Risalah Janaiz 4

Janaiz
26. Mengusung jenazah
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: اَسْرِعُوْا بِاْلجَنَازَةِ، فَاِنْ تَكُ صَالِحَةً فَخَيْرٌ تُقَدّمُوْنَهَا. وَ اِنْ تَكُ سِوَى ذلِكَ فَشَرٌّ تَضَعُوْنَهُ عَنْ رِقَابِكُمْ. البخارى 2: 87
Dari Abu Hurairah RA, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Segerakanlah urusan jenazah, karena apabila jenazah itu orang yang shaleh, berarti kamu mendekatkannya kepada kebaikan, dan apabila ia tidak demikian yakni orang yang jahat, berarti kamu telah melepaskan beban dari pundakmu”. [HR. Bukhari juz 2, hal. 87]
عَنْ اِبِى سَعِيْدِ اْلخُدْرِيّ رض قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص يَقُوْلُ: اِذَا وُضِعَتِ اْلجَنَازَةُ فَاحْتَمَلَهَا الرّجَالُ عَلَى اَعْنَاقِهِمْ فَاِنْ كَانَتْ صَالِحَةً قَالَتْ: قَدّمُوْنِى، وَ اِنْ كَانَتْ غَيْرَ صَالِحَةٍ قَالَتْ ِلاَهْلِهَا: يَا وَيْلَهَا، اَيْنَ يَذْهَبُوْنَ بِهَا؟ يَسْمَعُ صَوْتَهَا كُلُّ شَيْءٍ اِلاَّ اْلاِنْسَانَ. وَ لَوْ سَمِعَ اْلاِنْسَانُ لَصَعِقَ. البخارى 2: 88
Dari Abu Sa’id al-Khudriy RA, ia berkata : Nabi SAW pernah bersabda, “Apabila jenazah telah diletakkan di pundak orang-orang yang mengangkatnya, maka apabila itu jenazahnya orang shalih, ia akan berkata, “Segerakanlah aku”. Dan jika jenazah itu bukan orang yang shalih, maka ia berkata kepada keluarganya, “Aduh celaka, kemana mereka akan membawanya ?”. Suaranya itu didengar oleh segala sesuatu, kecuali manusia. Dan seandainya manusia mendengarnya, pasti ia pingsan”. [HR. Bukhari juz 2, hal. 88]
عَنْ اَبِى مُوْسَى قَالَ: مَرَّتْ بِرَسُوْلِ اللهِ ص جَنَازَةٌ تَمْخَضُ مَخْضَ الزَّفّ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: عَلَيْكُمُ اْلقَصْدَ. احمد، فى نيل الاوطار 4: 79
Dari Abu Musa, ia berkata : Ada jenazah wanita hamil (perutnya) seperti qirbah dibawa melewati Rasulullah SAW, lalu beliau bersabda, “Hendaklah kamu berjalan perlahan-lahan”. [HR. Ahmad, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 79]
عَنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ قَالَ: مَنِ اتَّبَعَ جَنَازَةً فَلْيَحْمِلْ بِجَوَانِبِ السَّرِيْرِ كُلّهَا. فَاِنَّهُ مِنَ السُّنَّةِ. ثُمَّ اِنْ شَاءَ فَلْيَتَطَوَّعْ. وَ اِنْ شَاءَ فَلْيَدَعْ. ابن ماجه 1: 474، منقطع
Dari ‘Abdullah bin Mas’ud, ia berkata, “Barangsiapa yang mengantar jenazah, maka bawalah pada sisi-sisi usungannya semuanya, karena begitulah menurut sunnah (Nabi SAW), kemudian barangsiapa suka, kerjakanlah dengan sukarela dan barangsiapa tidak, maka tinggalkanlah”. [HR. Ibnu Majah juz 1, hal. 474, munqathi’]
عَنْ اَبِى بَكْرَةَ قَالَ: رَأَيْتُنَا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص وَ اِنَّا لَنَكَادُ نَرْمُلُ بِاْلجَنَازَةِ رَمْلاً. احمد و النسائى فى نيل الاوطار 4: 79
Dari Abu Bakrah, ia berkata, “Sesungguhnya kami pernah mengiringkan jenazah bersama Rasulullah SAW, pada waktu itu kami hampir lari-lari kecil”. [HR. Ahmad dan Nasai, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 79]
عَنْ مَحْمُوْدِ بْنِ لَبِيْدٍ عَنْ رَافِعٍ قَالَ: اَسْرَعَ النَّبِيُّ ص حَتَّى تَقَطَّعَتْ نِعَالُنَا يَوْمَ مَاتَ سَعْدُ بْنُ مُعَاذٍ. البخارى فى تاريخه، فى نيل الاوطار 4: 80
Dari Mahmud bin Labid, dari Rafi’, ia berkata, “Nabi SAW pernah berjalan cepat sehingga sandal-sandal kami putus ketika hari meninggalnya Sa’ad bin Mu’adz”. [HR. Bukhari di dalam tarikhnya, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 80]
Keterangan :
Membawa jenazah dengan cepat itu disunnatkan, tetapi cepatnya itu sekiranya tidak berlebihan, sehingga dikhawatirkan akan mengakibatkan terjadinya gangguan pada mayyit maupun si pembawa dan pengantar jenazah itu sendiri.
عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: نَهَى رَسُوْلُ اللهِ ص اَنْ نَتَّبِعَ جَنَازَةً مَعَهَا رَانَّةٌ. احمد و ابن ماجه، فى نيل الاوطار 4: 83
Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata, “Rasulullah SAW melarang kami mengantar jenazah dengan diiringi suatu ratapan”. [HR. Ahmad dan Ibnu Majah, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 83]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: لاَ تُتْبَعُ اْلجَنَازَةُ بِصَوْتٍ وَ لاَ نَارٍ. ابو داود 3: 203، ضعيف لانه فى اسناده اسم مبهم
Dari Abu Hurairah, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Tidak boleh mengiringkan jenazah dengan suara (keras), dan tidak boleh pula dengan api”. [HR. Abu Dawud juz 3, hal. 203, dla’if karena dalam sanadnya ada perawi yang tidak disebutkan namanya]
عَنْ اَبِى بُرْدَةَ قَالَ: اَوْصَى اَبُوْ مُوْسَى حِيْنَ حَضَرَهُ اْلمَوْتُ فَقَالَ: لاَ تَتَّبِعُوْنِى بِمِجْمَرٍ. قَالُوْا: اَوَ سَمِعْتَ فِيْهِ شَيْئًا؟ قَالَ: نَعَمْ، مِنْ رَسُوْلِ اللهِ ص. ابن ماجه، فى نيل الاوطار 4: 83
Dari Abu Burdah, ia berkata ketika Abu Musa akan meninggal, ia berwashiyat, ia berkata, “Janganlah kalian mengantar (jenazah)-ku dengan membawa pedupaan”. Lalu teman-temannya bertanya, “Apakah hal itu pernah kamu dengar (dari Rasulullah) ?”. Ia menjawab, “Ya (aku dengar) dari Rasulullah SAW”. [HR. Ibnu Majah, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 83]
Keterangan :
Hadits diatas menunjukkan bahwa mengantar jenazah dengan ratapan itu dilarang.
Dan perkataan “mijmar” itu artinya tempat membakar dupa. Ini menunjukkan bahwa membawa jenazah dengan membawa pedupaan itu dilarang, karena hal itu adalah perbuatan orang jahiliyah, yang telah diberantas oleh Nabi SAW.

27.  Berjalan di depan jenazah dan tentang pengantar yang berkendaraan
عَنِ اْلمُغِيْرَةِ بْنِ شُعْبَةَ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: اَلرَّاكِبُ خَلْفَ اْلجَنَازَةِ وَ اْلمَاشِى اَمَامَهُ قَرِيْبًا مِنْهَا عَنْ يَمِيْنِهَا اَوْ عَنْ يَسَارِهَا وَ السّقْطُ يُصَلَّى عَلَيْهِ وَ يُدْعَى لِوَالِدَيْهِ بِاْلمَغْفِرَةِ وَ الرَّحْمَةِ. احمد
Dari Mughirah bin Syaibah dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Orang yang berkendaraan hendaklah berjalan di belakang jenazah dan orang yang berjalan kaki hendaklah berjalan di depannya berdekatan dengannya, di sebelah kanan atau kirinya, sedang anak yang baru lahir lalu meninggal juga dishalatkan dan didoakan supaya mendapat ampunan dan rahmat untuk kedua orang tuanya”. [HR. Ahmad]
وَ اَبُوْ دَاوُدَ وَ قَالَ فِيْهِ: وَ اْلمَاشِى يَمْشِى خَلْفَهَا وَ اَمَامَهَا وَ عَنْ يَمِيْنِهَا وَ يَسَارِهَا قَرِيْبًا مِنْهَا
Dan Abu Dawud (meriwayatkan), ia berkata di dalam riwayatnya itu (dengan lafadh), “Dan orang yang berjalan kaki hendaklah berjalan di belakang jenazah, di depannya, di kanannya, dan di kirinya berdekatan dengannya”.
وَ فِى رِوَايَةٍ: اَلرَّاكِبُ خَلْفَ اْلجَنَازَةِ وَ اْلمَاشِى حَيْثُ شَاءَ مِنْهَا وَ الطّفْلُ يُصَلَّى عَلَيْهِ. احمد و النسائى و الترمذى و صححه، فى نيل الاوطار 4: 52
Dan dalam satu riwayat (dikatakan), “Orang yang berkendaraan hendaklah berjalan di belakang jenazah, sedang orang yang berjalan kaki sesukanya, dan (jenazah) anak kecil juga dishalatkan”. [HR. Ahmad, Nasai dan Tirmidzi, dan Tirmidzi mengesahkannya, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 52].
عَنِ ابْنِ عُمَرَ اَنَّهُ رَأَى النَّبِيَّ ص وَ اَبَا بَكْرٍ وَ عُمَرَ يَمْشُوْنَ اَمَامَ اْلجَنَازَةِ. الخمسة و احتج به احمد، فى نيل الاوطار 4: 81
Dari Ibnu ‘Umar bahwasanya ia pernah melihat Nabi SAW, Abu Bakar dan ‘Umar berjalan di depan jenazah. [HR. Khomsah, dan Ahmad menjadikan hadits ini sebagai hujjah, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 81]
عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص اِتَّبَعَ جَنَازَةَ ابْنِ الدَّحْدَاحِ مَاشِيًا، وَ رَجَعَ عَلَى فَرَسٍ. الترمذى
Dari Jabir bin Samurah bahwa Nabi SAW mengantarkan jenazah Ibnu Dahdah dengan jalan kaki dan pulang dengan naik kuda. [HR. Tirmidzi]
وَ فِى رِوَايَةٍ اُتِيَ بِفَرَسٍ مُعْرَوْرٍ، فَرَكِبَهُ حِيْنَ انْصَرَفْنَا مِنْ جَنَازَةِ ابْنِ الدَّحْدَاحِ، وَ نَحْنُ نَمْشِى حَوْلَهُ. احمد و مسلم و النسائى، فى نيل الاوطار 4: 82
Dan dalam satu riwayat (dikatakan), “Nabi SAW dibawakan seekor kuda tanpa pelana, lalu beliau menaikinya ketika selesai dari mengubur jenazah Ibnu Dahdah, sedang kami berjalan di sekelilingnya”. [HR. Ahmad, Muslim dan Nasai, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 82]
عَنْ ثَوْبَانَ قَالَ: خَرَجْنَا مَعَ النَّبِيّ ص فِى جَنَازَةٍ، فَرَأَى نَاسًا رُكْبَانًا، فَقَالَ: اَلاَ تَسْتَحْيُوْنَ اَنَّ مَلاَئِكَةَ اللهِ عَلَى اَقْدَامِهِمْ وَ اَنْتُمْ عَلَى ظُهُوْرِ الدَّوَابّ؟ احمد و ابن ماجه و الترمذى، فى نيل الاوطار 4: 82
Dari Tsauban, ia berkata : Kami pernah keluar bersama Nabi SAW dalam (mengantarkan) jenazah, kemudian beliau melihat orang-orang berkendaraan, lalu bersabda, “Apakah kamu tidak malu, sebab para malaikat berjalan kaki, sedang kamu di atas punggung-punggung binatang ?”. [HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 82]
عَنْ ثَوْبَانَ اَيْضًا اِنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص اُتِيَ بِدَابَّةٍ، وَ هُوَ مَعَ جَنَازَةٍ، فَأَبَى اَنْ يَرْكَبَهَا. فَلَمَّا انْصَرَفَ اُتِيَ بِدَابَّةٍ فَرَكِبَ. فَقِيْلَ لَهُ، فَقَالَ: اِنَّ اْلمَلاَئِكَةَ كَانَتْ تَمْشِى، فَلَمْ اَكُنْ ِلاَرْكَبَ وَ هُمْ يَمْشُوْنَ. فَلَمَّا ذَهَبُوْا رَكِبْتُ. ابو داود 3: 204
Dari Tsauban juga, bahwasanya Rasulullah SAW pernah dibawakan kendaraan ketika beliau sedang mengantarkan jenazah, lalu beliau menolak untuk menaikinya. Tetapi setelah selesai penguburan beliau dibawakan kendaraan lagi, lalu beliau menaikinya. Ada yang bertanya kepada beliau, lalu beliau menjawab, “Sesungguhnya para malaikat tadi berjalan kaki, maka tidak pantas aku naik kendaraan sedang mereka berjalan kaki, tetapi setelah mereka pergi, maka aku pun naik kendaraan”. [HR. Abu Dawud juz 3, hal. 204]
27.  Orang yang mengantarkan jenazah dilarang duduk sebelum mayyit diletakkan
عَنْ اَبِى سَعِيْدٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا رَأَيْتُمُ اْلجَنَازَةَ فَقُوْمُوْا لَهَا. فَمَنِ اتَّبَعَهَا فَلاَ يَجْلِسْ حَتَّى تُوْضَعَ. الجماعة الا ابن ماجه، فى نيل الاوطار 4: 84
Dari Abu Sa’id ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Apabila kamu melihat jenazah, maka berdirilah untuk menghormatinya, dan barangsiapa yang mengantarkannya, maka janganlah ia duduk sehingga jenazah itu diletakkan”. [HR. Jama’ah, kecuali Ibnu Majah, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 84]
Keterangan :
Perkataan “barangsiapa yang mengantarkannya, maka janganlah ia duduk” itu, menunjukkan dilarang duduk bagi orang yang mengantarkan jenazah, sehingga jenazah itu diletakkan di tanah atau di liang lahad.

28.  Adab duduk dan berjalan di pekuburan
عَنِ اْلبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ: خَرَجْنَا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص فِى جَنَازَةِ رَجُلٍ مِنَ اْلاَنْصَارِ، فَانْتَهَيْنَا اِلَى اْلقَبْرِ، وَ لَمْ يُلْحَدْ بَعْدُ، فَجَلَسَ النَّبِيُّ ص مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ وَ جَلَسْنَا مَعَهُ. ابو داود 3: 213
Dari Al-Baraa’ bin ‘Aazib, ia berkata, “Kami pernah keluar bersama Rasulullah SAW mengantar jenazah seorang laki-laki kaum Anshar, kemudian setelah kami sampai di pekuburan, kubur itu belum digali lahadnya, kemudian Nabi SAW duduk sambil menghadap qiblat, sedang kami duduk bersama beliau”. [HR. Abu Dawud juz 3, hal. 213]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: َلاَنْ يَجْلِسَ اَحَدُكُمْ عَلَى جَمْرَةٍ فَتَحْرِقَ ثِيَابَهُ، فَتَخْلُصَ اِلَى جِلْدِهِ، خَيْرٌ لَهُ مِنْ اَنْ يَجْلِسَ عَلَى قَبْرٍ. الجماعة الا البخارى و الترمذى، فى نيل الاوطار 4: 99
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Salah seorang diantara kalian duduk di atas bara api dan membakar pakaiannya sampai mengenai kulitnya, itu lebih baik daripada ia duduk di atas qubur”. [HR. Jama’ah, kecuali Bukhari dan Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 99]
عَنْ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ قَالَ: رَآنِى رَسُوْلُ اللهِ ص مُتَّكِئًا عَلَى قَبْرٍ، فَقَالَ: لاَ تُؤْذِ صَاحِبَ هذَا اْلقَبْرِ اَوْ لاَ تُؤْذِهِ. احمد، فى نيل الاوطار 4: 99
Dari ‘Amr bin Hazm, ia berkata : Rasulullah SAW melihat aku duduk bersandar pada sebuah qubur, lalu beliau bersabda, “Janganlah kamu mengganggu penghuni qubur ini, atau (beliau bersabda, janganlah kamu mengganggunya”. [HR. Ahmad, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 99]
عَنْ بَشِيْرِ بْنِ اْلخَصَاصِيَّةِ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص رَأَى رَجُلاً يَمْشِى فِى نَعْلَيْنِ بَيْنَ اْلقُبُوْرِ فَقَالَ: يَا صَاحِبَ السّبْتِيَّتَيْنِ، اَلْقِهِمَا. الخمسة الا الترمذى، فى نيل الاوطار 4: 99
Dari Basyir bin Khashashiyah, bahwa Rasulullah SAW melihat seorang laki-laki berjalan memakai sandal diantara qubur-qubur, kemudian beliau SAW bersabda, “Hai pemilik dua sandal, lepaskan kedua sandalmu !”. [HR. Khomsah, kecuali Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 99]

30. Membuat lahad/liang qubur.
عَنْ رَجُلٍ مِنَ اْلاَنْصَارِ قَالَ: خَرَجْنَا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص فِى جَنَازَةِ رَجُلٍ مِنَ اْلاَنْصَارِ وَ اَنَا غُلاَمٌ مَعَ اَبِى، فَجَلَسَ رَسُوْلُ اللهِ ص عَلَى حَفِيْرَةِ اْلقَبْرِ، فَجَعَلَ يُوْصِى اْلحَافِرَ وَ يَقُوْلُ: اَوْسِعْ مِنْ قِبَلِ الرَّأْسِ، وَ اَوْسِعْ مِنْ قِبَلِ الرّجْلَيْنِ. لَرُبَّ عِذْقٍ لَهُ فِى اْلجَنَّةِ. احمد 9: 122، رقم: 23525
Dari seorang laki-laki dari kaum Anshar, ia berkata : Kami pernah keluar bersama Rasulullah SAW (mengantar) jenazah seorang laki-laki dari kaum Anshar, pada waktu itu saya masih kecil, aku bersama ayahku, lalu Rasulullah SAW duduk di tepi lubang qubur, beliau berpesan kepada penggali qubur sambil bersabda, Luaskanlah pada bagian kepala, dan luaskanlah juga pada bagian kedua kaki. Sungguh ada banyak kurma baginya di surga. [HR. Ahmad juz 9, hal. 122, no. 23525]
Keterangan :
Yang dimaksud sungguh ada banyak kurma baginya di surga ini menunjukkan bahwa mayyit tersebut tergolong hamba Allah yang shalih dan amalnya diterima.
عَنْ رَجُلٍ مِنَ اْلاَنْصَارِ قَالَ: خَرَجْنَا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص فِى جَنَازَةٍ فَرَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص وَ هُوَ عَلَى اْلقَبْرِ يُوْصِى اْلحَافِرَ: اَوْسِعْ مِنْ قِبَلِ رِجْلَيْهِ، اَوْسِعْ مِنْ قِبَلِ رَأْسِهِ. ابو داود 3: 244، رقم: 3332
Dari seorang laki-laki dari kaum Anshar, ia berkata : Kami pernah keluar bersama Rasulullah SAW mengantar jenazah, lalu kami melihat Rasulullah SAW di atas liang qubur, beliau memberi nasehat kepada orang yang menggali liang qubur, Luaskanlah pada bagian kedua kakinya, dan luaskanlah pada bagian kepala. [HR.Abu Dawud juz 3, hal. 244, no. 3332]
عَنْ هِشَامِ بْنِ عَامِرٍ قَالَ: شُكِيَ اِلىَ رَسُوْلِ اللهِ ص اْلجِرَاحَاتُ يَوْمَ اُحُدٍ، فَقَالَ: اِحْفِرُوْا وَ اَوْسِعُوْا وَ اَحْسِنُوْا، وَ ادْفِنُوا اْلاِثْنَيْنِ وَ الثَّلاَثَةَ فِى قَبْرٍ وَاحِدٍ وَ قَدّمُوْا اَكْثَرَهُمْ قُرْآنًا. فَمَاتَ اَبِى فَقُدّمَ بَيْنَ يَدَىْ رَجُلَيْنِ. الترمذى 3: 128، و قال هذا حديث حسن صحح
Dari Hisyam bin Amir, ia berkata : Diberitahukan kepada Rasulullah SAW tentang orang-orang yang gugur karena luka-luka pada hari perang Uhud, maka Rasulullah SAW bersabda, Galilah dan luaskanlah dan, baguskanlah, lalu quburkanlah dua atau tiga orang di dalam satu liang qubur, dan dahulukanlah orang yang paling banyak hafal Al-Quran. Sedang ayahku gugur, lalu diqubur didahulukan daripada kedua orang lainnya. [HR. Tirmidzi juz 3, hal. 128, dan ia berkata : Hadits hasan shahih]
عَنْ هِشَامِ بْنِ عَامِرٍ قَالَ: شَكَوْنَا اِلىَ رَسُوْلِ اللهِ ص يَوْمَ اُحُدٍ، فَقُلْنَا: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اَلْحَفْرُ عَلَيْنَا لِكُلّ اِنْسَانٍ شَدِيْدٌ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِحْفِرُوْا وَ اَعْمِقُوْا وَ اَحْسِنُوْا، وَ ادْفِنُوا اْلاِثْنَيْنِ وَ الثَّلاَثَةَ فِى قَبْرٍ وَاحِدٍ. قَالُوْا: فَمَنْ نُقَدّمُ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: قَدّمُوْا اَكْثَرَهُمْ قُرْآنًا. قَالَ: فَكَانَ اَبِى ثَالِثَ ثَلاَثَةٍ فِى قَبْرٍ وَاحِدٍ.النسائى 4: 80
Dari Hisyam bin Amir, ia berkata : Kami pernah memberitahukan kepada Rasulullah SAW tentang orang-orang yang gugur pada perang Uhud. Kami berkata, Ya Rasulullah, menggali satu qubur untuk setiap orang adalah sangat berat bagi kami. Maka Rasulullah SAW bersabda, Galilah dan dalamkanlah, baguskanlah, lalu quburkanlah dua atau tiga orang di dalam satu liang qubur. Para shahabat bertanya, Siapakah yang harus kami dahulukan (memasukkan ke liang qubur), ya Rasulullah ?. Beliau menjawab, Dahulukanlah orang yang paling banyak hafal Al-Quran diantara mereka. Sedang ayahku termasuk salah satu dari tiga orang yang diqubur dalam satu liang qubur. [HR. Nasai juz 4, hal. 80]
عَنْ عَامِرِ بْنِ سَعْدِ بْنِ اَبِى وَقَّاصٍ اَنَّ سَعْدَ بْنَ اَبِى وَقَّاصٍ قَالَ فِى مَرَضِهِ الَّذِى هَلَكِ فِيْهِ: اِلْحَدُوْا لِى لَحْدًا، وَ انْصِبُوْا عَلَيَّ اللَّبِنَ نَصْبًا، كَمَا صُنِعَ بِرَسُوْلِ اللهِ ص. مسلم 2: 665
Dari Amir bin Saad bin Abi Waqqash, bahwasanya Saad bin Abi Waqqash pernah berkata diwaktu sakit yang membawa kematiannya, Galikanlah lahad untukku, dan tancapkanlah batu-bata padaku (sebagai penutup liang lahad) sebagaimana dilakukan terhadap Rasulullah SAW. [HR. Muslim juz 2, hal. 665]
عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: لَمَّا تُوُفّيَ النَّبِيُّ ص كَانَ بِاْلمَدِيْنَةِ رَجُلٌ يَلْحَدُ، وَ آخَرُ يَضْرَحُ، فَقَالُوْا: نَسْتَخِيْرُ رَبَّنَا وَ نَبْعَثُ اِلَيْهِمَا، فَاَيُّهُمَا سُبِقَ تَرَكْنَاهُ، فَاُرْسِلَ اِلَيْهِمَا. فَسَبَقَ صَاحِبُ اللَّحْدِ، فَلَحَدُوْا لِلنَّبِيّ ص. ابن ماجه 1: 496
Dari Anas bin Malik, ia berkata : Ketika Nabi SAW wafat, maka ada seorang laki-laki di Madinah yang menggali lahad dan yang lain menggali lubang tengah, kemudian mereka (para shahabat) berkata, Kami akan memohon kepada Tuhan kami agar dipilihkan, lalu kami akan mengutus kepada kedua orang itu. Maka siapa diantara keduanya yang datangnya akhir, maka akan kami tinggalkan. Lalu diutuslah kepada mereka berdua, dan penggali lahadlah yang lebih dahulu datang, maka mereka menetapkan lahad itu untuk Nabi SAW. [HR. Ibnu Majah juz 1, hal. 496]

31. Larangan memasukkan mayyit ke qubur sesudah bercampur.
عَنْ اَنَسٍ رض قَالَ: شَهِدْنَا بِنْتَ رَسُوْلِ اللهِ ص وَ رَسُوْلُ اللهِ ص جَالِسٌ عَلَى اْلقَبْرِ فَرَأَيْتُ عَيْنَيْهِ تَدْمَعَانِ فَقَالَ: هَلْ فِيْكُمْ مِنْ اَحَدٍ لَمْ يُقَارِفِ اللَّيْلَةَ؟ فَقَالَ اَبُوْ طَلْحَةَ: اَنَا. قَالَ: فَانْزِلْ فِى قَبْرِهَا، قَالَ: فَنَزَلَ فِى قَبْرِهَا، فَقَبَرَهَا. البخارى 2: 93
Dari Anas RA, ia berkata : Kami menyaksikan ketika putri Rasulullah SAW (akan diqubur) sedang Rasulullah SAW duduk di tepi qubur, maka aku melihat kedua mata beliau melelehkan air mata, lalu beliau bertanya, Adakah diantara kalian orang yang tadi malam tidak mengumpuli istrinya ?. Abu Thalhah menjawab, Saya, ya Rasulullah. Beliau bersabda, Turunlah kamu di quburnya. (Perawi) berkata : Lalu Abu Thalhah turun di quburnya, lalu menguburnya. [HR. Bukhari juz 2, hal. 93]
Keterangan :
Hadits di atas menunjukkan :
1.  Untuk menurunkan jenazah ke dalam qubur hendaknya lebih diutamakan laki-laki yang malamnya tidak mengumpuli istrinya.
2.  Boleh duduk di tepi qubur.
3.  Boleh melelehkan air mata sesudah ditinggal mati.

32. Mengubur mayyit dan bacaannya.
عَنْ اَبِى اِسْحَاقَ قَالَ: اَوْصَى اْلحَارِثُ اَنْ يُصَلّيَ عَلَيْهِ عَبْدُ اللهِ ابْنُ يَزِيْدَ، فَصَلَّى عَلَيْهِ، ثُمَّ اَدْخَلَهُ اْلقَبْرَ مِنْ قِبَلِ رِجْلَيِ اْلقَبْرِ. وَ قَالَ: هذَا مِنَ السُّنَّةِ. ابو داود 3: 213
Dari Abu Ishaq, ia berkata : Al-Harits telah berwashiyat agar Abdullah bin Yazid menshalatkannya. Maka Abdullah menshalatkannya, kemudian memasukkannya ke dalam qubur dari arah kaki qubur, dan ia berkata, Ini menurut sunnah (Nabi SAW). [HR. Abu Dawud juz 3, hal. 213]
عَنِ ابْنِ عُمَرَ اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ اِذَا وَضَعَ اْلمَيّتَ فِى اْلقَبْرِ، قَالَ: بِسْمِ اللهِ وَ عَلَى سُنَّةِ رَسُوْلِ اللهِ. ابو داود 3: 214
Dari Ibnu Umar, bahwa Nabi SAW apabila meletakkan mayyit ke dalam qubur, beliau membaca Bismillaahi wa alaa sunnati Rasuulillaah(Dengan nama Allah dan atas tuntunan Rasulullah). [HR. Abu Dawud juz 3, hal. 214]
عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص اِذَا اُدْخِلَ اْلمَيّتُ اْلقَبْرَ قَالَ: بِسْمِ اللهِ وَ عَلَى مِلَّةِ رَسُوْلِ اللهِ. وَ قَالَ اَبُوْ خَالِدٍ مَرَّةً: اِذَا وُضِعَ اْلمَيّتُ فِى لَحْدِهِ قَالَ: بِسْمِ اللهِ وَ عَلَى سُنَّةِ رَسُوْلِ اللهِ. ان ماجه 1: 495
Dari Ibnu Umar, ia berkata : Adalah Nabi SAW apabila mayyit telah dimasukkan ke qubur, beliau membaca Bismillaahi wa alaa millati rasuulillaah. (Dengan Nama Allah, dan atas tuntunan Rasulullah). Abu Khalid (perawi) pada kali yang lain berkata : Apabila mayyit telah diletakkan dalam liang lahadnya, beliau membaca Bismillaahi wa alaa sunnati Rasuulillaah (Dengan Nama Allah dan atas sunnah Rasulullah). [HR. Ibnu Majah juz 1, hal. 495]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص صَلَّى عَلَى جَنَازَةٍ ثُمَّ اَتَى قَبْرَ اْلمَيّتِ فَحَثَى عَلَيْهِ مِنْ قِبَلِ رَأْسِهِ ثَلاَثًا. ابن ماجه 1: 499
Dari Abu Hurairah, bahwasanya Nabi SAW pernah menshalatkan jenazah, kemudian datang ke qubur mayyit itu, lalu beliau menaburkan tanah atasnya dari arah kepala tiga kali. [HR. Ibnu Majah juz 1, hal. 199]

33. Doa bagi mayyit setelah selesai diqubur.
عَنْ عُثْمَانَ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص اِذَا فَرَغَ مِنْ دَفْنِ اْلمَيّتِ وَقَفَ عَلَيْهِ فَقَالَ: اِسْتَغْفِرُوْا ِلاَخِيْكُمْ وَ سَلُوْا لَهُ التَّثْبِيْتَ، فَاِنَّهُ اْلآنَ يُسْأَلُ. ابو داود 3: 215
Dari Utsman (bin Affan), ia berkata : Adalah Nabi SAW apabila selesai mengubur mayyit, beliau berdiri dan bersabda, Mohonkanlah ampun untuk saudaramu, dan mohonkanlah ketetapan baginya, karena sesungguhnya ia sekarang (sedang) ditanya. [HR. Abu Dawud juz 3, hal. 215]
Keterangan :
Doa bagi mayyit setelah diqubur ini boleh dengan bahasa Arab, bahasa Indonesia, bahasa Jawa atau bahasa apasaja. Kalau dengan bahasa Arab, boleh dengan lafadh :

اَللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَ ثَبّتْهُ

Ya Allah, ampunilah dia dan berilah ketetapan untuknya.

34. Mengubur jenazah pada malam hari.
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: مَاتَ رَجُلٌ وَ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَعُوْدُهُ، فَدَفَنُوْهُ بِاللَّيْلِ، فَلَمَّا اَصْبَحَ اَعْلَمُوْهُ، فَقَالَ: مَا مَنَعَكُمْ اَنْ تُعْلِمُوْنِى؟ قَالُوْا: كَانَ اللَّيْلُ وَ كَانَتِ الظُّلْمَةُ فَكَرِهْنَا اَنْ نَشُقَّ عَلَيْكَ. فَاَتَى قَبْرَهُ فَصَلَّى عَلَيْهِ. ابن ماحه  1: 489، رقم: 1530
Dari Ibnu Abbas, ia berkata : Ada seorang laki-laki meninggal dunia dan adalah Rasulullah SAW pernah menjenguknya. (Dia meninggal pada malam hari), lalu mereka menguburkannya pada malam itu juga. Kemudian setelah pagi harinya mereka memberitahukan kepada Rasulullah SAW, maka beliau bertanya, Apa yang menghalangi kalian memberitahukan kepadaku ?. Mereka menjawab, Karena waktu malam dan gelap, maka kami tidak suka (khawatir) menyusahkan engkau. Kemudian Rasulullah SAW datang ke quburnya, lalu beliau menshalatkannya. [HR. Ibnu Majah juz 1, hal. 489, no. 1530]
عَنْ عَائِشَةَ اُمّ اْلمُؤْمِنِيْنَ قَالَتْ: مَا عَلِمْنَا بِدَفْنِ رَسُوْلِ اللهِ ص حَتَّى سَمِعْنَا صَوْتَ اْلمَسَاحِى مِنْ جَوْفِ اللَّيْلِ لَيْلَةَ اْلاَرْبِعَاءِ. احمد 10: 144، رقم 26409
Dari Aisyah Ummul Mukminin, ia berkata, Kami tidak tahu penguburan Rasulullah SAW sehingga kami mendengar suara orang-orang yang berjalan pada tengah malam, yaitu malam Rabu. [HR. Ahmad, juz 10,hal. 144, no. 26409]
Keterangan :
Hadits-hadits tersebut menunjukkan bolehnya mengubur jenazah pada waktu malam, tetapi ada juga yang memakruhkannya, berdalil dengan hadits sebagai berikut :
عَنْ جَابِرٍ بْنِ عَبْدِ اللهِ يُحَدّثُ اَنَّ النَّبِيَّ ص خَطَبَ يَوْمًا، فَذَكَرَ رَجُلاً مِنْ اَصْحَابِهِ قُبِضَ، فَكُفّنَ فِى كَفَنٍ غَيْرِ طَائِلٍ، وَ قُبِرَ لَيْلاً، فَزَجَرَ النَّبِيُّ ص اَنْ يُقْبَرَ الرَّجُلُ باللَّيْلِ، حَتَّى يُصَلَّى عَلَيْهِ، اِلاَّ اَنْ يُضْطَرَّ اِنْسَانٌ اِلَى ذلِكَ. وَ قَالَ النَّبِيُّ ص: اِذَا كَفَّنَ اَحَدُكُمْ اَخَاهُ فَلْيُحَسّنْ كَفَنَهُ. مسلم 2: 651
Dari Jabir bin Abdullah, ia berkata : Bahwa Nabi SAW pernah berkhutbah pada suatu hari, lalu beliau menyebut tentang seorang laki-laki dari shahabatnya yang telah meninggal dunia, yang dikafani dengan kafan yang pendek dan dikubur pada malam hari, maka Nabi SAW melarang mayyit dikubur pada malam hari sehingga ia dishalati (oleh orang banyak), kecuali kalau ada seseorang yang terpaksa harus begitu. Dan Nabi SAW bersabda, Apabila salah seorang diantara kalian mengkafani saudaranya maka baguskanlah kafannya". [HR Muslim juz 2, hal. 651]

35.  Meninggikan qubur, memercikkan air, memberi tanda, dan larangan membangun serta menulisi di atasnya.
عَنْ سُفْيَانَ التَّمَّارِ اَنَّهُ رَأَى قَبْرَ النَّبِيّ ص مُسَنَّمًا. البخارى 2: 107
Dari Sufyan At-Tammar bahwa ia pernah melihat qubur Nabi SAW dalam keadaan ditinggikan. [HR. Bukhari juz 2, hal. 107]
عَنِ اْلقَاسِمِ قَالَ: دَخَلْتُ عَلَى عَائِشَةَ فَقُلْتُ: يَا اُمَّهْ، بِاللهِ اِكْشِفِى لِى عَنْ قَبْرِ النَّبِيّ ص وَ صَاحِبَيْهِ رض، فَكَشَفَتْ لِى عَنْ ثَلاَثَةِ قُبُوْرٍ لاَ مُشْرِفَةٍ وَ لاَ لاَطِئَةٍ، مَبْطُوْحَةٍ بِبَطْحَاءِ اْلعَرْصَةِ اْلحَمْرَاءِ. ابو داود 3: 215
Dari Al-Qasim, ia berkata : Aku pernah masuk ke (rumah) ‘Aisyah, lalu aku bertanya, “Wahai ibu, demi Allah, bukakanlah qubur Nabi SAW dan kedua shahabat beliau untukku”. Lalu ia membukakan untukku tiga qubur yang tidak tinggi dan tidak datar, yang membentang di tempat yang bertanah merah”. [HR. Abu Dawud juz 3, hal. 215]
عَنْ اَبِى اْلهَيَّاجِ اْلاَسَدِيّ قَالَ: قَالَ لِى عَلِيّ بْنِ اَبِى طَالِبٍ: اَلاَ اَبْعَثُكَ عَلَى مَا بَعَثَنِى عَلَيْهِ رَسُوْلُ اللهِ ص: اَنْ لاَ تَدَعَ تِمْثَالاً اِلاَّ طَمَسْتَهُ وَ لاَ قَبْرًا مُشْرِفًا اِلاَّ سَوَّيْتَهُ. مسلم 2: 666
Dari Abul Hayyaj Al-Asadiy, ia berkata : ‘Ali bin Abu Thalib berkata kepadaku, “Apakah aku tidak boleh mengutusmu sebagaimana Rasulullah SAW mengutusku ?”. yaitu agar kamu tidak membiarkan satupun patung kecuali kamu menghancurkannya, dan agar kamu tidak membiarkan satupun qubur yang tinggi, melainkan kamu meratakannya”. [HR. Muslim juz 2, hal. 666]
عَنْ جَابِرٍ قَالَ: نَهَى رَسُوْلُ اللهِ ص اَنْ يُبْنَى عَلَى اْلقَبْرِ اَوْ يُزَادَ عَلَيْهِ اَوْ يُجَصَّصَ. النسائى 4: 86
Dari Jabir (bin Abdullah) ia berkata : Rasulullah SAW melarang didirikan bangunan di atas qubur, atau ditambahkan sesuatu padanya atau dikapur. [HR. Nasaaiy juz 4, hal. 86]
عَنْ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ اَبِيْهِ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص رَشَّ عَلَى قَبْرِ ابْنِهِ اِبْرَاهِيْمَ، وَ وَضَعَ عَلَيْهِ حَصْبَاءَ. الشافعى، مرسالا، فى نيل الاوطار 4: 95
Dari Ja’far bin Muhammad, dari ayahnya, bahwasanya Rasulullah SAW memercikkan air di atas qubur putranya, yaitu Ibrahim, dan meletakkan kerikil-kerikil di atasnya. [HR. Asy-Syafi’iy, mursal, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 95]
عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهَ ص اَعْلَمَ قَبْرَ عُثْمَانَ بْنِ مَظْعُوْنٍ بِصَخْرَةٍ. ابن ماجه 1: 498
Dari Anas bin Malik, bahwasanya Rasulullah SAW memberi tanda pada quburnya ‘Utsman bin Madh’un dengan batu. [HR. Ibnu Majah juz 1, hal.. 498]
عَنْ جَابِرٍ قَالَ: نَهَى رَسُوْلُ اللهِ ص اَنْ يُجَصَّصَ اْلقَبْرُ، وَ اَنْ يُقْعَدَ عَلَيْهِ، وَ اَنْ يُبْنَى عَلَيْهِ. مسلم 2: 667
Dari Jabir, ia berkata, “Rasulullah SAW melarang mengapur qubur, menduduki, dan mendirikan bangunan di atasnya”. [HR. Muslim juz 2, hal. 667]
عَنْ جَابِرٍ قَالَ: نَهَى رَسُوْلُ اللهِ اَنْ تُجَصَّصَ اْلقُبُوْرُ، وَ اَنْ يُكْتَبَ عَلَيْهَا، وَ اَنْ يُبْنَى عَلَيْهَا وَ اَنْ تُوْطَأَ. الترمذى 2: 258
Dari Jabir, ia berkata : Rasulullah SAW melarang qubur-qubur dikapur, ditulisi di atasnya, didirikan bangunan di atasnya dan diinjak. [HR. Tirmidzi juz 2, hal. 258]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: َلاَنْ يَجْلِسَ اَحَدُكُم عَلَى جَمْرةٍ فَتُحْرِقَ ثِيَاَبَهُ فَتَخْلُصَ اِلىَ جِلْدِهِ خَيْرٌ لَهُ مِنْ اَنْ يَجْلِسَ عَلَى قَبْرٍ. مسلم 2: 667
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda : Sungguh salah seorang diantara kalian duduk di atas bara api lalu membakar pakaiannya sehingga menembus pada kulitnya adalah lebih baik baginya daripada ia duduk di atas qubur. [HR. Muslim juz 2, hal. 667]

36.  Larangan mendirikan tempat ibadah dan memasang lampu-lampu di atas qubur.
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: قَاتَلَ اللهُ اْليَهُوْدَ، اِتَّخَذُوْا قُبُوْرَ اَنْبِيَائِهِمْ مَسَاجِدَ. مسلم 1: 376
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Semoga Allah membinasakan orang-orang Yahudi, mereka menjadikan qubur Nabi-nabi mereka sebagai masjid-masjid (tempat peribadatan)”. [HR. Muslim juz 1, hal. 376]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: لَعَنَ رَسُوْلُ اللهِ ص زَائِرَاتِ اْلقُبُوْرِ وَ اْلمُتَّخِذِيْنَ عَلَيْهَا اْلمَسَاجِدَ وَ السُّرُجَ. ابو داود 3: 218
Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata, “Rasulullah SAW mela’nat kaum wanita yang berziarah qubur, dan orang-orang yang menjadikan qubur-qubur sebagai masjid-masjid (tempat ibadah) serta memasang lampu-lampu di atas qubur-qubur”. [HR. Abu Dawud juz 3, hal. 218]
Keterangan :
Tentang larangan wanita berziyarah qubur, ada ulama yang berpendapat bahwa larangan tersebut sebelum adanya rukhshah (kebolehan) berziyarah qubur. Namun ada pula yang berpendapat bahwa wanita memang dilarang berziyarah qubur, walloohu a’lam.
عَنْ عَائِشَةَ رض عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ فِى مَرَضِهِ الَّذِى مَاتَ فِيْهِ: لَعَنَ اللهُ اْليَهُوْدَ وَ النَّصَارَى اِتَّخَذُوْا قُبُوْرَ اَنْبِيَائِهِمْ مَسْجِدًا. قَالَتْ: وَ لَوْلاَ ذلِكَ َلاَبْرَزُوْا قَبْرَهُ غَيْرَ اَنّى اَخْشَى اَنْ يُتَّخَذَ مَسْجِدًا. البخارى 2: 90
Dari ‘Aisyah RA, dari Nabi SAW, beliau bersabda : ketika sakit yang menyebabkan beliau wafat, “Allah mela’nat orang-orang Yahudi dan Nashara, mereka menjadikan qubur Nabi-nabi mereka sebagai masjid-masjid”. Kemudian ‘Aisyah berkata, “Seandainya bukan karena hal itu, tentu qubur (Nabi SAW) itu ditinggikan. Namun aku khawatir akan dijadikan sebagai masjid”. [HR. Bukhari juz 2, hal. 90]
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص فِى مَرَضِهِ الَّذِى لَمْ يَقُمْ مِنْهُ: لَعَنَ اللهُ اْليَهُوْدَ وَ النَّصَارَى اِتَّخَذُوْا قُبُوْرَ اَنْبِيَائِهِمْ مَسَاجِدَ. قَالَتْ: فَلَوْلاَ ذَاكَ اُبْرِزَ قَبْرُهُ غَيْرَ اَنَّهُ خُشِيَ اَنْ يُتَّخَذَ مَسْجِدًا. مسلم 1: 376
Dari ‘Aisyah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda ketika beliau sakit yang tidak bisa bangun lagi (sakit yang menyebabkan beliau wafat), “Allah mela’nat orang-orang Yahudi dan Nashara, mereka menjadikan qubur Nabi-nabi mereka sebagai masjid-masjid”. Kemudian ‘Aisyah berkata, “Seandainya bukan karena hal itu, tentu qubur (Nabi SAW) itu ditinggikan. Namun dikhawatirkan akan dijadikan sebagai masjid”. [HR. Muslim juz 1, hal. 376]
عَنْ اَبِى عُبَيْدَةَ قَالَ: اخِرُ مَا تَكَلَّمَ بِهِ النَّبِيُّ ص: اَخْرِجُوْا يَهُوْدَ اَهْلِ اْلحِجَازِ وَ اَهْلَ نَجْرَانَ مِنْ جَزِيْرَةِ اْلعَرَبِ. وَ اعْلَمُوْا اَنَّ شِرَارَ النَّاسِ الَّذِيْنَ اِتَّخَذُوْا قُبُوْرَ اَنْبِيَائِهِمْ مَسَاجِدَ. احمد 1: 414، رقم: 1691
Dari Abu ’Ubaidah (bin Jarrah), ia berkata : Akhir dari pesan Nabi SAW yaitu, Usirlah orang-orang Yahudi Hijaz dan orang-orang (Nashrani) Najran dari jazirah ‘Arab, dan ketahuilah sesungguhnya seburuk-buruk manusia adalah orang-orang yang menjadikan qubur Nabi-nabi mereka sebagai masjid-masjid”. [HR. Ahmad juz 1, hal. 414, no. 1691]
عَنْ جُنْدَبٍ قَالَ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ ص قَبْلَ اَنْ يَمُوْتَ بِخَمْسٍ وَ هُوَ يَقُوْلُ: اَلاَ وَ اِنَّ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ كَانُوْا يَتَّخِذُوْنَ قُبُوْرَ اَنْبِيَائِهِمْ وَ صَالِحِيْهِمْ مَسَاجِدَ. اَلاَ فَلاَ تَتَّخِذُوا اْلقُبُوْرَ مَسَاجِدَ. اِنّى اَنْهَاكُمْ عَنْ ذلِكَ. مسلم 1: 378
Dari Jundab, ia berkata : Aku mendengar Nabi SAW lima hari sebelum beliau wafat, yaitu beliau bersabda, “Ketahuilah, sesungguhnya orang-orang sebelum kalian, mereka dahulu menjadikan qubur Nabi-nabi mereka dan orang-orang shalih mereka sebagai masjid-masjid. Ketahuilah, maka janganlah kalian menjadikan qubur-qubur sebagai masjid-masjid. Sesungguhnya aku melarang kamu sekalian dari yang demikian itu”. [HR. Muslim juz 1, hal. 378]
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: لَمَّا اشْتَكَى النَّبِيُّ ص ذَكَرَتْ بَعْضُ نِسَائِهِ كَنِيْسَةً رَأَيْنَهَا بِاَرْضِ اْلحَبَشَةِ يُقَالُ لَهَا مَارِيَةُ وَ كَانَتْ اُمُّ سَلَمَةَ وَ اُمُّ حَبِيْبَةَ رض اَتَتَا اَرْضَ اْلحَبَشَةِ فَذَكَرَتَا مِنْ حُسْنِهَا وَ تَصَاوِيْرَ فِيْهَا فَرَفَعَ رَأْسَهُ فَقَالَ: اُولئِكَ اِذَا مَاتَ مِنْهُمُ الرَّجُلُ الصَّالِحُ بَنَوْا عَلَى قَبْرِهِ مَسْجِدًا ثُمَّ صَوَّرُوْا فِيْهِ تِلْكَ الصُّوْرَةَ اُولئِكَ شِرَارُ اْلخَلْقِ عِنْدَ اللهِ. البخارى 2: 93
Dari ‘Aisyah RA, ia berkata : Ketika Nabi SAW sedang sakit (yakni yang menyebabkan wafat beliau), ada sebagian diantara istri-istri beliau menyebut-nyebut tentang keadaan gereja yang pernah mereka lihat di negeri Habasyah yang diberi nama Mariyah.. Dahulu Ummu Salamah dan Ummu Habibah pernah datang di negeri Habasyah, kemudian mereka menceritakan tentang keindahannya dan lukisan-lukisan yang ada di dalam gereja itu. (Setelah mendengar cerita itu), lalu beliau mengangkat kepalanya dan bersabda, “mereka itu, jika ada orang shalih diantara mereka yang meninggal, lalu mereka mendirikan masjid (tempat peribadatan) di atas quburnya, lalu mereka membuat di dalamnya berbagai macam lukisan itu. Mereka adalah seburuk-buruk makhluq di sisi Allah”. [HR. Bukhari juz 2, hal. 93]
عَنْ اَبِى مَرْثَدِ اْلغَنَوِيّ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لاَ تَجْلِسُوْا عَلَى اْلقُبُوْرِ وَ لاَ تُصَلُّوْا اِلَيْهَا. مسلم 2: 668
Dari Abu Martsad Al-Ghanawiy, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah kalian duduk di atas qubur-qubur, dan shalat menghadap kepadanya”. [HR. Muslim juz 2, hal. 668]

37. Membuat makanan untuk keluarga si mayyit.
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ جَعْفَرٍ قَالَ: لَمَّا جَاءَ نَعْيُ جَعْفَرٍ قَالَ النَّبِيُّ ص: اِصْنَعُوْا ِلاَهْلِ جَعْفَرٍ طَعَامًا، فَاِنَّهُ قَدْ جَاءَهُمْ مَا يَشْغَلُهُمْ. الترمذى 2: 234، و قال: هذا حديث حسن
Dari ‘Abdullah bin Ja’far, ia berkata : Setelah datang berita kematian Ja’far (ketika ia terbunuh), Nabi SAW bersabda, “Buatlah makanan untuk keluarga Ja’far, karena telah datang kepada mereka sesuatu yang menyusahkan mereka”. [HR. Tirmidzi juz 2, hal. 234, dan ia berkata : Ini adalah hadits hasan]
Keterangan :
Yang dimaksud “Hendaklah kamu membuat makanan untuk keluarga Ja’far”, itu menunjukkan diperintahkannya memberi bantuan kepada keluarga si mayyit berupa sesuatu yang mereka butuhkan, misalnya makanan, minuman dsb. Karena mereka sedang ditimpa kesusahan.
عَنْ جَرِيْرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ اْلبَجَلِيّ قَالَ: كُنَّا نَعُدُّ اْلاِجْتِمَاعَ اِلىَ اَهْلِ اْلمَيّتِ، وَ صَنِيْعَةَ الطَّعَامِ بَعْدَ دَفْنِهِ مِنَ النّيَاحَةِ. احمد 2: 650، رقم 6922
Dari Jarir bin ‘Abdullah Al-Bajaliy, ia berkata, “Kami menganggap berkumpul-kumpul di (rumah) keluarga si mayyit dan membuat makanan sesudah menguburkannya, adalah termasuk meratap”. [HR. Ahmad juz 2, hal. 650, no. 6922, dla’if karena dalam sanadnya ada perawi bernama Nashr bin Baab]
عَنْ اَنَسٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لاَ عَقْرَ فِى اْلاِسْلاَمِ، قَالَ عَبْدُ الرَّزَّاقِ: كَانُوْا يَعْقِرُوْنَ عِنْدَ اْلقَبْرِ بَقَرَةً اَوْ شَاةً. ابو داود 3: 216
Dari Anas, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada penyembelihan (di quburan) dalam Islam”. ‘Abdur Razzaaq (perawi) berkata, “Dahulu (pada masa jahiliyyah) orang-orang biasa menyembelih lembu atau kambing di quburan”. [HR. Abu Dawud juz 3, hal. 216]

38.  Larangan menyebut kejelekan si mayyit.
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: قَالَ النَّبِيُّ ص: لاَ تَسُبُّوا اْلاَمْوَاتَ، فَاِنَّهُمْ قَدْ اَفْضَوْا اِلىَ مَا قَدَّمُوْا. البخارى 2: 108
Dari ‘Aisyah RA, ia berkata : Nabi SAW bersabda, “Janganlah kalian memaki orang-orang yang sudah mati, karena sesungguhnya mereka itu telah menunaikan apa yang mereka kerjakan di dunia”. [HR. Bukhari juz 2, hal. 108]
عَنِ اْلمُغِيْرَةِ بْنِ شُعْبَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لاَ تَسُبُّوا اْلاَمْوَاتَ، فَتُؤْذُوا اْلاَحْيَاءَ. احمد 6: 342، رقم: 18235
Dari Mughirah bin Syu’bah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah kalian memaki orang-orang yang telah meninggal, karena (jika demikian) bisa menyakiti orang-orang yang masih hidup”. [HR. Ahmad juz 6, hal. 342, no 18235]

MTA 2007/06/10, 2007/05/20, 2007/04/29

Tidak ada komentar:

Posting Komentar