Tuntunan Shalat 1

SHALAT 
Wajibnya memulai shalat dengan Takbir dan mengangkat tangan.
عَنْ عَلِيّ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: مِفْتَاحُ الصَّلاَةِ الطُّهُوْرُ وَ تَحْرِيْمُهَا التَّكْبِيْرُ وَ تَحْلِيْلُهَا التَّسْلِيْمُ. الترمذى 1: 5
Dari 'Ali (bin Abu Thalib), dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Kuncinya shalat itu ialah bersuci, mulainya shalat ialah takbir dan selesainya shalat ialah mengucap salam". [HR. Tirmidzi juz 1, hal. 5]

عَنْ سَعِيْدِ بْنِ سَمْعَانَ قَالَ: سَمِعْتُ اَبَا هُرَيْرَةَ يَقُوْلُ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا قَامَ اِلَى الصَّلاَةِ رَفَعَ يَدَيْهِ مَدًّا. الترمذى 1: 152
Dari Sa'id bin Sam'aan, ia berkata : Aku mendengar Abu Hurairah berkata, "Adalah Rasulullah SAW apabila berdiri melaksanakan shalat, beliau (memulainya dengan) mengangkat kedua tangannya pelan-pelan". [HR. Tirmidzi juz 1, hal. 152]

عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ اَنَّهُ رَأَى رَسُوْلَ اللهِ ص يَرْفَعُ يَدَيْهِ مَعَ التَّكْبِيْرَةِ. احمد و ابو داود، فى نيل الاوطار 2: 200
Dari Wail bin Hujr bahwasanya ia pernah melihat Nabi SAW mengangkat dua tangannya sambil mengucap takbir. [HR.Ahmad dan Abu Dawud, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 200]

عَنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ رض قَالَ: رَأَيْتُ النَّبِيَّ ص اِفْتَتَحَ التَّكْبِيْرَ فِى الصَّلاَةِ فَرَفَعَ يَدَيْهِ حِيْنَ يُكَبّرُ حَتَّى يَجْعَلَهُمَا حَذْوَ مَنْكِبَيْهِ وَ اِذَا كَبّر لِلرُّكُوْعِ فَعَلَ مِثْلَهُ و َاِذَا قَالَ سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ فَعَلَ مِثْلَهُ وَ قَالَ: رَبَّنَا وَ لَكَ اْلحَمْدُوَ لاَ يَفْعَلْ ذ?لِكَ حِيْنَ يَسْجُدُ. وَ لاَ حِيْنَ يَرْفَعُ رَأْسَهُ مِنَ السُّجُوْدِ. البخارى 1: 180
Dari 'Abdullah bin 'Umar RA, ia berkata, "Aku melihat Nabi SAW memulai dengan takbir ketika shalat, beliau mengangkat kedua tangannya ketika bertakbir sehingga sejajar dengan kedua bahunya, dan apabila takbir untuk ruku' beliau melakukan seperti itu. Dan apabila mengucap Sami'alloohu liman hamidah, beliau melakukan seperti itu juga, dan beliau mengucapkan Robbanaa wa lakal hamduDan beliau tidak mengerjakan yang demikian itu ketika akan sujud dan tidak pula ketika mengangkat kepalanya dari sujud". [HR. Bukhari juz 1, hal. 180]

عَنْ نَافِعٍ اَنَّ ابْنَ عُمَرَ كَانَ اِذَا دَخَلَ فِى الصَّلاَةِ كَبَّرَ وَ رَفَعَ يَدَيْهِ. وَ اِذَا رَكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ. وَ اِذَا قَالَ سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ رَفَعَ يَدَيْهِ. وَ اِذَا قَامَ مِنَ الرَّكْعَتَيْنِ رَفَعَ يَدَيْهِ. وَ رَفَعَ ذ?لِكَ ابْنُ عُمَرَ اِلَى النَّبِيّ ص.البخارى والنسائى وابو داود،فى نيل الاوطار2: 204
Dari Nafi', bahwasanya Ibnu 'Umar apabila memasuki shalat, ia bertakbir dan mengangkat kedua tangannya. Dan apabila ia ruku' mengangkat kedua tangannya, dan apabila mengucapkan Sami'alloohu liman hamidah, mengangkat kedua tangannya. Dan apabila berdiri dari dua rekaat, mengangkat kedua tangannya. Dan Ibnu Umar memarfu'-kan hadits itu kepada Nabi SAW. (Ia mengatakannya dari Nabi SAW)". [HR. Bukhari, Nasai dan Abu Dawud, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 204]

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا قَامَ لِلصَّلاَةِ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى تَكُوْنَا حَذْوَ مَنْكِبَيْهِ ثُمَّ كَبَّرَ، فَاِذَا اَرَادَ اَنْ يَرْكَعَ فَعَلَ مِثْلَ ذ?لِكَ، وَ اِذَا رَفَعَ مِنَ الرُّكُوْعِ فَعَلَ مِثْلَ ذ?لِكَ، وَ لاَ يَفْعَلُهُ حِيْنَ يَرْفَعُ رَأْسَهُ مِنَ السُّجُوْدِ. مسلم 1: 292
Dari Ibnu 'Umar, ia berkata, "Adalah Rasulullah SAW apabila berdiri untuk shalat, beliau mengangkat kedua tangannya sehingga sejajar dengan kedua bahunya kemudian bertakbir. Maka apabila akan ruku' beliau melakukan seperti itu, apabila bangun dari ruku' beliau melakukan seperti itu, dan beliau tidak melakukan yang demikian (mengangkat tangan) ketika mengangkat kepalanya dari sujud". [HR. Muslim juz 1, hal. 292]

عَنْ اَبِى قِلاَبَةَ اَنَّهُ رَأَى مَالِكَ بْنَ اْلحُوَيْرِثِ اِذَا صَلَّى كَبَّرَ ثُمَّ رَفَعَ يَدَيْهِ. وَ اِذَا اَرَادَ اَنْ يَرْكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ. وَ اِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ الرُّكُوْعِ رَفَعَ يَدَيْهِ. وَ حَدَّثَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ يَفْعَلُ ه?كَذَا. مسلم 1: 293
Dari Abu Qilabah, bahwasanya ia melihat Malik bin Al-Huwairits, apabila mengerjakan shalat, ia bertakbir lalu mengangkat kedua tangannya, dan apabila akan ruku' mengangkat kedua tangannya, juga apabila mengangkat kepalanya dari ruku', ia mengangkat kedua tangannya. Dan ia menceritakan bahwasanya Rasulullah SAW berbuat seperti itu. [HR. Muslim juz 1, hal. 293].
عَنْ مَالِكِ بْنِ اْلحُوَيْرِثِ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ اِذَا كَبَّرَ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا اُذُنَيْهِ. وَ اِذَا رَكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يحَاذِيَ بِهِمَا اُذُنَيْهِ. وَ اِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ الرُّكُوْعِ فَقَالَ: سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ. فَعَلَ مِثْلَ ذ?لِكَ. مسلم 1: 293
Dari Malik bin Huwairits bahwasanya Rasulullah SAW dahulu apabila bertakbir, mengangkat kedua tangannya hingga sejajar dengan dua telinganya. Dan apabila akan ruku' mengangkat kedua tangannya hingga sejajar dengan dua telinganya, dan apabila mengangkat kepalanya dari ruku' dengan mengucap Sami'alloohu liman hamidah, berbuat seperti itu. [HR. Muslim juz 1, hal. 293].

Bersedekap.
عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ اَنَّهُ رَاَى النَّبِيَّ ص رَفَعَ يَدَيْهِ حِيْنَ دَخَلَ فِى الصَّلاَةِ كَبَّرَ (وَصَفَ هَمَّامٌ حِيَالَ اُذُنَيْهِ) ثُمَّ اِلْتَحَفَ بِثَوْبِهِ. ثُمَّ وَضَعَ يَدَهُ الْيُمْنىَ عَلَى الْيُسْرَى. فَلَمَّا اَرَادَ اَنْ يَرْكَعَ اَخْرَجَ يَدَيْهِ مِنَ الثَّوْبِ ثُمَّ رَفَعَهُمَا. ثُمَّ كَبَّرَ فَرَكَعَ. فَلَمَّا قَالَ سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ رَفَعَ يَدَيْهِ. فَلَمَّا سَجَدَ سَجَدَ بَيْنَ كَفَّيْهِ. مسلم 1: 301
Dari Wail bin Hujr, sesungguhnya ia pernah melihat Nabi SAW mengangkat kedua tangannya waktu memulai shalat, beliau bertakbir (Hammam, perawi hadits menerangkan : beliau mengangkat tangannya hingga sejajar kedua telinganya) Kemudian beliau berselimut dengan pakaiannya, kemudian beliau meletakkan tangan kanannya pada tangan kirinya. Ketika beliau akan ruku’, beliau mengeluarkan kedua tangannya dari pakaiannya, kemudian mengangkat keduanya, kemudian bertakbir dan ruku’. Ketika beliau membaca Sami’alloohu liman hamidah, beliau mengangkat kedua tangannya, dan ketika sujud beliau sujud diantara dua tapak tangannya” [HR. Muslim juz I, hal. 301]
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ قَالَ: مَرَّ بِى النَّبِيُّ ص وَ اَنَا وَاضِعٌ يَدِى اليُسْرَى عَلَى اْليُمْنَى. فَاَخَذَ بِيَدِى اْليُمْنَى فَوَضَعَهَا عَلَى اْليُسْرَى. ابن ماجه 1: 266
Dari ‘Abdullah bin Mas’ud, dia berkata, “Nabi SAW melewati aku ketika aku (sedang shalat dengan) meletakkan tangan kiri pada tangan kanan. Maka beliau memegang tanganku yang kanan, lalu meletakkannya pada tanganku yang kiri”. [HR. Ibnu Majah juz I, hal. 266]

عَنْ قَبِيْصَةَ بْنِ هُلَبٍ عَنْ اَبِيْهِ قَالَ: رَأَيْتُ النَّبِيَّ ص يَنْصَرِفُ عَنْ يَمِيْنِهِ وَ عَنْ يَسَارِهِ وَ رَأَيْتُهُ قَالَ يَضَعُ هذِهِ عَلَى صَدْرِهِ، وَصَفَ يَحْيَى اْليُمْنَى عَلَى اْليُسْرَى فَوْقَ الْمِفْصَلِ. احمد 8: 225 رقم 22026
Dari Qabishah bin Hulab dari bapaknya, ia berkata, “Saya pernah melihat Nabi SAW berpaling (selesai shalat) dari sebelah kanan dan dari sebelah kirinya. Dan aku melihatnya beliau meletakkan ini pada dadanya”. Yahya (perawi hadits) menerangkan yaitu beliau meletakkan tangan kanan pada tangan kirinya di pergelangan”. [HR. Ahmad juz 8, hal. 225 hadits no. 22026].

عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ قَالَ: صَلَّيْتُ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص وَ وَضَعَ يَدَهُ اْليُمْنَى عَلَى يَدِهِ اْليُسْرَى عَلَى صَدْرِهِ. ابن حزيمة 1: 243
Dari Wail bin Hujr, ia berkata : Saya pernah shalat bersama Rasulullah SAW, dan beliau meletakkan tangan kanannya pada tangan kirinya di dada beliau. [HR. Ibnu Khuzaimah juz 1, hal. 243]

عَنْ طَاوُسٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَضَعُ يَدَهُ اْليُمْنَى عَلَى يَدِهِ اْليُسْرَى ثُمَّ يَشُدُّ بَيْنَهُمَا عَلَى صَدْرِهِ وَ هُوَ فِى الصَّلاَةِ. ابو داود 1: 201
Dari Thawus, ia berkata : Adalah Rasulullah SAW meletakkan tangannya yang kanan pada tangannya yang kiri, kemudian beliau memegangnya erat-erat di dadanya ketika shalat. [HR. Abu Dawud juz 1, hal. 201]

Doa Iftitah.
Doa Iftitah ini yang dicontohkan oleh Nabi SAW adalah banyak macamnya. Diantaranya :

اَللّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِى وَ بَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ اْلمَشْرِقِ وَاْلمَغْرِبِ. اَللّهُمَّ نَقّنِى مِنَ اْلخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ. اَللّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَايَ بِاْلمَاءِ وَالثَّلْجِ وَاْلبَرَدِ. البخارى عن ابى هريرة. ج 1،ص:181
1.  Ya Allah, jauhkanlah antaraku dan antara kesalahan-kesalahanku sebagaimana Engkau jauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah diriku dari kesalahan-kesalahan sebagaimana kain yang putih dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, cucilah kesalahan-kesalahanku dengan air, salju dan embun. [HR. Bukhari dari Abu Hurairah, Juz I : 181].

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا كَبَّرَ فِى الصَّلاَةِ سَكَتَ هُنَيَّةً قَبْلَ اَنْ يَقْرَأَ. فَقُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، بِاَبِى اَنْتَ وَ اُمّى، اَرَأَيْتَ سُكُوْتَكَ بَيْنَ التَّكْبِيْرِ وَ اْلقِرَاءَةِ مَا تَقُوْلُ؟ قَالَ: اَقُوْلُ: اَللّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِيْ وَ بَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَ الْمَغْرِبِ. اَللّهُمَّ نَقّنِى مِن خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ. اَللّهُمَّ اغْسِلْنِى مِنْ خَطَايَايَ بِالثَّلْجِ وَ اْلمَاءِ وَ الْبَرَدِ. مسلم 1: 419
2.  Dari Abu Hurairah ia berkata : Adalah Rasulullah SAW apabila setelah takbir memulai shalat beliau diam sejenak sebelum membaca Al-Fatihah. Lalu aku bertanya, “Ya Rasulullah, ku tebusi engkau dengan ayah dan ibuku. Beritahukanlah kepadaku apa yang engkau baca ketika diam antara takbir dan membaca Al-Fatihah ?”. Beliau menjawab, “Aku membaca (yang artinya) (Ya Allah, jauhkanlah antaraku dan antara kesalahan-kesalahanku sebagaimana Engkau jauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah diriku dari kesalahan-kesalahanku sebagaimana kain yang putih dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, cucilah diriku dari kesalahan-kesalahanku dengan salju, air dan embun)”. [HR. Muslim juz I, hal. 419]

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: كَانَ النَّبِيُّ ص اِذَا اسْتَفْتَحَ الصَّلاَةَ قَالَ: سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ وَ تَبَارَكَ اسْمُكَ وَ تَعَالىَ جَدُّكَ وَلاَ اِلهَ غَيْرُكَ. ابو داود 1: 206
3.  Dari 'Aisyah, ia berkata : "Adalah Nabi SAW apabila memulai shalat, beliau membaca : Subhaanakalloohumma wa bihamdika wa tabaarokas-muka wa ta'aalaa jadduka walaa ilaaha ghoiruka. (Maha suci Engkau ya Allah, dan dengan memuji-Mulah (aku memulai ibadat ini) dan Maha Berkah nama-Mu, Maha tinggi kemulyaan-Mu, dan tiada Tuhan selain Engkau)". [HR. Abu Dawud juz 1, hal. 206]

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: بَيْنَمَا نَحْنُ  نُصَلّى مَعَ رَسُوْلِ  اللهِ ص  اِذْ قَالَ رَجُلٌ مِنَ اْلقَوْمِ  : اَللهُ اَكْبَرُ كَبِيْرًا، وَاْلحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا، وَ سُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَّاَصِيْلاً. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص : مَنِ اْلقَائِلُ كَلِمَةَ  كَذَا وَ كَذَا ؟ قَالَ رَجُلٌ مِنَ اْلقَوْمِ: اَنَا يَا رَسُوْلَ اللهِ. قَالَ: عَجِبْتُ لَهَا فُتِحَتْ لَهَا اَبْوَابُ السَّمَاءِ. قَالَ ابْنُ عُمَرَ فَمَا تَرَكْتُهُنَّ مُنْذُ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُولُ ذلِكَ. مسلم1 :420
4.  Dari Ibnu 'Umar, ia berkata : Pada suatu ketika kami shalat bersama Rasulullah SAW. Tiba-tiba ada seorang lelaki dari suatu kaum membaca Alloohu Akbar kabiiroo, walhamdu lillaahi katsiiroo, wa subhaanalloohi bukrotaw wa ashiilaa. (Allah Maha Besar dari segala yang besar, segala puji bagi Allah sebanyak-banyaknya, dan Maha suci Allah diwaktu pagi dan petang). Maka Rasulullah SAW bersabda : "Siapakah orang yang membaca kalimat begitu tadi ?". Lalu seorang laki-laki dari suatu kaum tadi menjawab : "Saya, ya Rasulullah. Beliau bersabda : "Saya kagum akan bacaan itu. Telah dibuka karenanya pintu-pintu langit". Ibnu 'Umar berkata : "Maka saya tidak pernah meninggalkan bacaan itu sejak mendengar Rasulullah SAW bersabda yang demikian itu". [HR. Muslim juz 1, hal. 420]

عَنْ عَلِيّ بْنِ اَبِى طَالِبٍ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ ص اَنَّهُ  كَانَ  اِذَا قَامَ اِلىَ الصَّلاَةِ قَالَ: وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ السَّمَاوَاتِ وَ اْلاَرْضَ حَنِيْفًا وَمَا اَنَا مِنَ اْلمُشْرِكِيْنَ. اِنَّ صَلاَتِى وَنُسُكِى وَ مَحْيَايَ وَ مَمَاتِى ِللهِ رَبّ اْلعَالَمِيْنَ.لاَشَرِيْكَ لَهُ وَ بِذلِكَ اُمِرْتُ وَ اَنَا مِنَ اْلمُسْلِمِيْنَ. اَللّهُمَّ اَنْتَ اْلمَلِكُ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ. اَنْتَ رَبّى وَ اَنَا عَبْدُكَ ظَلَمْتُ نَفْسِى، وَ اعْتَرَفْتُ بِذَنْبِى فَاغْفِرْلىِ ذُنُوْبِى جَمِيْعًا، اِنَّهُ  لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلاَّ   اَنْتَ ، وَ اهْدِنِى  ِلاَحْسَنِ اْلاَخْلاَقِ، لاَ يَهْدِى ِلاَحْسَنِهَا اِلاَّ   اَنْتَ، وَ اصْرِفْ عَنّى سَيّئَهَا لاَ يَصْرِفُ عَنّى سَيّئَهَا اِلاَّ   اَنْتَ. لَبَّيْكَ وَ سَعْدَيْكَ. وَ اْلخَيْرُ كُلُّهُ فِى يَدَيْكَ. وَ الشَّرُّ لَيْسَ  اِلَيْكَ. اَنَا بِكَ وَ  اِلَيْكَ، تَبَارَكْتَ وَ تَعَالَيْتَ. اَسْتَغْفِرُكَ وَ اتُوْبُ اِلَيْكَ. مسلم 1 :534
5.  Dari Ali bin Abu Thalib, dari Rasulullah SAW, sesungguhnya beliau apabila berdiri shalat, beliau membaca (yang artinya) :  "Aku hadapkan wajahku dengan lurus kepada (Allah) yang telah menjadikan langit dan bumi, dan aku bukanlah dari golongan orang-orang musyrik. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku adalah untuk Allah Tuhan semesta alam, tiada sekutu bagi-Nya. Dan dengan demikian itulah aku diperintahkan, dan aku adalah termasuk orang-orang yang berserah diri. Ya Allah, Engkaulah Raja, tiada Tuhan selain Engkau, Engkau adalah Tuhanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku telah menganiaya diriku dan aku mengakui dosa-dosaku, karena itu ampunilah dosa-dosaku semuanya. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau, dan tunjukilah aku kepada sebaik-baik akhlaq, dan tidak ada yang bisa menunjuki kepada sebaik-baik akhlaq kecuali Engkau. Dan palingkanlah dariku akhlaq yang buruk, dan tidak ada yang bisa memalingkan akhlaq yang buruk dariku selain Engkau. Aku sambut panggilan-Mu dan aku tetap thaat kepada-Mu dan menolong agama-Mu. Dan kebaikan semuanya ada ditangan-Mu. Dan kejahatan tidaklah menuju kepada-Mu. Aku memohon kebaikan kepada-Mu dan berlindung kepada-Mu. Maha suci Engkau dan Maha Tinggi. Aku mohon ampun kepada-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu". [HR. Muslim juz 1, hal. 534].
Keterangan : Dan dalam riwayat lain disebutkan seperti diatas, namun bukan dengan lafadz "wa ana minal muslimin", tetapi dengan lafadz "wa ana awwalul muslimin". [Muslim, Juz I : 536]

Membaca Ta'awwudz.
فَاِذَا قَرَأْتَ اْلقُرْانَ فَاسْتَعِذْ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطنِ الرَّجِيْمِ.النحل:98
Apabila kamu membaca Al-Qur'an hendaklah kamu meminta perlindu-ngan kepada Allah dari syetan yang terkutuk. [QS. An-Nahl : 98].
عَنْ اَبِى سَعِيْدِ اْلخُدْرِيّ عَنِ النَّبِيّ ص اَنَّهُ كَانَ اِذَا قَامَ اِلىَ الصَّلاَةِ اسْتَفْتَحَ ثُمَّ  يَقُوْلُ: اَعُوْذُ بِاللهِ السَّمِيْعِ اْلعَلِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ مِنْ هَمْزِهِ وَ نَفْخِهِ وَ نَفْثِهِ. احمد و الترمذى، فى نيل الاوطار 2: 219
Dari Abu Sa'id Al-Khudriy dari Nabi SAW bahwasanya apabila beliau berdiri shalat membaca doa iftitah, kemudian beliau membaca : A'uudzu billaahis-samii'il 'aliimi minasy-syaithoonir rojiim min hamzihi wa nafkhihi wa naftsihi (Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui dari syaithan yang terkutuk, dari gangguannya, tiupannya dan hembusannya)". [HR. Ahmad dan Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 219].

قَالَ ابْنُ اْلمُنْذِرِ جَاءَ عَنِ النَّبِيّ ص اَنَّهُ كَانَ يَقُوْلُ قَبْلَ الْقِرَاءَةِ: اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. نيل الاوطار 2: 220
Ibnu Mundzir berkata : Datang riwayat dari Nabi SAW bahwasanya sebelum membaca Al-Fatihah beliau membaca : A'uudzu billaahi minasy-syaithoonir rojiim. (Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaithan yang terkutuk). [Nailul Authar juz 2, hal. 220].

قَالَ اْلاَسْوَدُ: رَأَيْتُ عُمَرَ حِيْنَ يَفْتَتِحُ الصَّلاَةَ يَقُوْلُ: سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ وَ تَبَارَكَ اسْمُكَ وَ تَعَالىَ جَدُّكَ وَ لاَ اِلهَ غَيْرُكَ، ثُمَّ يَتَعَوَّذُ. الدارقطنى، فى نيل الاوطار 2: 220
Telah berkata Al-Aswad : "Saya pernah melihat 'Umar waktu memulai shalat, ia membaca Subhaanakalloohumma wa bihamdika wa tabaarokas-muka wa ta'aalaa jadduka walaa ilaaha ghoiruka. (Maha suci Engkau ya Allah, dan dengan memuji-Mulah (aku memulai ibadat ini) dan Maha Berkah nama-Mu, Maha tinggi kemulyaan-Mu, dan tiada Tuhan selain Engkau)". kemudian ia membaca ta'awudz". [HR. Daruquthni, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 220].
Keterangan :
Dari ayat 98 surat An-Nahl di atas, ada ulama yang memahami bahwa membaca ta'awwudz itu perlu pada tiap-tiap rekaat.
Tetapi ada pula yang berpendapat bahwa ta'awwudz itu cukup pada reka'at yang pertama saja, karena dalam satu shalat walaupun ada beberapa kali bacaan Al-Qur'an, tetapi semuanya itu dalam satu ibadat saja, lagi pula hadits-hadits tentang ta'awwudz itu semuanya menunjuk-kan untuk reka'at yang pertama saja.

Membaca Basmalah :
عَنْ اَبىِ هُرَيْرَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ يَجْهَرُ بِبِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. الدارقطنى
Dari Abu Hurairah bahwasanya Nabi SAW membaca Bismillaahir rohmaanir rohiim dengan jahr. [HR. Daruquthni juz 1, hal. 307]

عَنْ اَنَسٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَجْهَرُ بِاْلقِرَاءَةِ بِبِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. الدارقطنى
Dari Anas, ia berkata : Adalah Rasulullah SAW membaca Bismillaahir rohmaanir rohiim dengan jahr. [HR. Daruquthni juz 1, hal. 309]

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا قَرَأْتُمُ اْلحَمْدُ ِللهِ فَاقْرَءُوْا بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. اِنَّهَا اُمُّ اْلقُرْانِ وَ اُمُّ اْلكِتَابِ وَ السَّبْعُ اْلمَثَانِى وَ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ اِحْدَاهَا. الدارقطنى
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Apabila kalian membaca Alhamdu lillaah (Al-Fatihah), maka bacalah Bismillaahir rohmaanir rohiim. Sesungguhnya Al-Fatihah itu adalah Ummul Qur’an, Ummul Kitab dan Tujuh (ayat) yang diulang-ulang, dan Bismillaahir rohmaanir rohiim adalah salah satu dari padanya”. [HR. Daraquthni juz 1, hal. 312]

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ النَّبيَّ ص كَانَ اِذَا قَرَأَ وَ هُوَ يَؤُمُّ النَّاسَ افْتَتَحَ الصَّلاَةَ بِبِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. الدارقطنى
Dari Abu Hurairah bahwasanya Nabi SAW apabila menjadi imam, beliau memulai bacaan shalat dengan Bismillaahir rohmaanir rohiim". [HR. Daraquthni juz 1, hal. 306]

عَنْ اَنَسٍ قَالَ: صَلَّيْتُ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص وَ اَبِى بَكْرٍ وَ عُمَرَ وَ عُثْمَانَ فَلَمْ اَسْمَعْ اَحَدًا مِنْهُمْ يَقْرَأُ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. مسلم
Dari Anas, ia berkata : Aku pernah shalat bersama Rasulullah SAW, Abu Bakar, ‘Umar dan ‘Utsman, maka aku tidak mendengar seorangpun dari mereka itu membaca Bismillaahir rohmaanir rohiim”. [HR. Muslim juz 1, hal. 299]

عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: صَلَّيْتُ خَلْفَ النَّبيّ ص وَ اَبِى بَكْرٍ وَ عُمَرَ وَ عُثْمَانَ فَكَانُوْا يَسْتَفْتِحُوْنَ بِاْلحَمْدُ للهِ رَبّ اْلعَالَمِيْنَ. لاَ يَذْكُرُوْنَ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ فِى اَوَّلِ قِرَاءَةٍ وَ لاَ فِى اخِرِهَا. مسلم
Dari Anas bin Malik, ia berkata, “Aku pernah shalat di belakang Nabi SAW, Abu Bakar, ‘Umar dan ‘Utsman, maka mereka itu memulai denganAlhamdu lillaahi robbil 'aalamiin. Mereka tidak menyebut Bismillaahir rohmaanir rohiim di permulaan bacaan dan tidak pula pada akhirnya (Basmalah untuk mulai membaca surat). [HR. Muslim juz 1, hal. 299].
Keterangan :
Pada hadits riwayat Daruquthni diatas menunjukkan bahwa kita dituntunkan untuk membaca Basmalah sebelum membaca Al-Fatihah. Adapun pada hadits riwayat Muslim tersebut menunjukkan bahwa Nabi SAW dan sebagian dari para shahabatnya memulai bacaan dengan Hamdalah.
Dari riwayat-riwayat tadi bisa kita fahami bahwa bacaan Basmalah itu kadang dibaca Jahr (nyaring) sebagaimana diriwayatkan Daruquthni tadi, dan kadang dibaca Sirr (tidak nyaring) sebagaimana diriwayatkan Muslim tersebut.

Membaca Al-Fatihah
عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: لاَ صَلاَةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَأْ بِفَاتِحَةِ اْلكِتَابِ. البخارى
Dari ‘Ubadah bin Shaamit bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Tidak (sah) shalat bagi orang yang tidak membaca Al-Fatihah”. [HR. Bukhari juz 1, hal. 184]

عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لاَ صَلاَةَ لِمَنْ لَمْ يَقْتَرِئْ بِاُمّ اْلقُرْانِ. مسلم
Dari ‘Ubadah bin Shaamit ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Tidak (sah) shalat bagi orang yang tidak membaca Ummul Qur’an”. [HR. Muslim juz 1, hal. 295]

عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: لاَ صَلاَةَ لمِنْ لمَْ يَقْرَأْ بِاُمّ اْلقُرْانِ. مسلم
Dari ‘Ubadah bin Shaamit bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Tidak (sah) shalat bagi orang yang tidak membaca Ummul Qur’an (Al-Fatihah)”. [HR. Muslim juz 1, hal. 295]

Allah Menjawab Bacaan Al-Fatihah

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: مَنْ صَلَّى صَلاَةً  لَمْ يَقْرَأْ فِيْهَا بِأُمّ اْلقُرْآنِ فَهِيَ خِدَاجٌ. ثَلاَثًا، غَيْرُ تَمَامٍ. فَقِيْلَ ِلاَبِى هُرَيْرَةَ: اِنَّا نَكُوْنُ وَرَاءَ اْلاِمَامِ. فَقَالَ: اِقْرَأْ بِهَا فِى نَفْسِكَ. فَإِنّى سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: قَالَ اللهُ تَعَالَى: قَسَمْتُ الصَّلاَةَ بَيْنِى وَ بَيْنَ عَبْدِى نِصْفَيْنِ. وَ لِعَبْدِى مَا سَأَلَ. فَإِذَا قَالَ اْلعَبْدُ: اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبّ اْلعَالَمِيْنَ، قَالَ اللهُ تَعَالَى: حَمِدَنِى عَبْدِى. وَ إِذَا قَالَ: اَلرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ، قَالَ اللهُ تَعَالَى: اَثْنَى عَلَيَّ عَبْدِى.وَ إِذَا قَالَ: مَالِكِ يَوْمِ الدّيْنِ، قَالَ: مَجَّدَنِى عَبْدِى  (وَقَالَ مَرَّةً: فَوَّضَ اِلَيَّ عَبْدِى). فَإِذَا قَالَ: اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَ اِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ، قَالَ: هذَا بَيْنِى وَ بَيْنَ عَبْدِى وَ لِعَبْدِى مَا سَأَلَ. فَإِذَا قَالَ: اِهْدِنَا الصّرَاطَ اْلمُسْتَقِيْمَ. صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ اْلمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالّيْنَ، قَالَ: هذَا لِعَبْدِى وَ لِعَبْدِى مَا سَأَلَ. مسلم
Dari Abu Hurairah, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Barangsiapa yang shalat tidak membaca Ummul Qur'an (Al-Fatihah) padanya, maka shalatnya itu kurang". (Beliau bersabda demikian tiga kali). "Tidak sempurna". Lalu Abu Hurairah ditanya : "Sesungguhnya kami shalat di belakang imam (lalu bagaimana kami harus berbuat) ?". Abu Hurairah menjawab, "Bacalah di hatimu. Karena saya pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda : "Allah Ta'aalaa berfirman : Aku membagi Ash-Shalah (Al-Fatihah) antara-Ku dan antara hamba-Ku menjadi dua bagian. Dan untuk hamba-Ku akan mendapatkan apa-apa yang ia minta. Maka apabila hamba mengucapkan Alhamdu lillaahi rabbil 'aalamiin, Allah Ta'aalaa menjawab, "Hamba-Ku telah memuji-Ku". Apabila ia mengucap Ar-Rohmaanir Rohiim, Allah Ta'aalaa menjawab, "Hamba-Ku telah menyanjung-Ku". Apabila ia mengucapMaaliki yaumid diin, Allah menjawab, "Hamba-Ku telah mengagungkan Aku", dan juga berfirman, "Hamba-Ku berserah diri kepada-Ku". Apabila ia mengucap Iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin, Allah menjawab, "Ini adalah antara-Ku dan antara hamba-Ku, dan untuk hamba-Ku akan mendapatkan apa-apa yang ia minta". Dan apabila ia mengucapkan Ihdinash-shiroothol mustaqiim shirootholladziina an'amta 'alaihim ghoiril maghdluubi 'alaihim waladldloolliin, Allah menjawab, "Ini adalah untuk hamba-Ku, dan untuk hamba-Ku akan mendapatkan apa-apa yang ia minta". [HR. Muslim, Juz I hal 296].

Membaca Amin.
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا تَلاَ غَيْرِ اْلمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالّيْنَ، قَالَ: آمِيْنَ، حَتَّى يُسْمِعَ مَنْ يَلِيْهِ مِنَ الصَّفّ اْلاَوَّلِ. ابو داود، فى نيل الاوطار
Dari Abu Hurairah, ia berkata, "Adalah Rasulullah SAW apabila setelah membaca ghoiril maghdluubi 'alaihim wa ladldlooliin, lalu mengucapaamiin sehingga terdengar kepada orang yang dekat dengan beliau dishaff yang pertama". [HSR. Abu Dawud, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 250]
عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ قَالَ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ ص قَرَأَ غَيْرِ اْلمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالّيْنَ، فَقَالَ: آمِيْنَ. يَمُدُّ بِهَا صَوْتَهُ. احمد و ابو داود والترمذى، فى نيل الاوطار
Dari Waail bin Hujr, ia berkata, "Saya pernah mendengar Nabi SAW membaca ghoiril maghdluubi 'alaihim wa ladl-dloolliin, lalu beliau mengucapaamiin, dan beliau panjangkan suaranya". [HR. Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 250]

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اِذَا أَمَّنَ اْلاِمَامُ فَأَمّنُوْا، فَإِنَّهُ مَنْ وَافَقَ تَأْمِيْنُهُ تَأْمِيْنَ اْلمَلاَئِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ. قَالَ ابْنُ شِهَابٍ: وَ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَقُوْلُ آمِيْنَ. البخارى
Dari Abu Hurairah, ia berkata, “Sesungguhnya Rasulullah SAW pernah  bersabda “Apabila Imam membaca aamiin, maka bacalah aamiin. Karena barangsiapa yang bacaan aamiinnya itu bertepatan dengan bacaan aamiinnya para malaikat, niscaya diampuni baginya dari dosa-dosanya yang telah lalu”. Ibnu Syihab (perawi hadits tersebut) berkata, “Dan Rasulullah SAW membaca aamiin”. [HR. Bukhari, juz 1, hal. 190].
عَنْ ابِى هُرَيْرَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: اِذَا قَالَ اْلاِمَامُ غَيْرِ اْلمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَ لاَ الضَّالّيْنَ، فَقُوْلُوْا امِيْنَ. فَاِنَّهُ مَنْ وَافَقَ قَوْلُهُ قَوْلَ اْلمَلاَئِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ. البخارى
Dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Apabila imam telah membaca ghoiril maghdluubi ‘alaihim waladldloolliin, maka ucapkanlah aamiin, karena barangsiapa yang ucapannya itu bersamaan dengan ucapan malaikat, niscaya diampuni baginya dosanya yang telah lalu”. [HR. Bukhari juz 1, hal. 190]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا قَالَ اْلاِمَامُ: غَيْرِ اْلمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالّيْنَ، فَقُوْلُوْا: آمِيْنَ. فَإِنَّ اْلمَلاَئِكَةَ تَقُوْلُ آمِيْنَ. وَ إِنَّ اْلاِمَامَ يَقُوْلُ آمِيْنَ. فَمَنْ وَافَقَ تَأْمِيْنُهُ تَأْمِيْنَ اْلمَلاَئِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ. النسائى
Dari Abu Hurairah ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Apabila Imam telah membaca ghoiril maghdluubi'alaihim wa ladldloolliin, maka ucapkanlah aamin, karena sesungguhnya para malaikat mengucapkan aamiin. Dan sesungguhnya imam juga membaca aamiin, maka barang siapa yang bacaan aamiin nya itu bertepatan dengan bacaan aamiin nya para malaikat, niscaya diampuni baginya dosa-dosanya yang telah lalu". [HR. Nasai juz 2, hal 144]

Membaca Surat atau Ayat-ayat Al-Qur'an
عَنْ اَبِى سَعِيْدٍ قَالَ: أُمِرْنَا اَنْ نَقْرَأَ بِفَاتِحَةِ اْلكِتَابِ وَ مَا تَيَسَّرَ. ابو داود
Dari Abu Sa'id, ia berkata, "Kami diperintah (oleh Rasulullah SAW) supaya membaca Al-Fatihah dan apa-apa (ayat atau surat) yang mudah". [HR. Abu Dawud juz 1, hal. 216]

عَنْ اَبِى قَتَادَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ يَقْرَأُ فِى الظُّهْرِ فِى اْلاُولَيَيْنِ بِأُمّ اْلكِتَابِ وَ سُوْرَتَيْنِ، وَ فِى الرَّكْعَتَيْنِ اْلاُخْرَيـَيْنِ بِفَاتِحَةِ اْلكِتَابِ. وَ يُسْمِعُنَا اْلآيَةَ أَحْيَانًا، وَ يُطَوّلُ فِى الرَّكْعَةِ اْلاُوْلَى مَا لاَ يُطِيْلُ فِى الثَّانِيَةِ، هكَذَا فِى اْلعَصْرِ، وَ هكَذَا فِى الصُّبْحِ. احمد والبخارى و مسلم، فى نيل الاوطار
Dari Abu Qatadah, bahwasanya Nabi SAW biasa membaca di dalam shalat Dhuhur, pada dua rekaat yang pertama Al-Fatihah dan dua surat, dan pada dua rekaat yang lain beliau membaca Al-Fatihah, dan kadang-kadang beliau memperdengarkan ayat (yang beliau baca) kepada kami. Dan beliau memanjangkan pada rekaat yang pertama dan tidak memanjangkan pada rekaat yang kedua. Demikian itu pula beliau berbuat dalam shalat 'Ashar dan demikian juga dalam shalat Shubuh" [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 2, hal 252]

عَنْ اَبِى سَعِيْدِ اْلخُدْرِيّ اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ يَقْرَأُ فِى صَلاَةِ الظُّهْرِ فِى الرَّكْعَتَيْنِ اْلاُوْلَيَيْنِ فِى كُلّ رَكْعَةٍ قَدْرَ ثَلاَثِيْنَ آيَةً، وَ فِى اْلاُخْرَيَيْنِ قَدْرَ قِرَاءَةِ خَمْسَ عَشَرَةَ آيَةً. اَوْ قَالَ نِصْفَ ذلِكَ. وَ فِى اْلعَصْرِ فِى الرَّكْعَتَيْنِ اْلاُوْلَيَيْنِ فِى كُلّ رَكْعَةٍ قَدْرَ قِرَاءَةِ خَمْسَ عَشَرَةَ آيَةً، وَ فِى اْلاُخْرَيَيْنِ قَدْرَ نِصْفِ ذلِكَ. احمد و مسلم، فى نيل الاوطار
Dari Abu Sa'id Al-Khudri, bahwasanya Nabi SAW biasa membaca di dalam shalat Dhuhur, pada dua rekaat yang pertama pada masing-masing rekaat seukur tiga puluh ayat, dan pada dua rekaat yang lain seukur bacaan lima belas ayat, atau ia berkata "separo dari itu". Dan dalam shalat 'Ashar, pada dua rekaat yang pertama, masing-masing rekaat seukur  bacaan lima belas ayat, dan pada dua rekaat yang lain seukur separo dari itu"[HR. Ahmad dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 2, hal 254]
Keterangan :
Dari Hadits tersebut ada ulama yang memahami boleh membaca surat pada tiap-tiap rekaat.

Diantara riwayat tentang bacaan surat/ayat dalam shalat lima waktu.
عَنْ قُطْبَةَ بْنِ مَالِكٍ سَمِعَ النَّبِيَّ ص يَقْرَأُ فِى اْلفَجْرِ (وَ النَّخْلَ بَاسِقَاتٍ لَّهَا طَلْعٌ نَّضِيْدٌ). مسلم
Dari Quthbah bin Malik, ia mendengar Nabi SAW membaca dalam shalat Shubuh, Wannakhla baasiqootil lahaa tholun nadliid (QS. Qaaf). [HR. Muslim juz 1, hal. 337]

عَنْ عَمْرِو بْنِ حُرَيْثٍ قَالَ: صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيّ ص وَ هُوَ يَقْرَأُ فِى اْلفَجْرِ كَاَنّى اَسْمَعُ قِرَاءَتَهُ (فَلاَ اُقْسِمُ بِاْلخُنَّسِ، اْلجَوَارِ اْلكُنَّسِ). ابن ماجه
Dari Amr bin Huraits, ia berkata, Aku pernah shalat bersama Nabi SAW, beliau membaca dalam shalat Shubuh, seolah-olah aku masih mendengar suara beliau, beliau membaca Falaa uqsimu bilkhunnas, Al-Jawaaril kunnas (QS.At-Takwiir). [HR. Ibnu Majah juz 1, hal. 268]

عَنْ اَبِى بَرْزَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ يَقْرَأُ فِى اْلفَجْرِ مَا بَيْنَ السّتّيْنَ اِلىَ اْلمِائَةِ. ابن ماجه
Dari Abu Barzah bahwasanya Rasulullah SAW biasa membaca dalam shalat Shubuh antara 60 hingga 100 ayat. [HR. Ibnu Majah juz 1, hal. 168]

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَقْرَأُ فِى صَلاَةِ الصُّبْحِ يَوْمَ اْلجُمْعَةِ: اَلـم تَنْزِيْلُ، السَّجْدَةَ. وَ هَلْ اَتى عَلَى اْلاِنْسَانِ. ابن ماجه
Dari Ibnu Abbas, ia berkata, Adalah Rasulullah SAW membaca dalam shalat Shubuh pada hari Jumat Alif Laam Miim tanziil (QS. As-Sajdah) danHal ataa alal insaan (QS. Al-Insaan). [HR. Ibnu Majah juz 1, hal. 269]

عَنْ رَجُلٍ مِنْ جُهَيْنَةَ اَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ ص يَقْرَأُ فِى الصُّبْحِ اِذَا زُلْزِلَتِ اْلاَرْضُ فِى الرَّكْعَتَيْنِ كِلْتَيْهِمَا، قَالَ: فَلاَ اَدْرِىْ اَنَسِيَ رَسُوْلُ اللهِ ص اَمْ قَرَأَ ذلِكَ عَمْدًا. ابو داود، فى نيل الاوطار
Dari seseorang dari suku Juhainah, bahwasanya dia pernah mendengar Nabi SAW membaca di dalam shalat Shubuh Idzaa zulzilatil ardlu di dalam dua rekaat, masing-masing keduanya membaca seperti itu. Ia berkata : Saya tidak tahu apakah Rasulullah SAW (karena) lupa atau memang sengaja membaca demikian itu". [HR. Abu Dawud, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 257]

عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص  يَقْرَأُ فِى الظُّهْرِ بِاللَّيْلِ  اِذَا يَغْشى وَ فِى اْلعَصْرِ نَحْوَ ذلِكَ وَ فِى الصُّبْحِ اَطْوَلَ مِنْ ذلِكَ. مسلم
Dari Jabir bin Samurah, ia berkata, "Adalah Nabi SAW pernah membaca di dalam shalat Dhuhur dengan Wallaili idzaa yaghsyaa, dan di dalam shalat 'Ashar seperti itu juga. Sedang di dalam shalat Shubuh, beliau membaca yang lebih panjang dari itu" [ H.R. Muslim, juz I : 337]

عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ يَقْرَأُ فِى الظُّهْرِ بِسَبّحِ اسْمَ رَبّكَ اْلاَعْلى وَ فِى الصُّبْحِ بِاَطْوَلَ مِنْ ذلِكَ. مسلم
Dari Jabir bin Samurah bahwasanya Nabi SAW membaca dalam shalat Dhuhur Sabbihisma rabbikal alaa (QS. Al-Alaa), dan dalam shalat Shubuh lebih panjang dari pada itu. [HR. Muslim juz 1, hal. 338]

عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جُبَيْرِ ابْنِ مُطْعِمٍ عَنْ اَبِيْهِ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقْرَأُ بِالطُّوْرِ فِى اْلمَغْرِبِ. مسلم
Dari Muhammad bin Jubair bin Muthim dari bapaknya, ia berkata, Saya mendengar Rasulullah SAW membaca surat Thuur ketika shalat Maghib. [HR. Muslim juz 1, hal. 338]
عَنْ عَائِشَةَ  اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَرَأَ فِى اْلمَغْرِبِ سُوْرَةَ اْلاَعْرَافِ فَرَّقَهَا فِى الرَّكْعَتَيْنِ. النسائى، فى نيل الاوطار
Dari 'Aisyah, ia berkata, "Sesungguhnya Rasulullah SAW pernah membaca di dalam shalat Maghrib surat Al-A'raf, beliau membagi surat itu di dalam dua rekaat" [HR. Nasai, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 261]
عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص يَقْرَأُ فِى اْلمَغْرِبِ قُلْ يَا أَيُّهَا اْلكَافِرُوْنَ، وَ قُلْ هُوَ اللهُ اَحَدٌ. ابن ماجه
Dari Ibnu Umar, ia berkata, "Adalah Nabi SAW pernah membaca di dalam shalat Maghrib Qulyaa ayyuhal kaafirun dan Qul huwalloohu ahad" [HR. Ibnu Majah juz 1, hal. 272]

عَنِ اْلبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ اَنَّهُ قَالَ: صَلَّيْتُ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص اْلعِشَاءَ فَقَرَأَ بِالتّيْنِ وَ الزَّيْتُوْنِ. مسلم
Dari Al-Bara' bin 'Azib bahwasanya ia berkata, "Saya pernah shalat 'Isyak bersama Rasulullah SAW, maka beliau membaca surat Wattiini wazzaituun. [HR. Muslim Juz I, hal 339].

عَنْ جَابِرِ اَنَّهُ قَالَ: صَلَّى مُعَاذُ بْنُ جَبَلٍ اْلاَنْصَارِيُّ ِلاَصْحَابِهِ الْعِشَاءَ، فَطَوَّلَ عَلَيْهِمْ. فَانْصَرَفَ رَجُلٌ مِنَّا فَصَلَّى. فَاُخْبِرَ مُعَاذٌ عَنْهُ. فَقَالَ: اِنَّهُ مُنَافِقٌ. فَلَمَّا بَلَغَ ذلِكَ الرَّجُلَ دَخَلَ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ ص فَاَخْبَرَهُ مَا قَالَ مُعَاذٌ. فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ ص: اَتُرِيْدُ اَنْ تَكُوْنَ فَتَّانًا يَا مُعَاذُ؟ اِذَا اَمَمْتَ النَّاسَ فَاقْرَأْ بِالشَّمْسِ وَ ضُحَاهَا. وَ سَبّحِ اسْمَ رَبّكَ اْلاَعْلَى. وَ اقْرَأْ بِاسْمِ رَبّكَ، وَ الَّيْلِ اِذَا يَغْشى. مسلم
Dari Jabir bahwasanya ia berkata, "Mu'adz bin Jabal Al-Anshariy pernah mengimami shalat 'Isyak bersama shahabat-shahabatnya, lalu ia membacasurat yang panjang. Lalu ada seorang laki-laki diantara kami yang memutus, lalu ia shalat sendiri. Kemudian Muadz diberitahu tentang hal itu, maka Muadz berkata, Dia munafiq. Maka setelah berita itu sampai kepada laki-laki tersebut, lalu ia menghadap Rasulullah SAW menyampaikan apa yang dikatakan Muadz. Maka Nabi SAW bersabda kepada Muadz, "Ya Mu'adz apakah kamu hendak menjadi tukang penyusah ? Apabila engkau mengimami orang banyak, maka bacalah surat Wasy syamsi wa dluhaahaa, atau Sabbihisma robbikal a'laa, atau Iqro' bismirobbika, atauwallaili idzaa yaghsyaa". [HR. Muslim juz 1, hal. 340]

عَنْ اَنَسٍ قَالَ: كَانَ رَجُلٌ مِنَ اْلاَنْصَارِ يَؤُمُّهُمْ فِى مَسْجِدِ قُبَا، فَكَانَ كُلَّمَا افْتَتَحَ سُوْرَةً يَقْرَأُ بِهَا لَهُمْ فِى الصَّلاَةِ  مِمَّا يَقْرَأُ بِهِ اِفْتَتَحَ بِقُلْ هُوَ اللهُ اَحَدٌ حَتَّى يُفْرَغَ مِنْهَا. ثُمَّ يَقْرَأُ سُوْرَةً اُخْرَى مَعَهَا، فَكَانَ يَصْنَعُ ذلِكَ فِى كُلّ رَكْعَةٍ، فَلَمَّا اَتَاهُمُ النَّبِيُّ ص اَخْبَرُوْهُ اْلخَبَرَ، فَقَالَ: وَ مَا يَحْمِلُكَ عَلَى لُزُوْمِ هذِهِ السُّوْرَةِ فِى كُلّ رَكْعَةٍ؟ قَالَ: اِنّى اُحِبُّهَا. قَالَ: حُبُّكَ اِيَّاهَا اَدْخَلَكَ اْلجَنَّةَ. الترمذى، و اخرجه البخارى تعليقا، فى نيل الاوطار
Dari Anas, ia berkata, Dahulu ada seorang dari Anshar mengimami orang-orang di masjid Quba'. Dan setiap dia membaca surat di dalam shalat itu, selalu didahului dengan membaca surat Qul huwalloohu ahad hingga selesai, kemudian baru membaca surat yang lain. Dan ia berbuat demikian pada tiap-tiap rekaat. Maka setelah Nabi SAW datang, lalu orang-orang sama melaporkan kejadian itu. Lalu Nabi SAW bertanya, "Apa yang membuat kamu selalu membaca surat ini dalam setiap rekaat ?. Orang itu menjawab, "Karena saya menyukainya". Nabi SAW bersabda, "Kesukaanmu kepada surat itu bisa memasukkan kamu ke surga". [HR. Tirmidzi dan Bukhari secara ta'liq, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 254-255]

Meringankan bacaan ayat/surat apabila mengimami orang banyak

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اِذَا اَمَّ اَحَدُكُمُ النَّاسَ فَلْيُخَفّفْ فَإِنَّ فِيْهِمُ الصَّغِيْرَ وَ اْلكَبِيْرَ وَالضَّعِيْفَ وَاْلمَرِيْضَ.فَإِذَا صَلَّى وَحْدَهُ فَلْيُصَلّ كَيْفَ شَاءَ. مسلم
Dari Abu Hurairah bahwasanya Nabi SAW bersabda, "Apabila salah seorang diantara kalian mengimami orang banyak, maka hendaklah ia meringankan. Karena diantara mereka ada anak kecil, orang tua, orang yang lemah dan orang yang sakit. Dan apabila ia shalat sendirian maka bolehlah dia shalat bagaimana saja ia kehendaki". [HR. Muslim Juz I, hal 341].
عَنْ اَبِى مَسْعُوْدٍ اَلاَنْصَارِيّ قَالَ: جَاءَ رَجُلٌ اِلَى رَسُوْلِ اللهِ ص فَقَالَ: اِنّى لأَتَأَخَّرُ عَنْ صَلاَةِ الصُّبْحِ مِنْ اَجْلِ فُلاَنٍ مِمَّا يُطِيْلُ بِنَا. فَمَا رَأَيْتُ النَّبِيَّ ص غَضِبَ فِى مَوْعِظَةٍ قَطُّ اَشَدَّ مِمَّا غَضِبَ يَوْمَئِذٍ فَقَالَ: يَا اَيُّهَا النَّاسُ اِنَّ مِنْكُمْ مُنَفّرِيْنَ فَأَيُّكُمْ اَمَّ النَّاسَ فَلْيُوْجِزْ. فَإِنَّ مِنْ وَرَاءِهِ اْلكَبِيْرَ وَالضَّعِيْفَ وَ ذَا اْلحَاجَةِ. مسلم
Dari Abu Mas'ud Al-Anshari, ia berkata, "Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah SAW lalu berkata, "Sesungguhnya saya kesiangan karena shalat Shubuh (yang diimami) si fulan yang membaca panjang (dalam shalat tersebut)". Maka saya (Abu Mas'ud) sama sekali tidak pernah melihat Nabi SAW marah yang lebih marah dalam menasehati dari pada hari itu. Lalu beliau bersabda, "Wahai para manusia, sesungguhnya ada orang yang membuat lari diantara kamu sekalian. Maka siapa yang mengimami orang banyak, hendaklah meringankan, karena di belakang-nya itu ada orang yang tua, lemah dan ada orang yang mempunyai keperluan". [HR. Muslim Juz I, hal 340].
عَنْ اَنَسٍ، قَالَ اَنَسٌ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَسْمَعُ بُكَاءَ الصَّبِيّ مَعَ اُمّهِ وَ هُوَ فِى الصَّلاَةِ، فَيَقْرَأُ بِالسُّوْرَةِ اْلخَفِيْفَةِ اَوْ بِالسُّوْرَةِ اْلقَصِيْرَةِ. مسلم
Dari Anas, ia berkata : Rasulullah SAW pernah mendengar tangisnya anak kecil yang ikut ibunya, ketika itu beliau sedang shalat, maka beliau membaca surat yang ringan atau surat yang pendek. [HR. Muslim juz 1, hal. 342]
عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِنّى َلاَدْخُلُ الصَّلاَةَ اُرِيْدُ اِطَالَتَهَا فَاَسْمَعُ بُكَاءَ الصَّبِيّ، فَاُخَفّفُ مِنْ شِدَّةِ وَجْدِ اُمّهِ بِهِ. مسلم
Dari Anas bin Malik, ia berkata : Rasulullah SAW pernah bersabda, Sesungguhnya ketika aku shalat dan ingin membaca surat yang panjang, tiba-tiba mendengar suara tangis anak kecil. Maka aku ringankan bacaan shalat itu karena khawatir kerisauan hati ibu itu terhadap anaknya. [HR. Muslim juz 1, hal. 343]

Ruku.
Apabila telah selesai membaca Al-Fatihah dan Surat/ayat Al-Qur'an, lalu mengerjakan ruku'.
قَالَ اَبُوْ حُمَيْدِ السَّاعِدِيّ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا قَامَ اِلَى الصَّلاَةِ اعْتَدَلَ قَائِمًا وَ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا مَنْكِبَيْهِ، فَاِذَا اَرَادَ اَنْ يَرْكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا مَنْكِبَيْهِ ثُمَّ قَالَ اَللهُ اَكْبَرُ وَ رَكَعَ ثُمَّ اعْتَدَلَ فَلَمْ يُصَوّبْ رَأْسَهُ وَ لَمْ يُقْنِعْ وَ وَضَعَ يَدَيْهِ عَلَى رُكْبَتَيْهِ. الترمذى
Telah berkata Abu Humaid As-Saa'idiy, Adalah Rasulullah SAW apabila hendak shalat, beliau berdiri tegak dan mengangkat dua tangannya hingga berbetulan dengan dua bahunya (kemudian bertakbir). Maka apabila hendak ruku', beliau mengangkat dua tangannya hingga berbetulan dengan dua bahunya kemudian membaca Alloohu Akbar, lalu ruku' dengan lurus, yakni tidak terlalu menundukkan dan tidak pula meninggikan kepalanya, dan beliau meletakkan dua tangannya pada dua lututnya. [HSR. Tirmidzi juz 1, hal. 188]
وَ فِى حَدِيْثِ رِفَاعَةَ بْنِ رَافِعٍ عَنِ النَّبِيّ ص: وَ اِذَا رَكَعْتَ فَضَعْ رَاحَتَيْكَ عَلَى رُكْبَتَيْكَ. ابو داود، فى نيل الاوطار
Dan dalam haditsnya Rifa'ah bin Rafi' dari Nabi SAW, beliau bersabda, Dan apabila kamu ruku' maka letakkanlah dua tapak tanganmu pada dua lututmu. [HSR. Abu Dawud, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 272]
عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ عَنْ اَبِيْهِ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص اِذَا رَكَعَ فَرَّجَ اَصَابِعَهُ وَ اِذَا سَجَدَ ضَمَّ اَصَابِعَهُ. البيهقى
Dari Alqamah bin Waail bin Hujr dari bapaknya, ia berkata, Adalah Nabi SAW apabila ruku', beliau merenggangkan jari-jari tangannya, dan apabila sujud, beliau merapatkan jari-jari tangannya. [HR. Baihaqi juz 2, hal. 112]

MTA tgl 30/01, 20/02, 13/03/2005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar