Shalat-shalat sunnah menurut tuntunan Rasulullah SAW
A. Shalat sunnah rawatib yang muakkad
Shalat sunnah rowatib ialah shalat sunnah yang dikerjakan sebelum (qobliyah) atau sesudah (ba'diyah) shalat lima waktu.
Sedang yang dimaksud Muakkad ialah : Pekerjaan tersebut tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW
Shalat-shalat tersebut adalah :
1. Dua atau empat rakaat sebelum shalat Dhuhur
2. Dua rakaat sesudah shalat Dhubur
3. Dua rakaat sesudah shalat Maghrib
4. Dua rakaat sesudah shalat 'Isya
5. Dua rakaat sebelum shalat Shubuh.
Dalil-dalil Pelaksanaannya :
عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: حَفِظْتُ مِنَ النَّبِيّ ص عَشْرَ رَكَعَاتٍ، رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الظُّهْرِ وَ رَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا وَ رَكْعَتَيْنِ بَعْدَ اْلمَغْرِبِ فِى بَيْتِهِ وَ رَكْعَتَيْنِ بَعْدَ اْلعِشَاءِ فِى بَيْتِهِ وَ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الصُّبْحِ. البخارى و مسلم
Dari Ibnu Umar, ia berkata, “Saya hafal (ingat dengan betul) dari Nabi SAW sepuluh rakaat shalat sunnah; dua rakaat sebelum shalat Dhuhur dan dua rakaat sesudahnya, dan dua rakaat sesudah Maghrib di rumah beliau dan dua rakaat sesudah 'Isya di rumah pula dan juga dua rakaat sebelum Shubuh’”. [HR. Bukhari dan Muslim]
عَنْ عَائِشَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ لاَ يَدَعُ اَرْبَعًا قَبْلَ الظُّهْرِ وَ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ اْلغَدَاةِ. البخارى
Dari 'Aisyah RA bahwa Nabi SAW tidak pernah meninggalkan empat rakaat sebelum shalat Dhuhur dan dua rakaat sebelum Shubuh. [HR. Bukhari]
وَ عَنْهَا قَالَتْ: لَمْ يَكُنِ النَّبِيُّ ص عَلَى شَيْئٍ مِنَ النَّوَافِلِ اَشَدَّ تَعَاهُدًا مِنْهُ عَلَى رَكْعَتَيِ اْلفَجْرِ. البخارى و مسلم
Dan daripadanya pula, “Tidak ada Nabi SAW memperhatikan shalat-shalat Sunnah lebih dari pada dua rakaat Fajar”. [HR. Bukhari dan Muslim]
و لمسلم: كَانَ اِذَا طَلَعَ اْلفَجْرُ لاَ يُصَلّى اِلاَّ رَكْعَتَيْنِ خَفِيْفَتَيْنِ.
Dan bagi Muslim, “Adalah beliau apabila terbit Fajar tidak shalat melainkan dua rakaat yang ringan”.
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَرَأَ فِى رَكْعَتَيِ اْلفَجْرِ: قُلْ يَآاَيُّهَا اْلكفِرُوْنَ، وَ قُلْ هُوَ اللهُ اَحَدٌ. مسلم
Dari Abu Hurairah RA, bahwasanya Nabi SAW membaca, “Qulyaa ayyuhal kaafiruun dan Qul huwalloohu Ahad pada dua rakaat Fajar”. [HR. Muslim]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا صَلَّى اَحَدُكُمُ الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلاَةِ الصُّبْحِ فَلْيَضْطَجِعْ عَلَى جَنْبِهِ اْلاَيْمَنِ. احمد و ابو داود و الترمذى و صححه
Dari Abu Hurairah RA berkata : Telah bersabda Rasulullah SAW, “Apabila seseorang daripadamu selesai shalat dua rakaat Qabliyah Shubuh, maka hendaklah ia berbaring atas lambung kanannya”. [HR. Ahmad, Abu Dawud dan dishahkannya oleh Tirmidzi]
Keutamaan shalat sunnah rawatib dan shalat sunnah fajar
عَنْ اُمّ اْلمُؤْمِنِيْنَ اُمّ حَبِيْبَةَ رَمْلَةَ بِنْتِ اَبِى سُفْيَانَ رض قَالَتْ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يُصَلّى ِللهِ تَعَالَى كُلَّ يَوْمٍ ثِنْتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً تَطَوُّعًا غَيْرَ فَرِيْضَةٍ اِلاَّ بَنَي اللهُ لَهُ بَيْتًا فِى اْلجَنَّةِ اَوْ اِلاَّ بُنِيَ لَهُ بَيْتٌ فِى اْلجَنَّةِ. مسلم
Dari Ummul Mukminin Ummu Habibah Ramlah binti Abu Sofyan RA ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Tiada orang Muslim yang setiap hari shalat Sunnah dua belas rakaat karena Allah Ta'ala, melainkan Allah akan membuatkan baginya rumah di syurga atau dibuatkan rumah baginya di surga”. [HR. Muslim]
عَنْ عَائِشَةَ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: رَكْعَتَا اْلفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَ مَا فِيْهَا. مسلم
Dari Aisyah RA dari Nabi SAW beliau bersabda, “Dua rakaat Fajar itu lebih baik dari pada dunia seisinya”. [HR. Muslim]
Dan masih banyak lagi hadits-hadits dan riwayat-riwayat lain yang senada.
B. Shalat sunnah rawatib yang tidak muakkad
1. Dua rakaat sebelum Shalat Maghrib :
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مُغَفَّلٍ اْلمُزَنِيّ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص صَلُّوْا قَبْلَ اْلمَغْرِبِ. صَلُّوْا قَبْلَ اْلمَغْرِبِ، ثُمَّ قَالَ فِى الثَّالِثَةِ لِمَنْ شَاءَ كَرَاهِيَةً اَنْ يَتَّخِذَهَا النَّاسُ سُنَّةً. البخارى
Dari Abdullah bin Mughoffal Al Muzani berkata : Telah bersabda Rasulullah SAW, “Shalatlah Qabliyah Maghrib, shalatlah Qabliyah Maghrib”. Dan beliau bersabda yang ketiga kalinya, “Bagi siapa yang mau”. Karena Rasulullah tidak suka orang menjadikannya suatu ketetapan. [HR. Bukhari]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: كُنَّا نُصَلّى رَكْعَتَيْنِ بَعْدَ غُرُوْبِ الشَّمْسِ وَ كَانَ النَّبِيُّ ص يَرَانَا فَلَمْ يَأْمُرْنَا وَ لَمْ يَنْهَنَا. مسلم
Dari Ibnu Abbas RA berkata : "Kami biasa shalat dua rakaat sesudah matahari terbenam, sedang Nabi SAW melihat kami, tetapi beliau tidak memerintahkan kami dan tidak melarang kami". [HR. Muslim]
2. Dua Rakaat Sesudah (Ba'diyah) Dhuhur :
عَنْ اُمّ حَبِيْبَةَ رض قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَنْ حَافَظَ عَلَى اَرْبَعِ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الظُّهْرِ وَ اَرْبَعٍ بَعْدَهَا حَرَّمَهُ اللهُ عَلَى النَّارِ. ابو داود و الترمذى
Dari Ummu Habibah RA ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa tetap mengerjakan empat rakaat sebelum Dhuhur dan empat rakaat sesudah Dhuhur, niscaya Allah mengharamkan dia masuk neraka”. [HR. Abu Dawud dan Tirmidzi]
Keterangan :
Shalat sunnah sesudah Dhuhur (Ba'diyah Dhuhur) itu empat rakaat, dua rakaat Muakkad dan dua rakaat yang lain tidak Muakkad.
C. Shalat sunnah tahiyatul masjid
Shalat Sunnah Tahiyatul Masjid ialah: Istilah yang diberikan bagi shalat sunnah ketika memasuki sebuah masjid/surau/langgar dan dikerjakan sebelum duduk.
Cara Pelaksanaannya :
Dua rakaat dan dengan bacaan sirr (tidak nyaring)
Dalil pelaksanaannya :
عَنْ اَبِى قَتَادَةَ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا دَخَلَ اَحَدُكُمُ اْلمَسْجِدَ فَلاَ يَجْلِسْ حَتَّى يُصَلّيَ رَكْعَتَيْنِ. البخارى و مسلم
Dari Abu Qatadah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Apabila seseorang dari kamu masuk masjid, maka janganlah ia duduk sebelum shalat dua rakaat”. [HR. Bukhari dan Muslim]
Dan juga :
قَالَ اَبُوْ سَعِيْدٍ: اِنَّ رُجُلاً دَخَلَ اْلمَسْجِدَ يَوْمَ اْلجُمُعَةِ وَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَخْطُبُ عَلَى اْلمِنْبَرِ فَأَمَرَهُ اَنْ يُصَلّيَ رَكْعَتَيْنِ. الترمذى
Telah berkata Abu Sa'id, “Sesungguhnya seorang laki-laki pernah masuk ke masjid pada hari Jum'at, pada waktu itu Rasulullah SAW sedang berkhutbah di atas mimbar, maka beliau memerintahkan kepada orang tersebut, untuk shalat dua rakaat”. [HSR. Tirmidzi]
Demikian pula, sabda Nabi SAW :
اِذَا جَاءَ اَحَدُكُمْ يَوْمَ اْلجُمُعَةِ وَاْلاِمَامُ يَخْطُبُ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ وَ لْيَتَجَوَّزْ فِيْهَا. مسلم
Apabila seseorang dari padamu datang (ke masjid) pada hari Jum'at, dan ketika itu imam sedang berkhutbah, maka hendaklah ia shalat dua rakaat dengan ringkas. [HSR. Muslim]
D. Shalat sunnah dluha
Shalat sunnah Dluha ialah : Istilah yang diberikan untuk shalat sunnah yang dikerjakan pada waktu Dluha.
Bilangan rakaat/cara pelaksanaannya :
- Dua rakaat hingga delapan rakaat (dua rakaat lalu salam, dua rakaat lalu salam dan seterusnya)
- Dengan suara sirr (suara lembut).
Dalil-dalil pelaksanaan :
قَالَ اَبُوْ هُرَيْرَةَ: اَوْصَانِىْ خَلِيْلِى ص بِثَلاَثٍ: بِصِيَامِ ثَلاَثَةِ اَيَّامٍ فِى شَهْرٍ وَ رَكْعَتَيِ الضُّحَى وَ اَنْ اُوْتِرَ قَبْلَ اَنْ اَنَامَ. البخارى و مسلم
Telah berkata Abu Hurairah RA, “Kekasih saya (Nabi Muhammad SAW) telah berwasiat kepada saya dengan tiga perkara yaitu : 1. Puasa tiga hari tiap-tiap bulan. 2. Shalat Dluha dua rakaat, dan 3. Shalat witir sebelum tidur”. [HR. Bukhari dan Muslim]
قِيْلَ لِعَائِشَةَ: اَكَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُصَلّى الضُّحَى؟ قَالَتْ: نَعَمْ اَرْبَعًا وَ يَزِيْدُ مَا شَاءَ اللهُ. مسلم
Ada orang bertanya kepada 'Aisyah RA, “Apakah Rasulullah SAW shalat dluha ?”. Jawab Aisyah, “Ya, empat rakaat dan kadang-kadang beliau menambah dengan seberapa yang dikehendaki oleh Allah”. [HR. Muslim]
قَالَتْ اُمُّ هَانِئٍ: قَامَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِلَى غُسْلِهِ فَسَتَرَتْ عَلَيْهِ فَاطِمَةُ ثُمَّ اَخَذَ ثَوْبَهُ فَاْلتَحَفَ بِهِ ثُمَّ صَلَّى ثَمَانِيَ رَكَعَاتٍ سُبْحَةَ الضُّحَى. البخارى و مسلم
Telah berkata Ummu Hani', “Rasulullah SAW pernah mandi dengan ditutupi oleh Fathimah, kemudian beliau mengambil kainnya dan berselimut dengan itu setelah itu beliau shalat Dluha delapan rakaat”. [HR. Bukhari dan Muslim]
E. Shalat Sunnah Thahur
Shalat sunnah Thahur adalah istilah yang diberikan untuk dua rekaat shalat sunnah yang dikerjakan sesudah wudlu, dan dengan dibaca sirr (tidak nyaring). Nabi SAW bersabda :
يَا بِلاَلُ حَدّثْنِي بِاَرْجَى عَمَلٍ عَمِلْتَهُ فِى اْلاِسْلاَمِ. اِنّى سَمِعْتُ دَقَّ نَعْلَيْكَ بَيْنَ يَدَيَّ فِى اْلجَنَّةِ. قَالَ: مَا عَمِلْتُ عَمَلاً اَرْجَى عِنْدِى مِنْ اَنّى لَمْ اَتَطَهَّرْ طَهُوْرًا فِى سَاعَةٍ مِنْ لَيْلٍ اَوْ نَهَارٍ اِلاَّ صَلَّيْتُ بِذلِكَ الطَّهُوْرِ مَا كُتِبَ لِيْ اَنْ اُصَلّىَ. البخارى و مسلم
"Wahai Bilal, ceritakan kepadaku amalan yang paling besar dan memberi harapan yang telah engkau kerjakan di dalam Islam. Aku mendengar suara sepatumu di hadapanku di dalam surga". Bilal menjawab : "Tak ada suatu amal yang banyak memberikan harapan selain daripada aku tidak berwudlu dengan sesuatu wudlu kapanpun, baik malam maupun siang, melainkan aku mengerjakan shalat dengan wudlu itu dengan shalat yang aku diberi kemampuan untuk mengerjakannya (yaitu dua rekaat sunnah Thahur)". [HR Bukhari dan Muslim].
F. Shalat Sunnah Intidhar
Shalat sunnah intidhar ialah istilah untuk shalat sunnah yang dikerjakan sebelum imam naik ke mimbar/sebelum adzan pada hari Jum'at.
Waktunya : Sejak masuk masjid di hari Jum'at hingga imam naik ke mimbar/adzan diserukan.
Cara Pelaksanaan/Bilangan Rekaatnya :
Dua rekaat salam dua rekaat salam, dengan sirr (suara lembut) dan tidak terbatas bilangan rekaatnya, boleh dikerjakan menurut kemampuan dan kehendak masing-masing. Sabda Nabi SAW :
مَنِ اغْتَسَلَ يَوْمَ اْلجُمُعَةِ ثُمَّ اَتَى اْلجُمُعَةَ فَصَلَّى مَا قُدِرَ لَهُ ثُمَّ اَنْصَتَ حَتَّى يَـْفُرغَ اْلاِمَامُ مِنْ خُطْبَتِهِ ثُمَّ يُصَلّى مَعَهُ غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَ بَيْنَ اْلجُمُعَةِ اْلاُخْرَى وَ فَضْلُ ثَلاَثَةِ اَيَّامٍ. مسلم
Barangsiapa mandi di hari Jum'at kemudian datang ke tempat shalat Jum’at, lalu shalat seberapa ia mampu, kemudian diam hingga imam selesai berkhutbah, lalu shalat bersama imam, niscaya diampuni dosanya antara dua Jum'at dan tiga hari sesudahnya. [HR. Muslim].
G. Shalat Sunnah (Ba'diyah) Jum'ah
Shalat ba’diyah Jum’at apabila dikerjakan di masjid, 4 rekaat (2 rekaat salam, 2 rekaat salam).
عَنْ اَبِىْ هُرَ يْرَةَ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اِذَا صَلَّى اَحَدُكُمُ اْلجُمُعَةَ فَلْيُصَلّ بَعْدَهَا اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ. الجماعة الا البخارى
Dari Abu Hurairah RA, bahwasanya Nabi SAW pernah bersabda : "Apabila seseorang diantara kalian shalat Jum'ah, maka hendaklah shalat sesudah itu 4 rekaat". [HR Jama'ah, kecuali Bukhari].
Apabila dikerjakan di rumah, 2 rekaat.
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ يُصَلّى بَعْدَ اْلجُمُعَةِ رَكْعَتَيْنِ فِى بَيْتِهِ. الجماعة
Dari Ibnu 'Umar RA, bahwasanya Nabi SAW biasa shalat sesudah Jum'ah 2 rekaat di rumahnya. [HR. Jama'ah].
Keterangan :
Shalat sunnah sesudah Jum'ah, Nabi SAW mengerjakannya 2 rekaat di rumahnya. Sedang menurut hadits yang pertama shalat ba'diyah Jum'ah itu 4 rekaat, maka ini bisa diambil suatu pengertian bahwa yang 4 rekaat itu dikerjakan di masjid.
H. Shalat Sunnah Istisqa'
Shalat sunnah istisqa' ialah shalat sunnah yang dikerjakan untuk memohon hujan dikala lama tidak turun hujan.
Cara Pelaksanaan/bilangan rekaatnya :
Cara pelaksanaannya ada dua macam :
a. Bersama-sama ke tanah lapang, berpakaian sederhana dan dengan merendahkan diri serta penuh rasa harap kepada Allah SWT. Kemudian diadakan khutbah dan berdoa dengan mengangkat tangan tinggi-tinggi. Lalu berpaling menghadap Qiblat dengan tetap berdoa. Setelah itu shalat dua rekaat dengan suara nyaring (jahr).
b. Bila dilakukan pada hari Jum'ah, maka cukup dengan berdoa ketika khutbah Jum'ah, yaitu :
اَللّهُمَّ اَغِثْنَا، اَللّهُمَّ اَغِثْنَا، اَللّهُمَّ اَغِثْنَا
"Ya Allah berilah kami hujan". X 3
Atau dengan lafadh :
اَللّهُمَّ اسْقِنَا، اَللّهُمَّ اسْقِنَا، اَللّهُمَّ اسْقِنَا
"Ya Allah berilah kami hujan". X 3
Dalil-dalil pelaksanaannya :
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: شَكَا النَّاسُ اِلَى رَسُوْلِ اللهِ ص قُحُوْطَ اْلمَطَرِ. فَاَمَرَ بِمِنْبَرٍ فَوُضِعَ لَهُ بِاْلمُصَلَّى. وَوَعَدَ النَّاسَ يَوْمًا يَخْرُجُوْنَ فِيْهِ. فَخَرَجَ حِيْنَ بَدَا حَاجِبُ الشَّمْسِ فَقَعَدَ عَلَى اْلِمنْبَرِ. فَكَبَّرَ وَحَمِدَ اللهَ، ثُمَّ قَالَ: اِنَّكُمْ شَكَوْتُمْ جَدْبَ دِيَارِكُمْ وَقَدْ اَمَرَكُمُ اللهُ اَنْ تَدْعُوْهُ وَ وَعَدَكُمْ اَنْ يَسْتَجِيْبَ لَكُمْ. ثُمَّ قَالَ: اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبّ اْلعَالَمِيْنَ. اَلرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. مَالِكِ يَوْمِ الدّيْنِ. لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ. يَفْعَلُ مَا يُرِيْدُ، اَللّهُمَّ اَنْتَ اللهُ. لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ، اَنْتَ اْلغَنِيُّ وَ نَحْنُ اْلفُقُرَاءُ. اَنْزِلْ عَلَيْنَا اْلغَيْثَ وَاجْعَلْ مَا اَنْزَلْتَ عَلَيْنَا قُوَّةً وَ بَلاَغًا اِلَى حِيْنٍ. ثُمَّ رَفَعَ يَدَيْهِ فَلَمْ يَزَلْ حَتَّى رُئِيَ بَيَاضُ اِبْطَيْهِ ثُمَّ حَوَّلَ اِلىَ النَّاسِ ظَهْرَهُ وَقَلَبَ رِدَاءَهُ وَهُوَ رَافِعٌ يَدَيْهِ ثُمَّ اَقْبَلَ عَلَى النَّاسِ وَ نَزَلَ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ. ابوداود
Dari 'Aisyah, ia berkata : Orang-orang telah datang mengadu pada Rasulullah SAW tentang tidak adanya hujan. Maka Rasulullah SAW memerintahkan agar diadakan mimbar, lalu mereka menyediakan itu di tanah lapang tempat shalat. Dan Rasulullah SAW menentukan satu hari untuk manusia berkumpul di tempat itu. Maka pada hari yang ditentukan Rasulullah SAW keluar pada waktu matahari terbit, kemudian beliau duduk di atas mimbar, lalu bertakbir dan memuji Allah. Setelah itu beliau bersabda : "Sesungguhnya kamu mengadu kekeringan dan kelambatan hujan daripada waktu yang biasa, sedang Allah telah memerintahkan agar kamu sekalian memohon kepada-Nya dan Ia menjanjikan akan memperkenankan permohonanmu". Kemudian beliau berdoa "Al-hamdu lillaahi Robbil 'aalamiin. Arrohmaanir-rohiim. Maaliki yaumid-diin. Laa ilaaha illallooh. Yaf’alu maa yuriid. Alloohumma antallooh. Laa ilaaha illaa anta. Antal ghoniyyu wa nahnul fuqoroo-u. Anzil ‘alainaal ghoitsa waj’al maa anzalta ‘alainaa quwwatan wa balaaghon ilaa hiin". (Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang memiliki hari pembalasan. Tidak ada Tuhan yang layak disembah melainkan Allah. Ia berbuat apa yang dikehendaki-Nya. Ya Allah, Engkaulah Allah yang tidak ada Tuhan melainkan Engkau. Engkaulah Yang Maha Kaya dan kamilah yang sangat membutuhkan(Mu), turunkanlah atas kami hujan dan jadikanlah apa yang Engkau turunkan atas kami itu kekuatan dan bekal hingga satu masa). Dan beliau mengangkat tangannya dan tetap demikian itu sehingga kelihatan putih kedua ketiaknya. Setelah itu beliau berpaling membelakangi orang ramai dan membalikkan (memindahkan) selendangnya dan tetap mengangkat kedua tangannya, lalu beliau menghadap kepada khalayak ramai, dan turun dari mimbar, kemudian beliau shalat dua rekaat". [HR. Abu Dawud].
عَنْ عَبْدِ اللهِ ابْنِ اَبِى بَكْرٍ سَمِعَ عَبَّادَ بْنَ تَمِيْمٍ عَنْ عَمّهِ قَالَ: خَرَجَ النَّبِيُّ ص اِلَى اْلمُصَلَّى يَسْتَسْقِى وَ اسْتَقْبَلَ اْلقِبْلَةَ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَ قَلَبَ رِدَاءَهُ. قَالَ سُفْيَانُ فَاَخْبَرَنِى اْلمَسْعُوْدِيُّ عَنْ اَبِى بَكْرٍ قَالَ جَعَلَ اْليَمِيْنَ عَلَى الشّمَالِ. البخارى 2: 20
Dari ‘Abdullah bin Abu Bakar, ia mendengar ‘Abbad bin Tamim dari pamannya, ia berkata, “Nabi SAW pernah keluar ke mushalla untuk meminta hujan. Beliau menghadap qiblat, lalu shalat dua rekaat, dan membalik selendang beliau”. Sufyan (salah seorang perawi hadits ini) berkata : Mas’udiy mengkhabarkan kepadaku dari Abu Bakar, ia berkata, “(Yang dimaksud membalik selendang beliau ialah) mengalihkan yang sebelah kanan ke sebelah kiri”. [HR. Bukhari juz 2, hal. 20]
قَالَ اَنَسٌ: اِنَّ رَجُلاً دَخَلَ اْلمَسْجِدَ يَوْمَ جُمُعَةٍ وَ رَسُوْلُ اللهِ ص قَائِمٌ يَخْطُبُ. فَاسْتَقْبَلَ رَسُوْلَ اللهِ ص قَائِمًا ثُمَّ قَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ هَلَكَتِ اْلاَمْوَالُ وَ انْقَطَعَتِ السُّبُلُ فَادْعُ اللهَ يُغِثْنَا. فَرَفَعَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَدَيْهِ ثُمَّ قَالَ: اَللّهُمَّ اَغِثْنَا، اَللّهُمَّ اَغِثْنَا، اَللّهُمَّ اَغِثْنَا. متفق عليه
Telah berkata Anas : Sesungguhnya ada seorang laki-laki masuk ke masjid pada hari Jum'at ketika Rasulullah SAW sedang berkhutbah. Lalu ia menghadap Rasulullah SAW sambil berdiri dan berkata : "Ya Rasulullah, telah binasa hewan-hewan dan terputus perjalanan, maka mohonlah kepada Allah, niscaya Allah memberi hujan kepada kita". Maka Rasulullah SAW pun mengangkat kedua tangannya dan berdoa, "Alloohumma aghitsnaa, Alloohumma aghitsnaa, Alloohumma aghitsnaa". (Ya Allah, berilah kami hujan. X 3 ) [HR. Muttafaq 'Alaih]
عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ يَذْكُرُ اَنَّ رَجُلاً دَخَلَ يَوْمَ اْلجُمُعَةِ مِنْ بَابٍ كَانَ وُجَاهَ اْلمِنْبَرِ وَ رَسُوْلُ اللهِ ص قَائِمٌ يَخْطُبُ فَاسْتَقْبَلَ رَسُوْلَ اللهِ ص قَائِمًا فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، هَلَكَتِ اْلمَوَاشِى وَ انْقَطَعَتِ السُّبُلُ فَادْعُ اللهَ يُغِيْثُنَا. قَالَ: فَرَفَعَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَدَيْهِ فَقَالَ: اَللّهُمَّ اسْقِنَا، اَللّهُمَّ اسْقِنَا، اَللّهُمَّ اسْقِنَا. قَالَ اَنَسٌ: وَ لاَ وَ اللهِ مَا نَرَى فِى السَّمَاءِ مِنْ سَحَابٍ وَ لاَ قَزَعَةً وَ لاَ شَيْئًا وَ مَا بَيْنَنَا وَ بَيْنَ سَلْعٍ مِنْ بَيْتٍ وَ لاَ دَارٍ. قَالَ: فَطَلَعَتْ مِنْ وَرَائِهِ سَحَابَةٌ مِثْلُ التُّرْسِ. فَلَمَّا تَوَسَّطَتِ السَّمَاءَ انْتَشَرَتْ ثُمَّ اَمْطَرَتْ. قَالَ: وَ اللهِ مَا رَأَيْنَا الشَّمْسَ سَبْتًّا. ثُمَّ دَخَلَ رَجُلٌ مِنْ ذَلِكَ اْلبَابِ فِى اْلجُمُعَةِ اْلمُقْبِلَةِ وَ رَسُوْلُ اللهِ ص قَائِمٌ يَخْطُبُ فَاسْتَقْبَلَهُ قَائِمًا فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، هَلَكَتِ اْلاَمْوَالُ وَ انْقَطَعَتِ السُّبُلُ فَادْعُ اللهِ يُمْسِكُهَا. قَالَ: فَرَفَعَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَدَيْهِ ثُمَّ قَالَ: اَللّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَ لاَ عَلَيْنَا، اَللّهُمَّ عَلَى اْلآكَامِ وَ اْلجِبَالِ وَ الظّرَابِ وَ اْلاَوْدِيَةِ وَ مَنَابِتِ الشَّجَرِ. قَالَ: فَانْقَطَعَتْ وَ خَرَجْنَا نَمْشِى فِى الشَّمْسِ. قَالَ شَرِيْكٌ: فَسَاَلْتُ اَنَسًا: اَ هُوَ الرَّجُلُ اْلاَوَّلُ. قَالَ: لاَ اَدْرِى. البخارى 2: 16
Dari Anas bin Malik, ia berkata : Pada suatuhari Jumat ada seorang laki-laki masuk ke masjid dari pintu yang berhadapan dengan mimbar, ketika Rasulullah SAW sedang berkhutbah.Orang itu berdiri di hadapan Rasulullah SAW dan berkata, “Wahai Rasulullah, hewan-hewan ternak telah binasa dan jalan-jalan terputus. Karena itu mohonlah kepada Allah semoga Dia menurunkan hujan kepada kita”. Anas berkata : Lalu Rasulullah SAW mengangkat tangan beliau dan berdoa, “Ya Allah, turunkanlah hujan kepada kami”, X 3. Anas berkata, “Demi Allah, semula kami tidak melihat di langit awan yang bergumpal maupun yang terpencar dan sesuatu (tanda-tanda akan turun hujan), dan tidak ada sebuah rumah maupun kampung antara kami dan bukit Sala’ (yang menutupi pandangan kami)“. Anas berkata, “Tetapi sebentar kemudian kami lihat awan naik dari belakang bukit seperti perisai. Setelah berada di tengah langit, awan itu lalu menyebar dan kemudian hujan pun turun”. Anas berkata, “Demi Allah, kami tidak dapat melihat matahari selama tujuh hari. Kemudian pada hari Jum’at berikutnya, ketika Rasulullah SAW sedang berkhutbah, ada seorang laki-laki datang dari pintu itu juga menghadap kepada Rasulullah dan berkata, “Wahai Rasulullah, telah binasa harta benda dan telah putus jalan-jalan. Karena itu berdoalah kepada Allah supaya Dia menghentikan hujan”. Anas berkata : Kemudian Rasulullah SAW mengangkat kedua tangan beliau dan berdoa, “Ya Allah, turunkanlah hujan ini di sekitar kami dan tidak di atas kami. Ya Allah, turunkanlah di tempat-tempat yang tinggi, di gunung-gunung, di bukit-bukit, di tempat-tempat pengambilan air, dan di tempat-tempat pepohonan”. Anas berkata, “Maka berhentilah hujan tersebut, dan kami dapat keluar dan berjalan di bawah sinar matahari”. Syarik bertanya kepada Anas, “Apakah orang laki-laki yang datang itu orang yang dulu juga ?”. Anas berkata, “Aku tidak tahu”. [HR. Bukhari juz 2, hal. 16]
I. Shalat Sunnah Istikharah.
Shalat sunnah Istikharah ialah istilah shalat sunnah yang dilakukan ketika akan mengerjakan sesuatu pekerjaan yang penting untuk memohon petunjuk ke arah kebaikan.
Waktunya : Tidak tertentu, boleh dikerjakan pagi, siang, maupun malam
Cara pelaksanaan/bilangan rekaatnya :
Shalat ini bilangan rekaatnya, 2 rekaat dan dengan sirr (suara lembut).
قَالَ جَابِرٌ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُعَلّمُنَا اْلاِسْتِخَارَةَ فِى اْلاُمُوْرِ كُلّهَا كَمَا يُعَلّمُنَا السُّوْرَةَ مِنَ اْلقُرْانِ يَقُوْلُ: اِذَا هَمَّ اَحَدُكُمْ بِاْلاَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ اْلفَرِيْضَةِ ثُمَّ لْيَقُلْ: اَللّهُمَّ اِنّى اَسْتَخِيْرُكَ ... وَ يُسَمّى حَاجَتَهُ. البخارى
Telah berkata Jabir, Rasulullah SAW pernah mengajarkan kepada kami istikharah dalam semua urusan penting sebagaimana beliau mengajarkan surat Al-Qur'an kepada kami. Beliau bersabda : "Apabila seseorang dari padamu akan mengerjakan suatu perkara hendaklah ia shalat 2 rekaat yang bukan shalat fardlu, kemudian hendaklah berdoa "Alloohmmua innii astakhiiruka ...." dan hendaklah ia sebutkan hajatnya". [HR. Bukhari].
Doa tersebut sebagai berikut :
اَللّهُمَّ اِنّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَ اَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَ اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ اْلعَظِيْمِ. فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ اَقْدِرُ وَ تَعْلَمُ وَلاَ اَعْلَمُ. وَ اَنْتَ عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ. اَللّهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَا اْلاَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى دِيْنِيْ وَ مَعَاشِيْ وَ عَاقِبَةِ اَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَ يَسّرْهُ لِيْ، ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ. وَ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَا اْلاَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَ مَعَاشَيْ وَ عَاقِبَةِ اَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنّيْ وَ اصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَ اقْدُرْلِيَ اْلخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ اَرْضِنِيْ بِهِ. البخارى
Ya Allah, sesungguhnya aku mohon Engkau pilihkan yang baik dengan pengetahuan-Mu, aku mohon Engkau memberi kekuatan dengan kekuasaan-Mu, dan aku mohon karunia-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau berkuasa sedang aku tidak berkuasa, dan Engkau mengetahui, sedangkan aku tidak mengetahui. Engkau yang amat mengetahui perkara-perkara yang ghaib. Ya Allah, kalau Engkau ketahui bahwa perkara ini baik bagiku, agamaku penghidupanku dan buat hari penghabisanku, maka berikanlah dia kepadaku dan mudahkanlah (urusannya) buatku dan berkahilah aku dengannya. Dan jika memang Engkau ketahui bahwa perkara ini tidak baik bagiku, bagi agamaku, penghidupanku dan hari penghabisanku, maka jauhkanlah dia dariku dan jauhkanlah aku darinya. Dan berikanlah kepadaku kebaikan itu walau dimanapun adanya, serta jadikanlah aku orang yang ridla akan (pemberian) itu". [HSR. Bukhari].
J. Shalat Kusuf, shalat Khusuf.
Kusuf/Khusuf ialah istilah yang diberikan untuk shalat sunnah di waktu terjadi gerhana matahari maupun gerhana bulan.
Bilangan rekaat/Cara Pelaksanaannya :
- Shalat kusuf/khusuf ini utamanya dilaksanakan di masjid secara berjama'ah dan dengan khutbah sesudah shalat.
- Shalat gerhana itu tanpa adzan dan iqamah; tetapi hanya panggilan, misalnya "Ash-Sholaatu Jaami'ah" (Mari kita berkumpul untuk shalat)
- Shalat sunnah ini dikerjakan sebanyak 2 rekaat dengan bacaan jahr.
- Pada Tiap-tiap rekaat mengandung 2 ruku' dan 2 sujud dengan cara sebagai berikut :
1. Takbiratul Ihram, 2. Membaca doa iftitah, 3. Membaca ta'awudz, 4. Membaca Basmalah, 5. Membaca Al-Fatihah, 6. Membaca Amin, 7. Membaca Surat/Ayat Al-Qur'an, 8. Ruku' dan membaca tasbih ruku', 9. I'tidal (berdiri tegak kembali), 10. Membaca Surat/Ayat Al-Qur'an (tangan bersedekap seperti semula), 11. Ruku' dan membaca tasbih ruku', 12. I'tidal (berdiri tegak kembali), 13. Sujud dan membaca tasbih sujud, 14. Duduk antara dua sujud, 15. Sujud kedua. Kemudian berdiri untuk rekaat yang kedua. Pada rekaat kedua dikerjakan seperti rekaat yang pertama tadi, (mulai dari urutan nomor 4, dan seterusnya), 16, Duduk Attahiyat dengan membaca tasyahud dan shalawat, 17. Salam. Kemudian tenang untuk mendengarkan khutbah.
Keterangan :
Untuk nomor 10 ini ada 2 pendapat :
Pertama, hanya membaca surat/ ayat Al-Qur’an saja.
Kedua, membaca Al-Fatihah dan surat/ ayat Al-Qur’an.
Dalil Pelaksanaannya :
عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيّ ص قَالَتْ: خَسَفَتِ الشَّمْسُ فِى حَيَاةِ رَسُوْلِ اللهِ ص، فَخَرَجَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِلىَ اْلمَسْجِدِ فَقَامَ وَ كَبَّرَ وَصَفَّ النَّاسُ وَرَاءَهُ. فَاقْتَرَأَ رَسُوْلُ اللهِ ص قِرَاءَةً طَوِيْلَةً ثُمَّ كَبَّرَ فَرَكَعَ رُكُوْعًا طَوِيْلاً. ثُمَّ رَفَعَ رَأْسَهُ فَقَالَ: سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ رَبَّنَا وَ لَكَ اْلحَمْدُ. ثُمَّ قَامَ فَاقْتَرَأَ قِرَاءَةً طَوِيْلَةً. هِيَ اَدْنَى مِنَ اْلقِرَاءَةِ اْلاُوْلىَ. ثُمَّ كَبَّرَ فَرَكَعَ رُكُوْعًا طَوِيْلاً هُوَ اَدْنَى مِنَ الرُّكُوْعِ اْلاَوَّلِ. ثُمَّ قَالَ: سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ رَبَّنَا وَلَكَ اْلحَمْدُ. ثُمَّ سَجَدَ ثُمَّ فَعَلَ فِى الرَّكْعَةِ اْلاُخْرَى مِثْلَ ذلِكَ حَتَّى اسْتَكْمَلَ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ وَ اَرْبَعَ سَجَدَاتٍ. وَ انْجَلَتِ الشَّمْسُ قَبْلَ اَنْ يَنْصَرِفَ. ثُمَّ قَامَ فَخَطَبَ النَّاسَ. فَأَثْنَى عَلَى اللهِ بِمَا هُوَ اَهْلُهُ، ثُمَّ قَالَ: اِنَّ الشَّمْسَ وَ اْلقَمَرَ ايَتَانِ مِنْ ايَاتِ اللهِ. لاَ يَخْسِفَانِ لِمَوْتِ اَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِ. فَاِذَا رَأَيْتُمُوْهَا فَافْزَعُوْا لِلصَّلاَةِ. متفق عليه
Dari 'Aisyah istri Nabi SAW, ia berkata : "Sesungguhnya telah terjadi gerhana matahari dimasa Rasulullah SAW. Maka Rasulullah SAW pergi ke masjid. Kemudian beliau berdiri dan bertakbir dan orang-orang bershaf di belakang beliau. Dalam shalat tersebut Rasulullah SAW membaca bacaan yang panjang. Kemudian beliau bertakbir dan ruku' dengan ruku' yang panjang pula. Kemudian beliau mengangkat kepalanya sambil membaca"Sami'alloohu liman hamidah, robbanaa wa lakal hamdu". Lalu beliau membaca lagi bacaan yang panjang, tetapi lebih pendek dari pada bacaan yang pertama. Sesudah itu beliau bertakbir lalu ruku' dengan ruku' yang panjang, tetapi lebih pendek dari pada ruku' yang pertama tadi. Kemudian beliau membaca (sambil berdiri) "Sami'alloohu liman hamidah, robbanaa wa lakal hamdu". Sesudah itu beliau sujud. Kemudian beliau melaksanakan pada rekaat yang kedua demikian itu pula, sehingga genap empat kali ruku' dan empat kali sujud, sedang gerhana pun habis sebelum beliau selesai (shalat). Setelah itu Rasulullah SAW berkhutbah, memuji Allah dengan pujian-pujian-Nya, kemudian beliau bersabda : "Sesungguhnya matahari dan bulan itu adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah. Dua-duanya tidaklah gerhana karena mati atau lahirnya seseorang. Apabila kamu sekalian melihat yang demikian itu maka segeralah untuk melaksanakan shalat". [HR. Muttafaq 'Alaih]
عَنْ اَبِى مُوْسَى قَالَ: خَشَفَتِ الشَّمْسُ فَقَامَ النَّبِيُّ ص فَزِعًا يَخْشَى اَنْ تَكُوْنَ السَّاعَةُ. فَاَتَى اْلمَسْجِدَ فَصَلَّى بِاَطْوَلِ قِيَامٍ وَ رُكُوْعٍ وَ سُجُوْدٍ مَا رَأَيْتُهُ قَطُّ يَفْعَلُهُ وَ قَالَ: هذِهِ اْلآيَاتُ الَّتِى يُرْسِلُ اللهُ لاَ تَكُوْنُ لِمَوْتِ اَحَدٍ وَ لاَ لِحَيَاتِهِ وَ لكِنْ يُخَوّفُ اللهُ بِهَا عِبَادَهُ. فَاِذَا رَاَيْتُمْ شَيْئًا مِنْ ذلِكَ فَافْزَعُوْا اِلَى ذِكْرِهِ وَ دُعَاءِهِ وَ اسْتِغْفَارِهِ. البخارى فى فتح البارى 2: 634
Dari Abu Musa, ia berkata : Telah terjadi gerhana matahari, maka Nabi SAW bangkit ketakutan, khawatir kalau terjadi qiyamat. Kemudian beliau datang ke masjid, lalu shalat dengan berdiri, ruku’ dan sujud yang sangat lama yang sama sekali aku belum pernah melihat beliau mengerjakan seperti itu. Kemudian beliau bersabda, “Ayat-ayat (gerhana) yang Allah kirimkan ini bukanlah terjadi karena matinya seseorang dan tidak pula karena hidupnya (lahirnya) seseorang. Akan tetapi Allah memberi peringatan kepada hamba-hamba-Nya (agar takut kepada siksa-Nya). Apabila kalian melihat sesuatu yang demikian itu maka segeralah ingat kepada-Nya, berdoa kepada-Nya dan mohon ampun kepada-Nya”. [HR. Bukhari dalam Fathul Baari juz 2, hal. 634]
~oO[ A ]Oo~
Tidak ada komentar:
Posting Komentar