Shalat sunnah jilid 1

SHALAT SUNNAH (1)
Dalil adanya shalat sunnah

عَنْ طَلْحَةَ بْنِ عُبَيْدِ اللهِ اَنَّ اَعْرَابِيًّا جَاءَ اِلىَ رَسُوْلِ اللهِ ص ثَائِرَ الرَّأْسِ فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اَخْبِرْنِى مَا ذَا فَرَضَ اللهُ عَلَيَّ مِنَ الصَّلاَةِ؟ فَقَالَ: اَلصَّلَوَاتُ اْلخَمْسُ اِلاَّ اَنْ تَطَوَّعَ شَيْئًا. البخاري 2: 225
Dari Thalhah bin Ubaidillah, bahwasanya ada seorang Arab gunung yang rambutnya acak-acakan datang kepada Rasulullah SAW, lalu berkata, Ya Rasulullah, beritahukanlah kepadaku, shalat apa yang difardlukan oleh Allah kepadaku ?. Jawab Rasulullah SAW, Shalat lima waktu, kecuali kalau engkau mau shalat sunnah. [HSR. Bukhari juz 2, hal. 225]
Keterangan :
Selain shalat yang lima waktu [Shubuh, Dhuhur, 'Ashar, Maghrib dan 'Isyak], adalah shalat sunnah/tathawwu'.

Sebaiknya dikerjakan di rumah
Nabi SAW bersabda :
فَصَلُّوْا اَيُّهَا النَّاسُ فِى بُيُوْتِكُمْ، فَاِنَّ اَفْضَلَ الصَّلاَةِ صَلاَةُ اْلمَرْءِ فِى بَيْتِهِ اِلاَّ اْلمَكْتُوْبَةَ. البخارى 1: 178
Shalatlah wahai manusia di rumah-rumah kalian, karena sebaik-baik shalat itu ialah shalat seseorang di rumahnya, kecuali shalat fardlu. [HSR. Bukhari juz 1, hal. 178]

Boleh dikerjakan dengan berdiri, duduk maupun berbaring :
Dari 'Imron bin Hushain, Nabi SAW bersabda :
اِنْ صَلَّى قَائِمًا فَهُوَ اَفْضَلُ، وَمَنْ صَلَّى قَاعِدًا فَلَهُ نِصْفُ اَجْرِ اْلقَائِمِ، وَمَنْ صَلَّى نَائِمًا فَلَهُ نِصْفُ اَجْرِ اْلقَاعِدِ. البخارى 2: 40
Jika (orang) shalat dengan berdiri, itu adalah yang paling baik/sempurna dan barangsiapa yang shalat dengan duduk, maka baginya setengah dari pahala yang berdiri, dan barangsiapa shalat dengan tiduran maka baginya setengah dari pahala yang duduk". [HSR. Bukhari juz 2, hal. 40]
Keterangan :
Shalat-shalat yang dimaksud dalam hadits ini adalah Shalat Sunnah, bukan shalat wajib,karena shalat wajib tidak boleh dikerjakan dengan duduk atau berbaring/tiduran kecuali ada sebab/udzur yang dibenarkan oleh agama.
Sabda Nabi SAW :
صَلّ قَائِمًا فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَقَاعِدًا فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَعَلَى جَنْبٍ. البخارى 2: 41
Shalatlah dengan berdiri, jika tidak dapat maka shalatlah dengan duduk dan kalau tidak dapat, maka shalatlah dengan berbaring. [HR. Bukhari juz 2, hal. 41]

Shalat-shalat sunnah menurut tuntunan Rasulullah SAW

A. Shalat sunnah rawatib yang muakkadah
Shalat sunnah rowatib ialah shalat sunnah yang dikerjakan sebelum (qobliyah) atau sesudah (ba'diyah) shalat lima waktu.
Sedang yang dimaksud Muakkadah ialah yang sangat ditekankan atau dianjurkan oleh Rasulullah SAW.
Shalat-shalat tersebut adalah :
1. Dua atau empat rakaat sebelum shalat Dhuhur
2. Dua rakaat sesudah shalat Dhuhur
3. Dua rakaat sesudah shalat Maghrib
4. Dua rakaat sesudah shalat 'Isya
5. Dua rakaat sebelum shalat Shubuh.

Dalil-dalil Pelaksanaannya :
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض قَالَ: حَفِظْتُ مِنَ النَّبِيّ ص عَشْرَ رَكَعَاتٍ، رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الظُّهْرِ وَ رَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا وَ رَكْعَتَيْنِ بَعْدَ اْلمَغْرِبِ فِى بَيْتِهِ وَ رَكْعَتَيْنِ بَعْدَ اْلعِشَاءِ فِى بَيْتِهِ وَ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلاَةِ الصُّبْحِ. البخارى 2: 54
Dari Ibnu Umar RA, ia berkata, Saya hafal (ingat dengan betul) dari Nabi SAW sepuluh rakaat shalat sunnah; dua rakaat sebelum shalat Dhuhur dan dua rakaat sesudahnya, dan dua rakaat sesudah Maghrib di rumah beliau dan dua rakaat sesudah 'Isya di rumah pula dan juga dua rakaat sebelum shalat Shubuh’”. [HSR. Bukhari juz 2, hal. 54]
عَنْ عَائِشَةَ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ لاَ يَدَعُ اَرْبَعًا قَبْلَ الظُّهْرِ وَ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ اْلغَدَاةِ. البخارى 2: 54
Dari 'Aisyah RA bahwa Nabi SAW tidak meninggalkan empat rakaat sebelum shalat Dhuhur dan dua rakaat sebelum Shubuh. [HSR. Bukhari juz 2, hal. 54]
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: لَمْ يَكُنِ النَّبِيُّ ص عَلَى شَيْئٍ مِنَ النَّوَافِلِ اَشَدَّ تَعَاهُدًا مِنْهُ عَلَى رَكْعَتَيِ اْلفَجْرِ. البخارى 2: 52
Dari Aisyah RA, ia berkata, Tidak ada Nabi SAW memperhatikan shalat-shalat Sunnah lebih dari pada dua rakaat Fajar. [HSR. Bukhari juz 2, hal. 52]
عَنْ حَفْصَةَ قَالَتْ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا طَلَعَ اْلفَجْرُ لاَ يُصَلّى اِلاَّ رَكْعَتَيْنِ خَفِيْفَتَيْنِ. مسلم 1: 500
Dari Hafshah, ia berkata, Adalah Rasulullah SAW apabila terbit Fajar, beliau tidak shalat melainkan dua rakaat yang ringan. [HR Muslim juz 1, hal. 500]

Keutamaan shalat sunnah rawatib dan shalat sunnah fajar
عَنْ اُمّ حَبِيْبَةَ زَوْجِ النَّبِيّ ص اَنَّهَا قَالَتْ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يُصَلّى ِللهِ كُلَّ يَوْمٍ ثِنْتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً تَطَوُّعًا غَيْرَ فَرِيْضَةٍ اِلاَّ بَنَي اللهُ لَهُ بَيْتًا فِى اْلجَنَّةِ اَوْ اِلاَّ بُنِيَ لَهُ بَيْتٌ فِى اْلجَنَّةِ. مسلم 1: 503
Dari Ummu Habibah istri Nabi SAW, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, Tiada orang Muslim yang setiap hari shalat Sunnah dua belas rakaat karena Allah, melainkan Allah akan membuatkan baginya rumah di surga atau dibuatkan rumah baginya di surga. [HR. Muslim juz 1, hal. 503]
عَنْ عَائِشَةَ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: رَكْعَتَا اْلفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَ مَا فِيْهَا. مسلم 1: 501
Dari Aisyah RA dari Nabi SAW beliau bersabda, Dua rakaat Fajar itu lebih baik dari pada dunia seisinya. [HR. Muslim juz 1, hal. 501]
Dan masih banyak lagi hadits-hadits dan riwayat-riwayat lain yang semakna.

B. Shalat sunnah rawatib yang tidak muakkadah

1.  Dua rakaat sebelum shalat Maghrib :
عَنْ عَبْدِ اللهِ اْلمُزَنِيّ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: صَلُّوْا قَبْلَ صَلاَةِ اْلمَغْرِبِ. قَالَ فِى الثَّالِثَةِ لِمَنْ شَاءَ، كَرَاهِيَةً اَنْ يَتَّخِذَهَا النَّاسُ سُنَّةً. البخارى 2: 54
Dari Abdullah (bin Mughoffal) Al Muzaniy, dari Nabi SAW, beliau bersabda, Shalatlah Qabliyah Maghrib. Dan beliau bersabda yang ketiga kalinya, Bagi siapa yang mau. Karena beliau tidak suka orang menjadikannya suatu keharusan. [HSR. Bukhari juz 2, hal. 54]
Anas bin Malik berkata :
وَ كُنَّا نُصَلّى عَلَى عَهْدِ النَّبِيّ ص رَكْعَتَيْنِ بَعْدَ غُرُوْبِ الشَّمْسِ قَبْلَ صَلاَةِ اْلمَغْرِبِ. فَقُلْتُ لَهُ. اَكَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص صَلاَّهُمَا؟ قَالَ: كَانَ يَرَانَا نُصَلّيْهِمَا فَلَمْ يَأْمُرْنَا وَ لَمْ يَنْهَنَا. مسلم 1: 573
Dahulu di zaman Nabi SAW, kami shalat dua rakaat setelah matahari tenggelam sebelum shalat Maghrib. Lalu aku (Mukhtar bin Fulful) bertanya kepadanya, Apakah Rasulullah SAW melakukan shalat itu ?. (Anas) menjawab, Beliau melihat kami melakukan shalat itu, dan beliau tidak menyuruh kami dan tidak pula melarang". [HR. Muslim juz 1, hal. 573]

2.  Dua rakaat sesudah (Ba'diyah) Dhuhur :
عَنْ عَنْبَسَةَ بْنِ اَبِى سُفْيَانَ قَالَ: سَمِعْتُ اُخْتِى اُمَّ حَبِيْبَةَ زَوْجَ النَّبِيّ ص تَقُوْلُ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: مَنْ حَافَظَ عَلَى اَرْبَعِ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الظُّهْرِ وَ اَرْبَعٍ بَعْدَهَا حَرَّمَهُ اللهُ عَلَى النَّارِ. الترمذى 1: 269
Dari Anbasah bin Abu Sufyan, ia berkata, aku mendengar saudara perempuanku Ummu Habibah istri Nabi SAW, berkata : Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, Barangsiapa tetap mengerjakan empat rakaat sebelum Dhuhur dan empat rakaat sesudah Dhuhur, niscaya Allah mengharamkan dia masuk neraka. [HR. Tirmidzi juz 1, hal. 269]
Keterangan :
Shalat sunnah sesudah Dhuhur (Ba'diyah Dhuhur) itu empat rakaat, dua rakaat Muakkadah dan dua rakaat yang lain tidak Muakkadah.

3. Shalat sunnah sebelum Ashar
عَنْ عَلِيّ عَلَيْهِ السَّلاَمُ اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ يُصَلّى قَبْلَ اْلعَصْرِ رَكْعَتَيْنِ. ابو داود 2: 23، رقم: 1272
Dari Ali AS, bahwasanya dahulu Nabi SAW shalat dua rakaat sebelum shalat Ashar. [HR. Abu Dawud juz 2, hal. 23, no. 1272]
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: رَحِمَ اللهُ امْرَأً صَلَّى اَرْبَعًا قَبْلَ اْلعَصْرِ. احمد و ابو داود و الترمذى و حسنه و ابن خزيمة و صححه، فى بلوغ المرام 382
Dari Ibnu Umar RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, Semoga Allah merahmati orang yang mengerjakan shalat sunnah empat rakaat sebelum Ashar. [HR. Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi dan ia menghasankannya, dan Ibnu Khuzaimah, dan ia menshahihkannya, dalam Bulughul Maram no. 382]
Keterangan :
Hadits tentang shalat sunnah qabliyah Ashar empat rakaat ini ada ulama yang menganggap hasan atau mengesahkannya. Namun ada pula yang melemahkannya. Bahkan Ibnu Taimiyah menolaknya dengan keras dan menganggap hadits itu maudluwalloohu alam. [Zaadul Maaad juz 1, hal. 311]

4.  Shalat sunnah sesudah Ashar :
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: وَ الَّذِيْ ذَهَبَ بِهِ مَا تَرَكَهُمَا حَتَّى لَقِيَ اللهَ وَ مَا لَقِيَ اللهَ تَعَالَى حَتَّى ثَقُلَ عَنِ الصَّلاَةِ. وَ كَانَ يُصَلّى كَثِيْرًا مِنْ صَلاَتِهِ قَاعِدًا تَعْنِي الرَّكْعَتَيْنِ بَعْدَ اْلعَصْرِ. وَ كَانَ النَّبِيُّ ص يُصَلّيْهِمَا وَ لاَ يُصَلّيْهِمَا فِى اْلمَسْجِدِ مَخَافَةَ اَنْ يُثَقّلَ عَلَى اُمَّتِهِ. وَ كَانَ يُحِبُّ مَا يُخَفّفُ عَنْهُمْ. البخارى 1: 146
Dari Aisyah RA, ia berkata, Demi Allah, beliau tidak pernah meninggalkan shalat 2 rakaat sehingga beliau bertemu dengan Allah dan beliau tidak bertemu dengan Allah Taala sehingga beliau terasa berat melakukan shalat. Dan beliau sering melakukan shalatnya dengan duduk, yakni shalat 2 rakaat sesudah Ashar, dan Nabi SAW biasa mengerjakan shalat 2 rakaat sesudah Ashar itu tidak di dalam masjid, karena takut akan memberatkan ummatnya dan beliau senang terhadap sesuatu yang membuat ringan bagi ummatnya. [HR. Bukhari 1 : 146]
عَنْ اُمّ سَلَمَةَ، صَلَّى النَّبِيُّ ص بَعْدَ اْلعَصْرِ رَكْعَتَيْنِ وَ قَالَ: شَغَلَنِى نَاسٌ مِنْ عَبْدِ اْلقَيْسِ عَنِ الرَّكْعَتَيْنِ بَعْدَ الظُّهْرِ. البخارى 1: 146
Dari Ummu Salamah RA, ia berkata : Nabi SAW pernah shalat dua rakaat sesudah Ashar, lalu beliau bersabda, Orang-orang dari suku Abdul Qais telah menyibukkan aku dari shalat dua rakaat sesudah Dhuhur. [HR. Bukhari 1 : 146]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص نَهَى عَنِ الصَّلاَةِ بَعْدَ اْلعَصْرِ حَتَّى تَغْرُبَ الشَّمْسُ وَ عَنِ الصَّلاَةِ بَعْدَ الصُّبْحِ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ. مسلم 1: 566، البخارى 1: 146
Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW melarang shalat bada Ashar sehingga terbenam matahari, dan melarang shalat bada Shubuh sehingga terbit matahari. [HR. Muslim 1 : 566, Bukhari 1 : 146]
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: مَا تَرَكَ رَسُوْلُ اللهِ ص رَكْعَتَيْنِ بَعْدَ اْلعَصْرِ عِنْدِى قَطُّ. مسلم 1: 572، البخارى 1: 146
Dari Aisyah, ia berkata, Disisiku Rasulullah SAW sama sekali tidak pernah meninggalkan (shalat) dua rakaat sesudah Ashar[HR. Muslim 1 : 572, Bukhari 1 : 146]
Keterangan :
1.  Ibnu Abbas, Abdur Rahman bin Azhar dan Miswar bin Makhromah pernah menyuruh Kuraib (bekas budak Ibnu Abbas) untuk datang kepada Aisyah menanyakan tentang dua rakaat sesudah shalat Ashar, karena mereka itu pernah mendengar bahwa Rasulullah SAW melarang melakukannya. Setelah Kuraib datang kepada Aisyah, kemudian Aisyah mengarahkan supaya ia menanyakan kepada Ummu Salamah.
     Ummu Salamah menjawab, Aku pernah mendengar Nabi SAW melarangnya, kemudian aku melihat beliau mengerjakannya. Kemudian aku menyuruh seorang jariyah untuk menanyakan hal tersebut kepada Nabi SAW. Kemudian jawab Nabi SAW, Tadi beberapa orang kaum Abdul Qais datang kepadaku membicarakan tentang kaumnya yang masuk Islam, sehingga mereka menyibukkanku dari mengerjakan dua rakaat sesudah Dhuhur. Dan (dua rakaat) yang saya lakukan sesudah Ashar ini adalah (gantinya) dua rakaat sesudah Dhuhur itu. [Ringkasan hadits riwayat Muslim 1 : 571]
2.  Aisyah berkata, Disisiku Rasulullah SAW sama sekali tidak pernah meninggalkan dua rakaat sesudahAshar[HR. Muslim juz 1, hal. 572, Bukhari juz 1, hal. 146]
Kesimpulan :
a.  Nabi SAW pernah melarang shalat sesudah shalat Ashar.
b.  Nabi SAW mengerjakan dua rakaat sesudah Ashar pada mulanya sebagai ganti dua rakaat sesudah Dhuhur yang tidak sempat beliau kerjakan, kemudian shalat dua rakaat sesudah Ashar tersebut menjadi kebiasaan beliau yang tidak pernah beliau tinggalkan.

