Untuk melengkapi tarikh tentang ibadah hajji ini, maka disini kami ketengahkan hadits-hadits yang berhubungan dengan ibadah hajji tersebut.
1. Tentang pakaian ihram
a. Bagi pria
Pakaian ihram bagi pria ialah dua helai kain (izaar dan ridaa’). Izaar disarungkan, sedangkan ridaa’ diselempangkan dengan posisi pundak kanan terbuka dan pundak kiri tertutup.
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ اَنَّ رَسُوْلَ الله ص وَ اَصْحَابَهُ اعْتَمَرُوْا مِنَ اْلجِعِرَّانَةِ فَرَمَلُوْا بِاْلبَيْتِ وَ جَعَلُوْا اَرْدِيَتَهُمْ تَحْتَ ابَاطِهِمْ قَذَفُوْهَا عَلَى عَوَاتِقِهِمُ اْليُسْرَى. ابو داود 2: 177، رقم: 1884
Dari Ibnu Abbas, bahwasanya Rasulullah SAW dan para shahabatnya ‘umrah dari Ji’irraanah (Ji’ranah), mereka berlari-lari kecil di Baitullah dan menjadikan ridaa’ mereka itu dibawah ketiak mereka (yang kanan) lalu diselempangkan diatas pundak-pundak mereka di sebelah kiri. [HR. Abu Dawud juz 2, hal. 177, no. 1884]
عَنْ عَبْد الله قَالَ: قَامَ رَجُلٌ فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، مَا تَأْمُرُنَا اَنْ نَلْبَسَ اِذَا اَحْرَمْنَا؟ قَالَ: لاَ تَلْبَسُوا اْلقَمِيْصَ وَ السَّرَاوِيْلَ وَ اْلعَمَائِمَ وَ اْلبَرَانِسَ وَ اْلخِفَافَ اِلاَّ اَنْ يَكُوْنَ رَجُلٌ لَيْسَ لَهُ نَعْلاَنِ فَلْيَلْبَسِ اْلخُفَّيْنِ اَسْفَلَ مِنَ اْلكَعْبَيْنِ، وَ لاَ تَلْبَسُوْا شَيْئاً مِنَ الثّيَابِ مَسَّهُ زَعْفَرَانٌ وَ لاَ وَرْسٌ. البخارى 7: 38
Dari ’Abdullah, ia berkata : Ada seorang laki-laki berdiri, lalu bertanya, ”Ya Rasulullah, pakaian apa yang engkau perintahkan kepada kami untuk kami pakai ketika ihram ?”. Rasulullah SAW bersabda, ”Jaganlah kalian memakai baju, celana, sorban, kopiah, dan sepatu khuff, kecuali seseorang yang memang tidak mempunyai sepasang sandal, maka dia boleh memakai khuff yang dibawah mata kaki. Dan janganlah kalian memakai pakaian apapun yang dicelup za’faran dan wars”. [HR Bukhari juz 7, hal. 38]
عَنْ سَالِمٍ عَنْ اَبِيْهِ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: لاَ يَلْبَسُ اْلمُحْرِمُ اْلقَمِيْصَ وَ لاَ اْلعِمَامَةَ وَ لاَ السَّرَاوِيْلَ وَ لاَ اْلبُرْنُسَ وَ لاَ ثَوْبًا مَسَّهُ زَعْفَرَانٌ وَ لاَ وَرْسٌ وَ لاَ اْلخُفَّيْنِ اِلاَّ لِمَنْ لَمْ يَجِدِ النَّعْلَيْنِ، فَاِنْ لَمْ يَجِدْهُمَا فَلْيَقْطَعْهُمَا اَسْفَلَ مِنَ اْلكَعْبَيْنِ. البخارى 7: 38
Dari Salim, dari ayahnya, dari Nabi SAW, beliau bersabda, ”Orang yang sedang menjalankan ihram tidak boleh memakai baju, tidak boleh memakai sorban, tidak boleh memakai celana, tidak boleh memakai kopiah, dan juga tidak boleh memakai pakaian apapun yang dicelup za’faran dan wars. Dan dan tidak boleh memakai khuff, kecuali bagi seseorang yang memang tidak mendapati sandal, maka hendaklah dia memotong sepatu khuffnya sehingga menjadi dibawah mata kaki”. [Bukhari juz 7, hal. 38]
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ اَنَّ رَجُلاً قَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، مَا يَلْبَسُ اْلمُحْرِمُ مِنَ الثّيَابِ؟ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لاَ تَلْبَسُوا اْلقُمُصَ وَ لاَ اْلعَمَائِمَ وَ لاَ السَّرَاوِيْلاَتِ وَ لاَ اْلبَرَانِسَ وَ لاَ اْلخِفَافَ اِلاَّ اَحَدٌ لاَ يَجِدُ النَّعْلَيْنِ فَلْيَلْبَسْ خُفَّيْنِ وَ لْيَقْطَعْهُمَا اَسْفَلَ مِنَ اْلكَعْبَيْنِ وَ لاَ تَلْبَسُوْا مِنَ الثّيَابِ شَيْئًا مَسَّهُ زَعْفَرَانٌ وَ لاَ وَرْسٌ. البخارى 7: 38
Dari ’Abdullah bin ’Umar, sesungguhnya ada seorang laki-laki bertanya, ”Ya Rasulullah, pakaian apakah yang boleh dipakai oleh orang yang ihram ?”. Rasulullah SAW menjawab, ”Janganlah kalian memakai gamis, sorban, celana, kopiah, dan sepatu khuff, kecuali bagi orang yang tidak mempunyai sandal, maka dia boleh memakai sepatu khuff, tetapi harus memotongnya sehingga menjadi di bawah mata kaki. Dan janganlah kalian memakai pakaian apapun yang dicelup za’faran dan wars”. [HR Bukhari 7, hal. 38]
عَنِ سَالِمٍ عَنْ اَبِيْهِ رض قَالَ: سُئِلَ النَّبِيُّ ص: مَا يَلْبَسُ اْلمُحْرِمُ؟ قَالَ: لاَ يَلْبَسُ اْلمُحْرِمُ اْلقَمِيْصَ، وَ لاَ اْلعِمَامَةَ، وَ لاَ الْبُرْنُسَ، وَ لاَ السَّرَاوِيْلَ، وَ لاَ ثَوْباً مَسَّهُ وَرْسٌ وَ لاَ زَعْفَرَانٌ وَ لاَ اْلخُفَّيْنِ. اِلاَّ اَنْ لاَ يَجِدَ نَعْلَيْنِ فَلْيَقْطَعْهُمَا، حَتَّى يَكُوْنَا اَسْفَلَ مِنَ اْلكَعْبَيْنِ. مسلم 2: 835
Dari Salim, dari ayahnya RA, ia berkata : Nabi SAW pernah ditanya tentang pakaian yang (boleh) dipakai oleh orang yang sedang ihram (muhrim). Rasulullah SAW menjawab, ”Dia tidak boleh memakai kemeja, sorban, kopiah, dan celana dan tidak boleh memakai pakaian yang dicelup dengan wars dan za’faran, dan tidak boleh memakai dua sepatu khuff, kecuali kalau tidak mendapatkan dua sandal (boleh memakai khuff) tetapi hendaklah ia potong keduanya sehingga menjadi dibawah dua mata kaki”. [HR. Muslim juz 2, hal. 835].
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ اَنَّهُ قَالَ: نَهَى رَسُوْلُ اللهِ ص اَنْ يَلْبَسَ اْلمُحْرِمُ ثَوْبًا مَصْبُوْغًا بِوَرْسٍ اَوْ زَعْفَرَانٍ. ابن ماجه 2: 977، رقم 2930
Dari ‘Abdullah bin ‘Umar, bahwasanya dia berkata : Rasulullah SAW melarang orang yang berihram memakai pakaian yang dicelup wars atau za’faran. [HR. Ibnu Majah juz 2, hal. 977, no. 2930]
Keterangan :
Za’faran adalah jenis tumbuh-tumbuhan di negeri ’Arab yang berwarna merah kekuningan, biasa dipakai untuk mewarnai kain dan dibuat minyak wangi.
Wars adalah jenis tumbuh-tumbuhan di negeri ’Arab yang berwarna kuning dan berbau wangi yang biasa untuk mewarnai kain.
b. Bagi Wanita
Pakaian ihram bagi wanita bebas menutup aurat, tidak boleh memakai sarung tangan dan tutup muka (cadar)
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ اَنَّهُ سَمِعَ رَسُوْلَ اللهِ ص نَهَى النّسَاءَ فِى اِحْرَامِهِنَّ عَنِ اْلقُفَّازَيْنِ وَ النّقَابِ وَ مَا مَسَّ اْلوَرْسُ وَ الزَّعْفَرَانُ مِنَ الثّيَابِ، وَلْتَلْبَسْ بَعْدَ ذلِكَ مَا اَحَبَّتْ مِنْ اَلْوَانِ الثّيَابِ مُعَصْفَراً اَوْ خَزًّا اَوْ حُلِيًّا اَوْ سَرَاوِيْلَ اَوْ قَمِيْصاً اَوْ خُفًّا. ابو داود 2: 166، رقم: 1827
Dari ‘Abdullah bin ‘Umar, bahwasanya ia mendengar Rasulullah SAW melarang para wanita dalam ihram mereka memakai dua sarung tangan dan tutup muka (cadar) dan pakaian yang dicelup dengan wars dan za’faran, tetapi boleh ia memakai selain dari itu apa-apa yang ia sukai dari bermacam-macam pakaian yang dicelup dengan ‘ushfur atau sutera atau perhiasan atau celana atau baju” atau sepatu. [HR. Abu Dawud juz 2, hal. 166, no. 1827]
Keterangan :
’Ushfur adalah jenis tumbuh-tumbuhan yang berwarna kuning yang biasa dipakai untuk mewarnai kain.
عَنِ ابْنِ عُمَرَ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: اَلْمُحْرِمَةُ لاَ تَنْتَقِبْ وَ لاَ تَلْبَسِ اْلقُفَّازَيْنِ. ابو داود 2: 165، رقم: 1826
Dari Ibnu ‘Umar, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Wanita yang berihram, jangan memakai cadar dan jangan memakai sarung tangan”. [HR. Abu Dawud juz 2, hal. 165, no. 1826]
2. Miqat hajji
Miqat ada dua macam, yaitu miqat Zamaniy dan miqat makaniy.
Miqat Zamaniy : ialah batas waktu permulaan memulai ihram ibadah hajji waktunya ialah seluruh bulan Syawwal, seluruh bulan Dzulqa’dah dan sepuluh hari bulan Dzulhijjah. Jadi Miqat Zamani adalah mulai tanggal satu Syawwal sampai terbit fajar tanggal 10 Dzulhijjah.
Allah SWT berfirman :
الحَجُّ اَشْهُرٌ مَّعْلُوْمَاتٌ. البقرة: 197
(Musim) hajji adalah beberapa bulan yang dimaklumi. [QS. Al-Baqarah : 197].
Miqat Makaniy ialah batas tempat untuk memulai ihram ibadah hajji. Miqat Makani terdiri dari beberapa tempat sebagai berikut :
عَنِ ابْنِ عبَّاسٍ قَالَ: وَقَّتَ رَسُوْلُ اللهِ ص ِلاَهْلِ اْلمَدِيْنَةِ ذَا اْلحُلَيْفَةِ، وَ ِلاَهْلِ الشَّأْمِ اْلجُحْفَةَ، وَ ِلاَهْلِ نَجْدٍ قَرْنَ اْلمَنَازِلِ، وَ ِلاَهْلِ اْليَمَنِ يَلَمْلَمَ فَهُنَّ لَهُنَّ وَ لِمَنْ اَتَى عَلَيْهِنَّ مِنْ غَيْرِ اَهْلِهِنَّ لِمَنْ كَانَ يُرِيْدُ اْلحَجَّ وَ اْلعُمْرَةَ، فَمَنْ كَانَ دُوْنَهُنَّ فَمُهَلُّهُ مِنْ اَهْلِهِ وَ كَذَاكَ حَتَّى اَهْلُ مَكَّةَ يُهِلُّوْنَ مِنْهَا. البخارى 2: 142
Dari Ibnu Abbas, ia berkata : Rasulullah SAW menentukan miqat bagi penduduk Madinah adalah Dzul Hulaifah, bagi penduduk Sya’m (Syam) adalah Juhfah, bagi penduduk Najd adalah Qarnul Manazil, dan bagi penduduk Yaman adalah Yalamlam. ”Masing-masing miqat itu untuk masing-masing daerah tersebut dan untuk orang-orang yang datang padanya yang bukan dari penduduk miqat itu bagi orang yang akan menunaikan ibadah hajji dan‘umrah. Dan barangsiapa yang dibawah miqat-miqat itu, maka tempat memulai ihramnya ialah dari rumahnya. Demikianlah sehingga penduduk Makkah memulai ihram dari Makkah juga”. [HR. Bukhari juz 2, hal. 142].
عَنِ ابْنِ عبَّاسٍ قَالَ: اِنَّ النَّبِيَّ ص وَقَّتَ ِلاَهْلِ اْلمَدِيْنَةِ ذَا اْلحُلَيْفَةِ، وَ ِلاَهْلِ الشَّامِ اْلجُحْفَةَ، وَ ِلاَهْلِ نَجْدٍ قَرْنَ اْلمَنَازِلِ، وَ ِلاَهْلِ اْليَمَنِ يَلَمْلَمَ، هُنَّ لَهُنَّ وَ لِمَنْ اَتَى عَلَيْهِنَّ مِنْ غَيْرِهِنَّ مِمَّنْ اَرَادَ اْلحَجَّ وَ اْلعُمْرَةَ، وَ مَنْ كَانَ دُوْنَ ذلِكَ فَمِنْ حَيْثُ اَنْشَأَ حَتَّى اَهْلُ مَكَّةَ مِنْ مَكَّةَ. البخارى 2: 142
Dari Ibnu Abbas, ia berkata : Sesungguhnya Nabi SAW menentukan miqat bagi penduduk Madinah adalah Dzul Hulaifah, bagi penduduk Syam adalah Juhfah, bagi penduduk Najd adalah Qarnul Manazil, dan bagi penduduk Yaman adalah Yalamlam. ”Masing-masing miqat itu untuk masing-masing daerah tersebut dan untuk orang-orang yang datang padanya yang bukan dari penduduk miqat itu bagi orang yang akan menunaikan ibadah hajji dan ‘umrah. Dan barangsiapa yang dibawah miqat-miqat itu, maka tempat memulai ihramnya ialah dari rumahnya. Demikianlah sehingga penduduk Makkah memulai ihram dari Makkah juga”. [HR. Bukhari juz 2, hal. 142].
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: يُهِلُّ اَهْلُ اْلمَدِيْنَةِ مِنْ ذِى اْلحُلَيْفَةِ وَ اَهْلُ الشَّأْمِ مِنَ اْلجُحْفَةِ وَ اَهْلُ نَجْدٍ مِنْ قَرْنٍ. قَالَ عَبْدُ اللهِ وَ بَلَغَنِى اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: وَ يُهِلُّ اَهْلُ اْليَمَنِ مِنْ يَلَمْلَمَ. البخارى 2: 142
Dari ‘Abdullah bin ‘Umar RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Penduduk Madinah memulai ihram dari Dzul Hulaifah, penduduk Syam dari Juhfah, penduduk Najd dari Qarnun”. ‘Abdullah berkata : Telah sampai kepadaku, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Dan memulai ihram penduduk Yaman dari Yalamlam”. [HR. Bukhari juz 2, hal. 142]
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض قَالَ: لَمَّا فُتِحَ هذَانِ اْلمِصْرَانِ اَتَوْا عُمَرَ فَقَالُوْا: يَا اَمِيْرَ اْلمُؤْمِنِيْنَ، اِنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص حَدَّ ِلاَهْلِ نَجْدٍ قَرْناً وَ هُوَ جَوْرٌ عَنْ طَرِيْقِنَا، وَ اِنَّا اِنْ اَرَدْنَا قَرْناً شَقَّ عَلَيْنَا. قَالَ: فَانْظُرُوْا حَذْوَهَا مِنْ طَرِيْقِكُمْ. فَحَدَّ لَهُمْ ذَاتَ عِرْقٍ. البخارى 2: 143
Dari Ibnu ‘Umar RA, ia berkata : Setelah dua kota ini ditaklukkan (Bashrah dan Kuufah), orang-orang datang kepada ‘Umar (bin Khaththab) lalu berkata, “Ya Amirul Mu’minin, sesungguhnya Rasulullah SAW telah menentukan Qarnul Manazil untuk penduduk Najd, padahal dia itu menyimpang dari jalan kami, dan kami bila akan ke Qarnul Manazil itu sungguh memayahkan kami”. Lalu ‘Umar berkata, “Lihatlah jajarannya itu dari jalanmu”. (Ibnu ‘Umar berkata), “Kemudian (‘Umar) menetapkan Dzatu ‘Irqin untuk (miqat) mereka”. [HR. Bukhari juz 2, hal. 143].
Keterangan :
Dari hadits-hadits di atas bisa kita pahami bahwa untuk penduduk Madinah wajib berihram dari tempat yang bernama Dzul Hulaifah (Bir ‘Ali). Untuk penduduk Syam dari Juhfah. Untuk penduduk Najd dari Qarnul Manaazil, dan penduduk Yaman dari Yalamlam.
Adapun orang yang bukan dari penduduk Madinah, tetapi melewati Madinah dalam perjalanannya untuk mengerjakan hajji atau ‘umrah, maka ia wajib berihram dari Dzul Hulaifah juga.
Demikian pula bagi orang yang perjalanannya tersebut melewati Juhfah, Qarnul Manaazil maupun Yalamlam, maka mulai ihramnya dari tempat-tempat tersebut. Pendek kata bagi orang yang akan mengerjakan hajji atau ‘umrah, maka miqat yang lebih dahulu ia temui, di situlah ia memulai berihram.
Orang yang tempat kediamannya sesudah Dzul Hulaifah, yakni ia bertempat tinggal di suatu tempat antara Dzul Hulaifah dan Makkah, maka orang ini berihram dari rumahnya. Demikian pula orang-orang yang berkediaman antara Makkah dan lain-lain miqat.
Adapun untuk jamaah hajji dari Indonesia yang keberangkatannya dibagi menjadi dua gelombang :
1. Gelombang Pertama yang terbang dari Indonesia mendarat di bandara King Abdul Aziz Jeddah dan langsung di berangkatkan ke Madinah maka miqatnya adalah di Dzil Hulaifah (Bir Ali) ± 486 km dari Makkah.
2. Gelombang Kedua yaitu jamaah yang mendarat di bandara King Abdul Aziz Jeddah kemudian di berangkatkan ke Makkah maka miqat mereka di Airport King Abdul Aziz di Jeddah 107 km dari Mekkah.
Penetapan ini berdasarkan fatwa Syaikh Abdullah bin Zaid Al-Mahmud ketua Mahkamah Syari’ah negara Qatar dan keputusan MUI tanggal 29 Maret 1980. (Buku Bimbingan Manasik Depag RI).
3. Dianjurkan mandi, memakai wangi-wangian bagi yang akan ihram
قَالَ ابْنُ عُمَرَ : مِنَ السُّنَّةِ اَنْ يَغْتَسِلَ الرَّجُلُ اِنْ اَرَادَ اَنْ يُحْرِمَ. البزّار فى مجمع الزوائد 3: 371، رقم: 5323
Ibnu Umar berkata : Menurut sunnah bahwa orang (mesti) mandi apabila hendak berihram. [HR. Al-Bazzar dalam Majma’uz Zawaaid juz 3, hal. 371, no.5323].
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا اَرَادَ اَنْ يُحْرِمَ، يَتَطَيَّبُ بِاَطْيَبِ مَا يَجِدُ، ثُمَّ اَرَى وَبِيْصَ الدُّهْنِ فِى رَأْسِهِ وَ لِحْيَتِهِ بَعْدَ ذلِكَ. مسلم 2: 848
Dari ‘Aisyah RA, ia berkata, “Adalah Rasulullah SAW apabila akan berihram beliau memakai wangi-wangian dengan sebaik-baik yang ada padanya. Kemudian sesudah itu saya melihat kilat minyak itu di kepala beliau dan di jenggot beliau”. [HR. Muslim juz 2, hal. 848].
عَنْ عَائِشَةَ رض اَنَّهَا قَالَتْ: كُنْتُ اُطَيّبُ رَسُوْلَ اللهِ ص ِلاِحْرَامِهِ قَبْلَ اَنْ يُحْرِمَ وَ لِحِلّهِ قَبْلَ اَنْ يَطُوْفَ بِاْلبَيْتِ. مسلم 2: 846
Dari ‘Aisyah RA, bahwasanya ia berkata : Aku memberi minyak wangi pada Rasulullah SAW untuk ihram beliau sebelum beliau berihram, dan untuk tahallul beliau sebelum beliau thawaf di Baitullah”. [HR. Muslim juz 2, hal. 846]
عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ اَبِيْهِ قَالَ: سَأَلْتُ عَائِشَةَ رض: بِاَيّ شَيْءٍ طَيّبْتِ رَسُوْلَ اللهِ ص عِنْدَ حُرْمِهِ؟ قَالَتْ: بِاَطْيَبِ الطّيْبِ. مسلم 2: 847
Dari ‘Utsman bin ‘Urwah, dari ayahnya, ia berkata : Aku bertanya kepada ‘Aisyah RA, “Dengan apa engkau memberi minyak wangi pada Rasulullah ketika akan berihram ?”. ‘Aisyah menjawab, “Dengan sebaik-baik minyak wangi”. [HR. Muslim juz 2, hal. 847]
عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عُرْوَةَ قَالَ: سَمِعْتُ عُرْوَةَ يُحَدّثُ عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: كُنْتُ اُطَيّبُ رَسُوْلَ اللهِ ص بِاَطْيَبِ مَا اَقْدِرُ عَلَيْهِ قَبْلَ اَنْ يُحْرِمَ، ثُمَّ يُحْرِمُ. مسلم 2: 847
Dari ‘Utsman bin ‘Urwah, ia berkata : Saya mendengar ‘Urwah menceritakan dari ‘Aisyah RA, ia berkata , “Saya memberi minyak wangi pada Rasulullah SAW dengan sebaik-baik apa yang ada pada saya sebelum beliau berihram, kemudian beliau berihram”. [HR. Muslim juz 2, hal. 847]
عَنْ عَائِشَةَ رض اَنَّهَا قَالَتْ: طَيّبْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص لِحُرْمِهِ حِيْنَ اَحْرَمَ، وَ لِحِلّهِ قَبْلَ اَنْ يُفِيْضَ بِاَطْيَبِ مَا وَجَدْتُ. مسلم 2: 847
Dari ‘Aisyah RA, bahwasanya ia berkata, “Aku memakaikan minyak wangi pada Rasulullah SAW untuk ihram beliau ketika akan berihram, dan untuk tahallul beliau sebelum beliau thawaf ifadlah, dengan sebaik-baik minyak wangi yang aku dapatkan”. [HR. Muslim juz 2, hal. 847] 38
Keterangan :
Memakai wangi-wangian ini hanya khusus untuk pria.
BEBERAPA CARA PELAKSANAAN HAJJI
Didalam melaksanakan ibadah hajji ada 3 (tiga) cara yang bisa kita lakukan.
1. Hajji Tamattu’ ialah ibadah hajji yang cara pelaksanaannya dengan melakukan ‘umrah lebih dahulu kemudian baru hajji.
2. Hajji Ifrad ialah ibadah hajji yang cara pelaksanaannya dengan melakukan hajji lebih dahulu kemudian baru ‘umrah.
3. Hajji Qiran ialah ibadah hajji yang cara pelaksanaannya dengan melakukan hajji dan ‘umrah bersama-sama.
Bagi yang melaksanakan dengan cara hajji Ifrad maka tidak terkena dam sedang yang melaksanakan dengan cara hajji Tamattu’ dan hajji Qiran harus membayar dam.
1. Pelaksanaan Hajji Tamattu’
Hajji Tamattu’ ialah ibadah hajji yang cara pelaksanaannya dengan melakukan ‘umrah lebih dahulu kemudian baru hajji.
Pelaksanaan ‘umrah sebagai berikut :
Setelah jama’ah hajji berpakaian ihram yang dipakai mulai dari Miqat, lalu berniat ‘umrah :
لَبَّيْكَ عُمْرَةً
lalu membaca talbiyah di sepanjang perjalanan dengan suara keras.:
لَبَّيْكَ اَللّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ، اِنَّ اْلحَمْدَ وَ النّعْمَةَ لَكَ وَ اْلمُلْكَ، لاَ شَرِيْكَ لَكَ. متفق عليه
Kusambut panggilan-Mu ya Allah, kusambut panggilan-Mu, kusambut panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu, kusambut panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji dan nikmat adalah milik-Mu dan begitu juga kerajaan, tiada sekutu bagi-Mu. [Muttafaqun alaihi].
Setelah masuk Makkah, lalu melakukan thawaf tujuh kali, dimulai dari Hajar Aswad, Sa’i tujuh kali dari Shafa ke Marwah kemudian diakhiri dengan Tahallul (menggunting rambut). Maka selesailah ibadah ‘umrah, dan dia sudah bebas dari larangan-larangan ihram (termasuk kumpul suami-istri).
Setelah hari Tarwiyah (Tanggal 8 Dzulhijjah) kemudian berpakaian ihram lagi dari Makkah untuk hajji, dengan membaca niat :
لَبَّيْكَ حَجًّا
Selanjutnya berangkat ke ‘Arafah untuk melakukan wukuf, dimulai sejak tergelincir matahari sampai terbenam matahari (pada tanggal 9 Dzulhijjah). Pada malam harinya berangkat ke Mina dan Mabit di Muzdalifah, setelah terbit fajar meneruskan perjalanan ke Mina.
Pada tanggal 10 Dzulhijjah melempar Jumrah ‘Aqabah pada waktu dluha, setelah melempar jumrah tersebut, maka menjadi halallah (tahallul dengan memotong rambut) tetapi belum diperbolehkan kumpul dengan istrinya.
Bagi yang ingin meneruskan ke Makkah untuk Thawaf Ifadlah pada saat itu diperbolehkan juga dan sudah halal seluruhnya dari semua larangan ihram setelah melakukan Thawaf Ifadlah.
Adapun siapa yang ingin terus kembali ke Mina setelah melempar Jumrah ‘Aqabah, lalu bercukur atau menggunting rambutnya maka boleh juga, selanjutnya melempar tiga jumrah pada hari berikutnya yakni tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah dimulai dari Jumratul Uulaa, Wustha dan ‘Aqabah masing-masing tujuh kali lemparan dan pada setiap lemparan membaca takbir dan berdo’a:
اَللّهُمَّ اجْعَلْهُ حَجًّا مَبْرُوْرًا وَ ذَنْبًا مَغْفُوْرًا
Bagi siapa yang ingin mencukupkan dua hari saja di Mina yakni tanggal 11 dan 12, untuk melempar ketiga jumrah, maka tidak ada dosa baginya, dan yang demikian disebut Nafar Awwal, tetapi bagi yang ingin sampai tanggal 13 nya juga tidak mengapa dan yang demikian itu disebut Nafar Tsani.
Setelah selesai melempar Jumrah pada hari-hari tersebut baru pergi ke Masjidil Haram untuk menunaikan Thawaf Ifadlah, dan selesailah semua ibadah hajji tersebut, ketika akan pulang, disyariatkan untuk melaksanakan Thawaf Wada’.
2. Pelaksanaan Hajji Ifrad
Hajji Ifrad ialah ibadah hajji yang cara pelaksanaannya dengan melakukan hajji lebih dahulu baru ‘umrah.
Setelah jama’ah hajji berpakaian ihram yang dipakai mulai dari Miqat, lalu niat hajji :
لَبَّيْكَ حَجًّا
Terus bertalbiyah sepanjang perjalanan, setelah masuk Makkah lantas melaksanakan Thawaf Qudum tujuh kali putaran yang dimulai dari Hajar Aswad. Setelah selesai kembali ke Maktab tetap memakai pakaian ihram menunggu pelaksanaan hajji.
Setelah hari Tarwiyah tanggal 8 Dzulhijjah berangkat ke ‘Arofah untuk melakukan wukuf dimulai sejak tergelincir matahari sampai terbenam matahari (pada tanggal 9 Dzulhijjah).
Pada malam harinya berangkat ke Mina dan Mabit di Muzdalifah, setelah terbit fajar meneruskan perjalanan ke Mina. Pada tanggal 10 Dzulhijjah melempar jumrah Aqabah pada waktu Dluha, setelah melempar jumrah tersebut, maka menjadi halallah (Tahallul dengan bercukur atau memotong rambut). Tapi belum diperbolehkan kumpul dengan isterinya. Bagi yang ingin meneruskan ke Makkah untuk Thawaf Ifadlah pada saat itu diperbolehkan juga dan sudah halal seluruh larangan ihram setelah Thawaf Ifadlah.
Adapun bagi siapa yang ingin terus kembali ke Mina setelah melempar Jumrah ‘Aqabah, lalu bercukur atau menggunting rambutnya (Tahallul) boleh juga. Selanjutnya melempar 3 jumrah berikutnya yakni tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah dimulai dari Jumratul Uulaa, Wustha, dan ‘Aqabah masing-masing tujuh kali lemparan dengan membaca takbir dan berdo’a :
اَللّهُمَّ اجْعَلْهُ حَجًّا مَبْرُوْرًا وَذَنْبًا مَغْفُوْرًا
Bagi yang ingin mencukupkan dua hari saja di Mina yakni tanggal 11-12 untuk melempar ketiga jumrah maka tidak ada dosa baginya dan yang demikian disebut Nafar Awwal, adapun bagi yang ingin sampai tanggal 13 nya juga tidak mengapa disebut Nafar Tsani. Setelah selesai melempar jumrah pada hari-hari tersebut, lalu pergi ke Masjidil Harom untuk menunaikan Thawaf Ifadlah dilanjutkan Sa’i dan selesailah hajji tersebut.
Kemudian melaksanakan ‘umrah dengan mengambil miqat dari Tan’im atau Ji’ronah. Setelah jama’ah berpakaian ihram dari Tan’im atau Ji’ranah lalu berniat ‘Umrah :
لَبَّيْكَ عُمْرَةً
Terus berangkat ke Masjidil Haram kemudian melakukan Thawaf tujuh kali dimulai dari Hajar Aswad dan Sa’i tujuh kali dimulai dari Shafa ke Marwah kemudian diakhiri dengan Tahallul (bercukur atau menggunting rambut) maka selesailah ‘Umrah kita. Setelah akan pulang di syari’atkan untuk melakukan Thawaf Wada’.
3. Pelaksanaan Hajji Qiran
Hajji Qiran ialah ibadah Hajji yang cara melaksanakannya Hajji dan Umrah dikerjakan bersama-sama.
Setelah Jamaah Hajji berpakaian Ihram yang dipakai mulai dari Miqat, lalu niat ‘umrah dan hajji:
لَبَّيْكَ عُمْرَةً وَحَجًّا
Terus bertalbiyah sepanjang perjalanan. Setelah masuk Makkah (Masjidil Haram) lantas melakukan Thawaf tujuh kali dimulai dari Hajar Aswad (Thawaf Qudum) terus kembali ke Maktab tetap memakai pakaian Ihram.
Setelah hari Tarwiyah tanggal 8 Dzulhijjah berangkat ke Arofah untuk melakukan Wukuf dimulai sejak tergelincir matahari sampai terbenam matahari pada tanggal 9 Dzulhijjah.
Pada malam harinya berangkat ke Mina dan mabit di Muzdalifah setelah terbit fajar meneruskan perjalanan ke Mina.
Pada tanggal 10 Dzulhijjah melempar Jumrah ‘Aqabah pada waktu dhuha, setelah melempar Jumrah tersebut,maka menjadi Halallah (Tahallul dengan bercukur atau menggunting rambut) tapi belum diperbolehkan kumpul suami-isteri. Bagi yang ingin meneruskan ke Makkah untuk Thawaf Ifadlah pada saat itu diperbolehkan juga, dan sudah halal seluruhnya larangan Ihram setelah Thawaf Ifadlah. Adapun bagi yang ingin terus kembali ke Mina setelah melempar Jumrah ‘Aqabah dan mencukur atau menggunting rambutnya (Tahallul) boleh juga. Selanjutnya melempar 3 Jumrah hari berikutnya yakni tanggal 11, tanggal 12 dan tanggal 13 Dzulhijjah, dimulai dari Jumratul Uulaa, Wustha, dan ‘Aqabah masing-masing tujuh kali lemparan, setiap melempar membaca :
اَللهُ اَكْبَرُ
dan berdo’a :
اَللّهُمَّ اجْعَلْهُ حَجًّا مَبْرُوْرًا وَ ذَنْبًا مَغْفُوْرًا
Bagi yang ingin mencukupkan dua hari saja di Mina yakni tanggal 11-12 Dzulhijjah untuk melempar ketiga jumrah maka tidak ada dosa baginya dan yang demikian disebut Nafar Awwal, tetapi bagi yang ingin sampai tanggal 13 nya juga tidak mengapa disebut Nafar Tsani. Setelah selesai melempar jumrah pada hari-hari tersebut, baru pergi ke Masjidil Haram untuk menunaikan Thawaf Ifadlah dilanjutkan Sa’i, dan selesailah hajji tersebut. Setelah pulang disyariatkan melakukan thawaf wada’.
4. Niat ‘umrah dan hajji
عَنْ اَنَسٍ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص اَهَلَّ بِهِمَا جَمِيْعًا. لَبَّيْكَ عُمْرَةً وَ حَجًّا. لَبَّيْكَ عُمْرَةً وَ حَجًّا. مسلم 915
Dari Anas, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW berihram dengan niat, ‘umrah dan hajji. “Labbaika ‘umratan wa hajjan” (Aku penuhi panggilan-Mu untuk ‘umrah dan hajji)”. [HR. Muslim juz 2, hal. 915]
عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يُلَبّيْ بِاْلحَجّ وَ اْلعُمْرَةِ جَمِيْعاً. يَقُوْلُ: لَبَّيْكَ عُمْرَةً وَ حَجَّاً، لَبَّيْكَ عُمْرَةً وَ حَجًّا. ابو داود 2: 157، رقم: 1795
Dari Anas bin Malik, ia berkata : Aku mendengar Rasulullah SAW ihram untuk hajji dan ‘umrah bersama. Beliau membaca, “Labbaika ‘umrotan wa hajjan, Labbaika ‘umrotan wa hajjan” (Aku penuhi panggilan-Mu untuk ‘umrah dan hajji. Aku penuhi panggilan-Mu untuk ‘umrah dan hajji). [HR. Abu Dawud juz 2, hal. 157, no. 1795].
عَنْ اَنَسٍ قَالَ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ ص يَقُوْلُ: لَبَّيْكَ عُمْرَةً وَ حَجًّا. وَ قَالَ حُمَيْدُ: قَالَ اَنَسٌ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: لَبَّيْكَ بِعُمْرَةٍ وَ حَجّ. مسلم 2: 915
Dari Anas, ia berkata : Saya mendengar Nabi SAW membaca, “Labbaika ‘umratan wa hajjan”. Dan dalam riwayat Humaid, ia berkata : Anas berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW membaca, “Labbaika bi’umratin wa hajjin”. [HR. Muslim juz 2, hal. 915]
عَنْ حُمَيْدٍ عَنْ اَنَسٍ قَالَ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ ص يَقُوْلُ: لَبَّيْكَ بِعُمْرَةٍ وَ حَجَّةٍ. الترمذى 2: 158
Dari Humaid, dari Anas, ia berkata : Saya mendengar Nabi SAW membaca, “Labbaika bi’umratin wa hajjatin”. [HR. Tirmidzi juz 2, hal. 158, no. 821]
Keterangan :
Apabila niatnya untuk ‘umrah mengucap : Labbaika ‘umrotan. Apabila untuk hajji mengucap : Labbaika hajjan. Apabila niat untuk hajji dan ‘umrah mengucap : Labbaika ‘umrotan wa hajjan.
5. Membaca talbiyah setelah memakai pakaian ihram.
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ رض اَنَّ تَلْبِيَةَ رَسُوْلِ اللهِ ص: لَبَّيْكَ اَللّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ، اِنَّ الْحَمْدَ وَ النّعْمَةَ لَكَ وَ الْمُلْكَ، لاَ شَرِيْكَ لَكَ. مسلم 2: 841
Dari ’Abdullah bin ’Umar bahwasanya talbiyah Rasulullah SAW adalah, ”labbaik alloohumma labbaik, labbaik laa syariika laka labbaik, innal hamda wanni’mata laka wal mulk, laa syariika lak”. (Kusambut panggilanMu ya Allah kusambut panggilanMu, kusambut panggilanMu tiada sekutu bagiMu kusambut panggilanMu. Sesungguhnya segala puji dan nikmat adalah milikMu dan begitu pula kerajaan, tiada sekutu bagiMu). [HR. Muslim juz 2, hal. 841].
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ اِذَا اسْتَوَتْ بِهِ رَاحِلَتُهُ قَائِمَةً عِنْدَ مَسْجِدِ ذِى اْلحُلَيْفَةِ اَهَلَّ فَقَالَ: لَبَّيْكَ اللّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ، اِنَّ اْلحَمْدَ وَ النّعْمَةَ لَكَ وَ اْلمُلْكَ، لاَ شَرِيْكَ لَكَ. مسلم 2: 842
Dari ‘Abdullah bin ‘Umar RA bahwasanya Rasulullah SAW ketika telah berada di atas punggung untanya di sisi masjid Dzul Hulaifah, beliau membaca talbiyah, ”labbaik alloohumma labbaik, labbaik laa syariika laka labbaik, innal hamda wanni’mata laka wal mulk, laa syariika lak” (Kusambut panggilanMu ya Allah kusambut panggilanMu, kusambut panggilanMu tiada sekutu bagiMu kusambut panggilanMu. Sesungguhnya segala puji dan nikmat adalah milikMu dan begitu pula kerajaan, tiada sekutu bagiMu). [HR. Muslim juz 2, hal. 842]
عَنْ خَلاَّدِ بْنِ السَّائِبِ عَنْ اَبِيْهِ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اَتَانِى جِبْرِيْلُ فَاَمَرَنِى اَنْ آمُرَ اَصْحَابِى اَنْ يَرْفَعُوْا اَصْوَاتَهُمْ بِاْلاِهْلاَلِ. ابن ماجه 2: 975، رقم: 2922
Dari Khallad bin Saaib, dari ayahnya, bahwasanya Nabi SAW bersabda, “Jibril datang kepadaku dan menyuruhku agar memerintahkan kepada para shahabatku agar mereka mengeraskan suara talbiyah”. [HR. Ibnu Majah juz 2, hal. 974, no. 2922]
عَنْ زَيْدِ بْنِ خَالِدِ اْلجُهَنِىّ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: جَاءَنِى جِبْرِيْلُ فَقَالَ: يَا مُحَمَّدُ، مُرْ اَصْحَابَكَ فَلْيَرْفَعُوْا اَصْواتَهُمْ بِالتَّلْبِيَةِ، فَاِنَّهَا مِنْ شِعَارِ اْلحَجّ. ابن ماجه 2: 975، رقم: 2923
Dari Zaid bin Khalid Al-Juhaniy, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Jibril datang kepadaku lalu berkata : Hai Muhammad, suruhlah para shahabatmu untuk mengeraskan suara mereka ketika bertalbiyah, karena talbiyah itu termasuk syi’ar hajji”. [HR. Ibu Majah juz 2, hal. 975, no. 2923]
6. Orang thawaf harus suci dari hadats
عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ اَنَّهُ قَالَ: قَدْ حَجَّ رَسُوْلُ اللهِ فَاَخْبَرَتْنِى عَائِشَةُ رض اَنَّ اَوَّلَ شَيْءٍ بَدَأَ بِهِ حِيْنَ قَدِمَ اَنَّهُ تَوَضَّأَ ثُمَّ طَافَ بِاْلبَيْتِ. البخارى 2: 168
Dari ‘Urwah bin Zubair, bahwasanya ia berkata : Sungguh Rasulullah SAW telah berhajji, dan ‘Aisyah RA mengkhabarkan kepadaku bahwasanya pertama-tama yang Nabi lakukan ketika tiba di Makkah adalah beliau berwudlu, kemudian thawaf di Baitullah. [HR. Bukhari juz 2, hal. 168]
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: خَرَجْنَا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص لاَ نَذْكُرُ اِلاَّ اْلحَجَّ. فَلَمَّا جِئْنَا سَرِفَ طَمِثْتُ فَدَخَلَ عَلَيَّ النَّبِيُّ ص وَ اَنَا اَبْكِى، فَقَالَ: مَا يُبْكِيْكِ. قُلْتُ: لَوَ دِدْتُ وَ اللهِ اَنّى لَمْ اَحُجَّ اْلعَامَ. قَالَ: لَعَلَّكِ نَفِسْتِ. قُلْتُ: نَعَمْ. قَالَ: فَاِنَّ ذلِكَ شَيْءٌ كَتَبَهُ اللهُ عَلَى بَنَاتِ آدَمَ، فَافْعَلِى مَا يَفْعَلُ اْلحَاجُّ غَيْرَ اَنْ لاَ تَطُوْفِى بِاْلبَيْتِ حَتَّى تَطْهُرِى. البخارى 1: 79
Dari ‘Aisyah, ia berkata : Kami keluar bersama Rasulullah SAW, kami tidak berniat selain hajji. Setelah sampai di Sarif aku haidl, lalu Nabi SAW datang kepadaku, pada waktu itu aku sedang menangis. Beliau SAW bertanya, “Mengapa engkau menangis ?”. Aku menjawab, “Demi Allah, aku lebih suka kalau tidak melaksanakan hajji tahun ini”. Beliau bertanya, “Mungkin kamu datang haidl ?”. Aku menjawab, “Ya”. Beliau bersabda, “Itu merupakan ketetapan Allah bagi wanita anak Adam. Kerjakanlah apa yang dikerjakan oleh orang yang berhajji, tetapi jangan melakukan thawaf di sekeliling Ka’bah sehingga kamu suci”. [HR. Bukhari juz 1, hal. 79]
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: خَرَجْنَا مَعَ النَّبِيّ ص وَ لاَ نَرَى اِلاَّ اْلحَجَّ. حَتَّى اِذَا كُنَّا بِسَرِفَ اَوْ قَرِيْبًا مِنْهَا حِضْتُ فَدَخَلَ عَلَيَّ النَّبِيُّ ص وَ اَنَا اَبْكِى. فَقَالَ: اَ نَفِسْتِ (يَعْنِى اْلحَيْضَةَ قَالَتْ) قُلْتُ: نَعَمْ. قَالَ: اِنَّ هذَا شَيْءٌ كَتَبَهُ اللهُ عَلَى بَنَاتِ آدَمَ. فَاقْضِى مَا يَقْضِى اْلحَاجُّ غَيْرَ اَنْ لاَ تَطُوْفِى بِاْلبَيْتِ حَتَّى تَغْتَسِلِى. قَالَتْ: وَ ضَحَّى رَسُوْلُ اللهِ ص عَنْ نِسَائِهِ بِاْلبَقَرِ. مسلم 2: 873
Dari ‘Aisah RA, ia berkata : Kami keluar bersama Nabi SAW, kami tidak berniat kecuali berhajji, hingga ketika sampai di Sarif atau dekat dengan tempat itu aku kedatangan haidl. Lalu Nabi SAW datang kepadaku, dan ketika itu aku sedang menangis. Lalu beliau bertanya, “Apakah kamu datang nifas (maksudnya haidl”. Lalu ‘Aisyah berkata) : Aku menjawab, “Ya”. Beliau bersabda, “Ini adalah sesuatu yang telah Allah tetapkan bagi wanita anak Adam. Lakukanlah apa-apa yang dilakukan orang yang berhajji, tetapi jangan melakukan thawaf di Baitullah sehingga kamu mandi”. ‘Aisyah berkata, “Dan Rasulullah SAW menyembelih lembu untuk istri-istrinya”. [HR. Muslim juz 2, hal. 873]
7. Mencium Hajar Aswad
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ سَرْجِسَ قَالَ: رَأَيْتُ اْلاُصَيْلِعَ عُمَرَ بْنَ اْلخَطَّابِ يُقَبّلُ اْلحَجَرَ وَ يَقُوْلُ: اِنّى َلاُقَبّلُكَ وَ اِنّى َلاَعْلَمُ اَنَّكَ حَجَرٌ لاَ تَضُرُّ وَ لاَ تَنْفَعُ. وَ لَوْلاَ اَنّى رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يُقَبّلُكَ مَا قَبَّلْتُكَ. ابن ماجه 2: 981، رقم: 2943
Dari ‘Abdullah bin Sarjis, ia berkata : Aku melihat Al-Ushaili’ ‘Umar bin Khaththab mencium Hajar Aswad, dan beliau berkata, “Sesungguhnya aku menciummu, dan aku tahu bahwa kamu adalah batu yang tidak bisa mendatangkan madlarat dan tidak pula manfaat. Seandainya aku tidak melihat Rasulullah SAW menciummu, aku tidak akan menciummu”. [HR. Ibnu Majah juz 2, hal. 981, no. 2943]
عَنْ عَابِسِ بْنِ رَبِيْعَةَ عَنْ عُمَرَ رض اَنَّهُ جَاءَ اِلىَ اْلحَجَرِ اْلاَسْوَدِ فَقَبَّلَهُ فَقَالَ: اِنّى اَعْلَمُ اَنَّكَ حَجَرٌ لاَ تَضُرُّ وَ لاَ تَنْفَعُ وَلَوْلاَ اَنّى رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يُقَبّلُكَ مَا قَبَّلْتُكَ. البخارى 2: 159
Dari ‘Abis bin Rabi’ah dari ‘Umar RA, bahwasanya ia datang menuju Hajar Aswad lalu menciumnya. Maka ia berkata, “Sesungguhnya aku tahu bahwa kamu adalah batu yang tidak bisa mendatangkan madlarat dan tidak pula manfaat. Seandainya aku tidak melihat Rasulullah SAW menciummu, aku tidak akan menciummu”. [HR. Bukhari juz 2, hal. 159]
8. Cara thawaf
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص لَمَّا قَدِمَ مَكَّةَ اَتَى اْلحَجَرَ فَاسْتَلَمَهُ. ثُمَّ مَشَى عَلَى يَمِينِهِ. فَرَمَلَ ثَلاَثاً وَ مَشَى اَرْبَعاً مسلم 2: 893
Dari Jabir bin ‘Abdullah RA bawasanya Rasulullah SAW ketika tiba di Makkah beliau lalu datang ke tempat Hajar Aswad, lalu beliau menjamahnya, kemudian beliau berjalan di sebelah kanannya, beliau berjalan cepat tiga putaran dan berjalan biasa empat putaran. [HR. Muslim juz 2, hal. 893].
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض قَالَ: سَعَى النَّبِيُّ ص ثَلاَثَةَ اَشْوَاطٍ وَ مَشَى اَرْبَعَةً فِى اْلحَجّ وَ اْلعُمْرَةِ. البخارى 2: 161
Dari Ibnu ‘Umar RA, ia berkata : Nabi SAW melakukan berjalan cepat tiga putaran dan beliau berjalan biasa empat putaran dalam hajji dan ‘umrah. [HR. Bukhari juz 2, hal. 161]
عِنِ ابْنِ عُمَرَ اَنَ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ اِذَا طَافَ فَى اْلحَجّ وَ اْلعُمْرَةِ اَوَّلَ مَا يَقْدَمُ فَاِنَّهُ يَسْعَى ثَلاَثَةَ اَطْوَافٍ بِاْلبَيْتِ ثُمَّ يَمْشِى اَرْبَعَةً، ثُمَّ يُصَلّى سَجْدَتَيْنِ ثُمَّ يَطُوْفُ بَيْنَ الصَّفَا وَ اْلمَرْوَةِ. مسلم 2: 920
Dari Ibnu ‘Umar bahwasanya Rasulullah SAW ketika thawaf dalam hajji dan ‘umrah, mula-mula yang beliau lakukan adalah berjalan cepat tiga kali putaran mengelilingi Ka’bah, kemudian berjalan biasa empat kali putaran, kemudian shalat dua rekaat, kemudian sa’i antara Shafa dan Marwah. [HR. Muslim juz 2, hal. 920]
9. Menjamah Hajar Aswad dan rukun Yamaniy
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ اَنَّهُ قَالَ: لَمْ اَرَ رَسُوْلَ اللهِ ص يَمْسَحُ مِنَ اْلبَيْتِ اِلاَّ الرُّكْنَيْنِ اْليَمَانِيَيْنِ. مسلم 2: 924
Dari ‘Abdullah bin ‘Umar, bahwasanya ia berkata, “Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW mengusap dari Baitullah kecuali dua rukun Yamaniy”. [HR. Muslim juz 2, hal. 924]
عَنْ اَبِى الطُّفَيْلِ اْلبَكْرِى اَنَّهُ سَمِعَ ابْنَ عَبَّاسٍ يَقُوْلُ: لَمْ اَرَ رَسُوْلَ اللهِ ص يَسْتَلِمُ غَيْرَ الرُّكْنَيْنِ اْليَمَانِيَيْنِ. مسلم 2: 925
Dari Abu Thufail Al-Bakriy, bahwasanya ia mendengar Ibnu ‘Abbas berkata, “Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW menjamah selain dua rukun Yamaniy”. [HR. Muslim juz 2, hal. 925]
عَنْ اَبِى الطُّفَيْلِ يَقُوْلُ: رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَطُوْفُ بِاْلبَيْتِ وَ يَسْتَلِمُ الرُّكْنَ بِمِحْجَنٍ مَعَهُ وَ يُقَبّلُ اْلمِحْجَنَ. مسلم 2: 927
Dari Abuth Thufail, ia berkata : Saya melihat Rasulullah SAW thawaf di Baitullah dan menjamah rukun (Hajar Aswad) dengan tongkat beliau, lalu beliau mencium tongkat itu”. [HR. Muslim juz 2, hal. 927]
عَنْ جَابِرٍ قَالَ: طَافَ رَسُوْلُ اللهِ ص بِاْلبَيْتِ فِى حَجَّةِ اْلوَدَاعِ عَلَى رَاحِلَتِهِ يَسْتَلِمُ اْلحَجَرَ بِمِحْجَنِهِ ِلاَنْ يَرَاهُ النَّاسُ وَ لِيُشْرِفَ وَ لِيَسْأَلُوْهُ فَاِنَّ النَّاسَ غَشُوْهُ. مسلم 2: 926
Dari Jabir, ia berkata : Rasulullah SAW thawaf di Baitullah pada hajji wada’ di atas untanya, beliau menjamah Hajar Aswad dengan tongkat agar orang-orang melihatnya dan beliau berada di tempat yang tinggi sehingga terlihat, dan supaya orang-orang bertanya kepada beliau, karena orang-orang berdesak-desakan. [HR. Muslim juz 2, hal. 924]
عَنْ نَافِعٍ قَالَ: رَأَيْتُ ابْنَ عُمَرَ يَسْتَلِمُ اْلحَجَرَ بِيَدِهِ ثُمَّ قَبَّلَ يَدَهُ وَ قَالَ: مَا تَرَكْتُهُ مُنْذُ رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَفْعَلُهُ. مسلم 2: 924
Dari Nafi’, ia berkata : Aku melihat Ibnu ‘Umar menjamah Hajar Aswad dengan tangannya, kemudian ia mencium tangannya, lalu ia berkata, “Aku tidak pernah meninggalkan (yang demikian itu) sejak aku melihat Rasulullah SAW melakukannya”. [HR. Muslim juz 2, hal. 924]
عَنْ عُمَرَ بْنِ اْلخَطَّابِ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ لَهُ يَا عُمَرُ اِنَّكَ رَجُلٌ قَوِيٌّ ، لاَ تُزَاحِمْ عَلَى اْلحَجَرِ فَتُؤْذِي الضَّعِيْفَ إِنْ وَجَدْتَ خُلْوَةً فَاسْتَلِمْهُ وَإِلاَّ فَاسْتَقْبِلْهُ فَهَلّلْ وَ كَبّرْ. احمد 1: 69، رقم: 190
Dari Umar bin Khaththab R.A. Sesungguhnya Nabi SAW bersabda kepadanya, “Hai Umar engkau adalah seorang pria yang kuat, janganlah engkau berdesakan pada Hajar Aswad sehingga engkau akan menyusahkan orang yang lemah, jika engkau mendapatkan kesempatan (kosong) maka jamahlah dan jika tidak ada kesempatan maka menghadaplah kepadanya (Hajar Aswad) lalu bacalah tahlil dan takbir (Laa ilaaha illallooh, alloohu akbar). [HR. Ahmad juz 1, hal. 69, no. 190, dlaif karena dalam sanadnya ada rawi yang tidak disebutkan namanya, sehingga hadits ini munqathi’]
MTA 2007/07/22, 2007/08/12, 2008/04/06
Tidak ada komentar:
Posting Komentar