 942
Dari ‘Abdur Rahman bin Yazid, dia berkata : ‘Abdullah bin Mas’ud melempar jumrah ‘Aqabah dari perut lembah dengan tujuh kerikil dan dia membaca takbir setiap kali melempar. Lalu dikatakan kepadanya, “Sesungguhnya orang-orang sama melemparnya dari atas”, maka ‘Abdullah bin Mas’ud menjawab, “Demi Allah yang tidak ada Tuhan, selain-Nya, inilah tempat berdirinya orang yang diturunkan kepadanya surat Al-Baqarah”. [HR. Muslim juz 2, hal. 942]
Keterangan :
Disebutkannya “inilah tempat berdirinya orang yang diturunkan kepadanya surat Al-Baqarah”, maksudnya karena dalam surat Al-Baqarah itulah disebutkan pokok-pokok manasik hajji.
عَنْ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ اَبِيْهِ قَالَ دَخَلْنَا عَلَى جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ فَقُلْتُ اَخْبِرْنِي عَنْ حَجَّةِ النَّبِيّ ص، فَقَالَ: اِنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص دَفَعَ مِنْ اْلمُزْدَلِفَةِ قَبْلَ اَنْ تَطْلُعَ الشَّمْسُ وَ اَرْدَفَ اْلفَضْلَ بْنَ اْلعَبَّاسِ حَتَّى اَتَى مُحَسّرًا حَرَّكَ قَلِيْلاً ثُمَّ سَلَكَ الطَّرِيْقَ اْلوُسْطَى الَّتِيْ تُخْرِجُكَ عَلَى اْلجَمْرَةِ الْكُبْرَى حَتَّى اَتَى اْلجَمْرَةَ الَّتِيْ عِنْدَ الشَّجَرَةِ فَرَمَى بِسَبْعِ حَصَيَاتٍ، يُكَبّرُ مَعَ كُلّ حَصَاةٍ مِنْهَا حَصَى اْلخَذْفِ، رَمَى مِنْ بَطْنِ اْلوَادِي. النسائى 5: 267
Dari Ja’far bin Muhammad, dari ayahnya, ia berkata : Dahulu kami pernah datang kepada Jabir bin ‘Abdullah, lalu aku berkata, “Beritahukanlah kepadaku tentang hajjinya Nabi SAW”. Maka ia berkata, “Sesungguhnya Rasulullah SAWberangkat dari Muzdalifah sebelum terbit matahari dan beliau memboncengkan Al-Fadhl bin ‘Abbas, sehingga ketika sampai di Muhassir beliau mempercepat sedikit, kemudian lewat jalan yang tengah yang menghubungkan ke Jamrah Kubra. Kemudian beliau datang ke Jamrah yang di dekat pohon, lalu beliau melempar Jumrah dengan tujuh kerikil yang biasa untuk melempar. Beliau takbir setiap kali lemparan, dan beliau melempar dari perut lembah”. [HR. Nasaiy juz 5, hal. 267]
عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ يَزِيْدَ اَنَّهُ حَجَّ مَعَ عَبْدِ اللهِ قَالَ: فَرَمَى اْلجَمْرَةَ بِسَبْعِ حَصَيَاتٍ وَ جَعَلَ اْلبَيْتَ عَنْ يَسَارِهِ وَ مِنًى عَنْ يَمِيْنِهِ وَ قَالَ: هذَا مَقَامُ الَّذِى اُنْزِلَتْ عَلَيْهِ سُوْرَةُ اْلبَقَرَةِ. مسلم 2: 943
Dari ‘Abdur Rahman bin Yazid, bahwasanya dia berhajji bersama ‘Abdullah (bin Mas’ud). Dia melihat ‘Abdullah melempar jumrah dengan tujuh batu kerikil. Dia menjadikan Ka’bah di sebelah kirinya, dan Mina di sebelah kanannya. Dia berkata, “Inilah tempat berdirinya orang yang diturunkan kepadanya surat Al-Baqarah (ketika melempar)”. [HR. Muslim juz 2, hal. 943]
عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ يَزِيْدَ قَالَ: قِيْلَ لِعَبْدِ اللهِ: اِنَّ نَاسًا يَرْمُوْنَ اْلجَمْرَةَ مِنْ فَوْقِ اْلعَقَبَةِ قَالَ: فَرَمَاهَا عَبْدُ اللهِ مِنْ بَطْنِ اْلوَادِى ثُمَّ قَالَ: مِنْ ههُنَا وَ الَّذِى لاَ اِلهَ غَيْرُهُ رَمَاهَا الَّذِى اُنْزِلَتْ عَلَيْهِ سُوْرَةُ اْلبَقَرَةِ. مسلم 2: 943
Dari ‘Abdur Rahman bin Yazid, dia berkata : Dikatakan kepada ‘Abdullah (bin Mas’ud), “Sesungguhnya orang-orang sama melempar jumrah dari atas ‘Aqabah”. (‘Abdur Rahman) berkata, “Sedangkan ‘Abdullah melemparnya dari perut lembah. Kemudian ‘Abdullah (bin Ma’ud) berkata, “Demi Allah yang tiada Tuhan selain Dia, dari tempat inilah orang yang diturunkan kepadanya surat Al-Baqarah melemparnya”. [HR. Muslim juz 2, hal. 943]
Keterangan :
1. Setelah melempar Jumrah ‘Aqabah boleh terus tahallul (memotong rambut), maka sudah bebas dari larangan ihram, kecuali mengumpuli wanita.
2. Setelah melempar Jumrah ‘Aqabah, kalau terus akan ke Makkah untuk thawaf ifadhah juga boleh, dan sudah bebas seluruh larangan ihram setelah thawaf ifadhah.
3. Setiap melempar Jumrah sambil membaca tabir “Alloohu Akbar”.
22. Doa sesudah melempar Jumrah
Tentang doa sesudah melempar Jumrah, sampai saat ini kami belum menemukan hadits Nabi SAW yang kuat tentang hal itu. Ada riwayat tentang doa sesudah melempar Jumrah, tetapi haditsnya dla’if, hadits tersebut sebagai berikut :
قَالَ: اللّهُمَّ اجْعَلْهُ حَجًّا مَبْرُورًا وَذَنْبًا مَغْفُورًا. ثُمَّ قَالَ: هَاهُنَا كَانَ يَقُوْمُ الَّذِي اُنْزِلَتْ عَلَيْهِ سُوْرَةُ الْبَقَرَةِ. احمد 2: 116، رقم: 4061
(Ibnu Mas’ud) berdoa (yang artinya), “Ya Allah jadikanlah ia hajji yang mabrur, dan dosa yang diampuni”. Kemudian Ibnu Mas’ud berkata, “Di sinilah dahulu berdirinya orang yang diturunkan kepadanya surat Al-Baqarah (melemparnya)”. [HR. Ahmad juz 2, hal. 116, no 4061, dla’if karena dalam sanadnya ada perawi bernama Laits bin Abi Sulaim]
Ada juga riwayat sebagai berikut :
.. ثُمَّ رَمَى اْلجَمْرَةَ بِسَبْعِ حَصَيَاتٍ، يُكَبّرُ مَعَ كُلّ حَصَاةٍ: اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ اَللّهُمَّ اجْعَلْهُ حَجًّا مَبْرُوْرًا وَ ذَنْبًا مَغْفُوْرًا وَ عَمَلاً مَشْكُوْرًا. البيهقى 5: 129
…., kemudian ia (Salim bin ‘Abdullah) melempar Jumrah dengan tujuh kerikil, dan bertakbir pada setiap kali melempar (ia membaca yang artinya),“Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Ya Allah jadikanlah ia hajji yang mabrur, dosa yang diampuni dan amal yang disyukuri”. [HR. Baihaqi juz 5, hal. 129, hadits ini dla’if karena dalam sanadnya ada perawi bernama ‘Abdullah bin Hakim]
24. Melempar jumrah pada hari tasyriq
26. Boleh di Mina 2 hari atau 3 hari
27. Thawaf Wada’
d. Nabi SAW ke Makkah untuk thawaf ifadlah (ada yg kurang)
عَنِ ابْنِ عُمَرَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص اَفَاضَ يَوْمَ النَّحْرِ ثُمَّ رَجَعَ فَصَلَّى الظُّهْرَ بِمِنًى. قَالَ نَافِعٌ فَكَانَ ابْنُ عُمَرَ يُفِيْضُ يَوْمَ النَّحْرِ ثُمَّ يَرْجِعُ فَيُصَلّي الظُّهْرَ بِمِنًى وَ يَذْكُرُ اَنَّ النَّبِيَّ ص فَعَلَهُ. مسلم 2: 950
Dari Ibnu ‘Umar, bahwasanya Rasulullah SAW thawaf ifadlah pada hari nahr, kemudian kembali (ke Mina), lalu shalat Dhuhur di Mina. Nafi’ berkata, “Adalah Ibnu ‘Umar thawaf ifadlah pada hari Nahr, lalu kembali, maka ia shalat Dhuhur di Mina, dan ia mengatakan bahwasanya Nabi SAW dahulu melakukan yang demikian itu”. [HR. Muslim juz 2, hal. 950, no. 335]
عَنِ ابْنِ عُمَرَ اَنَّ النَّبِيَّ ص اَفَاضَ يَوْمَ النَّحْرِ ثُمَّ صَلَّى الظُّهْرَ بِمِنًى، يَعْنِى رَاجِعًا. ابو داود: 2: 207، رقم: 1998
Dari Ibnu ‘Umar bahwasanya Nabi SAW thawaf ifadlah pada hari Nahr, kemudian beliau shalat Dhuhur di Mina, yakni (setelah beliau) kembali. [HR. Abu Dawud juz 2, hal. 207, no. 1998]
قَالَ جَابِرٌ… ثُمَّ رَكِبَ رَسُوْلُ اللهِ ص فَاَفَاضَ اِلَى الْبَيْتِ فَصَلَّى بِمَكَّةَ الظُّهْرَ فَاَتَى بَنِي عَبْدِ اْلمُطَّلِبِ يَسْقُوْنَ عَلَى زَمْزَمَ فَقَالَ: انْزِعُوْا بَنِي عَبْدِ اْلمُطَّلِبِ، فَلَوْلاَ اَنْ يَغْلِبَكُمُ النَّاسُ عَلَى سِقَايَتِكُمْ لَنَزَعْتُ مَعَكُمْ فَنَاوَلُوْهُ دَلْوًا فَشَرِبَ مِنْهُ. مسلم 2: 892
Jabir berkata : Kemudian Rasulullah SAW menaiki untanya (dan turun di Baitullah) untuk thawaf ifaadlah. Kemudian beliau shalat Dhuhur di Makkah, lalu menemui Bani ‘Abdul Muththalib yang sedang mengambil air dari sumur zamzam. Beliau bersabda, “Tolong ambilkan air, wahai Bani ‘Abdul Muththalib. Seandainya bukan karena orang-orang akan mengalahkan kalian untuk mengambil air, tentu aku akan mengambil air bersama kalian”. Setelah mereka memberikan air zamzam tersebut, lalu beliau meminumnya. [HR. Muslim juz 2, hal. 892]
Keterangan :
Dengan adanya riwayat yang berbeda ini yakni menurut riwayat Ibnu ‘Umar Nabi SAW shalat Dhuhur di Mina, sedangkan menurut riwayat Jabir Nabi SAW shalat Dhuhur di Makkah, padahal kedua riwayat tersebut sama-sama shahih, maka ada ulama yang memahami bahwa pada hari Nahr Nabi SAW shalat Dhuhur dua kali.
24. Melempar jumrah pada hari tasyriq
Melempar 3 jumrah, Uulaa, Wustha dan ‘Aqabah
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض اَنَّهُ كَانَ يَرْمِى اْلجَمْرَةَ الدُّنْيَا بِسَبْعِ حَصَيَاتٍ يُكَبّرُ عَلَى اِثْرِ كُلّ حَصَاةٍ ثُمَّ يَتَقَدَّمُ حَتَّى يُسْهِلَ فَيَقُوْمَ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ فَيَقُوْمُ طَوِيْلاً وَ يَدْعُوْ وَ يَرْفَعُ يَدَيْهِ ثُمَّ يَرْمِي اْلوُسْطَى ثُمَّ يَأْخُذُ ذَاتَ الشّمَالِ فَيَسْتَهِلُ وَ يَقُوْمُ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ فَيَقُوْمُ طَوِيْلاً وَ يَدْعُوْ وَ يَرْفَعُ يَدَيْهِ وَ يَقُوْمُ طَوِيْلاً ثُمَّ يَرْمِي جَمْرَةَ ذَاتِ اْلعَقَبَةِ مِنْ بَطْنِ اْلوَادِي وَ لاَ يَقِفُ عِنْدَهَا ثُمَّ يَنْصَرِفُ فَيَقُوْلُ هكَذَا رَاَيْتُ النَّبِيَّ ص يَفْعَلُهُ. البخارى 2: 194
Dari Ibnu ‘Umar, RA bahwasanya dahulu ia melempar jumrah yang dekat (jumrah Uulaa) dengan tujuh kerikil, dan bertakbir pada setiap kali lemparan, kemudian maju sehingga bertempat di tanah yang datar, lalu berdiri dan menghadap qiblat, lalu berdiri lama, dia berdoa sambil mengangkat kedua tangannya. Kemudian ia melempar jumrah wustha, kemudian mengambil arah sebelah kiri, lalu mendekat dan berdiri menghadap qiblat, lalu ia berdiri lama, ia berdoa sambil mengangkat kedua tangannya, dan ia berdiri lama. Kemudian ia melempar jumrah ‘Aqabah dari perut lembah, dan ia tidak berhenti padanya, kemudian berpaling, lalu (‘Abdullah bin ‘Umar) berkata, “Demikianlah aku melihat Nabi SAW melakukannya”. [HR. Bukhari juz 2, hal. 194]
عَنْ الزُّهْرِيّ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ اِذَا رَمَى اْلجَمْرَةَ الَّتِي تَلِي مَسْجِدَ مِنًى يَرْمِيْهَا بِسَبْعِ حَصَيَاتٍ يُكَبّرُ كُلَّمَا رَمَىبِحَصَاةٍ ثُمَّ تَقَدَّمَ اَمَامَهَا فَوَقَفَ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ رَافِعًا يَدَيْهِ يَدْعُوْ وَ كَانَ يُطِيْلُ اْلوُقُوْفَ ثُمَّ يَأْتِى اْلجَمْرَةَ الثَّانِيَةَ فَيَرْمِيْهَا بِسَبْعِ حَصَيَاتٍ يُكَبّرُ كُلَّمَا رَمَى بِحَصَاةٍ ثُمَّ يَنْحَدِرُ ذَاتَ اْليَسَارِ مِمَّا يَلِى اْلوَادِيَ فَيَقِفُ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ رَافِعًا يَدَيْهِ يَدْعُوْ ثُمَّ يَأْتِي اْلجَمْرَةَ الَّتِى عِنْدَ اْلعَقَبَةِ فَيَرْمِيْهَا بِسَبْعِ حَصَيَاتٍ يُكَبّرُ عِنْدَ كُلّ حَصَاةٍ ثُمَّ يَنْصَرِفُ وَ لاَ يَقِفُ عِنْدَهَا. البخارى 2: 194
Dari Az-Zuhriy bahwasanya Rasulullah SAW ketika melempar jumrah yang dekat masjid Mina, beliau melempar dengan tujuh kerikil, beliau bertakbir setiap kali melempar. Kemudian beliau maju ke muka dan berdiri menghadap qiblat sambil mengangkat kedua tangannya, beliau berdoa sambil berdiri lama. Kemudian beiau mendekati jumrah yang kedua, lalu melemparnya dengan tujuh kerikil, beliau bertakbir setiap kali melemparnya. Sesudah itu beliau pindah ke sebelah kiri mendekati lembah, dan berdiri menghadap qiblat, sambil mengangkat kedua tangan, beliau berdoa. Sesudah itu beliau mendekati jumrah yang di ‘Aqabah, beliau melemparnya dengan tujuh kerikil dan bertakbir setiap kali melempar, kemudian beliau berpaling dan tidak berhenti di situ. [HR. Bukhari juz 2, hal. 194. Az-Zuhriy mendengar hadits ini dari Salim bin ‘Abdullah, dari bapaknya, dari Nabi SAW. Dan Ibnu ‘Umar juga melakukan demikian.]
قَالَ جَابِرٌ رَمَى النَّبِيُّ ص يَوْمَ النَّحْرِ ضُحًى وَرَمَى بَعْدَ ذَلِكَ بَعْدَ الزَّوَالِ. البخارى 2: 192
Jabir berkata, bahwasanya Nabi SAW melempar jumrah pada hari Nahr pada waktu Dluha, dan melempar jumrah sesudah itu pada waktu matahari telah tergelicir”. [HR. Bukhari juz 2, hal. 192]
Keterangan :
Waktu melempar ketiga jumrah, yang afdlal adalah setelah tergelincir matahari.
25. Mabit di Mina
عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: اِسْتَأْذَنَ اْلعَبَّاسُ بْنُ عَبْدِ اْلمُطَّلِبِ رَسُوْلَ اللهِ ص اَنْ يَبِيْتَ بِمَكَّةَ اَيَّامَ مِنًى مِنْ اَجْلِ سِقَايَتِهِ، فَاَذِنَ لَهُ. ابن ماجه 2: 1019، رقم: 3065
Dari ‘Ibnu ‘Umar, ia berkata : ‘Abbas bin ‘Abdul Muththalib meminta ijin kepada Rasulullah SAW untuk bermalam di Makkah pada hari-hari Mina karena akan memberikan minum (para hajji), maka beliau mengijinkannya. [HR. Ibnu Majah juz 2, hal 1019, no 3065]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: لَمْ يُرَخّصِ النَّبِيُّ ِلاَحَدٍ يَبِيْتُ بِمَكَّةَ اِلاَّ لِلْعَبَّاسِ مِنْ اَجْلِ السّقَايَةِ. ابن ماجه 2: 1019، رقم: 3065
Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata : Nabi SAW tidak memberikan ijin kepada siapapun untuk bermalam di Makkah, kecuali kepada ‘Abbas, karena dia akan memberikan minum. [HR. Ibnu Majah juz 2, hal. 1019, no. 3066]
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْن عُمَرَ اَنَّ عُمَرَ ابْنَ اْلخَطَّابِ قَالَ: لاَ يَبِيْتَنَّ اَحَدٌ مِنَ اْلحَاجّ لَيَالِيَ مِنًى وَرَاءَ اْلعَقَبَةِ. مالك فى الموطأ 1: 406
Dari ‘Abdullah bin ‘Umar, bahwasanya ‘Umar bin Khaththab berkata, “Janganlah sekali-kali seseorang diantara kalian yang berhajji pada malam-malam Mina, bermalam di belakang ‘Aqabah” [HR. Malik dalam Al-Muwaththa’ juz 1, hal. 406]
سَأَلَ عَبْدُ الرَّحْمنُ بْنُ فَرُّوْخَ ابْنَ عُمَرَ قَالَ: اِنَّا نَتَبَايَعُ بِاَمْوَالِ النَّاسِ فَيَأْتِى اَحَدُنَا مَكَّةَ فَيَبِيتُ عَلَى اْلمَالِ فَقَالَ: اَمَّا رَسُوْلُ اللهِ ص فَبَاتَ بِمِنًى وَ ظَلَّ. ابو داود 2: 198، رقم: 1958
‘Abdur Rahman bin Farrukh bertanya kepada Ibnu ‘Umar, ia berkata, “Sesungguhnya kami berjual-beli dengan harta manusia, maka seseorang dari kami ke Makkah, lalu bermalam di sana untuk menjaga hartanya (yang demikian ini bagaimana) ?. Ibnu ‘Umar menjawab, “Adapun Rasulullah SAW, beliau malam dan siang di Mina”. [HR. Abu Dawud juz 2, hal. 198, no. 1958]
26. Boleh di Mina 2 hari atau 3 hari
وَ اذْكُرُوا اللهَ فِيْ اَيَّامٍ مَّعْدُوْدَاتٍ، فَمَنْ تَعَجَّلَ فِيْ يَوْمَيْنِ فَلاَ اِثْمَ عَلَيْهِ، وَ مَنْ تَاَخَّرَ فَلاَ اِثْمَ عَلَيْهِ لِمَنِ اتَّقى، وَاتَّقُوا اللهَ، وَ اعْلَمُوْآ اَنَّكُمْ اِلَيْهِ تُحْشَرُوْنَ. البقرة: 203
Dan berdzikirlah (dengan menyebut) Allah dalam beberapa hari yang terbilang. Barangsiapa yang ingin cepat berangkat (dari Mina) sesudah dua hari, maka tiada dosa baginya. Dan barang siapa yang ingin menangguhkan keberangkatannya dari dua hari itu), maka tidak ada dosa pula baginya bagi orang yang bertakwa. Dan bertakwalah kepada Allah, dan ketahuilah, bahwa kamu akan dikumpulkan kepada-Nya. [QS. Al-Baqarah : 203]
عَنْ بُكَيْرِ بْنِ عَطَاءٍ سَمِعْتُ عَبْدَ الرَّحْمنِ بْنَ يَعْمُرَ الدّيْلِيَّ قَالَ شَهِدْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص وَ هُوَ وَاقِفٌ بِعَرَفَةَ وَ اَتَاهُ نَاسٌ مِنْ اَهْلِ نَجْدٍ فَقَالُوْا يَا رَسُوْلَ اللهِ، كَيْفَ اْلحَجُّ؟ قَالَ: اَلْحَجُّ عَرَفَةُ، فَمَنْ جَاءَ قَبْلَ صَلاَةِ اْلفَجْرِ لَيْلَةَ جَمْعٍ فَقَدْ تَمَّ حَجُّهُ، اَيَّامُ مِنًى ثَلاَثَةٌ، فَمَنْ تَعَجَّلَ فِي يَوْمَيْنِ فَلاَ اِثْمَ عَلَيْهِ، وَ مَنْ تَأَخَّرَ فَلاَ اِثْمَ عَلَيْهِ. ثُمَّ اَرْدَفَ رَجُلاً خَلْفَهُ فَجَعَلَ يُنَادِي بِهِنَّ. ابن ماجه 2: 1003، رقم: 3015
Dari Bukair bin ‘Atha’ : Saya mendengar ‘Abdur Rahman bin Ya’mur Ad-Diliy berkata : Aku menyaksikan Rasululah SAW pada waktu beliau wuquf di ‘Arafah lalu ada serombongan orang dari Najd datang, dan bertanya, “Ya Rasulullah, bagaimanakah berhajji itu ?”. Beliau bersabda, “Hajji adalah ‘Arafah. Maka barangsiapa yang datang sebelum shalat Shubuh pada malam Muzdalifah, sungguh ia telah sempurna hajjinya. Hari-hari Mina itu tiga hari, maka barangsiapa ingin segera meninggalkan Mina setelah dua hari, maka tidak ada dosa atasnya. Dan barangsiapa yang ingin menangguhkannya, maka tidak ada dosa atasnya. Kemudian beliau memboncengkan seorang laki-laki di belakang beliau, lalu mengumumkan hal itu”. HR. Ibnu Majah juz 2, hal. 1003, no. 3015]
Keterangan :
1. Apabila melempar jumrah pada hari 11, 12 Dzulhijjah kemudian meninggalkan Mina disebut Nafar awwal. Sedangkan apabila melempar jumrah pada hari 11, 12 dan 13 Dzulhijjah kemudian meinggalkan Mina disebut Nafar Tsani.
2. Adapun thawaf ifadlah, bisa dilaksanakan setelah melempar jumrah ‘Aqabah tanggal 10 Dzulhijjah, atau setelah selesai melempar jumrah Uulaa, Wustha, ‘Aqabah pada tanggal 11, 12, 13 Dzulhijjah.
27. Thawaf Wada’
عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رض قَالَ: اُمِرَ النَّاسُ اَنْ يَكُوْنَ آخِرُ عَهْدِهِمْ بِاْلبَيْتِ اِلاَّ اَنَّهُ خَفَّفَ عَنْ اْلحَائِضِ. البخارى 2: 195
Dari Ibnu ‘Abbas RA, ia berkata : “Diperintahkan pada manusia supaya akhir masa mereka adalah (thawaf) di Baitullah, hanya saja beliau memberi keringanan terhadap wanita yang sedang haidl”. [HR. Bukhari juz 2, hal. 195]
عَنْ قَتَادَةَ اَنَّ اَنَسَ بْنَ مَالِكٍ رض حَدَّثَهُ اَنَّ النَّبِيَّ ص صَلَّى الظُّهْرَ وَ الْعَصْرَ وَ الْمَغْرِبَ وَ الْعِشَاءَ ثُمَّ رَقَدَ رَقْدَةً بِاْلمُحَصَّبِ ثُمَّ رَكِبَ اِلَى اْلبَيْتِ فَطَافَ بِهِ. البخارى 2: 195
Dari Qatadah, bahwasanya Anas bin Malik RA menceritakan kepadanya, bahwasanya Nabi SAW shalat Dhuhur, ‘Ashar, Maghrib dan ‘Isyak, kemudian tidur di Muhashshab, kemudian beliau menaiki kendaraannya ke Baitullah, lalu beliau thawaf di sana”. [HR. Bukhari jiz 2, hal. 195]
عَنْ عَائِشَةَ رض اَنَّ صَفِيَّةَ بِنْتَ حُيَيّ زَوْجَ النَّبِيّ ص حَاضَتْ فَذَكَرْتُ ذلِكَ لِرَسُوْلِ اللهِ ص فَقَالَ: اَحَابِسَتُنَا هِيَ قَالُوْا اِنَّهَا قَدْ اَفَاضَتْ قَالَ: فَلاَ اِذًا. البخارى 2: 195
Dari ‘Aisyah RA bahwasanya Shafiyah binti Huyaiyin istri Nabi SAW haidl, maka aku menceritakan hal itu kepada Rasulullah SAW, maka beliau bersabda, “Apakah dia akan menahan kita (untuk pulang) ?”. Para shahabat menjawab, “Sesungguhnya Shafiyah sudah melakukan thawaf ifadlah”. Beliau bersabda, “Jika demikian, maka tidak (menyebabkan kita tertahan untuk melanjutkan perjalanan)”. [HR. Bukhari jiz 2, hal. 195]
mta 12/208, 03/2009
Tidak ada komentar:
Posting Komentar