C. Shalat sunnah tahiyyatul masjid
Shalat Sunnah Tahiyyatul Masjid ialah : Istilah yang diberikan bagi shalat sunnah ketika memasuki sebuah masjid/musholla/langgar dan dikerjakan sebelum duduk.
Cara pelaksanaannya :
Dua raka'at dan dengan bacaan sirr (tidak nyaring)
Dalil pelaksanaannya :
عَنْ اَبِى قَتَادَةَ رض قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ ص اِذَا دَخَلَ اَحَدُكُمُ اْلمَسْجِدَ فَلاَ يَجْلِسْ حَتَّى يُصَلّيَ رَكْعَتَيْنِ. البخارى 2: 51
Dari Abu Qatadah RA, ia berkata : Nabi SAW bersabda, Apabila seseorang diantara kalian masuk masjid, maka janganlah ia duduk sebelum shalat dua raka'at. [HSR. Bukhari juz 2, hal. 51]
Dan juga :
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ: دَخَلَ رُجُلٌ اْلمَسْجِدَ وَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَخْطُبُ يَوْمَ اْلجُمُعَةِ فَقَالَ: اَ صَلَّيْتَ؟ قَالَ: لاَ. قَالَ: قُمْ فَصَلّ الرَكْعَتَيْنِ. مسلم 2: 596
Dari Jabir bin Abdullah, ia berkata : Ada seorang laki-laki masuk masjid ketika Rasulullah SAW sedang berkhutbah pada hari Jum'at. Kemudian beliau bertanya, Apakah kamu sudah shalat ?. Orang tersebut menjawab, Belum. Beliau bersabda, Berdirilah, dan shalatlah dua rekaat. [HSR. Muslim juz 2, hal. 596]
Demikian pula :
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ: جَاءَ سُلَيْكٌ اْلغَطَفَانِيُّ يَوْمَ اْلجُمُعَةِ وَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَخْطُبُ، فَجَلَسَ. فَقَالَ لَهُ: يَا سُلَيْكُ، قُمْ فَارْكَعْ رَكْعَتَيْنِ وَ تَجَوَّزْ فِيْهِمَا. ثُمَّ قَالَ: اِذَا جَاءَ اَحَدُكُمْ يَوْمَ اْلجُمُعَةِ وَاْلاِمَامُ يَخْطُبُ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ وَ لْيَتَجَوَّزْ فِيْهِمَا. مسلم 2: 597
Dari Jabir bin Abdullah, ia berkata : Sulaik Al-Ghathafaaniy datang ke masjid pada hari Jumat lalu duduk, pada waktu itu Rasulullah SAW sedang berkhutbah. Lalu beliau bersabda, Hai Sulaik, berdirilah, shalatlah 2 rekaat, dan ringankanlah. Kemudian beliau bersabda lagi, Apabila seseorang diantara kalian datang (ke masjid) pada hari Jum'at, dan ketika itu imam sedang berkhutbah, maka hendaklah ia shalat dua raka'at dengan ringan. [HSR. Muslim juz 2, hal. 597]

D. Shalat sunnah Intidhar
Shalat sunnah intidhar ialah : Shalat sunnah yang dikerjakan sebelum imam naik ke mimbar/sebelum adzan pada hari Jum'at.
Waktunya : Sejak masuk masjid di hari Jum'at hingga imam naik ke mimbar/adzan diserukan.
Cara pelaksanaan dan bilangan raka'atnya :
Dua raka'at dengan satu salam, dengan sirr (suara yang lembut) dan tidak terbatas bilangan raka'atnya, boleh dikerjakan menurut kemampuan dan kehendak masing-masing. Sabda Nabi SAW :

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: مَنِ اغْتَسَلَ ثُمَّ اَتَى اْلجُمُعَةَ فَصَلَّى مَا قُدّرَ لَهُ، ثُمَّ اَنْصَتَ حَتَّى يَـْفُرغَ مِنْ خُطْبَتِهِ، ثُمَّ يُصَلّى مَعَهُ، غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَ بَيْنَ اْلجُمُعَةِ اْلاُخْرَى وَ فَضْلُ ثَلاَثَةِ  اَيَّامٍ. مسلم 2: 587
Dari Abu Hurairah dari Nabi SAW, beliau bersabda, Barangsiapa mandi di hari Jum'at kemudian datang ke shalat Jumat, lalu shalat seberapa ia mampu, kemudian diam sehingga khatib selesai berkhutbah, lalu shalat bersama imam, niscaya diampuni dosanya antara dua Jum'at dan tiga hari sesudahnya. [HR. Muslim 2 : 587].
E. Shalat sunnah (ba'diyah) Jum'ah
Bila dikerjakan di masjid, 4 raka'at (2 raka'at salam, 2 raka'at salam).
عَنْ اَبِىْ هُرَيْرَةَ قَالَ، قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا صَلَّى اَحَدُكُمُ اْلجُمُعَةَ فَلْيُصَلّ بَعْدَهَا اَرْبَعًا. مسلم 2: 600
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Apabila seseorang diantara kalian shalat Jum'ah, maka hendaklah shalat sesudah itu 4 raka'at". [HR Muslim juz 2, hal. 600].
Bila dikerjakan di rumah, 2 raka'at.
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ يُصَلّي قَبْلَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ وَ بَعْدَهَا رَكْعَتَيْنِ وَ بَعْدَ اْلمَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ فِيْ بَيْتِهِ وَ بَعْدَ اْلعِشَاءِ رَكْعَتَيْنِ وَ كَانَ لاَ يُصَلّي بَعْدَ اْلجُمُعَةِ حَتَّى يَنْصَرِفَ فَيُصَلّى رَكْعَتَيْنِ. البخارى 1: 225
Dari Abdullah bin 'Umar bahwasanya Rasulullah SAW dahulu shalat sebelum Dhuhur dua rakaat dan sesudahnya dua rakaat, dan sesudah Maghrib dua rakaat di rumahnya, dan sesudah Isyak dua rakaat. Dan beliau tidak shalat sesudah Jumat melainkan setelah pulang, beliau lalu shalat dua rakaat. [HR. Bukhari juz 1, hal. 225].
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ اَنَّهُ كَانَ اِذَا صَلَّى اْلجُمُعَةَ، انْصَرَفَ، فَصَلَّى سَجْدَتَيْنِ فِى بَيْتِهِ ثُمَّ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَصْنَعُ ذلِكَ. ابن ماجه: 1: 358، رقم: 1130
Dari Abdullah bin Umar, bahwasanya dia apabila selesai shalat Jumat, lalu pulang, kemudian shalat dua rekaat di rumahnya. Kemudian ia berkata, Dahulu Rasulullah SAW melakukan yang demikian itu. [HR. Ibnu Majah juz 1, hal. 358, no. 1130]
Keterangan :
Shalat sunnah sesudah Jum'ah, Nabi SAW mengerjakannya 2 raka'at di rumahnya. Sedang menurut hadits yang pertama shalat ba'diyah Jum'ah itu 4 raka'at, maka ini bisa diambil suatu pengertian bahwa yang 4 raka'at itu dikerjakan di masjid.

F. Shalat sunnah Istisqa'
Shalat sunnah istisqa' ialah shalat sunnah yang dikerjakan untuk memohon hujan dikala lama tidak turun hujan.
Cara pelaksanaan dan bilangan raka'atnya :
Cara pelaksanaannya ada dua macam :
a.  Bersama-sama ke tanah lapang, berpakaian sederhana dan dengan merendahkan diri serta penuh rasa harap kepada Allah SWT. Kemudian diadakan khutbah dan berdoa dengan mengangkat tangan tinggi-tinggi. Lalu berpaling menghadap Qiblat dengan tetap berdoa. Setelah itu shalat dua raka'at dengan suara nyaring (jahr).
b.  Bila dilakukan pada hari Jum'ah, maka cukup dengan berdoa ketika khutbah Jum'ah, yaitu :

اَللّهُمَّ اَغِثْنَا، اَللّهُمَّ اَغِثْنَا، اَللّهُمَّ اَغِثْنَا

"Ya Allah berilah kami hujan". X 3
Atau dengan lafadh :
اَللّهُمَّ اسْقِنَا، اَللّهُمَّ اسْقِنَا، اَللّهُمَّ اسْقِنَا.
"Ya Allah berilah kami hujan". X 3
Dalil-dalil pelaksanaannya :
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: شَكَا النَّاسُ اِلَى رَسُوْلِ اللهِ ص قُحُوْطَ اْلمَطَرِ. فَاَمَرَ بِمِنْبَرٍ فَوُضِعَ لَهُ فِى اْلمُصَلَّى. وَ وَعَدَ النَّاسَ يَوْمًا يَخْرُجُوْنَ فِيْهِ. قَالَتْ عَائِشَةُ: فَخَرَجَ رَسُوْلُ اللهِ ص حِيْنَ بَدَا حَاجِبُ الشَّمْسِ فَقَعَدَ عَلَى اْلِمنْبَرِ. فَكَبَّرَ ص وَحَمِدَ اللهَ عَزَّ وَ جَلَّ، ثُمَّ قَالَ: اِنَّكُمْ شَكَوْتُمْ جَدْبَ دِيَارِكُمْ وَ اسْتِئْخَارَ اْلمَطَرِ عَنْ اِبَّانِ زَمَانِهِ عَنْكُمْ. وَقَدْ اَمَرَكُمُ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ اَنْ تَدْعُوْهُ وَ وَعَدَكُمْ اَنْ يَسْتَجِيْبَ لَكُمْ. ثُمَّ قَالَ: اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبّ اْلعَالَمِيْنَ. اَلرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. مَلِكِ يَوْمِ الدّيْنِ. لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ. يَفْعَلُ مَا يُرِيْدُ، اَللّهُمَّ اَنْتَ اللهُ. لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ، اَلْغَنِيُّ وَ نَحْنُ اْلفُقَرَاءُ. اَنْزِلْ عَلَيْنَا اْلغَيْثَ وَاجْعَلْ مَا اَنْزَلْتَ لَنَا قُوَّةً وَ بَلاَغًا اِلَى حِيْنٍ. ثُمَّ رَفَعَ  يَدَيْهِ فَلَمْ يَزَلْ فِى الرَّفْعِ حَتَّى بَدَا بَيَاضُ اِبْطَيْهِ ثُمَّ حَوَّلَ اِلىَ النَّاسِ ظَهْرَهُ وَ قَلَبَ اَوْ حَوَّلَ رِدَاءَهُ وَ هُوَ رَافِعٌ يَدَيْهِ ثُمَّ اَقْبَلَ عَلَى النَّاسِ وَ نَزَلَ، فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ . ابوداود 1: 304
Dari 'Aisyah RA, ia berkata : Orang-orang telah datang mengadu pada Rasulullah SAW tentang tidak adanya hujan. Maka Rasulullah SAW memerintahkan agar diadakan mimbar, lalu mereka menyediakannya di tanah lapang tempat shalat. Dan Rasulullah SAW menentukan satu hari supaya orang-orang berkumpul di tempat itu. Aisyah melanjutkan ceritanya :  Maka pada hari yang telah ditentukan, Rasulullah SAW keluar pada waktu matahari terbit; kemudian beliau berdiri di mimbar, lalu bertakbir dan memuji Allah 'Azza wa Jalla. Setelah itu beliau bersabda, "Sesungguhnya kalian mengadu kekeringan dan keterlambatan hujan daripada waktu yang biasa, sedang Allah 'Azza wa Jalla telah memerintahkan agar kalian memohon kepada-Nya dan Dia menjanjikan akan memperkenankan permohonan kalian". Kemudian beliau berdoa, "Al-hamdu lillaahi Robbil 'aalamiin .... dst". (Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Raja di hari pembalasan. Tidak ada Tuhan yang layak disembah melainkan Allah. Dia berbuat apa yang dikehendaki-Nya. Ya Tuhan, Engkaulah Allah yang tidak ada Tuhan melainkan Engkau, Yang Maha Kaya dan kamilah yang sangat membutuhkan(Mu), turunkanlah atas kami hujan dan jadikanlah apa yang Engkau turunkan untuk kami kekuatan dan bekal hingga satu masa). Kemudian beliau mengangkat kedua tangannya dan tetap demikian itu sehingga kelihatan putih kedua ketiaknya. Setelah itu beliau berpaling membelakangi orang ramai dan membalikkan atau memindahkan selendangnya, lalu beliau tetap mengangkat kedua tangannya, kemudian beliau menghadap kepada khalayak ramai, lalu beliau turun dari mimbar dan shalat dua raka'at". [HR. Abu Dawud juz 1, hal. 304].
عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ اَنَّ رَجُلاً دَخَلَ اْلمَسْجِدَ يَوْمَ جُمُعَةٍ مِنْ بَابٍ كَانَ نَحْوَ دَارِ اْلقَضَاءِ. وَ رَسُوْلُ اللهِ ص قَائِمٌ يَخْطُبُ. فَاسْتَقْبَلَ رَسُوْلَ اللهِ ص قَائِمًا ثُمَّ قَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ هَلَكَتِ اْلاَمْوَالُ وَ انْقَطَعَتِ السُّبُلُ فَادْعُ اللهَ يُغِثْنَا. قَالَ: فَرَفَعَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَدَيْهِ ثُمَّ قَالَ: اَللّهُمَّ اَغِثْنَا، اَللّهُمَّ اَغِثْنَا، اَللّهُمَّ اَغِثْنَا. مسلم 2: 612
Dari Anas bin Malik, bahwasanya ada seorang laki-laki masuk ke masjid pada hari Jum'at dari pintu arah Darul Qadla, ketika itu Rasulullah SAW sedang berkhutbah. Lalu ia menghadap Rasulullah SAW sambil berdiri dan berkata, "Ya Rasulullah, telah binasa hewan-hewan dan terputus perjalanan. Mohonkanlah agar Allah memberi hujan kepada kami". Anas berkata : Maka Rasulullah SAW mengangkat kedua tangannya dan berdoa, "Alloohumma aghitsnaa, Alloohumma aghitsnaa, Aloohumma aghitsnaa". (Ya Allah, berilah kami hujan. X 3 ) [HR. Muslim juz 2, hal. 612]
عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ يَذْكُرُ اَنَّ رَجُلاً دَخَلَ يَوْمَ اْلجُمُعَةِ مِنْ بَابٍ كَانَ وِجَاهَ اْلمِنْبَرِ وَ رَسُوْلُ اللهِ ص قَائِمٌ يَخْطُبُ فَاسْتَقْبَلَ رَسُوْلَ اللهِ ص قَائِمًا فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ هَلَكَتِ اْلمَوَاشِى وَ انْقَطَعَتِ السُّبُلُ فَادْعُ اللهَ يُغِيْثُنَا. قَالَ فَرَفَعَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَدَيْهِ فَقَالَ: اللّهُمَّ اسْقِنَا، اللّهُمَّ اسْقِنَا، اللّهُمَّ اسْقِنَا. قَالَ اَنَسٌ: وَ لاَ وَ اللهِ مَا نَرَى فِى السَّمَآءِ مِنْ سَحَابٍ وَ لاَ قَزَعَةٍ وَ لاَ شَيْئًا وَ مَا بَيْنَنَا وَ بَيْنَ سَلْعٍ مِنْ بَيْتٍ وَ لاَ دَارٍ. قَالَ فَطَلَعَتْ مِنْ وَرَائِهِ سَحَابَةٌ مِثْلُ التُّرْسِ، فَلَمَّا تَوَسَّطَتِ السَّمَاءَ انْتَشَرَتْ ثُمَّ اَمْطَرَتْ. قَالَ: وَ اللهِ مَا رَأَيْنَا الشَّمْسَ سِتًّا. ثُمَّ دَخَلَ رَجُلٌ مِنْ ذلِكَ الْبَابِ فِى اْلجُمُعَةِ اْلمُقْبِلَةِ وَ رَسُوْلُ اللهِ ص قَائِمٌ يَخْطُبُ فَاسْتَقْبَلَهُ قَائِمًا. فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ هَلَكَتِ اْلاَمْوَالُ وَ انْقَطَعَتِ السُّبُلُ فَادْعُ اللهَ يُمْسِكْهَا. قَالَ فَرَفَعَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَدَيْهِ ثُمَّ قَالَ: اللّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَ لاَ عَلَيْنَا، اللّهُمَّ عَلَى اْلاِكَامِ وَ اْلجِبَالِ وَ الظّرَابِ وَ اْلاَوْدِيَةِ وَ مَنَابِتِ الشَّجَرِ. قَالَ: فَانْقَطَعَتْ وَ خَرَجْنَا نَمْشِى فِى الشَّمْسِ. قَالَ شَرِيْكٌ فَسَأَلْتُ اَنَسًا اَهُوَ الرَّجُلُ اْلاَوَّلُ؟ قَالَ: لاَ اَدْرِى. البخارى 2: 16
Dari Anas bin Malik, ia menceritakan : Pada suatu hari Jumat ada seorang laki-laki masuk ke masjid dari pintu yang berhadapan dengan mimbar ketika Rasulullah SAW sedang berkhutbah. Orang itu berdiri di hadapan Rasulullah SAW dan berkata, Ya Rasulullah, hewan-hewan ternak telah binasa dan jalan-jalan terputus, karena itu mohonlah kepada Allah agar Dia menurunkan hujan untuk kita. Anas berkata : Rasulullah SAW lalu mengangkat dua tangan beliau dan berdoa, Alloohummasqinaa, Alloohummasqinaa, Alloohummasqinaa, (Ya Allah, turunkanlah hujan kepada kami. Ya Allah, turunkanlah hujan kepada kami. Ya Allah, turunkanlah hujan kepada kami). Anas berkata : Demi Allah, (sebelumnya) kami tidak melihat sedikitpun awan di langit maupun gumpalan mendung, tidak ada dari (balik) sebuah rumahpun antara kami dan bukit Sala. Anas berkata : Tetapi tiba-tiba kami lihat awan naik dari belakang bukit seperti perisai, setelah berada di tengah langit, awan itu terus menyebar dan kemudian hujan pun turun. Anas berkata : Demi Allah, kami tidak dapat melihat matahari selama enam hari. Kemudian pada hari Jumat berikutnya pada waktu Rasulullah SAW sedang berdiri berkhutbah ada seorang laki-laki datang dari pintu itu juga menghadap kepada Rasulullah SAW dan berkata, Ya Rasulullah, telah binasa harta benda dan telah putus jalan-jalan, karena itu berdoalah kepada Allah agar Dia menghentikan hujan. Anas berkata : Rasulullah SAW lalu mengangkat kedua tangan beliau, kemudian berdoa, Ya Allah, turunkanlah (hujan ini) di sekitar kami dan janganlah di atas kami. Ya Allah, turunkanlah di bukit-bukit, di gunung-gunung, di belukar-belukar, di lembah-lembah dan tempat-tempat pepohonan. Anas berkata : Kemudian hujan pun berhenti, dan kami dapat keluar berjalan di bawah sinar matahari. Syarik berkata : Aku bertanya kepada Anas, Apakah laki-laki itu orang yang dulu juga ?. Jawab Anas, Aku tidak tahu. [HR. Bukhari juz 2, hal. 16]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar